Tingkatkan Kemampuan Pada Masa Pandemi Bersama Skill Academy

By dudukpalingdepan - 9:27:00 AM


Sangat terasa bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada kita semua di berbagai bidang terutama pada bidang kesehatan dan ekonomi. Keharusan untuk berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan tentu dapat menurunkan produktivitas kita.

Saya sendiri mensyukuri dari segi ekonomi nggak terlalu terdampak karena nggak ada pemotongan gaji. Hanya ada pemotongan THR dan bagi saya itu juga bukan masalah besar.

Hanya saja banyak orang di sekitar saya yang terkena dampaknya seperti harus dirumahkan, atau pemotongan gaji setiap bulan yang cukup besar. 

Namun menyerah bukanlah pilihan yang tepat, justru kita harus bisa memandang kesempatan dan mencari peluang di tengah pandemi yang belum berakhir ini.

Tentu saja banyak pula pihak yang nggak tinggal diam dan melakukan aksi nyata seperti penggalangan dana dan didonasikan untuk mereka yang terdampak. Termasuk pemerintah kita.

Kartu Prakerja, Salah Satu Solusi Nyata dari Pemerintah

Merujuk dari situs prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

sumber : Skillacademy


Saya sendiri senang dengan adanya program ini karena masyarakat nggak langsung diberikan bantuan tunai, namun sebelumnya diberikan saldo untuk mengikuti berbagai kursus online yang dapat meningkatkan kemampuan.

Ibaratnya, pemerintah nggak hanya memberikan ikan namun juga memberikan kail dan pancing agar masyarakat juga dapat berdaya kedepannya. 

Nah, ada beberapa situs kursus online yang bekerja sama dengan program prakerja yang diselenggarakan pemerintah. Beberapa diantaranya adalah Skill Academy, MauBelajarApa, Pijarmahir.id, Pintaria,  dan Kelas.com.

Skill Academy, Situs Kursus Online Terbaik Untuk Masyarakat Indonesia



Setelah berhasil mendaftar di situs prakerja, dan mendapatkan saldo untuk mengikuti pelatihan. Saatnya teman-teman dapat memilih berbagai kursus online pada situs-situs yang saya sebutkan di atas.

Saya sendiri sempat membuka satu persatu dan membandingkan manakah situs kursus online terbaik, dan pilihan saya jatuh kepada Skill Academy by Ruangguru.

Keunggulan SKill Academy vs Pijarmahir.id

Untuk lebih meyakinkan, saya mencoba membandingkan kedua situs tersebut. Kedua situs tersebut cukup user friendly sehingga pemula pun saya yakin bisa mengakses situs ini. 

Namun untuk pilihan kelas-kelas kursus online yang tersedia, di Skill Academy lebih beragam dibandingkan pijarmahir.id dan sesuai dengan kebutuhan di tengah pandemi ini. Seperti kelas sukses berbisnis online di Instagram, atau kelas sukses wawancara kerja.

Satu lagi yang saya suka adalah, pada situs Skill Academy ada cuplikan video pembelajaran dari setiap kelas online. Sedangkan di pijarmahir.id nggak ada. 


Cuplikan video itu sangat penting karena kita nggak bisa mengikuti kelas secara tatap muka, maka video pembelajaran yang menarik dengan narasumber yang membawakannya dengan komunikatif menjadi daya tarik tersendiri bagi calon peserta kursus.

Selain itu tentu saja yang paling penting adalah setelah mengikuti rangkaian materi, ada ujiannya dan jika lulus ada sertifikat yang bisa menjadi modal kita untuk meyakinkan pemberi kerja atau klien kedepannya.

Bahkan setelah selesai kelas, ada support group Telegram yang dapat menjadi wadah bagi semua peserta untuk bertukar ilmu dan informasi.

Pengalaman Mengikuti Kursus di Skill Academy

Saya memang bukan peserta prakerja, namun kursus online di Skill Academy dapat diikuti siapa saja.

Sebagai blogger, tentu saya sendiri sudah pernah merasakan manfaat mengikuti kelas di Skill Academy, yaitu kelas SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google.

