Masa Kecil Riang Gembira Bersama Hoala & Koala

By dudukpalingdepan - August 20, 2021

hoala & koala


Saya adalah salah satu orang yang masa kecilnya nggak mengenal PAUD dan TK. Lembaga pendidikan pertama saya langsung Sekolah Dasar (SD). Karena memang waktu itu saya tinggal di desa yang nggak ada lembaga pendidikan pra-sekolah. 

Meski begitu saya tetap merasa masa kecil saya menyenangkan karena mama saya tetap mengajarkan berbagai hal menarik di rumah. Mama mengajarkan huruf, angka, warna, dan juga lagu anak-anak. 

Untuk lagu anak-anak, mama saya bukan hanya mengajarkan lirik dan nadanya, tapi juga lengkap dengan gerakan dan mimik wajahnya. Menyenangkan sekali. 

Keinginan Mengulang Kenangan Manis 

Waktu berlalu kini saya sudah menjadi seorang ibu. Masa kecil yang menyenangkan tersebut tentu ingin saya ulang kembali bersama anak saya.

Bedanya sekarang kondisi sudah jauh lebih baik. Meski kini saya juga tinggal di Kabupaten kecil, tapi di sini sudah banyak lembaga pra-sekolah. Bersyukur lagi saya dan suami mempunyai tabungan khusus untuk pendidikan anak. 

Namun bukan berarti saya menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada bunda-bundanya (sebutan untuk guru anak di TK) di sekolah. Sebagaimana masa kecil saya dulu, saya juga ingin anak saya merasa senang di rumah bersama mamanya. 

Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah bersama anak salah satunya adalah bernyanyi dan menari bersama seperti yang dulu saya dan mama lakukan. 

Hanya saja harus diakui lagu anak kini kurang terdengar gaungnya, bahkan nama-nama penyanyi cilik pun nggak sebanyak dulu. Kalau pun ada justru liriknya lagunya terdengar universal, padahal yang dibutuhkan adalah memang lagu anak yang memang mudah dicerna anak-anak dan mengandung pesan pendidikan yang dibutuhkan oleh anak. 

Makanya sekarang banyak orangtua yang beralih dari Televisi ke Youtube, karena memang konten-kontennya bisa dipilih sesuai umur anak. Saya sendiri rela menyediakan budget untuk kuota internet setiap bulan agar anak saya bisa menonton tayangan sesuai umurnya, khususnya lagu anak-anak. 

Hoala & Koala, Animasi Menarik yang Menyuguhkan Lagu Anak Berkualitas

 

lagu anak hoala & koala

Saya amati banyak konten lagu anak justru dari negara Asia lainnya. Padahal lagu anak Indonesia juga ada lho. Nama channel Youtubenya adalah “Hoala & Koala”. Mereka adalah karakter animasi 3D yang pandai bernyanyi. 

Dengan karakter animasi 3D maka Hoala & Koala, akan bisa terus berkontribusi di dunia musik anak-anak tanpa mengkhawatirkan mereka akan bertumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 

Lagu-lagu anak yang dinyanyikan Hoala & Koala temanya sangat dekat dengan anak-anak, misalnya ada lagu “Minta Ayah” yang menceritakan anak yang harus menuruti kata ibunya untuk jangan terlalu lama menonton TV atau bermain HP. Tapi ketika ibunya pergi, anak berusaha merayu ayahnya, namun ayah menasehati lagi bahwa terlalu bermain HP itu nggak baik, lebih baik bermain yang lain. 

Lagu di atas kena banget, soalnya kan memang sering begitu. Kalau kita sebagai ibu melarang anak sesuatu, eh dia malah lari ke ayahnya untuk mencoba merayu. Makanya kedua orang tua harus kompak. 

Ada juga lagu “Cuci Tangan” yang mengajarkan anak pentingnya sering-sering mencuci tangan agar terhindar dari kuman dan penyakit. 

Masih banyak lagi lagu anak-anak lainnya yang bernada riang, liriknya mudah diikuti, dan animasinya sangat menarik. 

 


nonton hoala koala

 

Memang lagu-lagu “Hoala & Koala” ini digarap dengan serius lho oleh orang-orang kreatif di balik animasi dan musiknya. 

Banyak musisi internasional yang terlibat dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak digunakan alat musik yang biasanya jarang ada pada lagu anak. Misalnya seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti seperti gamelan dan angklung.

