REVIEW SASHA, PASTA GIGI HALAL UNTUK MENCEGAH GIGI BERLUBANG

By dudukpalingdepan - 12:49:00 PM


Mungkin teman-teman pernah mendengar lagu dangdut dengan lirik seperti ini “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ini ~~”. Jujur saya kurang setuju sama lirik lagu tersebut. Karena saya pernah merasakan sakit gigi dan itu membuat saya merasa, bahwa sakit hati karena cinta belum ada apa-apanya dibanding nyeri yang disebabkan gigi berlubang. 

Saya yakin teman-teman yang pernah merasakan nyeri luar biasa saat sakit gigi, pasti setuju dengan pendapat saya. Apa lagi sakit gigi ini memang bisa menyerang siapa saja. Menurut data ada 88% orang dewasa yang gigi berlubang dan 92% dialami oleh anak-anak.

Penyebab Gigi Berlubang

Saya akui saya adalah pencinta makanan manis sedari kecil. Donat, cake, es krim, coklat, biskuit, susu, semuanya saya suka. Saya ingat banget waktu kecil, meski dilarang mama makan makanan manis setelah sikat gigi, tetap saja diam-diam saya bawa cemilan ke kamar sebelum tidur. 

Padahal mengkonsumsi makanan manis dan asam dapat menjadi penyebab timbulnya plak, yaitu zat lengket di mulut akibat tumpukan kuman dan bakteri yang mengubah sisa makanan menjadi asam. Selanjutnya, asam pada plak bisa merusak enamel yang melindungi gigi dan lama kelamaan gigi menjadi berlubang.  

Begitu pula dengan terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan, suplemen, vitamin,  atau herbal yang mengandung gula. Selain itu penyebab gigi berlubang juga bisa dikarenakan jarang menyikat gigi atau tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Pengalaman Ke Dokter Gigi Untuk Mengobati Gigi Berlubang

Kalau sudah sakit gigi, mau nggak mau ya harus ke dokter. Ketika saya ke dokter gigi karena merasakan nyut-nyut di bagian gigi geraham atas sebelah kanan, saya kira solusinya adalah dicabut. Ternyata nggak, dokternya menyarankan untuk melakukan perawatan saluran akar gigi. 


Mau nggak mau saya menuruti saran dokter. Ternyata proses perawatan saluran akar gigi itu sangat melelahkan. Saya harus bolak-balik ke dokter lebih dari 10 kali. Mendengar suara bor yang beradu dengan gigi, menahan sakitnya gusi disuntik, harus ronsen gigi, dibersihkan, panjang deh prosesnya. 

Untungnya proses perawatan saluran akar gigi saya selesai sebelum ada wabah Covid-19, karena dokter gigi yang merawat saya waktu itu memutuskan tidak menerima pasien (kecuali sangat darurat) sepanjang masih adanya pandemi covid-19.

Pentingnya Mencegah Gigi Berlubang

Dari pengalaman saya di atas, memang ibarat pepatah, lebih baik sedia mobil payung sebelum hujan, maka lebih baik mencegah daripada harus mengobati. Karena kalau sudah sakit gigi, rasanya seluruh tubuh ikutan meriang, kepala nyut-nyutan, ada yang berisik sedikit rasanya kesal banget sampai-sampai mau ngelempar tutup panci aja biar mereka diam *wkwkw emak galak*.


 
Apa lagi sekarang saya sudah punya anak. Saya bawel banget nyuruh dia sikat gigi. Kadang namanya balita dia masih belum mengerti. Tapi saya takut dia ngerasain nyeri sakit gigi yang lebih dari pada sakit hati itu. Begitu juga dengan suami, sebelum tidur biasanya kami saling mengingatkan atau saling bertanya sudah sikat gigi atau belum.

Cara saya mencegah gigi berlubang, selain menghindari penyebabnya, tentu yang saya lakukan adalah rajin menyikat gigi dan memilih pasta gigi yang tepat. Saya dan keluarga memakai pasta gigi terbaru dari Sasha, Pencegah Gigi Berlubang.

