Mengenal Ekosistem Digital blu, Membantu Pengelolaan Keuangan Untuk Mencapai Impian

By dudukpalingdepan - July 20, 2021

Ekosistem Digital blu


Siapa yang dulu setiap gajian rasanya kayak numpang lewat aja? Tentu saya akan menunjuk diri sendiri. Entah kenapa rasanya menabung itu susah banget. Padahal kerja sampai capek sebulan lamanya, tapi menghabiskannya cuma perlu hitungan hari.

Namun setelah berkeluarga apalagi punya anak, nggak bisa pakai prinsip YOLO (You Only Live Once) lagi. Ada seorang anak manusia yang kehidupannya bergantung pada saya dan suami sebagai orang tuanya. Dia berhak meraih masa depan cemerlang dengan jaminan pendidikan dan kualitas hidup yang baik.

Itu soal anak, belum lagi tentang impian bersama pasangan dan impian pribadi. Ada keinginan menikmati kehidupan pensiun yang sejahtera, beribadah umroh dan haji bersama, mengulang honeymoon setiap tahunnya, dan impian memiliki usaha sendiri. 

Semua keinginan itu membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Tapi hal itu juga yang bikin saya semangat. Justru dengan adanya impian dan harapan, hidup terasa berarti karena punya tujuan.

Pentingnya Ilmu Pengelolaan Keuangan

pengelola keuangan dengan blu


Dulu saya pikir penghasilan saya dan suami yang kurang, makanya banyak keinginan yang belum bisa tercapai. Boro-boro mau menyisihkan untuk mewujudkan impian, buat kebutuhan sehari-hari saja rasanya pas-pasan. 

Ternyata saya salah. Karena berapa pun penghasilannya, kalau nggak dikelola dengan baik maka akan habis begitu saja. Untuk itu saya segera berbenah, banyak membaca dan mencari informasi terkait ilmu pengelolaan keuangan.

Salah satunya adalah pentingnya untuk membuat pos-pos keuangan dan menentukan budget dari setiap pos-pos tersebut. Serta disiplin dalam penerapannya.

Awalnya berat banget ketika dijalani. Rasanya kok jadi pelit sama diri sendiri, padahal kerja buat apa kalau bukan buat menyenangkan diri dan keluarga. Tapi kemudian saya coba ingat lagi bahwa goals yang saya mau memang butuh usaha keras untuk mencapainya. 

Syukurnya sampai saat ini saya sudah terbiasa membagi dan mengelola penghasilan dengan membagi sesuai pos-pos kebutuhan.

Hanya saja ada kendala, yaitu pusing dan ribetnya saya setiap bulan mencatat pengeluaran, lalu membagi penghasilan ke beberapa rekening sesuai tujuan masing-masing.

Sehingga saya kalau di depan mesin ATM bisa lama banget, karena mesti gonta-ganti masukin kartu yang berbeda. Belum lagi dompet jadi penuh dengan kartu-kartu tersebut.

Berkenalan Dengan blu, Aplikasi Pintar Untuk Mengatur Keuangan

Review Jujur Aplikasi blu


Awalnya saya tahu dari teman-teman blogger yang bilang kalau sekarang ada aplikasi dari BCA digital bernama "blu" untuk kita menabung, bertransaksi, dan mengatur keuangan.

Saya sempat bingung apa bedanya dengan mobile banking biasa? Nah ternyata blu ini lebih kekinian dengan fitur-fitur yang dapat membantu kita agar konsisten menabung sehingga bisa lebih cepat mewujudkan impian kita #blubuatbaik. 

Hal lainnya yang bikin saya tertarik download dan daftar pada aplikasi blu karena ini merupakan mobile banking dari BCA Digital. Sedangkan BCA Digital merupakan anak perusahaan BCA, bagian dari BCA Group.

Dengan reputasi BCA yang terkenal dengan kualitas pelayanan dan keamanannya tentu membuat saya yakin dengan ekosistem digital blu. 

