3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Softlens

By dudukpalingdepan - June 15, 2021



Memiliki mata minus sejak kelas dua SMA membuat saya mau nggak mau berteman dengan kacamata setiap harinya. Kalau nggak pakai kacamata, tentu bakal kesulitan mengikuti pelajaran dan membawa kendaraan. 

Sebenarnya saya sendiri nggak masalah pakai kacamata tapi ada momen-momen tertentu yang menurut saya kurang menunjang penampilan jika harus memakai kacamata. 

Apa lagi untuk perempuan berhijab, memakai jenis jilbab pashmina dengan kacamata membuat bentuk wajah saya terlihat aneh. Belum lagi kacamata sering melorot saat sedang fokus belajar atau bekerja.

Pengalaman Pertama Memakai Softlens

Ketika beranjak kuliah, saya mencoba memberanikan diri memakai softlens. Setelah tanya teman-teman, browsing sana-sini, dan konsultasi dengan dokter, saya akhirnya membeli softlens pertama saya. 

Sebagai pemula awalnya memakai softlens itu terasa susah banget. Butuh waktu 30 menit lebih hanya untuk memasangnya. 

Belum lagi perlu adaptasi saat awal memakai softlens. Rasanya ada yang beda karena saya biasa memakai kacamata sebelumnya. Tapi memakai softlens juga membuat saya lebih percaya diri dan bisa memakai jenis hijab yang saya inginkan.

Tips Memilih Softlens Untuk Pemula

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli softlens. Terutama untuk pemula yang baru akan mencoba menggunakan lensa kontak. Yuk simak tipsnya di bawah ini.

1. Ketahui Kondisi Mata

Ada yang memakai softlens hanya untuk estetika, ada pula yang untuk kebutuhan melihat lebih jernih seperti saya. Untuk itu kita perlu mengetahui kondisi mata kita dengan mengkonsultasikannya pada dokter. 

Jenis mata juga ada yang sensitif, sehingga kita perlu tanya kepada dokter apakah boleh memakai lensa kontak dan apa saja hal yang perlu kita patuhi atau hindari agar kesehatan mata tetap terjaga.

2. Cari Tahu Informasi Sebanyak-banyaknya

Semakin banyak hal yang kita ketahui tentang softlens akan membuat kita lebih siap. Misalnya jenis dan ukuran softlens itu ada banyak, jadi pilihlah sesuai kebutuhan dan budget yang kita miliki.

Cari tahu pula bagaimana langkah-langkah memakai softlens yang benar. Mulai dari membersihkan tangan, mengganti cairan softlens, sampai memasangnya pada mata.

Jangan lupa juga untuk mencari informasi apa yang harus dilakukan jika terjadi iritasi ketika memakai softlens.

3. Pilih Softlens yang Sehat dan Nyaman

Salah satu yang membuat kita excited saat akan memilih lensa kontak adalah memilih warna-warnanya. Karena kita bisa menyesuaikan dengan makeup atau outfit yang akan kita kenakan.

Namun jangan hanya memilih berdasarkan warna saja. Penting banget untuk memperhatikan hal lainnya seperti kandungan air (water contain) dan yang paling penting juga adalah memperhatikan DK/t alias kemampuan sirkulasi/penyerapan Oksigen, yang sangat penting untuk mata.

Dengan begitu mata tetap akan terasa ringan (nggak mengganjal) meski memakai softlens sehari-hari. 

Berkenalan dengan Miacare, Softlens yang Nyaman, Sehat, dan Indah. 



Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, memilih softlens nggak boleh asal. Harus yang nyaman dipakai sehingga mencegah iritasi pada mata kita. Apa lagi buat yang memakai softlens untuk penglihatan yang lebih jernih, bukan sekedar estetika saja.

Miacare adalah lensa kontak dengan kemampuan sirkulasi yang tinggi, yaitu DK/t 193 menjadi tertinggi di DUNIA, CONFiDENCE Monthly (Flash), kemudian untuk CONFiDENCE Daily (Shimmer) mencapai DK/t 151, tertinggi pada kelasnya.

Selain itu lensa kontak Miacare juga memiliki fungsi perlindungan untuk UV Blocking. Klaimnya softlens dari Miacare juga nyaman dipakai lebih dari 8 jam. Nggak heran kalau Miacare dikenal dengan softlens tersehat dan alami.

Dengan kualitasnya, Miacare dikenal sebagai no.1 Healthy and Charming Softlens in the world. Miacare, ahlinya Silicone Hydrogel (SiHy) Softlens.

