CP

Tips Merawat Universal Joint Agar Selalu Awet dan Tahan Lama

By dudukpalingdepan - 8:52:00 PM




Universal joint adalah satu diantara banyak bagian mesin yang ada di dunia. Dalam praktiknya, ini adalah bagian yang menghubungkan antara transmisi dan profeler shaft.

Sederhananya, universal joint adalah bagian penghubung antara mesin dengan penggerak roda mobil atau motor roda tiga.


Memang biasanya urusan mesin adalah urusan bapak-bapak ya, tapi nggak ada salahnya kok kita yang wanita juga tahu. Minimal tahu teori lah ya, prakteknya biar tetap bapak-bapak atau ke bengkel terdekat.

Universal joint sendiri menjadi bagian penting dalam kendaraan. Kita tidak bisa menggerakan kendaraan manakala kehilangan part yang satu ini. Oleh karena itu, penting kiranya agar kita memperhatikan bagian kendaraan ini. Jangan sampai bagian ini hilang atau mengalami kerusakan.

Memang sih kalau rusak, kita bisa membeli bagian ini di bengkel atau toko teknik. Namun akan lebih baik merawat yang ada daripada harus membeli yang baru, kan?

Nah, berbicara mengenai merawat, tahukah teman-teman bila ada beberapa tips merawat universal joint yang mudah dan efektif? Tips ini bisa dilakukan secara mandiri. Tips berikut ini akan melibatkan pekerjaan fisik. Namun jangan khawatir, karena tips ini akan mudah dilakukan walau pun masih tergolong awam.




LAKUKAN PELUMASAN SECARA RUTIN – TIPS MERAWAT UNIVERSAL JOINT

Melumasi universal joint adalah cara paling mudah untuk merawatnya. Ini adalah hal yang bisa dilakukan oleh siapa pun; bahkan untuk Anda yang awam sekalipun.

Lakukan pada bagian yang terhubung dengan perseneling dan batang gardan (profeler shaft). Pemberian pelumas bisa dilakukan hingga bagian-bagian tersebut sepenuhnya terlumasi.

Nah, berbeda dengan bearing yang lain. Khusus untuk universal joint, kita lebih dianjurkan untuk memberikan pelumasan secara rutin. Sangat dibolehkan untuk memberi pelumasan berlebih. Ini untuk menjaga universal joint tetap bekerja sebagaimana mestinya, dan melindungi universal joint dari karat.

Namun jika teman-teman merasa tidak sempat melakukan tips di atas, kalian bisa mengunjungi logam-makmur.com untuk mendapatkan universal joint yang baru dan berkualitas baik. 

RUTIN MELAKUKAN PENGECEKAN – TIPS MERAWAT UNIVERSAL JOINT

Melakukan pengecekan secara rutin akan membuat kita tahu kapan harus melumasi dan kapan untuk tidak perlu melakukannya. Ini juga membuat kita tahu kapan harus mengganti universal joint. Dengan cara ini juga, kita akan terhindar dari keterlambatan mengganti part kendaraan.

Ada beberapa kriteria kondisi universal joint yang baik. Kondisi part yang baik biasanya masih terlumasi, tidak ada karat, dan tidak mengalami cacat. Kondisi yang berlawanan memiliki tanda yang juga berlawanan.

Untuk universal joint yang sudah tidak terlumasi, Anda bisa menambahkan pelumas. Ini akan berguna untuk mengurangi gesekan pada universal joint dan membuatnya berfungsi normal.

Itulah beberapa tips merawat universal joint. Sebenarnya, selain tips di atas, teman-teman juga bisa melakukan perawatan dengan menghindarkan universal joint dari banjir. Walau pun mungkin akan sedikit sulit, jika kalian tinggal di daerah yang rawan banjir.


Namun demikian, jika kondisi banjir tidak bisa dielakkan, hal yang harus dilakukan untuk menjaga universal joint tetap awet adalah dengan membersihkannya dari kotoran, kemudian memberikan pelumasan ulang.

Semoga bermanfaat.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar