Ketahui Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Bikin Nulis Jadi Lebih Semangat

By dudukpalingdepan - November 23, 2020


Sebenarnya saya sudah lama mengenal blog, yakni dari tahun 2009 dimana kala itu saya terpengaruh dari buku Kambing Jantan karya Raditya Dika. Ternyata buku itu merupakan kumpulan tulisan Radit di blog pribadinya yang kemudian dicetak menjadi buku. 

Saya pun kemudian ikut-ikutan bikin blog dengan bermodalkan tutorial di mesin pencarian. Pernah juga saya ikut kelas menulis blog, dan semakin membuka mata saya bahwa ngeblog itu menyenangkan. Tapi hanya sebatas itu saja, saya nggak tahu manfaat lain menulis blog.

Karena dulu niatnya hanya iseng-iseng saja, saya menulis blog seadanya saja tanpa memikirkan apakah tulisan saya dibaca orang atau nggak, apakah yang saya tulis itu bermanfaat, yang penting kalau ditanya punya blog ya punya.

Waktu berlalu, tahun 2016 saya mulai sering lagi menulis blog dengan niat mengabadikan kenangan pernikahan dan kehamilan saya.  Ternyata terus berlanjut dengan cerita persalinan saya yang ternyata masuk halaman pertama mesin pencarian Google. 

Tahu bahwa tulisan saya mulai banyak dibaca dan ternyata bisa bermanfaat untuk orang lain, saya makin semangat menulis blog. Saya bergabung dengan banyak komunitas blog secara online, dari sana saya makin banyak mendapatkan ilmu blogging dan tahu bahwa bisa mendapatkan uang dari ngeblog.

Saya sampai tepuk jidat, kenapa setelah sekian tahun mengenal blog baru tahu kalau nulis di blog itu bisa menghasilkan uang? Nah, supaya teman-teman nggak bernasib sama seperti saya, berikut saya jabarkan bagaimana cara blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.



Sponsored Post dan Content Placement

Sederhananya kita diminta oleh brand/klien untuk mengulas produk/jasanya melalui tulisan di blog. Kalau di Instagram lebih dikenal dengan "endorse". Bedanya dengan di blog, biasanya kita akan menyajikan informasi produk tersebut dengan sentuhan personal story dan bahasannya lebih panjang.

Selain menulis sendiri, ada juga namanya Content Placement, Dimana artikel sudah disediakan oleh klien. Blogger tinggal memposting saja di blognya, tentu bisa diedit sedikit agar sesuai dengan gaya tulisan pemilik blog.

Keduanya tentu dibayar dengan rupiah bahkan dengan dollar, jika kliennya berasal dari luar negri. Satu kali postingan, bisa untuk bayar domain setahun lho. Tentu bisa juga dipakai untuk checkout keranjang belanjaan di aplikasi belanja online.

Affiliate Produk

Blog adalah salah satu platform yang bagus untuk mengulas produk. Karena di blog kita bisa menulis panjang sehingga produk/jasa yang diulas bisa lebih detail. Apa lagi zaman sekarang, orang mau beli apa-apa pasti cari dulu ulasannya di internet, supaya tahu apakah produk/jasa itu layak dan bagus untuk digunakan.

Nah, dengan mempromosikan produk di blog kita bisa sekalian menggunakan link referral kerja sama kita dengan pemilik produk/jasa tersebut. Sehingga ketika ada pembaca yang mengklik dan melakukan pembelian melalui link tersebut, kita sebagai blogger juga mendapatkan komisinya.

Saya sendiri seringkali mengulas produk, kemudian di kolom komentarnya selalu ada yang bertanya dimana bisa membeli produk tersebut. Kalau bisa sekalian dapat komisi dengan mempromosikannya tentu akan lebih menyenangkan.

Link Placement

Berbeda sedikit dengan content placement, pada link placement biasanya klien meminta untuk menanamkan backlink pada artikel yang sudah ada. Jadi kita tinggal hanya masukkan link tanpa perlu capek-capek menulis/memposting artikel baru.

SociaBuzz Tribe



Ini adalah cara baru bagi blogger dan penulis untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Saya sendiri tahu tentang SociaBuzz Tribe karena saya memang memasang profil saya pada situs SociaBuzz.