Review Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang  yang Mengandung Siwak


Saya tahu pasta gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini awalnya ketika saya belanja bulanan di mini market, dan tertarik dengan tulisan pada kemasannya kalau pasta gigi ini mengandung Siwak Asli. Saya jadi ingat waktu saya SMP, orang tua saya pulang dari berhaji, dan salah satu oleh-oleh yang mereka bawa adalah siwak.

Dari sana saya tahu bahwa siwak adalah ranting yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Orang Arab banyak yang memakai kayu ini, bahkan bukan hanya setelah makan, tapi juga sebelum beribadah.

Adapun manfaat siwak untuk menjaga kekuatan akar gigi, mencegah karies dan gigi berlubang, serta memperkuat enamel atau permukaan gigi secara berkelanjutan. Karena siwak mengandung resin, fluoride alami, klorida dan kalsium.

Masalahnya, ketika saya coba rasanya agak aneh, kayak nyicipin ranting pohon. Mungkin karena saya nggak terbiasa membersihkan gigi pakai siwak. Sempat terlintas pikiran kalau siwak ini diolah jadi produk kemasan tentu akan jadi lebih praktis. 

Nggak nyangka setelah dewasa, akhirnya ada produk pasta gigi yang mengandung Siwak, yaitu pasta gigi Sasha. Senang banget, saya bisa tetap meniru cara Rasulullah membersihkan gigi dengan siwak namun dengan cara yang lebih mudah dan higienis.

Kelebihan Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang

 

Saya jadi teringat waktu saya hamil dulu, saya paling nggak bisa sikat gigi dengan pasta gigi biasa yang dulu saya pakai. Karena sensasi rasa pedas dan mintnya, membuat saya muntah. Setelah hamil pun, jadi saya menyikat gigi cepat-cepat karena sensasi di mulut membuat saya kurang nyaman. Mungkin itu juga sebabnya gigi saya tetap berlubang walau sudah rajin sikat gigi, yaitu karena menyikat giginya kurang benar.

Makanya saya suka banget pakai Sasha Pencegah Gigi Berlubang, karena nggak ada sensasi pedas di mulut, jadi saya bisa berlama-lama menyikat gigi agar bisa bersih maksimal. Mungkin bagi ibu hamil yang sensitif kayak saya dulu, bisa coba pakai pasta ini karena baunya pun nggak menyengat.

Selain mengandung siwak, dan nggak pedas di mulut, hal lain yang saya sukai adalah Sasha merupakan pasta gigi halal, karena nggak mengandung alkohol dan bahan haram lainnya. Tentu dilengkapi dengan logo halal pada kemasannya.


 
Kenapa sih kok rasanya perkara pasta gigi doang penting banget halal atau nggaknya? Ya, karena sebagai umat muslim, tentu kita perlu memastikan apa yang masuk ke dalam mulut, atau yang kita pakai merupakan produk halal dan baik. Sehingga dapat memberikan keberkahan dalam hidup kita, dan dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Terakhir kelebihan pasta gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang yang saya sukai, yaitu harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan di warung/mini market terdekat, serta bisa juga dibeli secara online pada website KinoStore

Untuk harganya ukuran tube 65gr hanya Rp4.500, dan tube 150gr Rp10.500. Berharap kedepannya akan ada ukuran yang lebih kecil lagi agar mudah dibawa saat bepergian.

Cari tahu informasi lebih lanjut tentang Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang pada media sosial di bawah ini:

Instagram : @sashaindonesia

Teman-teman ada yang pakai Sasha juga nggak? Atau punya pengalaman gigi berlubang? Cerita di Kolom Komentar ya.

  • Share:

You Might Also Like

77 komentar

  1. Aq dlu gigi berlubang wktu SD..alhamdulillah skrg udh gbrlubang... sasha ini bgus jg ya keknya? Murah jg.. kekny bakal ku cba nih

    ReplyDelete
  2. emang menyiksa banget klo udh gigi berlubang, bau mulut, duhhh harus tepat waktu sikat gigi dan tepat pilih pasta gigi yg mengandung siwak kaya Sasha Siwak ini. Makasih mom sharingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kadang bau mulut bukan cuma dari sikat gigi atau makanan, tapi cek apakah berlubang atau nggak.

