√ Manfaat dan Cara Memilih Cloud Hosting Terpercaya - Duduk Paling Depan

Manfaat dan Cara Memilih Cloud Hosting Terpercaya

hosting domainesia


Sebagai imbas dari kemajuan dunia internet, maka kebutuhan akan cloud hosting bagi sebuah website menjadi sebuah kepentingan yang cukup mendesak. Banyak perusahaan yang mengemban sebuah misi penting yang mengharuskan operasional websitenya menggunakan layanan cloud hosting yang terpercaya.

Beberapa Perusahaan yang menggunakan cloud hosting misalnya seperti Marketplace, Perbankan, Situs Berita dan Website Perusahaan  lainnya yang memiliki trafik dalam jumlah yang tinggi lainnya.

Lantas, apa itu cloud hosting? Apa manfaatnya menggunakan cloud hosting ? dan Bagaimana cara memilih cloud hosting terpercaya ?

Apa itu Cloud Hosting ?

Cloud Hosting adalah tipe web hosting yang menggunakan berbagai macam server untuk menyeimbangkan load (beban) dan memaksimalkan uptime (memaksimalkan jam kerja sebuah server).  Dengan adanya cloud hosting sehingga akan memberi kemudahan dalam hal scaling apabila kita menginginkan power tambahan.

Bahasa mudahnya cloud hosting itu merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan beberapa / banyak server untuk bekerja layaknya seperti satu server utuh sehingga website bisa tetap berjalan walaupun ada server lainnya sedang bermasalah.

Cloud hosting ini menggunakan teknologi yang dinamakan “Cluster“ , yaitu teknologi yang mengabungkan resource server secara terpusat. Jika ada satu server yang bermasalah, maka server lainnya akan melakukan penjagaan terhadap sebuah website sehingga membuat uptime-nya cukup tinggi dikarenakan server saling mem-backup.


Manfaat Menggunakan Cloud Hosting :

1. Mampu Menampung Trafik Berlebihan

Ketika kita menggunakan layanan cloud hosting terpercaya, maka kita tidak perlu khawatir website kita akan down akibat mendapat trafik yang berlebihan. Teknologi cluster yang dimiliki oleh cloud hosting mampu untuk mem-backup server yang bermasalah sehingga website masih bisa tetap beroperasional walau dikunjungi oleh penguna dalam jumlah yang banyak.

2. Aman Dari Hacker dan Malware

Manfaat lainnya dengan menggunakan layanan cloud hosting terpercaya adalah aman dari serangan hacker dan malware. Layanan cloud hosting akan siap menghadapi setiap celah keamanan yang mengancam sebuah website. Cloud hosting biasanya dilengkapi dengan fitur – fitur keamanan, seperti : CloudLinux OS , proteksi malware dan DDoS (Distributed Denial of Service) serta lainnya.

3. Mengelola Website Dengan Mudah 

Cloud hosting tidak sulit untuk dikelolah cenderung lebih mudah, karena memiliki pilihan pengaturan dan pengelolahan website. Pilihan pengaturannya selintas mirip dengan shared hosting. Cloud hosting tetap memiliki cpanel atau control panel untuk mengatur hal – hal teknis di dalam website kita. Layanan cloud hosting juga sudah kompatibel dengan “Laravel dan Web Packages“. 

Sehingga dengan kedua software ini, kita mampu mengembangkan aplikasi berbasis web dengan PHP. Mantap, bukan ?

Selain memberikan tiga manfaat yang sudah disebutkan diatas, menggunakan layanan cloud hosting terpercaya juga memberikan manfaat lainnya seperti: Kita bisa lebih leluasa ketika akan menggunakan layanan yang lebih tinggi, Presentase Uptime lebih tinggi, lebih aman dari kerusakan yang disebabkan oleh human error dan harga sewa cloud hosting yang kompetitif.

Cara Memilih Cloud Hosting Terpercaya : 


Agar kita tidak salah memilih layanan cloud hosting terpercaya, maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memutuskan untuk sewa cloud hosting diantaranya sebagai berikut :

Dukungan Team Support

Cek dan cari tahu apakah penyedia layanan hosting tersebut bisa dipercaya dan memberikan layanan team support yang handal. Pastikan juga apakah team support dari penyedia cloud hosting tersebut selalu standby 1 X 24 Jam selama 7 hari. Kita bisa mencari informasi yang kita butuhkan melalui testimoni, tanya kepada orang yang sudah lama berlangganan atau bisa bertanya langsung ke pihak penyedia.

Dukungan Keamanan

Cek dan cari tahu juga apakah penyedia cloud hosting memberikan keamanan yang sesuai janjinya. Karena keamanan sebuah website sangatlah penting terutama dari serangan hacker dan malware. Dengan adanya fitur – fitur keamanan yang lengkap dan terjamin, maka akan membuat kita tenang dalam mengoperasikan sebuah website.

Memperhatikan Load Balance

Ketika akan memilih layanan cloud hosting kita harus memastikan bahwa penyedia cloud hosting yang akan kita pilih menyediakan backup server. Tujuannya buat jaga – jaga siapa tahu terjadi suatu masalah yang tidak kita kehendaki. Seperti yang kita ketahui bahwa Load balance ini berguna untuk membantu mengarahkan pengguna server yang aktif. 

Selain itu kita juga perlu memperhatikan reputasi dan layanan dari penyedia cloud hosting agar uang yang kita keluarkan untuk menyewa cloud hosting tidak terbuang sia – sia.




Nah, Agar teman-teman tidak bingung dalam memilih layanan cloud hosting terpercaya, kini DomaiNesia hadir sebagai salah satu penyedia cloud hosting Indonesia yang memberikan pelayanan yang maksimal dan terbaik untuk website kita. 

Apalagi ditambah DomaiNesia memiliki data center yang berlokasi di Jakarta, Singapore, Tokyo, London, Dallas sehingga aman untuk data website kita. Jadi ketika ingin mendapatkan cloud hosting terpercaya, ya DomaiNesia saja.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga bermanfaat. Terima kasih.

Get notifications from this blog