Mendaftar Mudah Dari Mana Saja

Daripada penasaran tentu saya langsung praktek aja untuk download dan daftar. Ternyata cara buka rekeningnya gampang banget. Hanya via online, dan nggak perlu ke kantor cabangnya. Lagian saya tinggal di daerah yang belum ada kantor bank BCA. Meski begitu tetap bisa daftar dan buka rekening.

Sekalian nih saya mau review aplikasi blu. Setelah download aplikasi blu di App Store, langsung saja saya mengisi formulir dengan data diri. Siapkan juga e-KTP ya, karena nanti akan difoto untuk pengambilan datanya. Jadi kita nggak perlu capek-capek ketik data diri satu-satu, karena nanti aplikasinya sendiri yang scan dari kameranya.

Setelah mengisi data diri, akan ada verifikasi via video call yang tersambung dengan petugas dari blu by BCA digital. Nggak perlu waktu lama juga kok verifikasinya, asal pastikan koneksi internet kita stabil ya. 

cara buat akun blu


Setelah diverifikasi nanti akan ada notifikasi di aplikasi blu by BCA digital bahwa akun kita sudah aktif. Nomor rekeningnya nanti juga tercantum di halaman depan aplikasi. Review jujur aplikasi blu dari saya yaitu saya sampai terkesima karena pendaftarannya beneran mudah, nggak ribet, praktis, dan hanya sebentar. 

Fitur-Fitur Canggih di Aplikasi blu

Lanjut untuk review aplikasi blu, katanya tak kenal maka tak sayang, kalau sudah kenal biasanya jadi sayang. Begitu juga dengan aplikasi biru ini. Yuk, ketahui lebih dalam ekosistem digital blu dengan fitur-fitur canggihnya.

Tabungan

bluAccount

bluAccount adalah rekening utama kita setelah sukses menjadi nasabah blu, atau disebut juga dengan ‘sobatblu’. bluAccount akan menjadi rekening aktif untuk melakukan berbagai macam transaksi.

bluSaving

Aplikasi blu by BCA Digital


bluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening bluAccount yang bisa diatur sesuai dengan tujuan. Kita bisa bikin 10 tabungan dalam satu rekening. Misalnya buat dana darurat, dana pendidikan anak, dana pensiun, jadi nggak perlu lagi tuh transfer ke beda-beda rekening.

Masing-masing tabungan bisa kita set budget, tujuan, dan durasi nabung sesuai target kita. Kemudian yang saya sukanya lagi, bluSaving menawarkan suku bunga yang kompetitif supaya kita bisa merealisasikan impian kita lebih cepat.

bluGether

Punya goals bareng keluarga atau sahabat? Mau nabung bareng? Nah biar nggak ribet bisa pakai fitur bluGether yang dapat dipakai seperti rekening bendahara dan dapat mengundang teman sebagai Member, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether biar lebih transparan.

bluDeposit

Biar impian makin cepat tercapai, bisa pakai bluDeposit yaitu produk deposito berjangka yang bisa memberikan suku bunga yang lebih tinggi dibanding bluSaving.

Transaksi

Bukan cuma bisa transfer ke antar rekening saja, tapi dengan aplikasi blu by BCA digital, kita bisa melakukan transaksi bayar/beli tagihan dan keperluan rumah tangga seperti pulsa, paket data, dan tagihan pasca bayar. Biar nggak lupa bayar tagihan setiap bulannya, juga ada fitur pengingatnya lho. 

Mau top up e-money? Dari blu juga bisa. Jadi pas butuh pakai ojol, belanja online, atau ngorder makanan, ngisi saldonya gampang. 

Lagi transaksi di toko offline? Bayarnya juga bisa pakai aplikasi blu dengan scan barcode QRIS. Jadi lebih praktis dan cashless.

Tetap butuh uang tunai buat transaksi? Bisa dong ambil tunai di ATM BCA mana saja dengan aplikasi blu. 

Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless Withdrawal) adalah kemudahan yang disediakan oleh aplikasi blu untuk menarik dana tunai dari rekening blu melalui seluruh ATM BCA bebas biaya. 

Monitor

Nah ini juga fitur yang saya suka, karena kita bisa melihat laporan keuangan dan riwayat transaksi. Jadi jelas kita menghabiskan uang kemana saja, banyakan nabungnya apa pengeluaran nggak penting nih? 

Dengan begini nggak perlu lagi kan ribet-ribet download aplikasi pencatat pengeluaran atau mencatat manual seperti yang dulu saya lakukan. 

Ekstra

Masih ada lagi nih fitur ekstra dari blu yang bikin happy. Yaitu bluRewards, dimana dengan bluRewards, kita bisa gratis 20x transfer ke bank lain dan/atau top up e-money selama dua bulan pertama. Sedangkan transfer dari/ke BCA bebas biaya tanpa batas.

Untuk bulan ke 3 dan selanjutnya, cuma perlu menyimpan saldo rata-rata (portfolio)  di bluAccount kita minimal Rp1.000.000.

Kemudian ada yang namanya layanan haloblu,  yang selalu sigap untuk membantu nasabah kapan saja dan dimana saja, benar-benar #bluabuatbaik. 

blu, Aplikasi Penunjang Gaya Hidup yang Akan Terus Berinovasi

launching aplikasi blu by bca digital


Pada tanggal 22 Juli 2021, saya mengikuti acara launching aplikasi blu by BCA Digital yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom. 

Dalam acara ini hadir CEO BCA Digital, Lanny Budiati, yang memaparkan bahwa aplikasi blu memang diciptakan untuk menunjang gaya hidup masa kini khususnya anak-anak muda yang ingin serba cepat, praktis, dan gampang. 

Dengan fitur-fitur di aplikasi blu, dapat memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi, menabung, dan mengelola keuangan untuk mewujudkan impiannya dengan hanya scroll dan klik di smartphone dalam genggaman. 

Pada kesempatan ini pula dijelaskan bahwa blu akan terus berinovasi dan mendengarkan feedback dari nasabah pengguna aplikasi blu. Kedepannya blu akan bekerja dengan lebih banyak merchant sehingga masyarakat dapat merasakaan lebih banyak manfaat dengan aplikasi blu #blubuatbaik. 

Belanja Online di Blibli Lebih Mudah Dengan Aplikasi blu

Masih pada acara launching blu, disampaikan pula bahwa blu resmi bekerja sama dengan blibli, aplikasi belanja online yang juga menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. 

Adapun kerja sama ini dilandasi kesamaan antara blu dan Blibli yang sama-sama mengutamakan kepuasan penggunanya. 

kerja sama blu dan blibli



Dengan download dan daftar aplikasi blu, kita bisa belanja di aplikasi Blibli dan dapat cashback hingga 100% lho. Membayarnya pun bisa langsung dengan saldo dari aplikasi blu. Belanja jadi lebih mudah dan menguntungkan tentunya. 

Kerja sama antara blu dan blibli ini turut menjadi bagian dari ekosistem digital blu yang akan terus berkembang kedepannya. 

Semangat Mengatur Keuangan Demi Mewujudkan Impian 


Sekarang saya semakin semangat mengatur keuangan, apalagi setelah ada aplikasi blu. Saya suka banget karena aplikasinya itu ringan, daftarnya gampang, tampilannya user friendly. 

Saya percaya aplikasi blu akan menjadi platform perbankan next generation yang cocok banget nih dengan kita-kita kaum milenial yang suka sesuatu serba cepat dan praktis khususnya dalam bertransaksi dan mengelola keuangan.

Fitur-fiturnya menarik dan membantu mempermudah membagi pos-pos keuangan sesuai dengan tujuan dalam satu rekening saja. Aksesnya yang serba online dan mobile, memudahkan saya untuk kebutuhan transaksi apa saja dan kapan saja sesuai gaya hidup kita. 

