Resep Oseng Ayam, Macaroni Keju, dan Tahu Bulat

By dudukpalingdepan - July 27, 2021

Resep Oseng Ayam, Macaroni Keju, dan Tahu Bulat

#DiRumahAja Jadi Sering Masak

Banyak menghabiskan waktu di rumah aja bikin saya jadi lebih rajin masak-masak nih. Apa lagi tinggal di daerah kecil yang belum ada sejenis gofood, grab food, dan kawan-kawannya itu.

Ada sih beberapa penjual makanan yang bisa delivery tapi terbatas banget dan lama-lama bosan juga. 

Ya, saya memang tinggal bukan di perkotaan, jadi kalau mau beli-beli pun pilihannya terbatas sekali.

Sebagai content creator, kegiatan masak-masak pun saya jadikan konten. Siapa tahu ada yang terinspirasi dengan makanan yang saya masak. 

Saya biasanya upload konten masak di IG story, di wa story, di tiktok juga. Viewsnya Alhamdulillah kadang ribuan, kadang cuma puluhan. 

Tapi kalau ngonten memang nggak boleh cuma mikirin views, tapi kebermanfaatannya. Biar kata ditonton cuma satu orang, tapi kalau itu bermanfaat bagi yang nonton kan kita sudah dapat pahalanya. Aaamiiin.

kontek masak-masak

Resep Oseng Ayam, Macaroni Keju, dan Tahu Bulat

Resep Oseng-Oseng Ayam

Berawal dari kepengen banget makan oseng-oseng. Sebenarnya ada teman saya yang jualan, enak-enak banget oseng-oseng yang dia jual. Bervariasi lagi nggak cuma ayam, tapi ada oseng-oseng cumi, daging, jamur, ikan. Mantep deh. 

Teman saya ini juga jualan untuk keperluan rumah asuh yang dia kelola. Namanya rumah asuh Izzati Jannah yang menampung belasan anak untuk tinggal dan mendapatkan pendidikan yang layak. 

oseng oseng enak di jambi
follow akun facebooknya dan hubungi wa di kontak tersebut ya

Sayangnya karena teman saya ini jualannya di kota Jambi, sedangkan saya di kabupaten lain, jadi nggak bisa pesan buat saya sendiri, karena takutnya keburu basi di jalan.

Hanya saja teman-teman kalau mau order juga bisa kok, bilang aja order untuk dibagikan ke kaum dhuafa. Karena teman saya ini juga punya banyak kenalan kaum dhuafa untuk disalurkan donasi berupa uang atau makanan seperti itu.

Teman-teman bisa menghubungi kak Virda pengurus rumah asuh Izzati Jannah Jambi di nomor WA 085272095293. Follow juga Instagramnya di @izzati_jannah.

Nah, lanjut nih karena saya masih kepengen oseng-oseng ayam, jadinya saya coba masak sendiri.

resep oseng-oseng ayam


Bahan:

  • Dada ayam tiga potong direbus, lalu disuwir-suwir.
  • Bawang merah 5 siung 
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabe merah 6 buahh
  • Cabe rawit 5 buah
  • Jahe 1 ruas jari
  • kaldu, garam, gula, lada putih, secukupnya.

Cara membuat:

Iris duo bawang, cabe, jahe, tipis dan memanjang. Lalu tumis semua bumbu hingga harum, kemudian masukkan suwiran ayam. Aduk-aduk hingga merata. Tambahkan bumbu kaldu, garam, gula, lada putih, sesuai selera. Lalu angkat dan sajikan. 

Cabenya juga boleh sesuai selera ya kalau mau pedes banyakin lagi juga boleh. Jadinya sepiring gitu bisa untuk beberapa kali makan. 

Resep Tahu Bulat

resep tahu bulat

Tahu bulat ini sempat viral ya karena cara mamangnya mempromosikan dengan unik. Bahkan dulu sampai ada gamenya. Saya yang bukan penggemar game aja jadi ikutan main waktu itu. 

Karena bosan tahu digoreng gitu aja, jadi saya bikin tahu bulat deh. 

Bahan:

  • 3 buah tahu putih
  • 1 buah wortel
  • 100 gram tepung serbaguna Sasa
  • garam, kaldu, secukupnya. 

Cara membuat:

Hancurkan tahu putih dengan garpu atau chopper. Haluskan juga wortel dengan blender atau diparut manual. Campurkan kedua bahan tersebut dengan tepung serba guna. Masukkan juga kaldu dan garam secukupnya.

Aduk-aduk hingga rata, lalu bentuk bulat-bulat kayak bola pimpong sampai adonan habis. Kemudian masukkan ke kulkas agar set selama 15-30 menit.

Setelah itu tinggal goreng di api kecil agar matang merata. 

Enak banget lho, karena gurih di luar lembut tahunya di dalam. Kalau mau ditambah isian keju juga bisa. 

Rasanya jadi pengen jualan tahu bulat deh, tapi gorengnya jangan dadakan takut saya nggak siap kalau mendadak gitu *apa siih, wkwk*.

Resep Macaroni Keju



Beginilah nasib tinggal di daerah kecil. Kalau selebgram review makanan saya juga nggak bisa beli karena jaraknya jauh. Alhasil harus bikin sendiri deh. Kebetulan bahan-bahannya juga ada.

Bahan:

  • Macaroni
  • Susu UHT plain/full cream
  • Bubuk keju Indofood
  • Keju Cheddar parut
  • kaldu, garam, secukupnya
Cara membuat:

Rebus macaroni dan tambahkan margarin saat direbus biar nggak lengket. Setelah itu sisihkan.

Lanjut rebus susu cair, ini banyaknya sesuaikan dengan banyaknya macaroni yang kalian rebus ya. Maafkan nggak ada ukuran karena saya pakai ilmu kira-kira. 

Setelah itu masukkan keju parut dan bubuk keju. Aduk-aduk terus sampai warnanya merata. Kemudian masukkan lagi macaroni tadi. Aduk-aduk lagi sampai kuahnya mengental. Jangan lupa masukkan kaldu dan garam sesuai selera ya. Setelah itu angkat.

Karena masih ada oseng ayam kemarin, saya jadiin topping deh. Rasa asin kejunya cocok juga dengan pedasnya oseng ayam. Ini juga rasanya ngeju banget ya. Suka deh pokoknya. 

Resep-resep lain juga masih banyak kok, saya biasa update di tiktok @dudukpalingdepan dan Instagram @dooyaanmakan, difollow ya. 

Selamat mencoba resep gampang ini, karena saya kalau disuruh masak ribet juga nggak bisa, hahaha. 




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.