Tips Tetap Produktif Meski Pandemi Belum Berakhir

By dudukpalingdepan - 8:16:00 PM


 
Dulu waktu covid-19 melanda di Indonesia dan menyebar luas sampai ke darah tempat tinggal saya, saya berusaha untuk nggak terlalu khawatir dan berpikir bahwa pandemi ini akan segera berakhir dalam beberapa bulan ke depan. 

Nyatanya sudah berganti tahun kita masih berhadapan dengan pandemi covid-19. Bahkan sudah ribuan korban yang berjatuhan. 

Saya sempat difase terpuruk dan bertanya-tanya sampai kapan ruang gerak akan dibatasi seperti ini? 

Ada yang sedih kehilangan anggota keluarganya, ada orang tua yang nggak bisa bertemu anak cucunya meski rindu sudah membuncah. 

Begitu pula dengan teman-teman yang terdampak di bidang ekonomi. Sedih rasanya mendengar orang terdekat yang silih berganti bercerita tentang permberhentian kerja, atau tentang gaji yang tak diterima utuh.

Berusaha Melawan Rasa Patah Asa Karena Corona


Berbulan-bulan dilalui dengan segala keterbatasan ruang gerak, saya merasa nggak bisa hanya mengeluh dan berharap pandemi ini akan segera berakhir. Apalagi yang dibatasi hanya ruang gerak, namun pikiran dan kreatifitas kita tetap merdeka. 

Menghabiskan banyak waktu di rumah ternyata juga bisa kok jadi produktif. Bahkan rasanya lebih aman karena kita bisa menjaga diri dan keluarga dari virus covid-19 yang mudah menular. 

Berikut tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif berkarya meski masih di tengah pandemi. 

1. Rajin Update dan Memantau Perkembang Covid-19


Hal ini perlu dilakukan sebagai acuan kita untuk bekerja dan berkarya. Pastikan memantau setiap perkembangan berita covid-19 dari sumber terpercaya dan hindari berita hoax.  

Salah satunya adalah berita tentang vaksin covid 19 yang sekarang sedang berjalan untuk masyarakat namun dilakukan secara bertahap.  

Jangan sampai termakan berita hoax yang bilang vaksin bisa membahayakan atau bahkan mematikan tanpa sebab yang jelas.

Kalau saya biasanya selain update dari berita dan situs pemerintahan,  saya juga selalu update informasi kesehatan dari aplikasi Halodoc.



Bagi teman-teman yang belum tahu,  Halodoc adalah aplikasi yang berisi informasi kesehatan yang dapat dipercaya. 

Bukan cuma itu, di aplikasi Halodoc kita juga bisa konsultasi langsung dengan dokter umum dan dokter spesialis.  Hal tersebut sangat membantu sebelum kita memutuskan untuk ke klinik atau rumah sakit terutama di tengah pandemi seperti ini.

Jika diperlukan, dokter di Halodoc juga akan membantu meresepkan obat atau menyarankan rumah sakit tertentu yang sesuai dengan kebutuhan atau kondisi kesehatan kita.  Jadi wajib banget punya aplikasi ini di ponsel kita.

Dengan senantiasa mengikuti berita kesehatan yang terpercaya,  akan jadi modal awal kita untuk tetap produktif bekerja dan berkarya meski pandemi belum berakhir.

2. Asah Ilmu dan Kemampuan dari Rumah

Sepertinya sudah banyak berbagai pihak yang sadar bahwa momen #dirumahaja bisa dimanfaatkan dengan baik, yaitu dengan mengasah kemampuan dan ilmu yang kita miliki.

Ada banyak banget sekarang kelas-kelas online yang gratis dan berbayar yang bisa kita ikuti. Pilih saja yang sesuai dengan minat masing-masing. 

Ilmu dan skill yang kita miliki nantinya akan jadi modal selanjutnya untuk menghasilkan sesuatu yang dapat memberikan nilai manfaat kepada diri sendiri dan orang sekitar bahkan masyarakat luas.

3. Tangkap Peluang di Tengah Pandemi

Selalu ada anugrah pada setiap musibah. Termasuk pandemi covid-19 ini. Jika kita jeli maka akan ada peluang yang dapat diambil. Peluang tersebut salah satunya adalah dengan menjual jasa atau produk secara online.

Misalnya menjadi guru les mata pelajaran via Zoom, atau menjual produk-produk kesehatan seperti multivitamin yang mana akan sangat dibutuhkan saat ini.

Kuncinya perhatikan apa yang menjadi kebutuhan orang-orang di sekitar sesuai dengan kondisi saat ini. Lalu berusaha penuhi kebutuhan tersebut sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

***

Semoga kita tetap bisa terus semangat bekerja dan berkarya sampai nanti pandemi Covid-19 benar-benar berakhir. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya. 

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. selalu jaga diri dan semangat berolahraga walau didalam rumah mbak :)

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.