Resep Bolu Labu Kuning dan Bola-Bola Coklat

By dudukpalingdepan - February 18, 2022

resep simple mudah enak

Saya sekeluarga suka banget ngemil yang manis-manis. Biasanya beli jajan di mini market atau di bakery yang ada di sini. Tapi lama-lama kok boros banget ya? Kenapa nggak coba bikin sendiri padahal di rumah ada mixer, oven, loyang, dan peralatan lainnya.

Terus waktu belanja beberapa hari lalu kepikiran juga beli labu kuning. Suami sih mau yang dikukus aja terus dimakan. Tapi anak saya mana mau, jadi dibikin bolu aja deh. Cari-cari resep di Youtube dan ketemu channelnya Chalistaa Kitchen.

Jadi resepnya saya ambil dari channel tersebut, bedanya kalau disitu pakai ukuran gram, saya pakai takaran sendok untuk memudahkan 

Resep Bolu Labu Kuning



Bahan

  • 4 butir Telur 
  • 10 sendok makan gula pasir 
  • 1/2 sendok teh Garam 
  • 20 sendok makan Tepung terigu 
  • 1/2 sdt Baking powder 
  • 1/4 sdt Vanili bubuk 
  • 1/4 buah labu kuning ukuran besar
  • 8 sendok makan margarin (lelehkan)

Cara Membuat

Kupas kulit labu kuning, potong-potong kemudian kukus kurang lebih 20 menit. Setelah lembut, haluskan labu dengan garpu, atau dengan bantuan chopper, lalu sisihkan.

Campurkan tepung dengan baking powder dan vanili, aduk rata, lalu sisihkan dulu.

Mixer telur dengan gula, garam, kalau mau ditambah SP boleh juga ya sekitar 1/4 sendok teh. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak (kaku).

Setelah itu campur dengan tepung sedikit demi sedikit, gunakan mixer kecepatan rendah.

Kemudian masukkan labu kuning yang sudah dihaluskan, aduk rata.

Terakhir masukkan margarin yang sudah dicairkan, aduk dengan spatula hingga tercampur rata.

Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah dioleskan margarin dan ditaburkan sedikit tepung terigu.

Panggang di dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius, selama 35 menit. Sebelumnya jangan lupa ovennya dipanaskan dulu ya.


Taraaaa, bolu labu kuning sudah jadi. Untuk topping saya tambahkan margarin dan mesis. Kalau ada butter cream bisa lebih enak. Kalau mau pakai topping lain sesuai selera boleh-boleh saja.

Labu kuning membuat bolu terasa lebih lembut, manisnya juga pas. Warna kuningnya cantik alami. Alhamdulillah suami dan anak pun suka. 

Nah, kita lanjut ke resep kedua ya.

Resep Bola-Bola Coklat



Ini resep sebenarnya sudah banyak dimana-mana, tapi nggak apa-apa ditulis ulang di sini sebagai pengingat saya juga kalau mentok mau bikin apa.

Bola-bola coklat ini nggak perlu dikukus atau dipanggang. Nggak perlu mixer juga, dan cuma tiga-empat bahan saja.

Cara pembuatannya juga gampang, sehingga kita bisa mengajak buah hati untuk turut serta membuat bola-bola coklat ini. Kemarin saya tugaskan anak saya untuk memberikan topping mesis ke bola-bola coklatnya. 

Bahan

  • Biskuit apa saja, saya pakai biskuit Hatari karena itu yang ada di rumah. Mau pakai Regal atau Marie juga boleh.
  • Kental Manis Coklat secukupnya
  • Margarin secukupnya
  • Mesis/Ceres

Cara Membuat

  • Hancurkan biskuit sampai halus. Saya pakai chopper. Tapi kalau mau manual bisa masukkan plastik lalu digetok pakai ulekan. Boleh juga pakai gelas beling. Asal jangan iseng digetok ke kepala suami aja. 
  • Masukkan biskuit yang sudah halus tadi ke dalam mangkok, tambahkan kental manis secukupnya, lalu aduk hingga rata. 
  • Masukkan margarin, lalu aduk lagi hingga rata. Secukupnya di sini maksudnya sampai remahan roti tadi melekat, menyatu pada bhinneka tunggal ika, hingga membentuk adonan yang kalis dan bisa dibentuk bulat-bulat atau bola-bola. 
  • Sebenarnya pakai kental manis saja bisa ya. Tapi saya takut kemanisan banget, nah margarin memberikan sedikit rasa asin dan gurih.
  • Bulat-bulatkan adonan, lalu gulingkan di wadah berisi mesis sampai seluruh permukaan tertutup mesis. 

Lebih enak lagi kalau dimasukkan dulu ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam. Rasanya nyoklat banget, lembut, dan lumer di mulut.

Resep di atas gampang banget, bahannya juga sedikit, mudah ditemukan dan terjangkau. Yuk bikin juga di rumah. 

Baca juga resep lainnya ya:

Resep Oseng Ayam, Macaroni Keju, dan Tahu Bulat

Resep Pie Susu Teflon dan Choco Cheesecake


  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Ya ampuunnnn, jadi ingat labu di rumah mama saya sampai busuk-busuk dan terbuang, padahal bisa dibikin bolu ya, di Jawa labu itu mahaaalll.
    Saya pernah beli 1/4 buah gitu, trus lupa saya bikin, trus rusak, sedihnya minta ampun, mahal soalnya.
    Pas pulang ke rumah mama juga liat kebuang-buang jadi sayang aja liatnya.

    Btw itu bolunya keliatan enak banget, mana kandungannya lebih sehat ya :)

    ReplyDelete
  2. ini sih kreatifnya mama mama untuk ngemil sambil nonton hbo max . mantap mbak

    ReplyDelete
  3. Duh ini beberapa hari ini pengin banget makan roti yang manis, eh malah ada resep bolu jadi pengin nyoba. Terima kasih resepnya.

    ReplyDelete
  4. Wah, bolu labunya boleh banget tuh resepnya, kaya bolu bisanya cuma ada labunya ya mbak, anakku suka banget bolu2an gitu, cuma akunya udha males baking skrg, berasa pengen rebahan mulu kalau di rumah hahhaha.

    ReplyDelete
  5. Mbaaaa tengkiuuuu udah ngerubah takarannya jadi pakai sendok 😄👍. Aku tuh paling worried kalo masak pake takaran gram. Ga pernah pas 🤣🤣🤣🤣. Udah pake timbangan digital, tetep aja pas jadi rasanya amburadul banget.

    Naah kalo pake sendok itu LBH akurat sih.

    Mau cobain ah. Selama ini punya labu tp biasa dibikin sup krim labu. Pengen juga bikin kue 😄

    ReplyDelete
  6. Nice artikel. Makasih tipsnya bun. Saya udah punya pengalaman buruk pas bikin bolu kukus. Gara-gara kelupaan dan ditinggal tidur, panci panas dan api naik, bolunya gosong, cetakan kuenya juga udah nggak berbentuk. Untung aja nggak bledug. Tapi karena anak katanya pengen bolu kukus bikinan emaknya, yaudah saya beli dadakan cetakan kue di Toko ACE Hardware deket rumah deh. Alhamdulillah selametttt.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.