Kreasi Makanan Enak dan Sehat dengan Morinaga Chil*Go! Original

By dudukpalingdepan - 9:00:00 PM


Ramadan tiba semua bahagia 
Tua dan muda bersuka cita 
Bulan ampunan bulan yang berkah 
Bulan terbebas api neraka

 

(Opick-Ramadan Tiba) 

 


Senang banget rasanya bisa bertemu lagi dengan bulan suci Ramadan, dimana kita yang memenuhi syari'at wajib menjalankan ibadah puasa. Sebagai ibu, saya juga mengenalkan ibadah puasa kepada buah hati saya.

Saya ingat banget tahun lalu waktu saya bilang kalau ini bulan Ramadan, dengan polosnya anak saya malah lihat ke langit yang waktu itu masih siang hari dan berkata "mana bulannya, Mama?" 😭😂

Kalau tahun ini Alhamdulillah, dia sudah mengerti walau sesederhana kalau puasa itu ada bangun untuk makan sahur dan setelahnya nggak boleh makan sampai sore. 

Tips Mengenalkan Ibadah Puasa Kepada Balita



Saya percaya sebagai umat Islam, penting banget mengenalkan ibadah kepada anak salah satunya tentang ibadah puasa di bulan Ramadan. 

Meski anak balita belum wajib berpuasa, tapi nggak ada salahnya mengenalkan tentang puasa sedari dini. 

Cara saya mengenalkannya adalah dengan menjelaskan konsep paling sederhana yaitu puasa sama dengan menahan lapar dan haus. Jadi nggak makan dari pagi sampai sore (magrib). 

Lalu selain itu juga dengan cara memutar lagu dan video anak tentang ibadah puasa di bulan Ramadan. 

Walau baru empat tahun anak saya jadi mengerti dan ikut bangun sahur juga walau hanya sekedar duduk dan menemani. 

Berkreasi Bersama Anak di Bulan Ramadan Dengan Morinaga Chil*Go!



Masih ingat postingan saya tentang Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak Dengan Cara Penuh Cinta Bersama Morinaga Chil*Go! beberapa waktu lalu? Selain diminum langsung, susu cair kesukaan anak saya ini bisa dikreasikan sebagai resep makanan sehat yang enak dan bergizi. 

Apa lagi di bulan Ramadan, sambil menunggu waktu berbuka lebih baik diisi dengan kegiatan menyenangkan bersama anak. 

Saya memutuskan membuat banana cake dan choco cheese cake bersama anak saya. Dia senang banget ngebantuin meski hanya menuang dan mengaduk-aduk.

Berikut saya bagikan resepnya juga ya di sini supaya bunda di rumah juga bisa membuatnya bersama anak-anak. 

Resep Banana Cake


Bahan-bahan:

3 buah pisang. 

Boleh pakai pisang apa saja yang sudah matang dan manis. Saya pakai pisang ambon.

2 butir telur

1 botol susu cair Morinaga Chil*Go! rasa original

5 sendok makan gula

12 sendok makan tepung terigu

1 sendok teh cinnamon powder

Meises dan keju parut untuk topping

Cara membuat:



1. Lumatkan pisang dengan garpu/chopper/blender. Teksturnya sesuaikan selera saja ya, mau masih ada tekstur pisangnya tau dihaluskan sampai benar-benar lumat.

2. Masukkan gula, telur, dan susu Morinaga Chil*Go! original, kemudian aduk rata. Nah bagian menuangkan bahan dan mengaduk-aduk, bisa serahkan pada si kecil ya. Ini bisa sekaliah melatih motoriknya, dan mengajak anak mengenal bahan-bahan untuk membuat kue.

3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga rata. Kemudian masukkan cinnamon powder, dan aduk lagi.

4. Oleskan sedikit margarin ke dalam loyang, lalu masukkan adonan tadi dan ratakan.

5. Kukus dengan api sedang sekitar 30-35 menit.

Setelah matang, dinginkan, lalu bisa oleskan topping sesuai selera. Lagi-lagi libatkan si buah hati dalam menghias kue ini ya, Bunda. Jadi kita bisa meminta anak melakukan kreasinya juga. 

Setelah selesai, waktunya disantap bersama. Anak saya senang banget dan minta difotoin bareng kuenya. Rasa manisnya juga pas, dan pisangnya tetap terasa. Anak saya bilang, "oooh, susu Mumu (nama panggilannya) bisa dibikin kue juga. Enak, Ma." Kalau sudah begitu tentu saya ikut senang. 

Resep Choco Cheesecake



Resep kedua ini termasuk andalan saya di rumah. Karena membuatnya mudah, nggak memakan waktu lama, dan nggak perlu dikukus atau dipanggang.

