Inspirasi Rak Bunga Kekinian Hasil Karya Warga Binaan Lapas

By dudukpalingdepan - 2:29:00 PM


Sudah lama nih saya nggak nulis kategori "Cerita Petugas Lapas". Terima kasih ya yang sudah berkunjung dan baca. Karena sampai saat ini, kategori tersebut menyumbang views terbanyak. 

Kali ini saya mau membagikan karya warga binaan Lapas tempat saya bekerja, yaitu Lapas Tebo. Dimana sedang ada produk unggulan yaitu rak bunga dari besi yang memang lagi hits karena trend menanam tanaman hias sedang naik daun. 

Sebelumnya mereka sudah dilatih oleh instruktur Balai Latihan Kerja khusus bidang pertukangan dan mebel. Selain dilatih, ada ujiannya juga dan diberikan sertifikat. Jadi, tenaga mereka memang terlatih ya bukan hanya otodidak. 




Nah setelah pelatihan tentu harus ada outputnya ya kan? Oleh petugas di sini khususnya bagian bimbingan kerja, dicobalah membuat beberapa contoh produk untuk dipasarkan. 

Ternyata yang paling menarik perhatian adalah rak bunga dari besi dengan aneka model dan bentuk. Karena memang di sini trend menanam tanaman hias juga sedang hits,  maka banyak yang butuh rak bunga cantik untuk memperindah teras rumahnya. 

Memang sistem di sini adalah made by order, jadi pesan dulu nanti akan dibuatkan. Pelanggan juga bebas mau request, bentuk, ukuran, model, dan warna. Nanti harga akan disesuaikan dengan request tersebut. 

rak bunga besi

rak bunga besi

rak bunga besi




Jangan takut mahal, karena dijamin harganya lebih murah daripada di pasaran. Rak bunga cantik di sini mulai dari 120ribuan aja. Kalau pesan lebih dari satu, bisa dapat potongan harga juga. 

Alhamdulillah sudah banyak yang pesan, mulai dari internal pegawai di sini sampai masyarakat sekitar. Awalnya dari mulut ke mulut, tapi kemudian juga dipasarkan via media sosial Instagram @lapastebo_bimker

Biasanya pencinta tanaman hias akan pesan lebih dari satu, atau sudah pesan sekali akan pesan lagi karena kualitasnya yang bagus dan harganya yang lebih miring daripada di tempat lainnya. 

Saya sendiri juga punya rak bunga karya warga binaan di sini, yang kecil aja sih warna biru. Rencananya mau koleksi tanamannya dulu baru nanti bikin raknya. 

Saya juga senang saat ngobrol sama petugas yang mengawasi kegiatan kerja ini kalau testimoni pemesan ternyata puas dan bagus. Kalaupun ada yang ingin ditambah atau diganti gitu tinggal dikomunikasikan aja sama petugasnya pasti akan dibantu. 

Sayangnya saat ini cuma bisa memenuhi pesanan di daerah Tebo dan sekitarnya, mengingat ukurannya yang cukup besar, kalau dikirim pakai ekspedisi pasti memakan biaya yang cukup besar. 

Namun saya tetap bagikan foto-foto contoh produknya, siapa tahu ada warga Tebo-Jambi yang tertarik dan berniat memesan. Kalaupun di luar Jambi, semoga bisa model yang dibuat bisa jadi inspirasi untuk bikin sendiri di tempat kalian ya. 

Selain rak bunga kekinian, masih ada produk lainnya kok. Selama bahannya dari besi dan kayu, bisa request apa aja. Meja sudut, meja makan, rak buku, rak tv, kursi tamu, kursi santai, jemuran. InsyaAllah semua bisa dibikin.







Dengan memesan produk karya warga binaan di Lapas Tebo, teman-teman membantu mereka untuk terus berkegiatan positif dan produktif.

Jika tertarik dan ingin memesan aneka rak bunga dan perabotan rumah tangga lainnya, jangan segan untuk datang ke galeri Lapas Kelas IIB Muara Tebo yang berada di depan kantor Lapas Tebo jalan lintas Bungo-Tebo Km.2 Kec.Tebo Tengah, Kab.Tebo, Jambi, 37571. Dapat pula menghubungi petugas pada telp/WA 085382834333 (Agus). 

