Pengalaman Gajian Pertama dari Google Adsense

By dudukpalingdepan - 10:56:00 AM

gajian dari Google Adsense

Akhirnya setelah penantian panjang, lebih lama dari nungguin jodoh datang, saya gajian juga dari Google Adsense. Yap, saya nunggu gaji pertama ini selama tiga tahun lebih. 

Motivasi Pasang Google Adsense di Blog


Waktu itu tulisan pengalaman saya tentang pengalaman tes CPNS naik banget viewsnya. Saya pikir sayang aja gitu kalau views banyak tapi nggak ada pemasukan 😅 *mikir duit mulu, wkwk*.

Akhirnya saya cari tahu cara pasang Google Adsense. Ternyata gampang aja, registernya sama kayak kita mau buka akun medsos baru. 

Saya lupa nunggu berapa lama, tapi nggak sampai satu bulan, saya dapat email bahwa pengajuan akun adsense saya diterima. 

Mulai deh tuh saya coba pasang iklannya. Dulu masih gaptek, bingung banget cara menempatkannya dimana. Apa lagi kalau manual. Sekarang sih sudah enak bisa iklan otomatis gitu. 

Tips Agar Pengajuan Adsense Diterima



Ini berdasarkan pengalaman saya ya. Saya sudah mengajukan dua kali dengan dua akun berbeda dan dua-duanya nggak butuh waktu lama untuk diterima. Hanya saja satu akunnya saya anggurin.

Jadi sepengalaman saya yang penting blog kita itu sudah aktif minimal beberapa bulan. Kemudian rutin juga diisi. Nggak harus tiap hari sih. Waktu itu saya hanya 2-4 kali sebulan. Tapi setiap bulan selalu ada tulisan baru.

Kemudian, harus ada trafik organik. Makanya memang harus rajin nulis dulu. Jadi google menilai blog kita itu memang "hidup".

Tambahan menurut artikel yang saya baca sih template juga berpengaruh. Alias tampilan harus rapi dan nyaman dikunjungi pembaca.

Cuma kata teman-teman blogger di grup-grup bilang, sebenarnya pengajuan Google Adsense ini juga misteri. Alias suka-sukanya mbah Google aja.

Ada  yang ngajuin blognya udah bagus, rutin diisi, tampilan oke, trafik ada, udah jalan lama, tapi ditolak. Eh giliran blog baru hitungan minggu, trafik masih sedikit, eh diterima.

Kenapa Gajiannya Lama 



Jika pengalaman saya nunggu gajian pertama tiga tahun lebih, bukan berarti memang sistemnya begitu ya. Ada kok blogger yang tiap bulan bisa gajian dari Google Adsense, bahkan ada yang penghasilannya puluhan dan ratusan juta perbulan.

Nah, sedangkan saya waktu itu ngaktifin GA tanpa ilmu yang memadai. Jadi pas aktif ya udah gitu aja, nggak saya optimasi baik dari blog maupun akun GAnya. 

Jadi tahun pertama dan kedua, saya hanya dapat penghasilan 500-1000 Rupiah aja perharinya. Bahkan di bawah itu juga pernah. 

Setelah saya cari tahu karena memang saya nulisnya masih jarang. Konsisten 4-8 artikel perbulan itu masih kurang. Para pemain GA malah bisa 10 artikel lebih per-hari. 

Belum lagi perkara optimasi SEO. Pejuang Rupiah dari GA menulis artikel harus pakai riset keyword dan aturan SEO lainnya. Mereka menulis apa yang pembaca cari. Sedangkan saya banyak nulis, apa yang mau saya tulis, hehehe. 

Jadi saya sendiri legowo aja sih gajiannya lama karena memang dari awal tujuan saya ngeblog bukan buat main GA. Lebih kepada menuangkan isi hati dan kepala, serta berbagi pengalaman yang bermanfaat

Hanya saja memang akhir-akhir ini saya imbangi dengan menulis artikel lebih banyak, melihat riwayat Google Analytics, artikel apa yang banyak dibaca di blog saya, lalu saya buat lagi artikel turunannya. 

Sedikit demi sedikit saya belajar tentang SEO. Lagi pula memang sebagai blogger saya juga nggak boleh egois hanya menulis apa yang saya suka, ada kalanya saya harus menulis apa yang orang butuhkan. Namun tentu dengan nggak mengubah personal branding saya. 

Sekarang GA saya perharinya sudah meningkat daripada dulu, yaitu sekitar 3-10ribu perharinya. Satu bulan bisa 180-200ribu. Kalau begini terus, gajian berikutnya bisa lebih cepat deh. 

Tips Untuk yang Mau Serius Meraih Pendapatan dari GA




Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, saya pribadi memang nggak terlalu serius di GA karena memang bukan tujuan utama saya. Namun jika teman-teman mau serius memasang GA sehingga bisa mendapatkan pendapatan bulanan, coba simak tips berikut ya. 

1. Banyak belajar dari suhu atau master GA


Kalian bisa menemukan banyak blogger senior yang udah berkecimpung dengan GA bertahun-tahun lamanya. Biasanya mastah malah nggak pelit ilmu. 

Coba saja masuk grup-grup blogging/GA di Facebook, Telegram, WA, banyak banget tips yang disebarkan di sana secara gratis. Nggak jarang juga para suhu itu mau membalas komentar pertanyaan dari pemula. 

2. Aktif ngeblog dengan banyak artikel berkualitas perharinya. 


Dari mastah di grup yang saya ikuti, dia bilang optimasi SEO itu memang penting tapi lebih penting lagi memposting artikel. Karena percuma tampilan blog rapi, cepat, tapi nulis blognya jarang-jarang. 