Desain softlens dari Miacare ini juga unik. Jika diperbesar, seperti pori-pori, sehingga nggak membuat mata lelah, sirkulasi oksigen lancar dan meningkatkan WC (water contain). Pilihan warnanya juga beragam.

Softlens Miacare memiliki dua jenis yang bisa dipakai harian (daily) atau bulanan (monthly) dengan kelebihannya masing-masing sebagai berikut:

CONFiDENCE Silicone Hydrogel Color Daily soft Contact Lens



Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily) tersedia 3 warna, Shimmer Blue, Shimmer Grey, Shimmer Hazel.

Ahlinya dalam Softlens berbahan dasar Silicone Hydrogel, memberi jaminan dalam pemakaian lebih aman serta Ultra-Comfortable terutama jika akan dipakai dalam waktu yang lama. Tidak perlu khawatir akan mata kering, juga memastikan agar sirkulasi udara untuk mata tetap ada dan menjaga pandangan tetap bersih dan jernih. 



Nilai tambahan, dari teknologi EautraSil, merupakan formula yang dapat melindungi dari sinar UV. Pemberian warna juga dengan teknologi titik halus sehingga warna lebih naturan dan kualitas pandangan tetap jernih. Dapat meminimalis masalah alergi atau iritasi pada mata. 

- Bahan: Filcon V Silicone Hydrogel 

- Tech: EautraSil Plus 

- Pemakaian: Daily 

- Oxygen Transmissibilty: DK/t 151 

- Water content: 49% 

- Thickness: 0.08@-3.00D 

- Modulus: 0.45Mpa 

- Base curve: 8.7 mm - Diameter: 14.1 mm Color Ring: OD:13.0/ID:6.0 Smart Peripheral Edge Design 

- Kemenkes RI AKL: 21204021759 

- Made in Taiwan 

- Isi: 10 Pcs 

Pemberian warna bukan dengan cat, melainkan dotting, atau titik-titik halus dan diposisikan pada lapisan tengah (3 layer) sehingga aman untuk mata.

CONFiDENCE Silicone Hydrogel Color Monthly soft Contact Lens



Miacare CONFiDENCE Flash (monthly) tersedia 3 warna, Flash Pink,  Flash Blue, Flash Grey.

Ahlinya dalam Softlens berbahan dasar Silicone Hydrogel, memberi jaminan dalam pemakaian lebih aman serta Ultra-Comfortable terutama jika akan dipakai dalam waktu yang lama. 

Tidak perlu khawatir akan mata kering, juga memastikan agar sirkulasi udara untuk mata tetap ada dan menjaga pandangan tetap bersih dan jernih. Nilai tambahan, dari teknologi EautraSil, merupakan formula yang dapat melindungi dari sinar UV. 



Pemberian warna juga dengan teknologi titik halus sehingga warna lebih naturan dan kualitas pandangan tetap jernih. Dapat meminimalis masalah alergi atau iritasi pada mata. 

- Bahan: Filcon V Silicone Hydrogel 

- Tech: EautraSil Plus 

- Pemakaian: Monthly 

- Oxygen Transmissibilty: DK/t 193 

- Water Content: 45% 

- Thickness: 0.08@-3.00D 

- Modulus: 0.55Mpa 

- Base curve: 8.7 mm 

- Diameter: 14.3 mm 

- Color Ring: OD:13.5/ID:6.0 

- Kemenkes RI AKL: 21204021590 

- Made in Taiwan Isi: 2 Pcs 

Pemberian warna bukan dengan cat, melainkan dotting, atau titik-titik halus dan diposisikan pada lapisan tengah (3 layer) sehingga aman untuk mata.

Nah, tertarik untuk memakai softlens warna SiHy Miacare yang sehat, indah, dan nyaman? Atau punya pengalaman menarik terkait memilih dan memakai softlens? Ceritakan di kolom komentar, ya.


  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. aku sampai sekarang nih mba belum pernah beli dan pakai softlense, memang gak ada masalah dengan mata juga sih tapi ini lihat warna2 miacare kok gemes yah apalagi ini teknologinya bagus sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak dicoba sesekali misalnya pas ada event apa gitu jadi matanya terlihat lebih berbinar ^^

      Delete
  2. Banyak orang yang memutuskan untuk memilih pakai softlens ketimbang kacamata ya Mba. Biasanya kacamata kurang nyaman digunakan saat momen tertentu. Sedangkan softlens jauh lebih praktis dan malah terlihat lebih memesona.