      Delete
  3. Kayanya banyak manfaatnya ya mam pasta gigi ini dan harganya murce euy..

    ReplyDelete
  4. Sasha emang gak perlu di ragukan lagi ya mak, aku dan kelurga udah pakai sasha dari keluaran varian gold dan pusing , dan sekarang akunpakai pencegah gigi berlubang juga nih ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga pernah yang gold, prefer yang varian pencegah gigi berlubang ini :D

      Delete
  5. Siwak dari dulu sudah terbukti ampuh buat gigi. Untungnya sekarang siwak ada di sasha, jadi ga perlu khawatir pakenya

    ReplyDelete
  6. Gak lagi lagi deh sakit gigi. Rasanya ituuu.. ga bisa makan gbs ngapa2in krn pala nyutnyutan juga. Mana gbs minum obat pereda nyeri juga kann.. mending mencegah dehh.. mau coba pake Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini ah

    ReplyDelete
  7. Bagus ya paata gigi sasha nih dari siwak. Pasta gigiku pun sama

    ReplyDelete
  8. sasha memang pilihan terbaik keluarga muslim indonesia ya mba. selain pakai bahan yg dianjurkan syariat islam, pasta giginya juga halal. aku juga pakai pasta gigi ini mba.

    ReplyDelete
  9. Yeaay...sama mbak aku juga pakai pasta gigi Sasha. Pas Ramadhan kemarin pasta gigi Sasha ada potongan harga yang lumayan, jadilah borong yg gigi berlubang dan whitening. Stok Sasha aman...

    ReplyDelete
  10. sakit gigi itu ga enak banget, aku setuju lebih baik di cegah deh dengan menjaga kebersihan, apalagi kini sudah ada pasta gigi yang berbahan baku baik yang membantu mencegah gigi berlubang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kita pelesetin lagu Alm Meggy Z. Lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi yaa mba. Kekeke.

      Delete
    2. Iyaaa. Jadi ngerasa aman pakainya.

      Delete
  11. Sepertinya aku mau coba varian ini deh, soalnya belakangan ini aku sering sakit gigi. Biasanya sih aku pake sasha yang varian herbal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cocok juga dengan varian yang ini ya mbak

      Delete
  12. Saya juga di rumah pakai sasha pencegah gigi berlubang. Soalnya buat pasta gigi keluarga. Jadi Adek Fi bs pakai juga.

    ReplyDelete
  13. Ngebayangin sakit gigi karena berlubang, aduh kapok. Gak enak banget rasanya. Sebelum telat harus nyobain Sasha, aaah.

    ReplyDelete
  14. di daerah saya pasta gigi sasha ini belum ada dan saya cari dimanapun gak ktemu padahal mau nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Daerah mana, Mas? Semoga cepat masuk ke sana ya.

      Delete
  15. Mbak pengen ada kemasan yang lebih kecil, eh kalau aku pengen ada kemasan yang lebih besar, wkwkwk ... Soalnya anggota keluarga ada banyak. Udah gitu, aku tuh sukanya habis makan langsung sikat gigi. Jadi cepet habis deh pasta giginya.

    Beneran loh, menyikat gigi pakai pasta gigi mengandung siwak begini tuh terasa lebih segar di mulut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru dong mbak, rame di rumah. Semoga nanti ada yaa yang lebih besar :D

      Delete
  16. Saat pandemi ini, aku dua kali mengantar anakku ke dokter gigi untuk merawat saluran giginya itu. Sakit katanya, mahal juga biaya perawatannya. bener-bener deh ngerawat gigi itu penting ya. Alhamdulillah sekarang udah pakai pasta gigi shasha juga, sejak awal muncul udah tertarik karena konsep halalnya itu

