Duduk Paling Depan: Lifestyle
Pengalaman Mengambil Ijazah di Universitas Terbuka (UT)

Pengalaman Mengambil Ijazah di Universitas Terbuka (UT)



Tulisan saya yang berbagi pengalaman mengerjakan karya ilmiah UT ternyata cukup ramai dibaca. Nah sekalian deh saya cerita pengalaman saya mengambil ijazah di UT.


Hampir 10 Bulan Menunggu


Alhamdulillah akhir tahun 2020 saya menyelesaikan semua mata kuliah dan mengikuti UAS terakhir. Kemudian nilai semester terakhir keluar bulan Februari 2021. 


Nah, selanjutnya saya mendapat pengumuman sebagai mahasiswa yang telah lulus menyelesaikan semua mata kuliahnya dan berhak mengikuti wisuda itu pada akhir Mei 2021. 


Setelah itu saya diharuskan mengirimkan formulir data diri dan pas foto ke UPBJJ tempat saya, yaitu UPBJJ Jambi. 


Status ijazah bisa dipantau melalui situs aksi.ut.ac.id ya. Itulah yang saya suka dari sistem UT ini semua serba online dan dipermudah. 


Barulah pada bulan Oktober 2021 saya dikabarkan melalui grup WhatsApp kalau sudah bisa ambil ijazah dan mengikuti wisuda daring. 


Iya, sayangnya waktu itu masih pandemi jadi wisudanya dari rumah masing-masing secara online. Meski begitu saya tetap foto-foto di studio dengan keluarga pakai kebaya dan toga, biar berasa vibes wisudanya sekaligus kenang-kenangan juga. 


Cara Mengurus Pengambilan Ijazah di Universitas Terbuka (UT)


Sebelum mengambil ijazah, semua peserta calon wisudawan wajib mengisi formulir secara online untuk data diri sekaligus memilih tempat mengambil ijazah. 


Jadi memang ijazah bisa diambil di kantor UPBJJ atau diambil di pokjar kota/kabupaten masing-masing. Saya memilih ambil di kantor UPBJJnya langsung karena sekalian mau ke tempat keluarga. 


Di kantor UPBJJnya, saya bilang ke petugas yang ada di front office mau ambil ijazah. Lalu saya diminta menyerahkan kartu mahasiswa, baru deh diambilin segala keperluannya berupa ijazah dan baju toga. 


Nah, salutnya ternyata saya nggak perlu bayar sepeserpun untuk pengambilan ijazah dan baju toga ini.

 

Padahal ijazah dan transkrip nilainya nggak diberikan dalam map kertas atau plastik aja, tapi dalam map yang bagus dan ekslusif. Baju toganya juga dikemas pakai totebag. Keren banget deh UT, padahal setiap semester kita juga cuma bayar SKS aja, nggak ada bayaraan tambahan, jadi ini semua murni dari kampus. 


Setelah itu juga saya difotoin sama petugas disana, buat ditampilkan saat wisuda daring. Fotonya juga gratis ya. 


Hanya saja ada biaya legalisir, 50ribu untuk 7rangkap masing-masing ijazah dan transkrip nilai. It's okay, nggak apa-apa banget, ini murah banget dengan segala fasilitas yang diberikan. 


Setelah ambil ijazah besoknya saya foto keluarga. Seminggu kemudian baru wisuda daring yang saya ikuti dari rumah.




Sayangnya saya nggak merasakan vibes wisuda di gedung yang rame-rame gitu. 


Bedanya tahun ini, giliran suami saya yang wisuda dari UT. Karena pandemi sudah mereda, jadi wisudanya diadakan luring/offline di salah satu gedung mewah di Jambi.


Rangkaian acara wisudanya dilakukan dua hari, hari pertama seminar akademik dan gladi resik. Hari kedua acara inti wisuda sekaligus penyerahan ijazah. 


Kerennya lagi, itu semua gratis. Termasuk nanti baju toga dan snack pas acaranya. Tinggal bayar keperluan pribadi kayak penginapan kalau dari luar kota, dan biaya makan. 


Huhuhu, mantep banget deh Universitas Terbuka (UT) benar-benar support agar semua orang, dari berbagai kalangan, bisa kuliah dan wisuda. Biaya kuliahnya terjangkau, bahkan ada beasiswa, pas wisuda nggak dibebani biaya apa-apa. 


