7 Fitur di Instagram Shopping Yang Memudahkan Penjual Online

By dudukpalingdepan - March 04, 2021


Bagi kamu para penjual online sudah tau belum nih dengan fitur keren dari Instagram yang bisa meningkatkan penjualan kamu, yaitu fitur Instagram Shopping.  Apa sih Instagram Shopping itu? 

Instagram Shopping adalah fitur yang terdapat pada Instagram untuk membuat katalog produk online shop kamu. Fitur keren ini juga memungkinkan pelanggan kamu dapat membeli produk secara langsung melalui postingan feed, stories, atau katalog di profil akun online shop kamu. 

Keren ya… 

Jika akun Instagram online shop kamu sudah menggunakan fitur ini maka akan terdapat beberapa perbedaan pada tampilannya. Salah satu perubahan yang akan terlihat adalah adanya tombol view shop pada profil akun online shop kamu. 

Selain itu setiap kamu mengunggah foto produk maka akan terlihat ikon bergambar tas belanja beserta harga produk yang kamu unggah. Apabila ikon tersebut di klik maka pelanggan dapat melihat harga produk yang di unggah tersebut. Wah keren banget nih pastinya. 

Fitur Instagram Shopping memberikan kemudahan bagi pelanggan maupun penjual, sehingga dapat meningkatkan transaksi jual beli di Instagram. Apa saja sih kemudahan yang bisa dirasakan? Yuk simak ulasannya berikut ini: 

1. Katalog Produk 


Dengan Instagram Shopping maka kamu bisa membuat katalog produk. Katalog produk berarti kamu bisa menampilkan produk-produk yang akan kamu jual sehingga memudahkan pelanggan dalam melihat-lihat produk yang mereka butuhkan. 

Kamu bisa bebas menambahkan produk apa saja yang akan kamu masukan ke dalam katalog, selama produk tersebut merupakan produk yang diizinkan untuk dijual oleh pihak Instagram. 

Sama saja seperti katalog produk pada umumnya, tampilan katalog produk di Instagram Shopping ini akan menampilkan foto-foto yang telah diunggah dengan nama serta harga produk. 

Jangan lupa unggah foto terbaik dari produk yang akan dipasarkan. Kamu juga bisa menggunakan background yang senada untuk foto produk agar katalog nantinya terlihat rapih, sehingga pelanggan akan senang melihat-lihat di katalog toko online kamu. 

2. Instagram Shopping Tag 


Fitur shopping tag ini memiliki fungsi untuk memberikan label pada produk yang kamu unggah dan tersedia di katalog produk. Pelanggan kamu nantinya bisa melihat harga serta detail produk yang kamu tawarkan, sehingga pelanggan akan semakin mudah mempelajari produk yang kamu jual. 

Kamu bisa memilih unggahan mana saja yang ingin kamu berikan shopping tag, bahkan dalam satu unggahan kamu bisa memberikan beberapa label pada produk yang ada pada foto unggahan tersebut. Jadi semakin mudah deh buat pelanggan kamu mempelajari produk dan bisa segera membelinya. 

3. Halaman Detail Produk 


Saat pelanggan kamu mengklik foto produk di katalog maka akan muncul halaman yag berisikan detail produk. Kamu bisa memberikan deskripsi produk yang dijual dengan sedetail mungkin, mulai dari ukuran, material, warna, berat, varian hingga link yang dapat terhubung dengan website toko online mu. 

Meskipun harus memberikan deskripsi sedetail mungkin, jangan lupa gunakan bahasa yang singkat namun mudah dimengerti oleh pelanggan. 

4. Instagram Shopping Ads 

Image by: bussiness instagram

Fitur keren yang ditawarkan dalam Instagram Shopping lainnya adalah adanya Instagram Shopping Ads. Seperti namanaya, fitur ini merupakan fitur untuk mengiklankan produk yang kamu unggah pada Instagram Shopping. Dengan fitur ini kamu dapat menjangkau target pasar lebih luas lagi. T

ak jauh berbeda dengan fitur Instagram Ads, pada fitur Instagram Shopping Ads ini kamu dapat menentukan audiens yang sesuai dengan kriteria target pasar kamu. Dengan begitu tentunya iklan produkmu menjadi lebih tepat sasaran. 

5. Shopping from Creators 


Bagi pengguna Instagram tentu tak asing dengan fenomena Influencer atau Selebgram. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan mereka sebagai media promosi toko online serta produkmu. 

Dengan adanya fitur Shopping from creators pada Instagram Shopping, memungkinkan kamu bekerja sama dengan para Influencer dan Selebgram. Pada fitur ini akan membuat produk kamu di tag oleh influencer atau selebgram pada unggahan yang mereka buat. Dengan begitu maka harapannya membuat produk serta toko online kamu makin dikenal oleh para pengikut dari influencer dan selebgram. '

6. Live Shopping 


Fenomena berbelanja dengan cara live shopping ini sedang ramai. Kamu bisa menggunakan Instagram live sebagai sarana live shopping untuk toko online kamu. 

Dengan live shopping ini kamu bisa mengajak pelanggan berinteraksi dan langsung membeli produk yang ditawarkan saat live shopping. Pelanggan juga dapat melihat produk yang kamu jual secara lebih jelas lewat Instagram Live. 

7. Product Launches 


Fitur ini juga tak kalah kerennya, sesuai dengan namanya maka fitur ini bisa membantu kamu mengumumkan suatu produk yang akan segera rilis. Kamu bisa mengatur waktu hitung mundur sehingga membuat pelangganmu bersiap-siap ketika produk akan meluncur di pasaran. 

Jika produk sudah rilis, maka pelanggan dapat segera berbelanja produkmu ini. Selain itu pelanggan nantinya juga bisa mengaktifkan pengingat kapan produk mu akan rilis. 

***

Jadi bagaimana, cukup menarik ya fitur instagram shopping ini. Kamu dapat segera mengaktifkannya dengan memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi. Cara mengaktifkan Instagram Shopping terbilang cukup ribet, tapi kamu bisa dengan mudah mengaktifkannya menggunakan layanan Solusi Instagram Shopping TokoTalk (SIST) dari TokoTalk. 




Layanan ini akan memudahkan kamu membuat dan memiliki Instagram Shopping. Untuk bisa menggunakan layanan SIST, kamu hanya perlu mendaftar saja. Setelah itu kamu akan dilayani sesuai nomer antrean. 

Kamu bisa menaikan nomor antrean agar bisa semakin cepat dilayani, caranya hanya mengajak teman sesama penjual online untuk bergabung layanan SIST. Layanan ini gratis kok, jadi kamu tenang saja tak perlu memikirkan biaya tambahan lagi. 

Selain itu untuk bisa mengaktifkan Instagram Shopping kamu perlu memiliki website untuk toko online mu sendiri. TokoTalk bisa membantu kamu memiliki website toko online yang cepat, aman dan mudah dalam pengoperasiannya. 

Hanya cukup menunggu waktu 3 menit saja kamu sudah bisa memiliki toko online mu sendiri, tentunya dengan gratis juga yaa. Yuk tunggu apalagi, segera aktifkan Instagram Shopping kamu dengan SIST dan buat websitemu dengan TokoTalk agar bisa segera meningkatkan penjualan online kamu. Selamat mencoba!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Udah tau ini tokotalk dari tahun lalu tapi belum pernah coba pakai.. dari segi desain emang simpel dan mudah banget yak.. cobain ahh :))

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.