Itu dia Review Jujur Aplikasi blu yang saya rasakan. Dengan ekosistem digital blu yang memenuhi kebutuhan masyarakat, rasanya impian akan semakin mudah untuk diwujudkan menjadi kenyataan. 

Meski aplikasi blu ini masih baru, tapi saya yakin ekosistem digital blu akan selalu berinovasi, mengingat blu adalah produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group yang selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi penggunanya.

Tunggu apalagi, yuk segera download aplikasi blu. Klik link di bawah ini ya.









  • Share:

You Might Also Like

18 komentar

  1. Aku juga dong, hemm gajian serasa lewat aja padahal hasil kerja sebulan habisnya sehari. Bener banget masalah kayak gini memang butuh pengelolaan uang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan mbak, karena mau sebesar apapun gaji kalau nggak dikelola dengan baik ya bakal habis. yuk kelola keuangan dengan aplikasi blu ^^

      Delete
  2. Penting banget untuk bisa mengelola keuangan keluarga. Meski gaji atau penghasilan besar, tapi kalo nggak bisa mengelola keuangan dengan baik, yang ada pasti terasa kurang terus ya Mba. Saya pernah berada di posisi ini. Ternyata selama ini pengelolaan keuangannya yang salah, bukan penghasilannya.

    Pengennya sih bisa nyimpen di banyak rekening, tapi nggak perlu repot punya banyak nomor rekening. Ternyata hal ini bisa dilakukan di aplikasi blu ya?? Keren banget deh. Cocok nih buat saya. Makasih reviewnya Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas. Iya saya sudah pakai dan ngerasa kebantu banget dengan fitur blusavingnya.

      Delete
  3. Ini yang saya suka selama jadi nasabah BCA. BCA Group selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi penggunanya. Dan yang terbaru blu by BCA Digital...Cus, mau juga ah, biar perencanaan keuangan makin matang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Saya juga suka banget dengan perusahaan yang nggak berhenti inovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

      Delete
  4. praktis bener daftarnya, warnanya kekinian banget, biru muda gitu
    aku sekarang juga membiasakan untuk bikin pos pos mbak,, biar ketauan kemana larinya uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin pos dan budget wajib banget mbaak. Iya anak muda banget ya, nggak apa deh biar kita berasa selalu muda. Hahaha

      Delete
  5. Langsung install aplikasi blu setelah membaca review blu. Lebih mudah dan banyak manfaat yah dan tidak perlu khawatir

    ReplyDelete
  6. saya banget nih Mbak, saat kerja itu rasanya gaji itu cuma numpang lewat, gak ada buat diri sendiri.
    blu BCA ini keren banget ya, kita jadi bisa semangat nabung dan mengelola keungan dengan lebih bijak lagi dong ini. Mau coba juga aah, kebetulan saya juga nasabah BCA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah jadi nasabah BCA lebih gampang lagi daftarnya karena data-datanya sudah ada ^^

      Delete
  7. Semenjak pandemi ini aku jadi sangat hati hati mengelola pengeluaran. Dan kok untungnya ada aplikasi BLU ini deh. Aku udah daftar nih tinggala verifikasi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kak? Udah selesai verifikasinya? Iya setuju banget selama pandemi dengan ketidak pastian harus hati-hati juga mengelola pengeluaran.

      Delete
  8. Aku juga pake blu...
    Auto jatuh cinta karena fitur bluSaving yang keren banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngebantu banget ya biar lebih disiplin nabung karena ada sistem autodebetnya juga.

      Delete
  9. Seneng deh BCA Digital merilis blu ini. Aku paling suka dengan bluSaving yang bisa buat nabung banyak kebutuhan itu. Jadi bisa nyimpen buat beli kebutuhan di masa mendatang dengan lebih tertata lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Kalau pakai fitur blusaving jadi jelas gitu targetnya kapan terpenuhi, berapa yang harus disisihkan perhari, perminggu atau perbulannya.

      Delete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.