4 Cara Punya Tabungan Bulanan untuk Millenial

By dudukpalingdepan - 7:23:00 PM



Konon katanya generasi millennial  terkenal dengan sikap konsumtifnya yang membuat budaya menabung menjadi tabu. Saya akui itu nggak seratus persen salah. Karena saya sendiri bekerja dari umur 19 tahun, tapi baru bisa menabung setelah punya anak. Jadi tahun-tahun sebelumnya setiap gajian mindset saya "mau dihabiskan untuk beli apa saja ya?" dibanding "harus nabung berapa ya untuk masa depan?"

Sehingga kebanyakan milenial melakukan pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan yang didapat sehingga tidak memiliki tabungan, bahkan nggak jarang malah harus minjam *tepok jidat*. 

Nah belajar dari pengalaman, berikut beberapa pilihan yang bisa dijadikan referensi bagi millennial yang mulai ingin menabung.

1. Menyisihkan sebagian budget pengeluaran

Menabung dapat dimulai dengan cara mengatur pengeluaran dengan bijak dan menyisihkan sebagian untuk disimpan. Cara yang paling efisien dalam memangkas pengeluaran adalah dengan memanfaatkan promo, terutama disaat pertengahan bulan ketika gaji sudah mulai menipis. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kini sudah ada aplikasi yang memungkinkanmu untuk mengetahui brand mana saja yang sedang memberikan promo, seperti aplikasi Giladiskon


Hanya dengan download aplikasi Giladiskon dan menjadi member GD+, kamu sudah dapat menikmati promo sepuasnya dari berbagai macam brand contohnya untuk F&B seperti KFC, McDonald’s, Shilin, dan lainnya yang akan terus bertambah. Ada juga promo dari berbagai supermarket seperti Giant, Lotte Mart, Hypermart, dan lain-lain yang dapat kamu manfaatkan untuk memangkas budget belanja bulanan. 

Selain itu, promo dari berbagai macam brand Fashion hingga Entertainment juga dapat dinikmati sepuasnya sepanjang tahun khusus hanya untuk member GD+. Pastinya promo yang diberikan akan memberikan kamu keuntungan dan memungkinkan kamu untuk berbelanja dengan lebih hemat dan cerdas sehingga sebagian uangmu bisa ditabung tanpa mengorbankan eksistensi di media sosial.

Bahkan di Giladiskon juga ada money back guarantee bagi kamu yang merasa tidak ‘balik modal’ dari promo yang diberikan oleh brand partner GD+ dalam waktu 3 bulan sebagai member GD+. Untuk melakukan klaim garansi inipun prosesnya sangat mudah dimana kamu hanya perlu menghubungi pihak Giladiskon melalui channel yang tersedia, dan uang akan kembali 100%. Dengan jaminan uang kembali ini, kamu bisa menikmati voucher sepuasnya tanpa perlu khawatir.

Untuk pengguna Android, kamu dapat secara langsung mengunduh aplikasi Giladiskon dan memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh berbagai macam brand. Sedangkan untuk pengguna iOS, untuk saat ini kamu bisa mengunjungi www.giladiskon.com terlebih dahulu hingga aplikasi diluncurkan di App Store. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Giladiskon dan daftarkan diri kamu sebagai member GD+ hanya dengan Rp100.000,- per tahun untuk menikmati promo sepuasnya! Sangat terjangkau bukan?

2. Mencari pendapatan tambahan
unsplash
Nah karena sekarang saya sudah punya anak tentun pengeluaran tambah banyak, sedangkan kenaikan gaji tidak setiap tahun. Alternatifnya bisa mencoba mencari pendapatan tambahan yang hasilnya dapat ditabung. Salah satunya yang saya lakukan dengan menulis blog, ikut lomba, dan menjadi copy writer untuk salah satu e-commerce. 

Buat yang nggak terlalu suka cara di atas, ada cara lain untuk menabung yang bisa dilakukan oleh milenial yang membutuhkan lebih sedikit waktu, yaitu dengan memanfaatkan program referral yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan bonus jika orang lain menggunakan tautan link atau user ID milikmu untuk melakukan pendaftaran pada suatu website atau aplikasi. Salah satu program referral yang dapat dimanfaatkan adalah program referral dari GD+, fitur terbaru aplikasi Giladiskon bagi para pecinta diskon.

Fitur GD+ ini merupakan fitur membership berbayar untuk dapat menikmati promo sepuasnya hanya dengan Rp 100.000 per tahun. Ketika teman atau kerabat daftar menjadi member GD+ menggunakan user ID milikmu, maka mereka akan mendapatkan potongan harga member sebesar Rp 25.000 dan kamu akan mendapatkan bonus sebesar Rp 50.000 (berlaku kelipatan). 


Kalau mau daftar bisa pakai referal saya ya

DUDUK01183

Misalnya, ada 5 orang yang bergabung menjadi member GD+ menggunakan user ID milikmu, maka bonus yang kamu terima adalah sebesar Rp 250.000. Tentunya bonus ini dapat diambil dari akun GD+ kamu sehingga dapat dijadikan sebagai pemasukan tambahan untuk kebutuhan apapun. Untuk bisa memiliki mengikuti referral program ini, kamu harus menjadi member GD+ terlebih dahulu.

3. Nabung Emas

Ingat nggak orang tua kita dulu sering beli perhiasan emas, bukan cuma sekedar buat gaya-gayaan aja. Tapi jadi investasi yang bisa dijual saat dibutuhkan. Nah, milenial bisa meniru cara ini lho. Apalagi sekarang banyak aplikasi untuk menabung emas.