Semoga makin banyak yang tahu tentang kemudahan pendaftaran dan fasilitas yang ada di UT. Jadi nggak memutuskan harapan anak bangsa yang mau meneruskan pendidikan sampai jenjang Universitas.


Saya juga kalau ada dananya mau banget lanjut S2 di UT. Doain yaaa ada rezekinya. 


Ijazah Lulusan UT Sangat Terpakai 


Oh ya hasil ijazahnya kemudian kepakai banget, karena pertengahan tahun 2022 saya ada ujian penyesuaian ijazah. UT termasuk universitas yang diterima untuk penyesuaian ijazah ASN tanpa pandang jarak kampus-kantor. Jadi pas pendaftaran administrasi saya lancar-lancar aja.


Baca juga : Semua Orang Bisa Kuliah di UT


Setelah melewati proses ujian dan pembuatan karya tulis ilmiah, Alhamdulillah saya dinyatakan lulus. Sekarang tinggal menunggu SK kenaikan pangkat/golongan. Nggak henti-hentinya mengucap syukur sama Allah, dan terimakasih kepada semua pihak yang sudah support saya. 


Termasuk UT, kampus yang sangat membantu saya berkuliah sambil kerja dan mengurus rumah tangga. Hahaha jadi ingat masa-masa ujian dengan perut gendut karena hamil, dan ujian dengan ditungguin bayi karena masih menyusui.


Semua sudah dilalui dengan cerita suka duka. Semoga sharing saya bermanfaat dan jadi motivasi buat teman-teman yang sedang berjuang menyelesaikan perkuliahannya di UT ya. 


Cara Refund Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com [Full Refund 100%]

Cara Refund Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com [Full Refund 100%]

Cara Refund Tiket Pesawat di Aplikasi Tiket.com [Full Refund 100%]



Sebelumnya saya ada cerita keseruan nonton konser Kpop, KV Fest 2022. Tapi dibalik cerita seru itu ada dramanya juga. Salah satunya adalah jadwal penerbangan yang dipindah sama pihak maskapai h-1 keberangkatan. 


Padahal saya sudah pesan jauh-jauh hari itu untuk menyesuaikan jadwal saya nuker e-ticket, sama tentunya untuk dapat harga tiket yang lebih murah. 


Eh satu hari sebelum hari-H keberangkatan, tiba-tiba dapat pesan WhatsApp dari pihak maskapai kalau penerbangan saya dipindahkan ke pesawat yang berbeda dengan waktu diundur lebih dari dua jam.

 

Hikkkks, sedih dan kesal campur satu. Saya langsung ngehubungin pihak maskapainya untuk cari alternatif penerbangan lain yang masih masuk budget. Tapi nggak diangkat-angkat telponnya.


Kalau telpon aja nggak diangkat, apalagi kirim email. Pasti lebih lama kan. 


Saya galau antara beli tiket baru tapi gimana kejelasan tiket sebelumnya? Nggak mau rugi kalau ilang gitu aja, wkwkwk.


Karena saya belinya via aplikasi Tiket.com, yaudah saya coba hubungi customer service Tiket.com via telpon di nomor 0804 1500 878. Untung nggak lama mereka angkat. Langsung deh saya curhat panjang lebar. 


Syukurnya penjelasan dari cs Tiket.com bikin saya lega. Ternyata saya bisa mengajukan refund dari aplikasi Tiket.com tanpa harus berhubungan dengan pihak maskapai. 


Terus karena ini pembatalan dari pihak maskapai, maka uang akan dikembalikan 100% (full refund).


Saya mau sharing step by step cara mengajukan refund tiket pesawat di aplikasi Tiket.com disini, siapa tahu bisa membantu teman-teman yang punya masalah yang sama. 

dok:tiket.com


  • Buka Aplikasi Tiket.com
  • Klik Orderan Kita dan pilih titik tiga di atas orderan kita kemudian pilih opsi Refund
  • Muncul opsi pilihan lalu pilih alasan yang sesuai, kalau case saya alasannya "Pembatalan oleh Maskapai"
  • Kemudian isi data diri yang diminta lalu klik "Lanjutkan".
  • Proses refund selesai, status refund akan diupdate berkala pada halaman yang sama.


Proses refundnya sendiri tertulis memakan waktu 14-90 hari kerja tergantung kebijakan masing-masing maskapai. Tapi pengalaman saya kemarin nggak sampai seminggu, uang refundnya sudah ditransfer ke rekening. 


