Tidak Hanya Bagus untuk Kecantikan, Berikut Manfaat Kunyit yang Perlu Anda Ketahui

By dudukpalingdepan - April 15, 2021

manfaat kunyit


Bagi ibu-ibu rumah tangga, tentu bahan dapur yang bernama kunyit sudah sangat familiar. Karena sebagai salah satu bahan alami yang banyak dijumpai di Indonesia, kunyit kerap digunakan sebagai bumbu masakan, bahan jamu, serta obat herbal. Kunyit merupakan rempah-rempah yang berasal dari India dan memiliki ciri-ciri berwarna orange. Termasuk golongan jahe-jahean, manfaat kunyit juga untuk kecantikan kulit tubuh. Hal ini terbukti dari banyaknya produk kecantikan yang turut menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan untuk pembuatannya. Namun untuk urusan kesehatan, bahan alami yang satu ini juga tidak kalah bagusnya. 

Jika selama ini Anda selalu mengandalkan obat-obatan kimia untuk membantu kesembuhan saat mengalami sakit, maka sebaiknya mulai sekarang beralih dengan menggunakan obat-obatan herbal. Selain lebih aman dan tanpa efek samping, khasiatnya juga tidak kalah dari obat-obatan kimia. Selain itu, bahan alami seperti kunyit juga cukup mudah untuk ditemukan di setiap rumah. Agar Anda semakin tertarik memanfaatkan bahan alami seperti kunyit untuk pengobatan herbal, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan:

1. Membantu meredakan peradangan

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit merupakan antioksidan yang memiliki efek anti peradangan. Sehingga kunyit bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti penyakit kardivaskular, kanker, radang sendi, sindrom koroner akut, diabetes, dan ateroklerosis. 

2. Mengobati sakit maag

sakit maag


Sudah sejak lama banyak orang yang memanfaatkan kunyit untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, salah satunya ketika sakit maag. Penyakit maag yang menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat ini terjadi karena terdapat luka pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori, alkohol, racun dari rokok, atau karena mengonsumsi obat nyeri dalam jangka waktu lama. 

Kalau saya biasanya menyeduh irisan kunyit dengan madu. Diminum selagi hangat. Rasanya enak dan juga membuat perut terasa hangat. Kurang lebih dua puluh menit kemudian nyeri maag akan terasa mereda.


3. Mengatasi perut kembung 

Masalah pencernaan lainnya yangjuga bisa diatasi dengan memanfaatkan kunyit adalah ketika perut kembung. Dengan mengonsumsi kunyit, nantinya kandungan kurkumin di dalam bahan alami ini akan membantu agar otot organ pencernaan bisa tetap bergerak dengan lancar seperti seharusnya. Dengan demikian tekanan gas dalam perut bisa berkurang. 

4. Meredakan nyeri haid

Saat sedang menstruasi, banyak wanita Indonesia yang mengonsumsi jamu kunir asam atau kunyit untuk meredakan rasa nyeri. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin di dalam kunyit bisa digunakan sebagai pereda nyeri alami yang akan membantu melemaskan kontraksi rahim yang menjadi penyebab perut kram. Selain kurkumin juga berkhasiat untuk mengurangi produksi prostaglandin yang merupakan hormon pemicu rasa sakit dan peradangan. 

5. Membantu menurunkan berat badan


menurunkan berat badan


Jika Anda sedang berupaya untuk menurunkan berat badan, maka bisa memanfaatkan kunyit untuk mempermudahnya. Hal ini lantaran kurkumin dalam kunyit juga dipercaya akan membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, serta gangguan metabolik lainnya.


6. Membantu mengendalikan gula darah

Pada penderita diabetes, sebaiknya memanfaatkan bahan alami untuk mengendalikan kadar gula darah tetap stabil. Kunyit bisa menjadi bahan alami yang tepat digunakan untuk kebutuhan ini. Karena menurut penelitian, kurkumin dalam kunyit mampu membantu penurunan kadar glukosa dalam darah. 

Setelah mengetahui manfaat kunyit yang sudah disebutkan di atas, tentu akan lebih baik jika Anda pengobatan herbal dengan bahan alami ini ketika sakit. Selain lebih aman dan tanpa efek samping, juga mudah ditemukan di sekitar kita. Anda bisa memilih untuk mengonsumsi kunyit dengan mengolahnya langsung atau dengan menggunakan produk herbal yang sudah jadi. 

Jika cukup ribet untuk mengolah kunyit karena warna kuningnya yang susah dihilangkan ketika terkena kulit, maka bisa mempertimbangkan menggunakan olahan produk herbal kunyit dari Herbana. Herbana menjual produk herbal dari bahan alami, termasuk kunyit yang produksinya dilakukan secara higienis dan menggunakan standar mutu. Sehingga mampu menghasilkan produk herbal berkualitas tinggi.


Pics : Canva Premium

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.