Review Fitur Simpanan dan Riwayat Transaksi di Aplikasi blu by BCA Digital

By dudukpalingdepan - August 20, 2021

 

fitur simpanan aplikasi blu by bca


Sebelumnya saya sudah menulis pengenalan tentang aplikasi blu by  BCA digital, serta fitur-fiturnya secara garis besar. Kali ini saya mau nulis review jujur aplikasi ini setelah sebulan lebih pemakaian.

Fitur-fitur di aplikasi blu banyak membantu keseharian saya mengelola keuangan untuk bayar-bayar, nabung, dan juga belanja.

Makin kesini saya makin suka dengan sistem cashless, alias pembayaran non tunai. Karena jadi nggak perlu bawa uang cash banyak-banyak, terus nggak perlu jengkel nerima kembalian permen.

Selain itu dengan pembayaran digital bikin semua transaksi jadi ketracking dengan baik karena riwayat pemakaiannya terekam di aplikasi blu dan juga di email. Jadi kalau suami tanya, bulan ini uang dipakai apa saja? Saya tinggal buka aplikasinya.

Cara Melihat Riwayat Transaksi (Tracking) di Aplikasi blu

Cara Pertama

riwayat transaksi aplikasi blu


Cara melihat riwayat transaksi tinggal buka aplikasi blu, pilih fitur simpanan, lalu klik blu account, nanti di bawah saldo kelihatan riwayat transaksinya. Piih “lihat semua” dan klik ikon unduh/download kalau mau ngedownload semua riwayat transaksi perbulan atau pertahun.

Cara Kedua


Buka aplikasi blu, klik menu tracker pada bagian kiri atas. Nanti akan terlihat dana masuk dan keluar berupa grafik dalam waktu satu bulan. Geser ke bawah maka kita bisa melihat riwayat transaksi.

Kalau mau lihat lebih banyak klik “lihat semua”, bisa juga diunduh dengan klik ikon unduh/download pada bagian kanan atas.

Fitur Simpanan di Aplikasi blu, Membantu Mengelola Keuangan dengan Cara yang Menyenangkan

Ada 4 menu di fitur simpanan aplikasi blu, yaitu bluAccount, bluSaving, bluGether, dan bluDeposit.

bluAccount  untuk melihat berapa jumlah saldo, lalu dari sini kita juga bisa langsung memindahkan dana ke menu lainnya apakah ke bluSaving, bluGether, atau bluDeposit. Selengkapnya akan saya jelaskan di bawah ini.

Fitur blusaving Memudahkan Pembagian Pos-Pos Belanja dan Tabungan

Setelah gajian saya akan pindahkan ke aplikasi blu, karena saya butuh bayar-bayar cicilan dan kewajiban yang harus dibayar awal bulan.

Saya juga pasti menyisihkan sebagian untuk ditabung di awal bulan karena kalau nggak disiplin disisihkan di awal bulan, yang ada nanti malah kepakai untuk hal yang kurang penting.

Sedangkan untuk pos-pos pengeluaran yang baru dibayar pada pertengahan atau akhir bulan, saya pisahkan dulu di fitur blusaving biar nggak kepakai.

Cara Memisahkan Dana Untuk Ditabung di Fitur blusaving

  • Caranya buka aplikasi blu, lalu pilih fitur simpanan di bagian kanan atas, pilih blusaving.
  • Kemudian klik “tambah blusaving” yang ada ikon +
  • Isi nama blusaving sesuai keinginan kalian misal “dana darurat” atau “dana beli sepatu baru”
  • Isi setoran awalnya bisa berapa aja, 0 rupiah juga bisa, lalu klik lanjut
  • Masukkan jumlah yang ingin ditabung atau harga barang yang memang ingin dibeli
  • Input tanggal pencapaian, misal mau minggu depan, bulan depan, atau tahun depan. Klik lanjut.
  • Selanjutnya isi autodebit agar disiplin menabung. Frekuensinya bisa diatur harian, mingguan, dan bulanan. Tanggalnya juga bisa dipilih. Misal nanti setiap tanggal 5 setiap bulannya dana akan ditarik dari saldo utama ke blusaving. Tapi ini juga bisa diskip kalau nggak mau autodebit.
  • Terakhir klik “Buka blusaving” dan selesai.

Kalau memang kalian punya beberapa goals tabungan, ya ulangi saja langkah di atas dengan nama yang berbeda misal “dana liburan” atau “dana melamar do’i”.

Cara Memisahkan Dana di blusaving Untuk Bayaran di Pertengahan atau Akhir Bulan

Nah saya juga memanfaatkan fitur blusaving untuk memisahkan dana pembayaran yang baru dilakukan di tengah atau akhir bulan. Tujuannya biar uangnya nggak kepakai. Karena kalau lihat saldo utama masih banyak, bawaannya pengen belanja mulu.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi blu, lalu pilih fitur simpanan di bagian kanan atas, pilih blusaving.
  • Kemudian klik “tambah blusaving” yang ada ikon +
  • Isi nama blusaving sesuai pembayaran yang akan dilakukan misal “dana bayar pajak kendaraan”
  • Isi setoran awalnya sesuai dengan nominal pembayaran misal Rp1.500.000
  • Jumlah yang ingin ditabung dan tanggal pencapaiannya kosongin aja, klik lanjut. Autodebitnya juga kosongin klik lanjut.
  • Terakhir klik “buka blusaving”

Dengan begitu saldo utama akan ditarik dan ditaruh di blusaving sementara menunggu waktu pembayaran tiba. Cara ini bermanfaat banget agar uang yang tujuannya buat bayaran memang disisihkan dengan aman.

Jadi pas kita lihat saldo utama, itulah yang bisa kita gunakan untuk sehari-hari, karena untuk bayar-bayaran sudah disisihkan di blusaving.

Cara Menarik Dana dari blusaving

Kalau memang ada keperluan mendesak kita bisa menarik dana di blusaving, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi blu, lalu pilih fitur simpanan di bagian kanan atas, pilih blusaving.
  • Kemudian pilih nama tabungan yang akan kalian tarik dananya
  • Pilih menu “tarik dana” di bagian kanan.
  • Masukkan jumlah yang ingin ditarik lalu klik lanjut.

Otomatis dana di blusaving akan masuk ke saldo utama baru deh bisa kalian gunakan apakah untuk tranfer, bayar-bayar di merchant/toko, atau ditarik jadi uang tunai di ATM BCA.

 

Atur Keuangan Bareng Keluarga atau Sahabat dengan bluGether



Fitur ini berguna banget kalau kalian mau ngadoin salah satu teman geng, iuran atau nabungnya bisa dilakukan bersama secara transparan.

Berikut langkah-langkah cara membuka tabungan bluGether:

  • Buka aplikasi blu, lalu pilih fitur simpanan di bagian kanan atas, pilih bluGether,  kemudian klik "Buka bluGether"
  • Masukkan nama tabungannya misalnya "Iuran Kado Wedding Shizuka dan Nobita"
  • Masukkan setoran awalnya berapa, kalau nol rupiah juga boleh kok sambil menunggu yang lain iuran juga.
  • Kemudian klik ikon + untuk tambah member, teman yang ditambahkan bisa sampai 24 orang
  • Tinggal cari kontak atau tambahkan rekening BCA Digital teman yang ingin bergabung. Jadi pastikan semua teman yang berpartisipasi pada iuran di tabungan bluGether ini sudah memiliki rekening di aplikasi blu juga.

 

Menyiapkan Dana Masa Depan dengan bluDeposit 

Anak mau masuk sekolah tahun depan? Atau mau ganti gadget enam bulan lagi? Sisihkan dulu yuk uangnya di bluDeposit.

Cara membuka bluDeposit di aplikasi blu:

  • Buka aplikasi blu, lalu pilih fitur simpanan di bagian kanan atas, pilih bluDeposit,  kemudian klik "Buka bluDeposit"
  • Masukkan jumlah dana yang ingin didepositokan. Minimum saldonya adalah 10juta Rupiah ya.
  • Pilih tenor atau jangka waktunya mulai dari 1-12 bulan.
  • Masukkan juga nama tujuan tabungan bluDepositnya misalnya "uang pangkal sekolah"
  • Lalu pilih buka bluDeposit

***
Itulah review fitur simpanan di aplikasi blu by BCA Digital dan cara melihat riwayat transaksinya. Kedepannya saya akan bahas lagi bagaimana cara top up saldonya dan juga cara transfer dari blu ke berbagai rekening bank dan saldo dompet digital lainnya. 

Semoga bermanfaat ya, yuk manfaatkan aplikasi di ponsel pintar untuk membantu mengelola keuangan kita. 



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.