    ReplyDelete
  17. Saya setuju, untuk pasta gigi harus jelas halal apa gaknya.
    Apalagi berhubungan dgn mulut. Gak nyaman kan yg gak halal masuk masuk mulut kita

    ReplyDelete
  18. Setuju banget kalau sakit gigi itu lebih menyakitkan dan merepotkan daripada sakit hati. Hehe nggak mau deh sakit gigi.
    Sasha memang bagus apalagi dengan bahan siwaknya. Recomended banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa lagi kalau barengan ya sakit gigi sama sakit hati, duh duh duh :')

      Delete
  19. Saya harus menggunakan pasta gigi Sasha ini juga nih, biar bisa digunakan anak utk mencegah giginya berlubang. Sebab orangtuanya udah ngalamin rasanya sakit gigi krn gigi berlubang.

    ReplyDelete
  20. Duh, Mbak, pas banget saya masih berduka karena gigi berlubang lebaran kemarin. Gara-gara keasyikan makan rempeyek sambil membaca. Huhuhu.... melahirkan, menyusui dan begadang membuat kalsium saya ambyar.

    Jadi pengen beli ini, nih. Ada siwaknya, dan saya suka pasta gigi bersiwak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mbak, saya awal mula sering sakit gigi pas nyusui juga. Sayangnya dulu belum kenal Sasha.

      Delete
  21. Untuk pasta gigi saya biasanya memilih yang bisa mencegah gigi berlubang. Tapi belum pernah pakai yang ini. Kayaknya patut dicoba nich

    ReplyDelete
  22. bener banget mba, kalo udah sakit gigi rasanyaa menyiksa, aku yang udah gede gini tiba tiba tumbuh gigi belakang, aneh juga, itu bikin nggak enak makan
    pasta gigi yang bisa mencegah gigi berlubang ini penting juga, soalnya sering makan atau jajanan yang manis manis juga, apalagi ini bahannya aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tinggal kita imbangi aja makan makanan manisnya dengan rajin sikat gigi

      Delete
  23. Sasha pasta gigi memang rekomended untuk dipakai oleh seluruh keluarga ya...
    Selain mengandung siwak, juga kandungannya tanpa alkohol. Aman deh, untuk sekeluarga

    ReplyDelete
  24. lagi gencar beriklan pasta gigi ini ya

    ReplyDelete
  25. Jangankan yang dewasa ya, anak saya aja yang masih kecil (gigi bayi) pas berlubang dokternya menyarankan semaksimal mungkin dirawat bukan dicabut, heuheu...

    ReplyDelete
  26. Harganya cukup terjangkau ya. Dan manfaat pasta gigi ini juga bagus. Mau cari di minimarket dekat rumah ah

    ReplyDelete
  27. Sasha ini beneran penjaga kesehatan gigi dan mulut yang beneran bisa diandalkan dan ngebuat ibu tenang. Semua bisa tersenyum dengan penuh keceriaan deh sekarang

    ReplyDelete
  28. Hehe, jadi baiknya sakit hati apa sakit gigi ni? Hehe
    Ya k3sehatan gigi memang harus dijaga ya

    ReplyDelete
  29. dulu gigi aku berlubang terus ditambal dan rasanya ngga enakk. pas banet ya sasha ini buat mencegah gigi berlubaang

    ReplyDelete
  30. Untuk anak-anak juga bisa ya kak,
    Klw memang bisa nanti saya sekalian beli, dri kemarin nyari pasta gigi yg tdk cocok.
    Coba besok saya beli,,

    ReplyDelete
  31. Wah mantep banget ini mah, udah terjamin halal pasta giginya dari MUI. Selain beragam manfaat yang ditawarkan dari pasta gigi sasha ini, umat muslim juga gaperlu takut akan kandungannya, karena sudah ada logo halal dari MUI nya.

