Tips Mempersiapkan Hari Tua dengan Dana Pensiun yang Optimal

By dudukpalingdepan - July 06, 2021

 

mempersiapkan hari tua

Setiap orang wajib mempersiapkan hari tua mereka dengan baik sedini mungkin. Sebab, ketika hari tua telah tiba, kebutuhan akan semakin banyak dan fisik pun terkadang sudah tidak bisa diajak untuk bekerja keras. Oleh sebab itu, mempersiapkan dana untuk kebutuhan hari tua nanti akan sangat berguna agar kehidupan di masa senja tetap terjamin.

Tips Mempersiapkan Hari Tua

Agar kehidupan hari tua tenang dan bahagia, manusia bisa melakukan berbagai macam cara untuk mempersiapkan kehidupan di masa mendatang tersebut yakni meliputi:

1. Menabung Secara Rutin

Menabung merupakan salah satu jalan terbaik untuk mempersiapkan hari tua. Walaupun sedikit demi sedikit, nantinya tabungan tersebut akan terkumpul dan bisa mencukupi kebutuhan ketika telah pensiun nanti. Usaha menabung secara rutin setiap satu bulan sekali dengan dana hasil gajian bulanan.

Sisihkanlah nominal tertentu khusus untuk menabung dana di hari tua. Jangan ambil tabungan ini untuk keperluan lain yang memang masih bisa ditalangi menggunakan biaya yang masih tersedia di luar tabungan.

2. Menghitung Kebutuhan Hari Tua

Hitunglah kebutuhan apa saja yang diperlukan di hari tua lengkap beserta prediksi nominal yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar manusia bisa mengatur keuangan mereka sejak dini dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk hari tua tersebut.

Benar-benar persiapkanlah hari tua dengan matang. Sebab, nanti semua kebutuhan dan kehidupan tetap berjalan dan pendapatan sudah tidak didapatkan kembali karena adanya masa pensiun kerja.

3. Tidak Menghambur-hamburkan Uang & Tidak Boros

Menghambur-hamburkan uang berarti menggunakan uang untuk membeli berbagai barang yang tidak dibutuhkan dan hanya untuk mengikuti trend saja. Hindari hal tersebut karena akan membuat tabungan terkuras.

Jika tabungan terkuras dan pendapatan tidak bisa naik setiap bulannya, maka uang yang akan ditabung untuk hari tua tentu saja habis digunakan gaya-gayaan. Oleh sebab itu, jika saat tua ingin hidup bahagia, gunakanlah uang seperlunya saja sejak masih bisa bekerja

4. Melakukan Investasi Jangka Panjang

Investasi juga merupakan salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan hari tua karena hal ini sama saja dengan menabung dan nantinya juga bisa mendapatkan keuntungan. Macam-macam investasi yang direkomendasikan untuk tabungan hari tua yakni:

       Investasi properti

       Investasi saham

       Investasi emas

5. Mencari Penghasilan Sampingan

Walaupun sudah bekerja dan kehidupan keluarga sudah tercukupi, tetapi jangan malu untuk mencari pekerjaan atau mendirikan usaha sampingan. Hasil yang didapatkan dari sampingan tersebut nantinya dapat ditabung khusus untuk persiapan hari tua. Bahkan, jika usaha sampingan tersebut ditekuni dengan baik, bukan tidak mungkin bahwa usaha semakin berkembang. Nantinya, ini juga bisa menjadi sumber penghasilan utama.

6. Masukkan Dana Persiapan Pensiun dalam Anggaran Bulanan

Setiap bulan, Anda juga harus menyisihkan dana pensiun secara rutin. Hal ini akan sangat penting agar ada kebiasaan untuk menabung dan menyisihkan pemasukan yang didapatkan. Dengan begitu, uang yang Anda dapatkan tidak hanya terbuang sia-sia karena berfoya-foya.

7. Mempersiapkan Dana Darurat dengan Asuransi

Asuransi merupakan jalan terbaik untuk mengcover kebutuhan dana di hari tua nantinya. Tinggal pilih saja jenis asuransi yang akan diambil dan berapa biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulannya. Saat hari tua, kehidupan akan tenang karena keperluan yang membutuhkan biaya besar sudah diatasi oleh asuransi. Jenis-jenis asuransi yang direkomendasikan untuk diambil saat hari tua nanti yakni:

       Asuransi pensiun

       Asuransi kesehatan

       Asuransi pendidikan anak

       Asuransi jiwa

mempersiapkan hari tua


Mempersiapkan hari tua sejak dini memang bukan persoalan mudah. Akan tetapi, manusia memang tidak boleh berputus asa agar kehidupan di hari tua nanti aman, nyaman, dan semua kebutuhan telah tercukupi. Maka dari itu, segera persiapkan hari tua yang nyaman, tenang, dan bebas finansial sekarang juga!

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Bener banget nih, memang butuh persiapan untuk menghadapi hari tua terutama dana yang optimal. Harus disiapkan dari sekarang nih.

    ReplyDelete
  2. Aku masih dalam tahap menabung sih kak, agak sulit di awal-awal karena belum terbiasa.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.