Kenapa sih seniat itu bikin lagu anak? Karena memang Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa lagu anak nggak selamanya hanya musik sederhana, namun juga bisa digarap dengan serius dan berkualitas sehingga anak pun dapat mendengar instrumen yang lebih beragam.

karakter animasi hoala & koala


Kalau di dengar dengan seksama, kualitas vokal Hoala  & Koala juga sangat apik didengar. Kualitas vokalnya bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak. 

Bukan hanya itu, keunikan lain dari Hoala & Koala adalah pemilihan genrenya yang nggak terbatas hanya pada children pop. Namun terdapat variasi genre lainnya sperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. 

Oh ya selain karakter Hoala & Koala, di dalam animasi musik ini juga ada karakter lainnya yang juga pandai bernyanyi. Seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. 

Nikmati Lagu-lagu Anak “Hoala & Koala” di Berbagai Platform

 

keluarga hoala & koala

Meski masih terbilang baru, tapi kini Hoala & Koala sudah memiliki 45 lagu anak-anak dari 5 album yang dapat ditonton di channel Youtube lagu dan animasi anak “Hoala & Koala”. Lagu-lagu tersebut dapat pula didengarkan di Spotify dan iTunes. Jadi nggak hanya di rumah, lagu-lagu Hoala & Koala dapat pula dinikmati selama dalam perjalanan.

***

Sebagai orang tua saya senang ada konten yang mendidik dan juga menghibur untuk anak saya. Sambil mendampinginya kami dapat pula merekatkan bonding dengan cara bernyanyi dan menari bersama. Saya juga turut menjelaskan beberapa hal yang anak tanyakan dari apa yang dia lihat dalam animasi Hoala & Koala. 

Yuk, berikan tontonan terbaik sesuai umur untuk anak-anak kita. Mari isi masa kecil anak dengan riang gembira bersaa Hoala & Koala.

 

  • Share:

You Might Also Like

51 komentar

  1. Sejak pandemi si kecil kehilangan masa kanak-kanaknya, tidak bisa bermain dengan teman-temannya maupun merasakan sekolah. Selama di rumah pasti butuh penghibur kayak gini, nih yang juga memberikan pembelajaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak lagian liriknya mengedukasi juga jadi sekalian belajar sambil nyanyi

      Delete
  2. Woghh.. animasinya bagus bener yah.. nanti coba dikenalin ke anak yg usianya masih 3 tahun 4bulanan.. buat variasi selain cocomelon wkkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya orang-orang dibalik Hoala Koala niat banget bikin konten anak-anak yang bagus ^^

      Delete
  3. Saya juga termasuk yang nggak sempat mencicipi TK atau PAUD, dan bersyukur karena tinggal di desa, jadi banyak kenangan masa kecil yang membuat seneng.

    Saya baru tahu ada chanel yang baru yang ramah buat anak-anak. Chanel ini perlu diintip dan diperkenalkan ke keponakan. Apalagi keponakan saya lumayan banyak. Selain buat hiburan, bisa juga untuk belajar. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tulisan ini juga dibuat biar makin banyak yang tahu, sayang banget konten bagus tapi belum banyak yang tahu ^^

      Delete
  4. Saya juga langsung masuk SD Mba, nggak pernah ngerasain TK dulu. Tapi anak saya pada masuk TK dulu, biar nggak kaget.

    Bagus juga nih animasi Hoala & Koala. Buat keponakan saya yang masih balita... Makasih sharingnya Mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan ya kita, karena memang pendidikan pra sekolah dulu nggak sepopuler sekarang, aksesnya juga susah kalau di daerah kecil.

      Sama-sama ya, semoga bermanfaat ^^

      Delete
  5. Emang bener sih. Agak susah menemukan lagu anak yang liriknya khusus untuk anak. Kebanyakan liriknya memang begitu.

    Nah kalau ada hoala dan koala mah ini bisa asyik sekali. Nyoba nyari deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan, senangnya Hoala Koala hadir untuk menemani masa kecil anak-anak sekarang.

      Delete
  6. Keren juga hoala dan koala saya juga baru tahu tentang channel ini mudah-mudahan saya juga segera berkunjung ke sana dan pastinya mendapatkan banyak konten yang bermanfaat buat anak-anak.

    ReplyDelete
  7. Konten anak-anak kalau saya lihat lebih banyak dari luar negeri. Yang dari Indonesia jarang. Ponakan saya saja tiap kali nonton YouTube, yang dilihat konten luar negeri. Padahal konten dalam negeri lebih baik karena ini hubungannya dengan budaya dan moral bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, awalnya anak saya juga gitu. Tapi syukur sekarang udah ada Hoala dan Koala ^^

      Delete
  8. Wah chanel edukasi yang bagus nih untuk anak seusia balita..makasih kak infonya ini buat keponakan saya yg masih balita

    ReplyDelete
  9. Wah, makasih mom rekomendasinya. Cocok banget nih buat anak saya yang masih TK dan suka banget nyanyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Kak. Gemes ya kalau seumuran gitu nyanyi-nyanyi riang ^^

      Delete
  10. Aku juga baru tahu ada Hoala & Koala lagu-lagu anak yang gak kalah bagus kualitas musiknya jika dibandingkan dengan yang sudah ada. Semoga sukses terus Hoala & Koala

    ReplyDelete
  11. Wah keren ya meski baru Namun kini Hoala & Koala sudah memiliki 45 lagu anak-anak dari 5 album yang dapat ditonton di channel Youtube lagu dan animasi anak

    ReplyDelete
  12. Wah jadi referensi tontonan buat anak juga ya ini

    ReplyDelete
  13. wahh iyaaa, jaman aku kecil dulu tuh banyak banget kan lagu2 anak yang beneran temanya anak dan edukasi, klo sekarang kaya minim ya? animasi lagu hoala koala ini bakal membantu banget kan buat hiburan dan edukasi anak2 nih mba, aku pun tadi mampir ke laman YouTube nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Kak. Jadi nostalgia masa kecil kita dulu ya. Syukurlah meski era sudah berganti sekarang ada Hoala Koala yang menemani masa kecil anak-anak masa kini.

      Delete
  14. Konten kayak gini nih yang dibutuhkan anak-anak, khususnya di era serba digital seperti ini. Tapi tetep yaa semua aktivitas anak kudu didampingi oleh orangtua nya

    ReplyDelete
  15. Keren banget sih... Saya baru tau ada hoala & koala... Semoga sukses terus supaya bisa menambah khasanah lagu anak indonesia... Mau ngajak anak-anak nonton ini ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay senang kalau bisa memberikan informasi yang bermanfaat

      Delete
  16. Wah sama kayak aku dulu, kak. Aku pun waktu itu langsung masuk TK, play grup juga enggak ada. Tontonan yang masih teringat hingga kini adalah Si Unyil, itu pun hanya ada waktu weekend, kalau sampai terlewat enggak nonton, bisa nangis gulung-gulung, hehe...

    Nah kalau sekarang banayak ragamnya untuk tontonan anak-anak ini ya, termasuk Hoala dan Koala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bedanya dulu kita nonton di TV, kalau anak sekarang di Youtube ^^

      Delete
  17. Wah keren ya hoala dan koala. Referensi buat aku nih sebagai ortu. Kaget juga ada genre jazz pe etnik segala. Bisa nih buat anak-anak ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Hoala Koala sengaja ngasih berbagai genre biar anak-anak tahu kalau jenis musik itu ada banyak ^^

      Delete
  18. Tontonan bagus nih buat anak2. Baru tau ada hoala koala, bisa banget nih dikenalin ke ponakan yg suka main ke rumah.

    ReplyDelete
  19. Wah ini asli buatan indonesia ya? Bisa jadi referensi lagu-lagu buat anakku nih. Terima kasih ya mba, jujur aku baru tauu! hehehe

    ReplyDelete
  20. Baru tahu nih channel Hoala dan Koala dan langsung melucur dong ke Youtube buat nonton. Lagu dan animasinya oke nih. Pesan di lagunya juga. Nanti mau tak coba kasih lihat ke anakku, biar dia ga nonton balapan dan spiderman mulu...

    ReplyDelete
  21. Ih kok seru sih ini
    Anakku pasti senang juga deh kalau tahu
    Mau coba juga ah daripada dia bete minta keluar terus karena bosan di rumah

    ReplyDelete
  22. wah nanti aku kasih ke sepupuku mbak
    biar dia bisa denger dan nonton
    bagus banget animasinya dan bermanfaat

    ReplyDelete
  23. Dulu waktu kecil kayaknya banyak sekali lagu anak-anak yang beredar..tapi sekarang susah ditemui. Jadi kebanyakan anak-anak jaman now nyanyinya lagu orang dewasa yang kurang pas dengan umurnya. Hoala Koala ini bisa jadi referensi para orang tua agar anak-anak bisa menikmati lagu yang sesuai usianya.