    ReplyDelete
  32. Jadi pengen beli pasta gigi sasha, beneran ada siwaknya, wah canggih amat. Moga2 tersedia segera di seluruh supermarket di Indonesia. Di Pontianak belom ada :(, salam kenal btw ya mba:)

    ReplyDelete
  33. Yg bikin aku juga pake sasha, Karena siwaknya dan islaminya, hehe,, banyakin aja produk toiletries yg spt ini

    ReplyDelete
  34. Selama musim corona ini kami tidak ke dokter gigi padahal gigi anak saya sudah banyak berlubang dan harus dicabut karena gigi susunya tinggal separuh bentuk. Sayang semua dokter gigi pada libur.

    ReplyDelete
  35. Saya juga pernah coba produk ini beberapa bulan ke belakang karena di Ind****** ada diskon beli satu gratis satu, lalu saya bandingkan dengan harga yang biasa saya beli, si P*******, harganya jauh lebih murah, dan akhirnya saya coba.

    ReplyDelete
  36. Kalo yang ngga biasa menggunakan siwak emang terasa aneh awal pemakaiannya. Untung uda ada sasha, apalagi bisa mencegah gigi berlubang. Pas banget buat keluarga.

    ReplyDelete
  37. mending sakit hati ya mbak daripada sakit gigi. sakitnya emang gak karuan. gak bisa makan, nyeri dan sakitnya minta ampun... kalau pakai sasha bisa gak sakit gigi ya. soalnya sasha bisa mengatasi gigi berlubang. saya juga pernah pakai sasha dan rasanya segar mbak. suka...

    ReplyDelete
  38. TOsss kita kak Enny.. kami sekeluarga pun mempercayakan perawatan gigi pada Sasha Pencegah Gigi Berlubang. Rasanya fresh sekali setelah menyikat gigi.

    ReplyDelete
  39. Sering lihat iklannya di tv, ditambah informasibdari sini jadi makin tertarik deh buat nyobain

    ReplyDelete
  40. Ini ngga ada di sembarang toko yah mba? Aku cari blm pernah nemu Sasha. Pengin cobain๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  41. dulu pernah diksh siwak kyk batang pohon gitu ya..pas digosok ke gigi jadi putih bersih...untung skrg ada Sasha pasta gigi..lebih oraktis dan yg penting ada kandungan siwaknya jg

    ReplyDelete
  42. Beberapa kali lihat postingan blogger soal Sasha Siwak, saya langsung kepo dan autobeli dooong. Wkwkwk. Kebetulan pasta gigi di rumah udah habis.

    ReplyDelete
  43. Tak hanya mengandung siwak, enggak pedas di mulut, Sasha juga pasta gigi halal....banyak kebaikan pasta gigi Sasha ya. Pas beralih ke pasta gigi ini nih kayaknya. Harga sangat terjangkau pula..

    ReplyDelete
  44. gigiku berlubang kanan dan kiri, kalau lagi sakit duh pingin ngamuk..ini bisa saya coba nanti pasta giginya, semoga bisa cocok dan mengurangi gigi berlubangku

    ReplyDelete
  45. Pasta gigi yang halal dan tak mengandung alkohol ini nih kelebihannya Sasha, emang rekomended banget ya..

    ReplyDelete
  46. Pasta gigi sasha ini bagus untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan siwaknya itu bagus banget untuk mengurangi gigi berlubang. di rumah pun saya menggunakan pasta gigi sasha

    ReplyDelete
  47. pasta gigi sasha ini aku pakai loh di rumah tapi yang varian lemon, next mau coba yang varian merah putih ini ah.

    ReplyDelete
  48. Aku make Sasha juga kak, seger terus aku jarang sariawan lagi.

    ReplyDelete
  49. Yang namanya kadang ngeliat makanan atau minuman ada didepan mata,langsung sikat semua.

    Apalagi kalau salah dalam pemilihan pasta gigi menyebabkan kerusakan gigi seperti gigi berlubang,atau masalah sariawan.
    Oh ya,, produk pasta gigi Sasha mengandung floride dan ada variant lemon. Pasti mulut terasa lebih segerr banget ya

    ReplyDelete
  50. Keren dan sangat bermanfaat produk ini. Apalagi penggunaan siwak sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.