Alhamdulillah drama tiket pesawat ini terselesaikan dengan baik juga, saya juga dapat tiket pengganti yang harganya nggak terlalu mahal. Senang deh ada fitur refund di aplikasi Tiket.com yang benar-benar memudahkan customernya. 


Semoga sharing pengalaman ini bermanfaat ya. Kalau teman-teman pernah punya pengalaman refund tiket juga nggak? Cerita di kolom komentar yuk. 


Keseruan Nonton Konser Kpop di KV Fest 2022

Keseruan Nonton Konser Kpop di KV Fest 2022



Bulan Juli-Agustus lalu, Alhamdulillah ada rezekinya jalan-jalan ke luar kota. Tentu saja sebagai budak konten semuanya harus dijadikan tulisan di blog atau mini vlog di Instagram, wwkwkw 😂.


Cuma bingung mau mulai darimana, setelah berpikir lama dan berkonsultasi dengan Badarawuhi, saya putuskan untuk cerita keseruan pengalaman pertama nonton konser K-Pop yaitu Event KV Fest 2022. 


Baca juga : Pengalaman Nonton Show Cerita Cintaku Raditya Dika

Liburan Seru Bersama Keluarga Dengan Banyak Promo Tiket.com

Liburan Seru Bersama Keluarga Dengan Banyak Promo Tiket.com



Ngomongin Liburan


Setuju nggak sih kalau liburan itu bikin candu? Karena kita bisa melihat keindahan tempat-tempat wisata yang nggak bisa kita lihat setiap harinya. Nah, mumpung ada Birthday Promo Tiket.com yang diskon hingga 65% + ekstra diskon hingga Rp1.100.000 untuk semua produk mulai dari hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, To Do, Event, Sewa Mobil, hingga airport transfer. Jangan lupa diskon spesialnya di Best Deals Hour, mulai pukul 17.00 WIB ya. 


Hmmm, enaknya liburan kemana ya? Bali, Jogja, Belitung, atau mungkin bisa ke negri tetangga yaitu Singapura karena ada wisata Gardens By The Bay yang jadi pemenang International Garden Tourism Award 2016. Bisa lihat keindahan tanaman spektakuler dari berbagai daerah di dunia. Tiket pesawat dan tiket masuknya bisa sekalian beli di aplikasi Tiket, praktis sekali jalan aja. 



Masih ngomongin liburan, bulan lalu saya sempat ke Jakarta, niatnya nyenengin anak-anak, kita main ke Trans Studio Cibubur, Seaworld Ancol, dan ke pusat perbelanjaan. Lain kali saya pengen deh ajak anak-anak ke Taman Safari Bogor. Supaya bisa lihat hewan-hewan yang biasanya hanya mereka lihat di TV atau di buku saja. 


Manfaat Liburan Bersama Keluarga


Berlibur bersama keluarga bukan hanya tentang senang-senang saja. Tapi juga banyak manfaatnya lho, diantaranya sebagai berikut: 


1. Merekatkan Ikatan Anggota Keluarga Satu Sama Lain 


Meski sudah serumah dan sering ketemu, tapi tentu kebersamaan waktu liburan dirasakan berbeda dengan sehari-hari. Kalau hari-hari biasa ada rutinitas masing-masing yang dikerjakan anggota keluarga. Orang tua bekerja, anak-anak sekolah, dan rutinitas harian lainnya. 


Sewaktu liburan, semuanya kompak menuju tempat yang sama dengan kegiatan yang sama. Apalagi kalau liburannya ke tempat wisata wahana permainan, makin seru deh bisa main sama-sama dan akhirnya terasa bonding yang lebih erat antar satu sama lain. 


2. Menanamkan Memori yang Indah Untuk Anak 


Selain investasi keuangan, ternyata invenstasi memori itu juga penting banget lho untuk anak. Anak akan merekam ingatan indah tentang keseruan bersama keluarga. Kenangan tersebut akan selalu ada dalam ingatan dan hati anak-anak sampai mereka dewasa. 


Kalau beli barang, bisa habis masa pakainya. Tapi kalau liburan, memorinya akan terasa selamanya. 


3. Meredakan Stres 


Berlibur keluarga juga bukan soal anak-anak saja, tapi sebagai orang tua yang banyak tanggung jawabnya, liburan bisa meredakan stres dari penatnya pekerjaan atau masalah rumah tangga lainnya. 


