Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Mudah Untuk Calon Ibu

By dudukpalingdepan - August 19, 2021

 

cara menghitung usia kehamilan

Cara menghitung usia kehamilan akan membantu para calon ibu untuk memperkirakan kelahiran. Hal ini akan berfungsi untuk memantau perkembangan janin dan kesehatan sang ibu.

Kehamilan rata-rata berusia hingga sembilan bulan sepuluh hari.  Ketika menjalani kehamilan para ibu pasti akan mengalami beberapa tahapan menurut perkembangan janin.

Hal ini tentu perlu kita hitung dengan rumus yang tepat. Setidaknya kita sudah berusaha untuk mengupayakan apabila terjadi sesuatu.

Selain hitungan dari bidan atau dokter, kita bisa menggunakan beberapa cara. Nah berikut ini bahasan untuk Ibu.

Inilah Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Mudah

Beberapa cara ini akan bermanfaat jika kita gunakan sejak awal kehamilan bahkan sedini mungkin. Karena semakin awal kita mengetahui usia kandungan, maka akan semakin siap segala sesuatunya.

Baik bagi sang ibu dan keluarga yang sedang berbahagia. Kehamilan selalu menjadi hal yang dinantikan dan pernah menjadi pertama kali setiap perempuan. Maka simak beberapa cara berikut ini untuk Ibu.

Rumus Naegele

Dengan hitungan yang satu ini paling banyak digunakan dan cukup tepat. Menggunakan data kapan hari pertama haid terakhir disingkat menjadi HPHT.

Dengan mengetahui tanggalnya, lalu kita tambahkan dengan 40 minggu dari hari tersebut. Setelah itu, akan mendapatkan hasil dari usia kehamilan.

Perhitungannya menentukan hari HPHT + satu tahun + tujuh hari, lalu mundurkan tiga bulan. Penggunaan hitungan ini cenderung akurat untuk para wanita dengan siklus haid teratur. Namun tidak dianjurkan untuk sebaliknya ya.

Website Online

Untuk para generasi muda yang terbiasa serba digital karena kepraktisannya sering memanfaatkan ini. Dengan membuka kalkulator kehamilan secara digital akan memudahkan penghitungan.

Kita hanya perlu memasukkan tanggal, bulan, dan tahun hari pertama dan terakhir haid seperti rumus tadi. Namun kita perlu memastikan siklus haid terlebih dahulu.

Maka nanti akan muncul hasil dengan lebih akurat. Cara ini dinilai cukup efektif dan mudah untuk Ibu coba sendiri menggunakan smartphone masing-masing..

USG

Cara menghitung usia kehamilan yang dinilai cukup akurat adalah USG. Dengan memanfaatkan teknologi dalam bidang medis ini kita bisa melakukan pemeriksaan pada dokter terpercaya.

Biasanya akan dianjurkan pada usia awal kehamilan. Selain mengetahui usia kehamilan, kita bisa mendapatkan perkembangan dan kondisi janin

Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, bisa segera mendapatkan penanganan. Maka akan lebih baik lakukan USG, setidaknya minimal sekali selama kehamilan Ibu.

Lewat Gerakan Janin

Cara ini bisa untuk memperkirakan saja, namun dinilai banyak kalangan cukup kurang keakuratannya. Namun jika mau mencobanya juga tidak salah.

Dengan merasakan gerakan janin dalam rahim, maka usianya berkisar sekitar 18 hingga 20 minggu. Hal ini juga perlu kita garis bawahi untuk para wanita yang hamil pertama kali.

Cara menghitung usia kehamilan dengan cara ini pada wanita yang hamil bukan pertama kalinya, maka gerakan akan terasa pada usia sekitar 16 hingga 18 minggu.

Fundus Futeri

Cara terakhir ini bisa kita coba, namun memang tidak terlalu akurat. Dengan mengukur manual puncak kehamilan untuk mengetahui perkembangan janin tersebut.

Dari mulai tulang kemaluan ke puncak rahim, dengan ini kita mendapatkan berapa centimeter. Setiap satu sentimeter maka dihitung satu minggu.

Dua cara terakhir bisa dicoba namun untuk tidak dijadikan ukuran pasti. Karena akan lebih baik tetap ke bidan atau dokter yang menangani kandungan.

Cara menghitung usia kehamilan yang kita bahas tersebut cukup mudah untuk dicoba sendiri. Hal ini untuk tetap memperhatikan perkembangan janin dan kesehatan ibu juga calon buah hati.

 

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Penting banget buat ibu tahu dan memperkirakan kehamilannya, nih terlebih ini penting untuk melihat perkembangan bayi. Belum paham sama rumus naegele kalau belum ada contohnya nih, Mbak.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.