    Ternyata milih softlens nggak boleh sembarangan ya, apalagi kalau dipakai setiap hari untuk waktu yang lama. Bagus juga ya produk softlens dari Miacare ini. Keunggulannya juga banyak. Very nice info Mba Enny...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, ada momen dan even tertentu yang menurut saya outfitnya kurang cocok kalau pakai kacamata minus. Nah softlense adalah solusinya. Makasih sudah mampir kak Hendra.

      Delete
  3. Biasanya yang sering pakai soflen ini cewek ya setahuku, walaupun cowok ada tapi jumlah populasi pemakainya tidak banyak. Softlense sebagai gaya hidup milenial dan supaya tampilan mata lebih menarik atau untuk tujuan kesehatan tertentu.

    Btw, rekomendasi softlense miacare nya mungkin bisa dicoba bagi pembaca yang sedang membutuhkan.

    ReplyDelete
  4. Dari dulu pengen pake softlens tapi masih maju mundur cantik. Udah kadung terbiasa dengan kacamata
    Nah, sejak pandemi keinginan pakai softlens makin meningkat karena sering gak nyaman saat pakai masker + kacamata. Sering berembun kacamatanya sehingga menghalangi pandangan
    Baca-baca ini, jadi makin tertarik pakai soft lens deh

    ReplyDelete
  5. Aku ga cocok rasanya pake softlens mba. Padahal pengeeeen banget. Bikin mata kliatan besar, juga bisa pake yg berwarna :D. Mata JD LBH bagus sih. Tp aku tipe yg ga telaten ngerawat lensa. Dulu pernh pake. Tapi kdg aku lupa nambah air khususnya, JD pernah lensanya kering Doong wkwkwkwk. Ya sudahlaaah, sejak itu aku stop pake. Pengin LASIK aja ntr :D.

    ReplyDelete
  6. yang jelas aku orang yang gak telatenan jadi mungkin gak bisa pakai softlens

    ReplyDelete
  7. Gimana ya rasanya pakai kontak lens. Mata saya alhamdulillah normal, belum minus. Softlens Miacare ini bisa dipakai buat estetik alias mempercantik aja gak ya. Lihat si mba di foto, cantik bangettt. Itu pakai yg flash pink, flash blue, atau flash grey ya.

    ReplyDelete
  8. Bagi suami spt saya sih ok ok saja dan senang melihat istri pake soflens, tapi betul juga haru benar cara pakainya dan juga pilih produk yg bgs. Spt Miacare ini hehe

    ReplyDelete
  9. wah aku baru mau coba-coba nih pakai softlens, jadi ternyata gak bisa asal yaa, harus banyak yang dicek dulu sebelum memutuskan untuk pakai softlens ya

    ReplyDelete
  10. Yang saya masih belum bisa membayangkan, rasanya pake softlens itu kayak apa ya? Soalnya kalo kena sesuatu di mata aja rasanya gak nyaman banget. Apa karena tipis jadinya gak berasa ya?

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah beli softlens sih, karena kacamatanya dobel fokus. Tapi aku pengen pake lho, supaya pupil matanya warna-warni aja. Kayaknya keren...
    Apalagi warna ungu...Mantap...

    ReplyDelete
  12. Saya sampai sekarang masih belum berani pakai softlens soalnya mata sya termasuk sensitif. Pakai mascara aja langsung merah. Padahal kalau liat warna2 kerennya ingin coba juga. Hehe

    Baca tentang miacare ini jadi ingin coba juga. Apalgi liat spesifikasi nya yang aman. Terutama bahan Silicone Hydrogel nya.

    ReplyDelete
  13. Mata minus, ga mau pakai kacamata, itu suami saya. Padahal ia tahu kemungkinan dianggap sombong agak besar karena di-hai orang dari jauh ga tahu. Pakai soflens gini kan praktis banget ya. Mau yang ga kelihatan juga bisa.

    ReplyDelete
  14. Dari dulu pengen banget coba softlens. Kalau liat orang lain matanya jadi kelihatan cantik gitu. Tapi masih takut-takut buat pakai. Jadi ini mata berbingkai terus dari SMA.

    ReplyDelete
  15. Sering melihat orang memakai softlens, jadi lebih cantik. Tanpa perlu kacamata juga. Kadang pengen seperti itu juga, tapi masih mengumpulkan niat sampai hari ini. Mungkin bisa pakai softlens ini saat sudah siap.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.