Artikel berkualitas juga bukan hanya dilihat dari banyaknya jumlah kata. Tapi harus diawali dengan riset keyword, penempatan keyword yang tepat, dalamnya ulasan artikel namun jangan bertele-tele juga. 

Selain itu pentingnya membuat artikel turunan dari artikel utama. Sebagai pendukung dari informasi utama yang diberikan. Jadi pembaca bisa mendapatkan informasi yang lengkap tanpa harus ke website/blog lainnya. 

3. Ikut kelas berbayar


Jika diperlukan silahkan ikut kelas berbayar karena biasanya kelas berbayar bukan cuma dikasih ilmu tapi juga mengupas rahasia-rahasia keberhasilan dari Google Adsense.

Selain itu kelas berbayar biasanya juga disediakan grup untuk wadah berkomunikasi sesama member. Jadi tetap bisa saling bertukar ilmu meski kelas sudah selesai. 

4. Learning by doing


Berhubung algoritma Google itu bisa berubah kapan aja, maka pentingnya untuk selalu belajar dan mempraktikkannya. Sampai nanti kita ketemu cari terbaik agar artikel cepat masuk halaman pertama, banyak views, dan banyak pula penghasilan dari GA. 

Gajian Pertama dari GA, Beli Apa?


Meski nunggu lama, saya tetap bersyukur dan senang banget bisa gajian pertama dari GA. Biar hasilnya tetap bermanfaat, saya pakai untuk menambah membeli gadget baru (iPhone SE) yang bisa mendukung untuk bikin konten di blog dan di Instagram. 

Semoga saya jadi lebih semangat bikin konten ya, dan teman-teman juga makin sering berkunjung kesini atau ke @dudukpalingdepan.

***

Semoga pengalaman saya ini bermanfaat untuk teman-teman blogger pemula yang sedang mencari tahu cara meraih penghasilan dari blog

Kalau ada yang punya pengalaman atau tips tambahan terkait Google Adsense juga, tulis di kolom komentar ya.







  • Share:

You Might Also Like

16 komentar

  1. Wah selamat ya Mbak sudah dapat gajian dari google. Saya bulan ini baru masuk dua tahun jadi publisher adsensen dan saldo juga baru setengahnya dari batas minimal penarikan. Yah semoga saja tahun depan juga sudah bisa gajian eh tapi masih was was nih karena surat cinta yang saya nanti-nantikan dari Google sampai sekarang tak kunjung sampai padahal sudah dikirim dari dua bulan lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAta temen-temen di grup memang selama pandemi ini terkendala pengirimannya mbak. Bisa juga disusulin di pos terdekat ya.

      Delete
  2. Aku udah 3 tahun belum gajian mbaaa... wekekek *malu deh 🙈
    btw, adsense blog sama youtube bisa digabung gak sih mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asal akun youtubenya pakai email yang sama dengan email GA. Saya juga nyambung tapi sayangnya youtube sya belum kecapai minimal subs dan durasi tayangnya.

      Delete
  3. duh aq makin sedih deh baca ini, google ads aq bermasalah tapi gak selesai2 udah 4 bulan, udah coba berbagai cara tapi gak bisa tampil juga mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari jasa orang yang jago adsense gitu mbak. Semangat yaaaa

      Delete
  4. Selamat mbaak akhirnya gajian. Aku jadi termotivasi setelah membandingkan Analytics dengan punya mbak. Jauh banget :"D

    ReplyDelete
  5. Sealmat mba, aku udah daftar tp belum berhasil..hiks

    ReplyDelete
  6. Selamat yah Dindo udah gajian dari Adsense, jangan lupa percikannya yah,hahahaha......

    ReplyDelete
  7. Waaahh selamat Enny!

    Kereeeennn nih, satu persatu teman blogger gajian ads akhirnya, saya beloomm dong, padahal ya sama udah 2 tahunan deh kayaknya, tapi naiknya kek siput.
    That's why saya malas berharap di ads, bahkan iklan di blog utama cuman seiprit, hanya di blog beauty yang saya bikin otomatis, itupun bukin ga nyaman dah.

    Dan hasilnya belom maksimal.

    Kalau daftarnya dulu, saya sejak tahun awal-awal dulu daftar nggak di approve, pas serius ngeblog, baru coba iseng daftar, udah langsung di app dong, kayaknya memang aktif nulis juga ngaruh banget cepat di app.

    Oh ya, nulis 10 artikel sehari?
    Pengsan hiks! hahaha

    ReplyDelete
  8. Senangnyaa udah gajian dr GA. 😍 Selamat Mba Enny..
    Makasi juga tips2nya. Memang paling utama itu rajin update blog dg postingan yg dicari2 orang yaa.. Saya tertampar yg bagian nulis yg disuka diri sendiri, bukan yg dicari pembaca. Itu saya bgd sih. Hahaha 😆 Tp gpp lah, namanya juga buat nyalurin hobi aja 😁

    ReplyDelete
  9. Wah, selamat kak Enny, mantul deh wkwkw ....

    ReplyDelete
  10. belum pernah nyoba daftar lagi, dulu awal pertama pernah ditolak
    aku juga banyak belajar dari temen temen blogger, googling juga, ntar ntar dah aku mau coba lagi

    ReplyDelete
  11. Selamat...Insya Allah akan semakin cepat gajian berikutnya. Asalkan jangan dikasih kendor updatenya

    😁😁😁🙏🙏🙏

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.