Cara Menjaga Kesehatan Bagi Lansia

By dudukpalingdepan - May 21, 2021




Lansia atau orang lanjut usia sangat rentan akan masalah fisik. Karena daya tahan tubuh mengalami penurunan dan organ lainnya kurang maksimal dalam bekerja. Untuk itu perlu cara menjaga kesehatan bagi lansia.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Bagi Lansia

Masa tua adalah saat dimana orang-orang ingin menikmati waktu tersebut dengan penuh bahagia. Namun menjaga kesehatan lansia bukan perkara yang gampang. Sebab, banyak tantangan yang harus dihadapi karena kondisi tubuh yang rentan berbagai macam penyakit.

Saat memasuki lansia, tubuh mengalami banyak perubahan. Mulai dari perubahan pada seluruh anggota tubuh dan penuaan. Kulit akan keriput dan kering, uban tumbuh serta organ bagian dalam akan berubah.

Jantung dan pembuluh darah merupakan organ yang dapat mengalami penuaan. Hal ini dapat membuat tekanan darah meningkat dan jantung bekerja keras untuk memompa darah  melalui pembuluh. Untuk itu perlu mengetahui cara menjaga kesehatan bagi lansia.

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Lansia membutuhkan berbagai macam makanan yang bergizi untuk meningkatkan energi dan  kekebalan tubuh. Hindari makanan cepat saji, berlemak, terlalu asin dan manis. Sebaiknya mengkonsumsi makanan utuh dan mempunyai serat tinggi. Selain itu konsumsi produk susu rendah lemak dan konsumsi kacang-kacangan.

Pola makan yang sehat akan melindungi lansia dari penyakit jantung, Alzheimer, Parkinson dan kanker. Kemudian konsumsi lemak sehat akan membentuk dinding sel. Cara menjaga kesehatan bagi lansia sebaiknya hindari makanan yang digoreng. Lemak sehat banyak terkandung pada minyak zaitun, minyak kedelai dan buah alpukat.

Minum cukup air setiap hari untuk menurunkan resiko terkena penyakit.. Air tanpa mineral bagi lansia akan lebih optimal. Karena mineral anorganik pada air membuat tubuh lansia bekerja keras untuk membuang mineral yang tidak diperlukan.

Istirahat Cukup

Tidur yang berkualitas akan menjaga sel tubuh beregenerasi, menjaga mood tetap baik dan memfungsikan organ tubuh lebih maksimal. Untuk itu sangat dianjurkan mempunyai waktu tidur yang cukup bagi lansia. Lalu terapkan kebiasaan tidur yang baik, seperti matikan lampu kamar, tidak minum kopi sore atau malam hari, tidur di waktu yang sama dan masih banyak lagi. 

Aktif Bergerak

Aktivitas fisik perlu dilakukan paling tidak 30 menit dalam satu hari sebagai cara menjaga kesehatan bagi lansia. Kemudian lakukan dengan intensitas ringan sampai sedang. Misalnya saja jalan kaki, senam lansia atau bersepeda. Olahraga seperti itu dapat melancarkan peredaran darah dan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu dapat meningkatkan kualitas tidur, mengontrol berat badan dan menjaga ketahanan otot serta tulang.

Bergabung dengan komunitas lansia juga menjadi alternatif untuk tetap aktif bergerak. Banyak kegiatan yang bisa diikuti seperti di tempat ibadah dan lingkungan. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup lebih baik, menghindari depresi dan penyakit penuaan lainnya.

Cek Rutin Kesehatan

Lakukan pemeriksaan darah secara rutin pada lansia. Dengan demikian akan terhindar dari permasalahan thyroid yang biasanya dialami pada masa perimenopause dan pasca melahirkan. Check up secara general dan rutin ketika sudah memasuki usia 40 tahun ke atas. 

Supaya dapat mengetahui kadar hemoglobin, trombosit, leukosit, lemak, kolesterol, gliserol dan gula darah maka periksa rutin. Hal tersebut untuk mengetahui sejak dini apabila timbul penyakit. 

Usia lansia membuat fungsi organ tubuh banyak mengalami perubahan. Bahkan fungsi organ penting lainnya juga dapat mengalami penurunan. Dengan demikian penyakit yang muncul dapat dideteksi secara dini dan cepat diatasi sebelum menjadi komplikasi. 

Jangan pasrah dengan keadaan dan membiarkan berbagai penyakit datang meskipun telah berusia senja. Terapkan tips cara menjaga kesehatan bagi lansia dengan baik. Agar hari-hari tua jauh dari penyakit dan bahagia.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. merawat lansia bener bener butuh perhatian ya, aku melihat sendiri ketika bapak aku merawat nenek aku dirumah, karena makin bertambah usia, si nenek malah suka pelupa. jadi kudu diperhatiin juga

    ReplyDelete
  2. dulu almarhum nenek aku lumayan sering dari rumah ke pasar jalan kaki, meskipun jalannya ga cepet cepet. tapi seumuran nenek nenek kan ada yang malas juga buat jalan

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.