Warga binaan yang mengerjakan produk ini juga senang banget karena selain bisa menghabiskan waktu dengan baik, mereka juga dapat bagian dari keuntungan penjualan produk. 

Gimana nih menurut teman-teman hasil karya mereka? Tulis di kolom komentar, ya.



  • Share:

You Might Also Like

16 komentar

  1. Baguuus mba. Seandainya ini di JKT, aku jg pasti ikutan beli. Tp pgn dibikinin rak buku. Baguuus loh td hasilnya.. keliatan halus dan kuat.ikutn seneng bacanya.

    Aku berharap mereka2 ini selepasnya dari lapas nanti, bisa punya pegangan usaha sehingga ga terjerumus lagi ke kegiatan kriminal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya mbak Fanny, atas apresiasinya ^_^
      Iya memang itu harapannya mbak. Jadi mereka bisa ngelamar di tempat bengkel las/mebel atau membuka usaha sendiri nantinya.

      Delete
  2. Huwaaa camntik-cantik banget, hal ginian lagi booming loh, mempercantik rumah buat instagramable hahaha.
    Saya suka yang putih dan simple di atas., yang ga ada bunganya, kalau yang bentuknya artistik gitu, saya lebih suka kalau warnanya gelap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas apresiasinya mbak Rey^_^ Iya di sini bisa request bentuk dan warna juga.

      Delete
  3. Bagus bagus rak bunganya mbak Enny, cuma sayangnya besar ya, kalo dikirim pakai ekspedisi pasti lebih mahal ongkos kirimnya daripada rak nya. Apalagi itu bahannya kayu, misalnya beratnya 10kg, ongkir nya 160 ribu.😂

    Tapi bagus sih, jadi warga lapas ada kegiatan, selain bisa buat pemasukan, nantinya keluar lapas ada keahlian buat kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, semoga nanti bisa bikin inovasi raknya bisa dirakit kayak IKEA.
      Iya kami juga berharap begitu.

      Delete
  4. Rak berjaring-jaring itu mengingatkanku akan lerberg-nya i*ea mbak. Hehehe. Seneng deh liat binaan lapas produktif gini. Pasti lebih semangat untuk menjalani hari di lapas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga suka rak dari brand itu. Tapi memang besi mereka bagus sih, ringan tapi kokoh. Kalau yang ini kokoh juga cuma masih besi yang berat gitu. Doa'in nanti bisa bikin inovasi produk lainnya lagi ^^

      Delete
  5. Wiiiih, keren juga ya gagasannya. Di lapas, juga diberi ketrampilan tambahan. Jadi iri, walaupun aku nggak di lapas, tapi kok belum bisa ya punya gagasan yang bermanfaat buat orang lain gini hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena sekarang konsepnya bukan lagi "penjeraan" tapi "pembinaan". Pasti bisa kok mas, kan setiap orang punya kontribusi di bidangnya masing-masing ^^

      Delete
  6. bagus mba eni, salut aq sama temen2 di lapas ini, semoga banyak peminatnya disana yah jadi bisa tetap produktif teman2 yang di lapas ini

    ReplyDelete
  7. bagusss mbak, menarik buat pajangan di mini kantor ala rumah gitu atau di rumah, aku belum pernah liat rak putih dan ada aksennya seperti itu, bagusss

    ReplyDelete
  8. Woowww, keren banget mba hasilnya. Agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas kayaknya perlu dipikirkan gimana caranya membuat rak bunga knock-down (bongkar pasang). Saya rasa pasti ada caranya, karena sekarang lemari baju, rak buku, dan tempat tidur aja bisa dikirim jarak jauh.

    ReplyDelete
  9. Wow bagus" banget kak, idenya kreatif
    Disini kayaknya aku belum pernah liat yang model"nya kaya gtu, padahal model kaya gitu unik lho gak ngebosenin

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.