Buat teman-teman yang belum tahu, SociaBuzz adalah platform untuk menemukan antara content creator dan klien. Sebagai blogger tentu saya perlu SociaBuzz untuk mendapatkan job menulis. 

Kini, SociaBuzz Pro juga memiliki layanan SociaBuzz Tribe, dimana kita bisa membuat pembaca blog memberikan dukungan kepada blogger dengan cara yang mudah. Semudah membeli segelas kopi kekinian.

Misalnya blogger menulis artikel bermanfaat sehingga bisa membantu pembaca yang memang membutuhkan informasi tersebut. Supaya blogger tetap bisa berdaya dalam menulis, tentu butuh kuota internet yang cepat, dan gadget yang memadai.

Nah, untuk mendukung blogger terus berkarya, pembaca bisa memberikan dukungan melalui SociaBuzz Tribe, dengan hanya klik link/banner yang dipasang blogger maka pembaca bisa memilih nominal berapapun yang dia mau untuk mendukung blogger favoritnya.

Saya sendiri sudah mencoba membuat fitur SociaBuzz Tribe, berikut linknya https://sociabuzz.com/ennyluthfiani/tribe atau bisa juga klik pada banner di samping kanan tulisan ini ya. 



Untuk teman-teman blogger yang belum membuat, caranya gampang banget tinggal masuk ke situs SociaBuzz.com lalu register seperti biasa, jangan lupa lengkapi profil yang diminta. Lalu klik sociabuzz.com/tribe dan isi profil singkat, bisa juga menjelaskan akan membuat konten atau sesuatu apa yang bermanfaat bagi pembaca jika dana dukungan sudah cukup terkumpul sesuai target.

Menurut saya cara ini sangat menarik mengingat bahwa tulisan di blog juga merupakan karya yang membutuhkan usaha, mulai dari mengumpulkan ide, menulis poin-poin penting, lalu merangkainya dari kalimat demi kalimat sampai menjadi artikel utuh yang bisa dinikmati pembaca. Maka blogger pun layak diapresiasi demi kelangsungan eksitensi dalam berkarya.

Tips Mendapatkan Job Blog dan Dukungan Dari Pembaca

Setelah saya uraikan beberapa cara menhasilkan uang dari blog di atas, berikut beberapa tips agar blog kita dinilai layak untuk bisa mendapatkan job atau dukungan dari pembaca.

  • Rajin dan konsisten menulis postingan blog yang bermanfaat atau menghibur
  • Memperbaiki tampilan blog menjadi lebih clean, rapi, nyaman dibaca, dan loadingnya cepat
  • Sering bagikan tulisan di media sosial atau grup-grup komunitas blogger
  • Selalu upgrade ilmu blogging agar tulisan mudah ditemukan di mesin pencarian
  • Pasang profil blog di situs SociaBuzz dan rajin ikut penawaran campaign yang ada.
  • Ramah kepada pembaca dengan menyapa melalui kolom komentar
  • Sebisa mungkin balas pesan pembaca jika ada yang menghubungi via email
  • Tanyakan pada pembaca konten apalagi yang sekiranya diminati untuk diposting di blog kita

Nah semoga dengan menerapkan cara-cara di atas blog kita akan semakin banyak dilirik oleh klien ya, dan pembaca pun betah berlama-lama berselancar di blog kita kemudian memberikan dukungannya. 

Kalau ada yang mau ditanyakan lagi terkait pengalaman mendapatkan penghasilan dari blog, silahkan tulis di kolom komentar ya. Jika ada teman-teman blogger yang sudah pro dan mau berbagi pengalaman tentang mendapatkan uang dari menulis juga bisa cerita di kolom komentar.





  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. aku juga join di sini mbak. lumayan banyak juga pilihan cari jobnya disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saya juga sudah sering dapat job dari SociaBuzz ^^

      Delete
  2. sebelum memasuki langkah-langkah diatas, yang pertama itu harus konsisten ya mbak. dalam menulis diblog.
    itu hukumnya wajib , agar tak kenal malas mengeblog . hehhe

    ReplyDelete
  3. saya belum berhasil ikut semua cara di atas karena kebentur DA/PA :D

    ReplyDelete
  4. Saya dari dl sampai sekarang blom ada penghasilan dari blog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba terapkan tips di atas ya. Harus rajin gabung grup-grup blog juga ^^

      Delete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.