    ReplyDelete
  24. Senangnyaaa.... sekarang anak-anak punya akses lebih banyak ke hiburan yang menduduk ya. Sebagai ortu yang udah nggak punya anak kecil, aku mendukung tontonan seperti ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah anak2nya dah gede yaa mba.. tapi memang sih sekarang susah loh ngefilter tontonan anak. kita juga perlu nonton duluan biar tau ini acaranya kayak apa.. syukurlah sekarang ada banyak konten yang bisa cocok untuk anak2 yaa

      Delete
  25. Aku ajak keponakanku untuk nonton ini ah ntar sore. Dia juga seneng banget cerita dan lagu dalam bentuk animasi. Emang gaya belajar anak zaman sekarang lebih terpengaruh dari visual ya kak. Terutama belajar dari YouTube ini. Keponakan juga bisa belajar bahasa Inggris dari tayangan YouTube. Pokoknya asal orangtua menemani aja. Jangan sampai ada tutur bicara yang ngga sopan.

    ReplyDelete
  26. Aku juga akhirnya karena kepo banget jadii suka nyetelin hoala koala nih buat anak. Menarik bangett animasinya. Terus lagunya jugaa diiringi sama musik yang baguuuss bangett

    ReplyDelete
  27. keren banget sebuah terobosan baru pendidikan lewat musik dan animasi. Apalagi zaman sekarang lagu-lagu untuk anak kecil amat sangat jarang ada.

    ReplyDelete
  28. Mbaaa seneng loh aku jadi tau ada channel lagu anak2 giniii. Tadi aku akhirnya dengerin lagu2nya, dan lgs subscribe. Besok pagi aku mau jadiin tontonan wajib buat si Adek yg masih TK :SmD. Jadi dia bisa denger lagu2 dulu.

    Bagus2 lagunyaaa. Aku aja yg denger langsung suka, dan liriknya mudah yaaa.

    ReplyDelete
  29. Wah, baru tau ternyata ada Hoala & Koala ini. Emang sih sekarang ini anak-anak menurutku kurang tau lagu anak, malah jadinya lagu yang tidak sesuai umurnya, kayaknya Hoala & Koala ini bisa jadi solusi buat anak-anak biar tetep tau lagu anak

    ReplyDelete
  30. Hiburan edukatif buat anak-anak nih. Mereka pasti seneng nonton Koala. Apalagi kalo udah capek sekolah, mending nonton aja deh kayak anak-anakku.

    ReplyDelete
  31. Waktu aku tunjukin Hoala Koala, anakku yang kelas 1SD juga suka banget, lumayan lah daripada nonton reels aja di IG, hehehe. Sekarang tuh jarang sekali kayak gak pernah ada deh di tv tayangan musik khusus anak-anak, sayang sekali kan ya karena musik anak tuh banyak manfaatnya ya kan

    ReplyDelete
  32. toooss dong Mbak, saya juga dulu tidak TK apalagi PAUD, karena dulu waktu kecil juga tinggal di Desa ama Nenek :D

    anak-anakku juga sekarang suka nonton Hoala dan Koala ini, mereka happy lho.
    akhirnya ada juga channel lagu Anak Indonesia yang tidak kalah kerennya dengan produk luar ya :)

    ReplyDelete
  33. animasinya juga bagus nih, cocok banget untuk anak-anak. Ponakan saya juga umur 1 tahun lebih sudah mengenal youtube, harus di kenalkan juga nih dengan hoala & koala

    ReplyDelete
  34. Wah terima kasih mba. Ini Indonesia bangettttt. Alhamdulillah ada lagi sumber referensi lagu anak Indonesia yang edukatif. Hoala dan Koala ini baru atau udah lama ya? Kurang gaul ini saya.

    ReplyDelete
  35. Bagus nih ada aplikasi yg fokus & serius garap lagu anak utk anak masa kini. Sedih juga sih lagu anak2 sekarang gak kayak jaman dulu, minim banget. Kebanyakan anak2 nyanyinya ngikutin yg lagu orang dewasa aja.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.