Beberapa Hal Penting yang Harus Diketahui Terkait Virus Corona

By dudukpalingdepan - 10:26:00 AM


Sejak akhir Desember 2019 sampai awal Januari 2020 kita dihebohkan dengan pemberitaan munculnya virus baru yang berasal dari Wuhan, Cina. Kemudian diketahui Virus itu bernama Corona. Bahayanya virus ini, penyebarannya cepat sekali. Kalau nggak segera ditangani dengan baik, penderita bisa meninggal. 

Bahkan akhir Januari lalu, sempat heboh ada orang Jambi yang terduga kena virus corona. Sebagai orang Jambi saya langsung deg-deg-an bacanya, dan terus memantau perkembangan beritanya. Syukurlah setelah dirawat ternyata itu bukan karena virus corona. 


Sampai saat ini memang Indonesia termasuk negara yang belum ada kasus virus corona. Padahal negara tetangga kayak Singapore dan Malaysia sudah ada yang kena. Walau pun hal ini juga jadi becandaan netizen, katanya orang Indonesia kebal sama virus corona karena udah biasa makan gorengan berdebu. Belum lagi orang Indonesia yang punya obat ampuh melawan flu, yaitu kerokan dan teh anget, wwkwkwk. 

Mengenal Virus Corona dan Penyebabnya

Mengutip dari dokumen resmi kemkes, Coronavirus  (CoV)  adalah  keluarga  besar  virus  yang  menyebabkan  penyakit  mulai dari  gejala  ringan  sampai  berat.  Ada dua  jenis  coronavirus  yang  diketahui menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome  (MERS-CoV)  dan  Severe  Acute  Respiratory  Syndrome  (SARS-CoV).  

Novel coronavirus  (2019-nCoV)  adalah  virus  jenis  baru  yang  belum  pernah  diidentifikasi sebelumnya  pada  manusia.  Virus ini bersifat  zoonosis  yaitu ditularkan  antara  hewan  dan manusia. Penelitian menyebutkan bahwa SARS-CoV ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS-CoV dari unta ke manusia. Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan namun belum terbukti menginfeksi manusia.

Gejala Orang yang Terkena Virus Corona


Virus ini mirip banget gejalanya dengan flu biasa, yaitu demam diatas 38 derajat, dan gangguan saluran pernapasan. Namun karena virus ini bermula dari Wuhan, Cina, maka orang yang dengan gejala tersebut ditelusuri lagi apakah pernah bepergian ke negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari terakhir setelah gejala muncul? Atau apakah orang tersebut pernah merawat atau berhubungan langsung dengan pasien yang positif terkena virus corona?

Untuk lengkapnya dapat dilihat dari tabel berikut :

source : dok resmi kemkes

Cara Pencegahan dari Virus Corona

Kita semua pasti berharap banget terhindar dari virus mematikan ini. Nah, untuk mencegahnya ada beberapa cara yang dianjurkan oleh Kementrian Kesehatan, yang paling sederhana adalah dengan mencuci tangan dengan baik dan benar, sebelum makan dan setelah beraktifitas. 

Selanjutnya kalau lagi batuk atau bersin, tutup mulut dengan tissue, terus cuci tangan. Kalau kepepet nggak ada tissue tutup pakai lengan ya, bukan telapak tangan. 

Selengkapnya bisa dilihat pada flyer di bawah ini ya :



Jangan Percaya Hoax

Begitu berita tentang virus ini viral, hoax juga banyak bermunculan. Nah biar kita nggak mudah kemakan informasi yang belum jelas pastikan membaca artikel dari sumber terpercaya ya kayak situs berita resmi, acara liputan berita dan kesehatan di Televisi yang menghadirkan pakarnya. 


Kalau saya biasanya mengandalkan webiste Kementrian Kesehatan. Kemkes juga sudah membuat dokumen resmi terkait informasi tentang Corona Virus. Bisa didownload di sini.  Untuk perkembangan resmi terkait penyebaran corona, bisa dilihat di http://infeksiemerging.kemkes.go.id/.

***
Nah semoga informasi di atas dapat membuat teman-teman semua lebih waspada dengan virus corona. Jika ada orang sekitar yang terkena gejala di atas, jangan ragu untuk segera periksakan ke dokter ya. 

Tulisan ini merupakan kontribusi kegiatan Komunitas Blogger Jambi (KBJ) untuk membantu menyebarluaskan informasi terkait virus corona.

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. di Indonesia ini antara emang ngga masuk sini atau belum kedeteksi aja.. semoga yang pertama yang benar..

    semoga obat dan vaksinnya segera ditemukan dan bisa disebarluaskan..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  2. tengkyu, walo berita terbaru ini virusnya beneran nggak sampai ke indonesia, tapi paling nggak bisa ngasi referensi ke ornag yg masih ketakutan. Awal beritanya merebak, teman saya langsung parno dan panik, sebab dia lagi ngalami sakit, yang mana gejalanya sama persis kayak yg diberitakan media. mana sempet ada info warning di bandung pula yang mana dia abis dari sana.

    ReplyDelete
  3. berita kremasi sehari 100 orang di satu krematorium belum ada yg menyangkal. semoga beneran gak masuk indo

    ReplyDelete
  4. Informatif sekali, alhamdulillah saat ini blm masuk Indonesia dan kita harus percaya pernyataan resmi dari pemerintah. Dan terus jaga pola hidup agar tetap sehat.

    ReplyDelete
  5. kita harus mencari tahu corona inid ari berita yang benar ya, agar tak keliru dg yang hoax

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.