Ilmu yang diberikan bukan hanya sekedar seperti informasi tentang SEO yang bertebaran di google namun juga ilmu "daging" yang baru saya ketahui. 

Video-video yang disajikan juga menarik dan komunikatif sehingga membuat saya nyaman menontonnya berulang-ulang. 

Setelah selesai kelas, saya juga bisa langsung menerapkan ilmu tersebut di blog saya ini. Senang rasanya menerima laporan dari Google Search Console setiap bulan kalau performa blog saya semakin baik.

Jadi jika teman-teman juga ingin mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan meningkatkan kemampuan yang berguna pada masa pandemi ini, maka Skill Academy adalah pilihan yang tepat.

Ada yang sudah pernah ikut kursus online juga? Gimana manfaat yang dirasakan? Cerita di kolom komentar, ya.


  • Share:

You Might Also Like

14 komentar

  1. aku pakai juga nih mba skill academy tapi bukan buat blog sih buat mendukung kinerja di kantor jadi ambil kelas tentang ms excel, bener kata mba senengnya adalah karena di skill academy ini ada video jadi bisa dipraktekan langsung sambil melihat video tersebut kurangnya kalo di kelas yang aq ikuti adalah ada soal dengan gambar namun gambar tidak terlihat dengan jelas. selebihnya sih kelas sangat informatif dan edukatif

    ReplyDelete
  2. Salah satu syarat ikut belajar di skill academy itu harus punya kartu Prakerja ya? Doanya dong biar lebih murah bisa belajar di skill academy saya bisa lolos seleksi Prakerja nya. Aamiin...

    ReplyDelete
  3. Wah sama banget. Aku juga pernah nyoba kursus tentang pembahasan itu di skill academy. Daging semua memang.

    ReplyDelete
  4. Walau pandemi bukan halangan untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan bisa lewat skill academy soslusinya, sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Beberapa waktu lalu sempat mampir ke Skill Academy juga. Ngecek-ngecek kursus online apa aja yang ada di sana, terutama yang berhubungan dengan SEO atau blog. Tapi masih ada keraguan, jadinya malah belu kursus online di udemy haha

    ReplyDelete
  6. kemarin aku lulus prakerja mbak, langsung beli di skillacademy karena udah nyaman sama UI-nya hehehe

    ReplyDelete
  7. yang bikin wow itu (tentunya setelah aku kepoin website skill academy) ternyata materi yang diberikan dalam 1 kelas cukup banyak juga ya, bahkan ada ujiannya, semacam kuliah

    ReplyDelete
  8. waaah beneran nih, Skill Academy emang tempat kece untuk mencari ilmu selama pandemi, pilihan kursusnya juga banyak dan bisa dipilih sesuai keinginan

    ReplyDelete
  9. Menarik banget itu say, kalau punya strategi penjualan, mau jualan apa saja juga mudah ya, termasuk jualan tulisan-tulisan kita.

    Beneran jadi kepincut deh ama Skill Academy, jadi pengen ikut kursus online, kalau saya pengennya kursus marketing, SEO, ama bahasa Inggris hahaha.

    Udah Tuwah, tapi masih pengen kursus bahasa :D
    Dan masalah SEO tuh, favorit saya banget, maklum belom pernah ikutan kelas-kelas kayak teman-teman :)

    ReplyDelete
  10. Saya juga pernah ikut kursus di Skill Academy, mengambil materi akting bersama Fedi Nuril

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah ikut kursus online seperti itu, takutnya malah selalu ketinggalan. Padahal asyik jugs ya..

    ReplyDelete
  12. Aq jugà wkt prakerja ambil dr skill academy, program yg ditawarin beragam & pelajarannya mudah dimengerti

    ReplyDelete
  13. Aku pernah punya pengalaman belajar di Skill Academy, dan memang enak banget. Webnya juga user friendly, jadi nyaman banget belajarnya.

    ReplyDelete
  14. Bagus ya programnya. Biarpun selama pandemi banyak orang yang jadi 'terjebak' di rumah aja, tapi tetap masih bisa berkarya dan mengasah skill lewat kursus online seperti lewat Skill Academy ini.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.