4. Nabung di P2P Lending

By Freepik

Bagi millennial yang melek berita mengenai perkembangan fintech belakangan ini pasti sudah mulai akrab dengan istilah P2P (Peer-to-Peer) lending. Platform fintech yang menggunakan mekanisme ini memungkinkan kamu untuk menginvestasikan uang yang dimiliki kepada bisnis menengah yang nantinya akan dikembalikan dengan bunga yang telah ditetapkan bergantung pada risiko bisnis tersebut. Jadi mirip dengan sistem bagi hasil. 

Berinvestasi di P2P lending umumnya memiliki minimal nilai investasi yang lebih terjangkau daripada berinvestasi di pasar saham. Selain itu, biasanya risiko yang dihadapi pun masih dapat diatasi oleh investor pemula sehingga P2P lending dapat dijadikan alternatif platform menabung bagi millennial. Jika kamu sudah memahami cara berinvestasi di P2P lending, kamu bisa mencoba berinvestasi di pasar saham yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih besar namun dengan risiko yang lebih besar pula.

Inilah 4 cara menabung yang bisa milennial coba. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba salah satunya?

  • Share:

You Might Also Like

36 komentar

  1. nabung emas, kayak generasi old nih, ibuk-ibuknya pasti nabung emas dan memang cara ini tetap oke sih sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mudah soalnya kan toko emas ada dimana-mana. Tapi jaman sekarang bisa pakai aplikasi juga :)

      Delete
  2. wah, bermanfaat banget nih teh sebagai referensi para anak muda millenial sekarang, kebutuhan semakin tinggi dan kerja keraspun harus semakin tinggi pula

    ReplyDelete
  3. Setuju bangeet. Meneguhkan hati buat nabung emang penting banget. Aku aja baru bisa nabung semenjak nikah.hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap ngelihat anak selalu ada alasan buat nabung :D

      Delete
  4. Wah menarik Mbak cara-caranya. Saya sendiri masih kesulitan nabung soalnya. Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  5. saya kok susah nian kalau nabung....? bawaanya pengin belanja mulu, ngak tenang kalau duid belum habis,hahahah...., tapi pas uangnya sudah habis, langsung Migrain dan dompetnya kejang - kejang, hahahah.....

    ReplyDelete
  6. Alkhamdulillah jadi menambah wawasan, semoga kedepannya jadi makin rajin menabung saya nya.

    ReplyDelete
  7. saya sudah menabung dari sejak kecil

    banyak manfaatnya rajin menabung

    ReplyDelete
  8. Urusan nabung wajib kl buat saya.. Gak bs bnyk mmnl hrs ada yg sy sisihin.. Dan ga blh diutak atik kl ga kepepet bgt sih... Kl utk harian bwda lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mbak, sharing dong cara manajemen keuangannya.

      Delete
  9. Nabung emas perhiasan, seperti yang diajarkan generasi lama...menabung sambil berhias

    ReplyDelete
  10. Kalau saya menyisihkan dana pengeluaran tidak bisa karena memasuki bulan puasa pabrik tutup dan otomatis jadi besar pasak daripada tiang, harus cari pemasukan tambahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbak Dewi :) Ikut lomba blog aja, hadiahnya menggiurkan. Atau bisa mendaftarkan blognya di situs Sosiago, untuk dapat job blog.

      Delete
  11. Kalo saya cara nabungnya adalah kasih pinjem temen yang lagi perlu. hehe

    kadang suka kaget gitu pas bulan depannya tiba2 ada yang wa "woy gw udah tf ya."

    kayak nemu uang gitu. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dermawan banget masnya. Saya juga pernah ada teman lama tiba-tiba inbox mau bayar utang. Saya sendiri aja lupa kalau dia pernah minjem.

      Delete
  12. Sama mba saya juga setelah menikah dan punya anak baru bener2 serius nabungnya,pengen juga coba nabung P2P lending karena hasilnya juga mudah didapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh digoogling dulu mbak mengenai P2P, bisa cari yang syariah ya ^^

      Delete
  13. Wah baru tahu nih saya tentang giladiskon.
    Ini kesukaan mamak-mamak banget deh
    Saya juga suka diskonan, meskipun juga ujung2nya kebanyakan mikir sampai akhirnya sold out hahahaha

    Asyik, boleh juga nih pakai kode referal mom Enny :)

    ReplyDelete
  14. Waktu single dulu aku suka tuh nabung emas, pas ngambil rumah ternyata uangnya masih kurang banyak, ya udah daripada minjem sana-sini mending jual bbrp perhiasan hahaha, ikhlas saya ikhlas.

    ReplyDelete
  15. jadi penasaran pingin coba nih gila diskon..lumayan juga :)

    ReplyDelete
  16. Wah, Giladiskon! Aku baru join GD+ juga, lumayan diskonnya buat makan bareng di Negiya atau beli Blizzard di Dairy Queen. Mudah-mudahan dealsnya makin banyak

    ReplyDelete
  17. aku lebih suka misahin atm, terus nabung diawal bulan pas baru gajian banget. biar gak khilaf..

    ku juga tertarik sih utk menabung emas..

    daan.. boleh banget tuh manfaatin promo dari giladiskon, baru tau aku.. auto mencoba ahh :D

    ReplyDelete
  18. nabung emas kayanya cara nabung yang paling ideal karena mudah banget jualnya..
    jaman sekarang sepertinya wajib banget untuk punya tabungan, karena kadang-kadang ada biaya dadakan...

    ReplyDelete
  19. Setuju. Nih milenial harus banyak nabung biar bisa belanja ol. Ehhhh hehhehe kalo saya dan suami banyakin deposito juga sih mba heheu tfs ya

    ReplyDelete
  20. Bermanfaat kak, terima kasih atas sharingnya :)

    ReplyDelete
  21. wah bisa jadi referensi nich untuk bisa nabung

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.