Cari Tahu Fungsi Utama Asuransi Di Sini Agar Tak Menyesal

By dudukpalingdepan - July 08, 2021

fungsi utama asuransi


Tidak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini, produk asuransi di Indonesia masih seringkali dianggap sebelah mata bagi sebagian masyarakat. Banyak orang yang masih sangat awam mengenai fungsi utama asuransi yang sebenarnya akan melindungi penggunanya. Dengan adanya asuransi, masa depan lebih terjamin dan kamu akan jauh lebih tenang untuk menghadapinya. Lalu sebenarnya, apa saja fungsi asuransi itu?

5 Fungsi Utama Asuransi yang Harus Kamu Ketahui

Masih banyak orang yang belum sepenuhnya paham mengenai fungsi utama asuransi. Bahkan, hal ini bukan hanya terjadi pada mereka yang belum memiliki asuransi, namun juga bagi pemegang polis asuransi pun ternyata masih ada yang masih awam mengenai fungsi utama dari jaminan perlindungan ini.

Penting untuk memahami fungsi dan manfaat asuransi, karena dengan begitu kamu tidak akan menyesal di kemudian hari. Setiap jenis asuransi memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Namun secara garis besar, fungsi utama asuransi adalah sebagai berikut:  

1. Mengalihkan risiko

Salah satu fungsi utama dari asuransi adalah untuk mengalihkan risiko dari masalah yang ada. Misalnya, ketika kamu mengalami peristiwa yang merugikan atau berada dalam posisi yang sulit, maka kamu bisa mengajukan klaim atau mendapatkan ganti rugi dengan adanya asuransi tersebut. Dengan begitu, resiko yang dihadapi akan jauh lebih ringan dan tidak memberatkan kamu. 

2. Sebagai Investasi 

Selain berfungsi untuk mengalihkan risiko, asuransi juga bisa dijadikan sebagai sarana investasi. Hal ini karena dana yang dihimpun dari pemilik asuransi akan dikembangkan oleh perusahaan asuransi. Apabila ada satu hal terjadi di masa mendatang, kamu bisa memanfaatkan dana asuransi yang sudah ada. 

3. Perlindungan Sesuai Premi yang Dibayarkan 

Premi yang dibayarkan setiap bulannya oleh pemilik asuransi adalah jaminan bagi pemilik jika suatu saat mengalami peristiwa yang merugikan. Dalam artian, segala resiko yang terjadi akan dikalkulasikan dengan premi yang kamu bayarkan setiap bulannya. Misalkan untuk asuransi kesehatan, premi yang dibayar setiap bulan nantinya akan digunakan ketika pemilik asuransi jatuh sakit, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lain untuk pengobatan. 

Namun perlu diketahui juga bahwa pertanggungjawaban perusahaan asuransi akan berbeda-beda pada setiap pemilik asuransinya. Dikarenakan setiap pemilik asuransi membayar premi dengan jumlah yang berbeda sesuai dengan kemampuan keuangannya.

4. Melindungi Risiko Kebangkrutan

Ada berbagai macam produk asuransi, salah satunya adalah asuransi perlindungan usaha. Jenis asuransi ini cocok bagi kamu pengusaha perintis (startup entrepreneur). Dengan memiliki asuransi, pengusaha bisa melindungi usahanya dari resiko kebangkrutan yang bisa saja terjadi. 

5. Membantu Perbaikan Ekonomi Nasional 

Ternyata, asuransi juga memiliki andil terhadap perekonomian nasional. Seiring dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi, maka taraf hidup masyarakatnya juga akan semakin baik. Dengan begitu, maka jika kamu sudah memiliki asuransi, maka kamu telah berperan memajukan perekonomian dalam negeri dan hasilnya juga bisa kamu nikmati.

Itulah informasi mengenai fungsi utama asuransi. Mulai dari untuk mengalihkan resiko, perlindungan sesuai premi, hingga melindungi resiko kebangkrutan. Mengingat betapa besarnya fungsi asuransi, maka jangan sampai kamu tidak mendaftarkan diri pada asuransi ya. 

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan jasa untuk membuka asuransi. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, hingga asuransi COVID-19 yang saat ini baru muncul akibat pandemi. Nah, bagi kamu yang berminat untuk membuka asuransi jiwa, kamu bisa membukanya di Prudential. 

PT Prudential Life Assurance adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1995 sebagai bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Kamu bisa mendapatkan produk asuransi terbaik dari Prudential. 

fungsi utama asuransi



  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. sering curiga dengan asuransi yang tak menjamin kesehatan dan kita rugi karena selalu bayar uang perbulan, tetapi kenyataannya bagus banget malah buat kita lebih tenang dan terjamin.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.