Bahan-bahan : 

1 bungkus biskuit favorit rasa apa saja 

50 gram keju parut 

3 botol susu cair Morinaga Chil*Go! rasa original

Soft cake favorit rasa apa saja. Saya pakai potongan banana cake yang sudah dibuat sebelumnya.

3 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air. 

Topping : bubuk coklat dan keju parut 

Cara Membuat : 

Hancurkan biskuit dengan cara ditumbuk, atau boleh juga diblender sampai halus, sisihkan. 

Potong banana cake kecil-kecil, kemudian sisihkan. 

Tuang susu cair anak Morinaga Chil*Go! rasa original, bersama keju parut ke dalam panci, lalu masak sampai mendidih. 

Setelah mendidih masukkan larutan maizena, aduk sampai mengental, kemudian matikan api.

Setelah adonan cream cheesenya dingin, susun di dalam gelas bening dengan urutan sebagai berikut: banana cake - cream cheese yang tadi dibuat - remahan biskuit - creamcheese lagi. Lalu beri toping keju dan bubuk coklat di atasnya. 

Lebih enak disajikan ketika sudah didinginkan di dalam kulkas beberapa jam. Rasa manisnya nggak berlebihan, dan nggak bikin enek juga. Creamy dari susu dan kejunya juga terasa.

Jangan lupa libatkan anak kita juga terutama saat menyusun bahan-bahannya di dalam gelas. Terus ajarkan anak untuk sedikit bersabar sampai choco cheesecake bisa disantap dalam keadaan dingin.

Alasan Memilih Menggunakan Susu Cair Morinaga Chil*Go!



Bukan tanpa alasan saya memilih menggunakan susu cair Morinaga Chil*Go! sebagai salah satu bahan resep andalan saya di atas. Karena selain anak saya memang suka susu ini, Morinaga Chil*Go! original ini lebih rendah gula namun rasanya tetap enak lho.

Selain itu Morinaga Chil*Go! adalah susu cair steril yang mengandung serat pangan inulin sebagai makanan bakteri baik untuk mendukung pencernaan yang sehat sehingga daya tahan tubuh buah hati kita menjadi kuat. Plus ada 9 vitamin dan 5 mineral untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil.



Bukan hanya itu, dari hasil riset Bloggersaborasi Morinaga Chil*Go! dan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) Jawa Timur dan NTT, serta pemerintah NTT bahwa anak yang mengkonsumsi Morinaga Chil*Go! 2 botol sehari disertai dengan stimulasi yang tepat, memiliki daya tahan fisik yang lebih baik.

Apa lagi di masa pandemi yang belum berakhir ini ya bunda, kita harus menjaga kesehatan anak yang kita sayangi dengan cara memberikan asupan nutrisi yang baik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga tetap sehat dan ceria.

Nah, semoga resep saya di atas bisa bermanfaat dan dipraktikkan juga di rumah bersama si kecil ya. Kalau Bunda dan Ayah ingin membuat aneka kreasi resep makanan sehat dan enak lainnya, bisa juga intip di https://morinagaplatinum.com/id atau instagramnya @morinagaplatinum.

Biasanya resep andalan apa sih yang Bunda suka bikin bareng anak? Atau ceritakan tentang buah hati yang memang suka minum susu Morinaga Chil*Go! di kolom komentar, ya.



  • Share:

You Might Also Like

49 komentar

  1. Resepnya gampang banget nih kak. Aku coba deh buat menu makanan berbuka sekalian camilan buat anakku. Apalagi anakku emang susah banget untuk makan. Kalau ada susu, baru dia minum. Thanks resepnya ya kak.

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih resepnya mbak. Morinaga Chil*Go ini memang disukai anak-anak ya mbak? Pasti seru ya bikin kreasi bareng anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget walau dia cuma nuang-nuang dan ngaduk yang penting tahu kalau segala sesuatu itu butuh proses ^^

      Delete
  3. Resep andalan saya tetep es buah yang praktis bikinnya.
    Kalau bikin sendiri bisa pilih bahan2 yg sehat kayak susu n pemanisnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa es buah seger banget emang mbak buat buka ^^

      Delete
  4. Simpel nih bikinnya, mau ah nanti recook resepnya apalagi susu chilgo emang cocok ya mba dibikin apa aja..luv..

    ReplyDelete
  5. Aaahhh ibu kreatif ini mah, memang penting sekali mengenalkan tentang puasa sejak kecil jadi nanti mereka juga jadi terbiasa. Memilih makanan yang dikonsumsi juga penting yaa, apalagi bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan kesukaan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak, minimal dia tahu puasa itu apa walau belum bisa nyobain.

      Delete
  6. Resepnya praktis banget. Enggak kepikiran bikin kue pisang. Padahal ya sering banget ada pisang dari kebun. Mentok-mentok digoreng atau direbus.