Anak-anak yang juga sempat stres karena masa-masa ujian yang berat, juga bisa meluapkannya ketika liburan bersama keluarga. 


4. Bisa Belajar Sambil Berpetualang 


Liburan memang menyenangkan, tapi bukan berarti nggak bisa sambil belajar. Misal kalau bawa anak ke Seaworld di Ancol, itu bisa sambil mengajarkan anak tentang kekayaan jenis hewan-hewan laut. Jadi anak bukan hanya tahu dari buku saja, tapi bisa melihat langsung bentuk hewannya seperti apa. 


Kalau perlu, orang tua bisa menambahkan "tugas" setelah selesai perjalanan. Seperti menceritakan kembali kegiatan selama liburan, atau mencari tahu lebih lanjut informasi dari objek-objek liburan yang dikunjungi. 



Tips Seru Liburan Bareng Keluarga


Meski banyak manfaat, harus diakui liburan bersama keluarga itu memang membutuhkan biaya dan tenaga ekstra karena kita nggak cuma bawa diri sendiri tapi juga bawa anak yang mungkin belum bisa mengurus dirinya sendiri selama perjalanan. 


Biar liburannya tetap makin terasa seru dan nggak bikin pusing ortu, ada beberapa tips yang bisa diterapkan nih. 


1. Rencanakan Jauh-Jauh Hari 


Kenapa harus direncakan jauh-jauh hari? Karena perlu mencocokkan jadwal kegiatan anggota keluarga bersama. Ada yang harus ambil cuti, ada yang harus mencocokkan dengan jadwal ujian, dan lain sebagainya. 


Selain itu biasanya perlu diskusi bersama untuk menentukan destinasi tujuan liburan yang cocok untuk semua anggota keluarga. 


2. Buat Rincian Perjalanan 


Membuat itinerary atau rincian perjalanan bisa membantu agar kegiatan liburan jadi lebih efektif. Rincian perjalanan ini juga bisa dibuat untuk menyesuaikan budget, jadi anggaran liburan tetap aman.


Jangan lupa pula untuk menanyakan ke setiap anggota keluarga destinasi mana yang ingin dituju baru kemudian diputuskan untuk dimasukkan ke rincian perjalanan. 


Kalau sudah punya tujuannya, tinggal eksekusi beli tiketnya. Belinya di tiket.com aja karena di satu aplikasi bisa pesan tiket pesawat, hotel, dan tiket masuk wisata dan wahana menarik di destinasi impian kita bersama keluarga. 


3. Membuat Daftar Persiapan Barang yang Akan Dibawa 


Ini penting banget ya, biar barang-barang yang dibutuhkan nggak ada yang terlewat. Sebaliknya daftar ini akan membantu menghindari barang yang nggak perlu dibawa. 


Apalagi kalau bawa anak kecil, ayah bunda bisa pertimbangkan membawa stroller atau kain gendongan. Soalnya liburan biasanya banyak jalan kaki, takutnya si kecil mudah capek. 


Perhatikan juga obat-obatan khusus setiap anggota keluarga. Karena belum tahu apa nanti akan mudah menemukan apotek ataupun obat yang biasa dikonsumsi. 


4. Menyiapkan Permainan Untuk Mengatasi Kebosanan Selama Perjalanan


Perjalanan selama berjam-jam lamanya tentu bikin jenuh dan membosankan terutama bagi anak-anak. Sebelum anak jadi rewel dan tambah bikin suasana makin melelahkan, nggak ada salah untuknya menyiapkan permainan yang seru.

Seperti tebak-tebakan, menyebutkan nama-nama buah dan benda dari abjad yang diacak, bermain tepuk tangan, dan sebagainya yang refrensinya bisa ditemukan di internet.

5. Jangan Lupakan Dokumentasi 


Memori indah memang akan tersimpan dalam hati, tapi punya memori berbentuk foto dan video pasti lebih seru. 


Boleh banget lho untuk membuat vlog perjalanan mulai dari keberangkatan, keseruan di tempat wisata, sampi perjalanan pulang. Kalau sudah selesai liburan, bisa lihat foto-foto dan videonya untuk ditonton ulang dan mengingat kembali momen liburan menyenangkan bersama keluarga.


Nah, tunggu apalagi yuk segera rencanakan liburan bareng keluarga, dan pesan tiketnya hanya di Tiket.com 😀.