    Next-nya bisa nih bikin kue pisang. Mumpung di rumah ada stock susu Chil*Go juga.

    ReplyDelete
  7. Artha Nugraha JonarApril 18, 2021 at 11:58 AM

    Thanks bunda sudah berbagi resep. Kreatif banget, dan ini mudah untuk diimplementasikan. Kebetulan anak saya juga doyan banget dengan susu. Kalau dibikin variasi menu seperti anak, pastinya anak-anak akan lebih suka.

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat waktu anakku balita juga sering minum susu botol Morinaga Chil*Go!ini, tapi gak kepikir bikin resep pakai susu begini.
    Kewajiban berpuasa memang sebaiknya diajarkan sejak kecil ya Mbak agar anak terbiasa saat dewasa nanti. Anakku sudah mulai berpuasa sejak usia 3 tahun, berbukanya jam 10 pagi atau 11 siang sekadar untuk melatih dia puasa. :)

    ReplyDelete
  9. Adudu mupeng sama Choco Cheesecake, mau nyobain resep nya buat buka nanti sore aahhh 🥰. Btw dede nya gemes banget selfie sama cake nya hihihi

    ReplyDelete
  10. Dari susu cair Morinaga Chil*Go! bisa dibuat hidangan sehat dan aneka rasa lezat ya. Boleh juga nih kak resep simplenya si kue banana. Lihat toping kejunya tambah ngiler ituh 🤤

    ReplyDelete
  11. Senang banget ya Mbak bisa bikin makanan kesukaan anak-anak dengan melibatkan mereka. Banana cake-nya kayaknya enak banget, teksturnya lembut, boleh juga nih ditiru. Anak-anak kadang ga mudah minum susu, bisa diakalin begini ya jadi mereka semangat mengonsumsi makanan yang sehat.

    ReplyDelete
  12. Wah tahu kalau morinaga chilgo bisa dibuat beragam makanan yang lezat, btw kalau susu cair morinaga dipanaskan dan dimasak gitu kadar vitaminnya akan berkurang ga ya?

    ReplyDelete
  13. Choco cheesee ini mudah dibuat ya.
    Hmm... Bisa buat hidangan buka puasa juga nih nampaknya.

    Yes, mengenalkan ibadah puasa buat anak-anak itu hal menarik.. Keduaanakku juga sedang belajar puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata Chilgo bisa di variasikan menjadi berbagai menu yang bergizi ya kak.

      Resepnya kuga sederhana untuk di aplikasikan ya.

      Delete
  14. Resep²nya sederhana dan mudah dibuat yah. Paling suka kue pisang tuh. Ga pakai mixer pula bikinnya
    Coba ah...Makasiiih

    ReplyDelete
  15. Pas banget susu Morinaga ini buat pendamping nutrisi anak saat puasa biar lebih kuat dan nggak sampe kekurangan gizi tentunya

    ReplyDelete
  16. Banana cake ini aku sering bikin, paling seneng di kukus soalnya teksturnya lebih lembut daripada yang di panggang...

    ReplyDelete
  17. duhhh kalau ada panduan resep enak gini pasti anak anak bakalan suka. Morinaga Chil*Go! Original beneran bisa dimodifikasi kan ya. sedep manteeep

    ReplyDelete
  18. Banyak resep gampang pakai Morinaga Chil*Go nih. Bikin si Kecil semangat puasa kalau dapat menu makanan kesukaannya.

    ReplyDelete
  19. Kreatif sekali mamak ini. Dan cake nya itu loh, menggoda banget. Udah gitu, taburan keju nya bikin terpesona

    ReplyDelete
  20. Wah tahu kalau morinaga chilgo bisa dibuat beragam makanan yang lezat, kreatif bangett

    ReplyDelete
  21. senang ya mbak, bisa olah berbagai resep enak dan mudah dengan morinaga chil go ini
    pasti masakannya lebih enak dan sehat

    ReplyDelete
  22. Ini dulu susu anakku, suka banget dia, walopun skr udh ganti susu utk yg usianya LBH gede :D. Chil go memang enaaaak mba. Tp aku belum pernah kreasiin utk menu2 gini. Dan jadi pengen bikiiiiin. Apalagi yg kue pisang cuma di kukus :D. Kalo dipanggang aku ga ada oven soalnya.

    Ntr mau coba resepnya mbaa :D

    ReplyDelete
  23. Kreasi masakan dari Morinaga Chilgo ini bikin ngiler deh kak. Aku jg mau buat deh buat ponakanku. Soalnya dia susah banget untuk diajak makan. Kalau minum susu sih jangan ditanya. Langsung gercep banget. Thanks infonya ya kak.

    ReplyDelete
  24. Engga eneg kan yaa susu Morinaga? Mo coba ah untuk resep-resep kue di rumah. Pas untuk takjil niiih

    ReplyDelete
  25. Yummy.. Lezat sekali. Boleh coba nih.. Anak saya pasti suka. Secara, susunya juga kesukaan dia. Tiap ke minimarket, pasti minta Chilgo

    ReplyDelete
  26. Olahannya terlihat lezat kak. Pas banget itu buat teman sahur dan berbuka puasa. Apalagi dengan rasa manis yang nggak berlebihan. Saya kan termasuk yang nggak suka manis.hehehe

    ReplyDelete
  27. Wah boleh dieksekusi nih resep Morinaga Chilgo nya ya Mba Enny, Banana Cake nya pasti bikin anak-anak tambah sehat karena kandungan gizi yang terdapat pada susu cair Morinaga Chilgo nya yaa

    ReplyDelete
  28. Banana cakenya kayanya enak, Mbak. Apalagi bikinnya pakai morinaga chil go ya, jadi lebih sehat dan berserat nih.

    ReplyDelete
  29. Mengenalkan anak pada puasa itu wajib banget meski mereka belum puasa juga. Minimal tahu sahur, puasa, berbuka. Nah pas buka enak dikasih camilan yang sesuai kesukaannya

    ReplyDelete
  30. Kreasi yang menyehatkan dan disukai anak-anak. Susu Chil Go selain enak rasanya juga bisa buat bikin makanan lainnya, ya. Kemarin aku coba bikin puding dengan susu Chil Go.

    ReplyDelete
  31. Artha Nugraha JonarApril 25, 2021 at 7:04 PM

    Masih amaze, ternyata morinaga Chilgo bisa dibuat resep makanan yang kreatif begini ya. Wah bener-bener kreatif nih bundanya.

    ReplyDelete
  32. Resepnya boleh juga nih anak-anak kan suka banget cemilan yang berbahan dasar susu ya apalagi susunya Morinaga Chil Go, cara buatnya juga gampang :)

    ReplyDelete
  33. Menyenangkan ya bikin cake bareng anak, udah gitu rasanya enak. Jadi pengen coba resepnya nih. Itu yg banana cake dikukus aja ya...
    Yg choco cheese jg menarik. Enak dan sehat nih pake Morinaga Chil Go

    ReplyDelete
  34. Terlihat enyaaak dan lezaaat ituuh. Aku nggak kepikiran kalau susu kaya morinaga gini bisa untuk kreasi makanan, seru juga ya bersama si kecil buat ngabuburit nih. Sepertinya bisa banyak bentuk kreasi lain juga ini ya :D

    ReplyDelete
  35. ibu modern emang paling tahu banget gimana menyajikan makanan yang ngebuat anak jadi lahap dan makan sekaligus ngga bosan, mantep bener sih

    ReplyDelete
  36. Wah banana cake sama choco cheesecake nya menggoda mbak. Jadi pingin praktik juga bikin di rumah buat anak-anak ku. Thanks resepnya

    ReplyDelete
  37. seneng kalau baca resep resep yang simple kayak gini, tapi buat wujudin suka nggak terlaksana
    aku nggak nyangka kalau dari susu morinaga bisa dikreasikan jadi cake begini ya
    si kakak pasti suka itu

    ReplyDelete
  38. wah enak nih resepnya, cobain ah buatin untuk keponakan.

    ReplyDelete
  39. Kalau saya biasa nyetel Upin Ipin yang episode berpuasa. Sedikit sedikit jadi tau, walau praktiknya belum 100 persen, tapi kita perlu banget ngenalin secara bertahap. Eh dia malah senang kalo pas buka puasa nya aja, hahaha...

    Di tangan kreatif, susu chil-go bisa menghasilkan kudapan yang lezat dan kreatif ya Mba. Itu coco cheesecake nya yang sukses bikin saya ngiler, mana baru jam 2 siang, masih 4 jam menuju azan maghrib, hehehe...

    ReplyDelete
  40. Cemilan enak bnaget ini, ah tulis resepnya nanti mau buatin untuk keponakan

    ReplyDelete
  41. Susu Morinaga ChilGo diminum gitu aja sudah enak, apalgi dikreasikan jadi camilan mantap begini. Pasti anak-anak suka sekali. Pas nih bisa buat takjil puasa esok hari
    Makasih resepnya, kak

    ReplyDelete
  42. Resepnya praktis bisa diduplikasi dan pastinya rasa enak dan sehat ya bunda..baiklah besok saya praktekkan untuk menu tajil hehehe

    ReplyDelete
  43. Ramadhan makin seru saat buka dengan menu yang enak berkat Morinaga Chil*Go! Ngajarin anak puasa pun makin lancar 'diimingi' menu yang spesial. Perlu coba juga nih .hehe

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.