5 Khasiat Teh Hijau yang Bermanfaat untuk Tubuh dan Wajah

By dudukpalingdepan - 9:03:00 AM

khasiat teh hijau

Sebagai orang yang bermasalah dengan jerawat dari dulu, saya sering banget dapat rekomendasi tentang khasiat teh hijau yang bagus banget untuk kulit berjerawat. Setelah saya cari tahu, ternyata teh hijau banyak mengandung polifenol yang disebut katekin. Katekin sendiri adalah antioksidan dan juga anti peradangan.

Nah selain bermanfaat untuk kulit berjerawat, ada lagi beberapa khasiat teh hijau yang wajib kita ketahui. Yuk, simak di bawah ini.

1. Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Waktu kuliah dulu, saya lihat ada teman sekelas yang bawa botol minuman berisi teh. Terus saya tanya dong "Kamu kok minum teh sebanyak itu?" Biasanya kan kita hanya minum teh segelas. Terus dia jawab kalau itu adalah teh hijau, karena dia lagi sedang menjalankan program penurunan berat badan. Satu botol teh ini juga untuk seharian, bukan diminum sekaligus. 

Dari sana saya tahu kalau ternyata teh hijau bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Ketika saya cari di Youtube juga, banyak banget youtuber yang review tentang khasiat teh hijau yang ampuh untuk diet. 


khasiat teh hijau

Namun yang perlu diingat untuk menunjang program diet, perlu dibantu dengan menjaga pola makan dan olahraga. Karena fungsi teh hijau itu sendiri untuk membantu pembakaran lemak lebih banyak ketika berolahraga. Jadi sebelum olahraga dianjurkan untuk mengkonsumsi teh hijau. Jangan tambahkan gula ya, atau kalau mau sedikit manis tambahkan pemanis alami seperti madu atau gula rendah kalori.

2. Teh Hijau Untuk DIY Masker Wajah

Seperti yang saya bilang di awal tulisan, kalau saya orangnya bermasalah dengan jerawat sejak dari SMP sampai dewasa. Kebayang nggak sih rasanya gonta-ganti skincare demi mengembalikan wajah mulus lagi. 

Sempat sedih juga karena uang sudah keluar banyak untuk beli skincare ini itu dan ke klinik kecantikan tapi nggak sembuh-sembuh. Akhirnya saya coba belajar lagi cara memakai skincare yang benar, dan menggunakan masker untuk membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

Salah satu masker yang saya gunakan adalah masker teh hijau yang saya buat sendiri. Boleh menggunakan teh hijau apa saja, tapi yang saya pakai ini teh hijau Sariwangi. Caranya ampas teh hijau yang sudah dipakai saya keluarkan dari kantongnya, taruh di wadah. Terus campurkan sedikit madu, aduk rata kemudian oleskan pada wajah. 


khasiat teh hijau


Sensasi pemakaian masker ini tentu terasa lengket karena pakai madu, dan terasa berat karena serbuk teh yang menempel. Tapi tunggu dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Kulit wajah akan terasa kenyal. Kalau rutin dipakai, terasa banget jerawat akan berkurang dan kulit terasa lebih halus. 

Khasiat teh hijau untuk wajah yang berjerawat ini memang sudah terkenal banget, buktinya banyak brand-brand skincare yang menjagokan produknya dengan kandungan teh hijau. Meski begitu, kita tetap bisa bikin sendiri maskernya di rumah dengan bahan yang terjangkau, dan caranya juga gampang. 

3. Teh Hijau Untuk Mengurangi Kantung Mata / Mata Bengkak

Pasti nggak asing kan sama istilah "mata panda?" yang disebabkan karena kurang tidur atau stres. Nggak mungkin dong kita ketemu orang banyak dengan kantung mata bengkak? Cara saya dari dulu adalah dengan memakai kantung teh yang sudah diseduh, lalu masukkan ke kulkas 15-30 menit. 

Setelah dingin, tempelkan kantung teh hijau pada kedua kelopak mata, diamkan selama 15 menit atau sampai rasa dinginnya hilang. Setelah itu cuci muka seperti biasa. Meski nggak langsung menghilangkan kantung mata 100%, setidaknya mata akan terlihat lebih segar dari sebelumnya.

4. Teh Hijau Untuk Menghilangkan Ketombe

Kalau cara ini saya dapatkan tipsnya dari mama sahabat saya sendiri. Waktu itu kita lagi minum teh bersama. Lalu beliau cerita kalau teh yang kami minum ini bisa bermanfaat untuk menghilangkan ketombe dan menyehatkan rambut.  

Caranya rendam teh hijau ke dalam semangkok air, dan diamkan semalamam. Keesokan harinya, gunakan air tersebut (tanpa ampasnya) untuk disiramkan pada kulit kepala dan seluruh rambut, sambil dipijat-pijat. Diamkan sekitar dua puluh menit, lalu bilas dan keramas seperti biasa. 




5. Teh Hijau Untuk Menghilangkan Bau Kaki


Setelah perjalanan jauh atau beraktifitas seharian menggunakan sepatu, pasti kaki akan berbau kurang sedap. Nah cara untuk menghilangkan bau tersebut, seduh saja teh hijau pada wadah dengan air hangat secukupnya untuk rendaman kaki. Lalu rendam kaki sekitar 20 menit. Selain menghilangkan bau, kulit kaki juga akan terasa lebih segar.


Nah itu dia 5 khasiat teh hijau yang bermanfaat banget untuk perawatan tubuh sehari-hari mulai dari kaki sampai kepala. Kalau teman-teman biasanya menggunakan teh hijau untuk apa? Cerita di kolom komentar, ya.

  • Share:

You Might Also Like

14 komentar

  1. Wah ternyata teh hijau punya banyak manfaat ya mbak, aku taunya cuma buat diet doang ahahhaha

    ReplyDelete
  2. memang banyak manfaatnya ya mbak, tapi kalau saya sih untuk minumnya kurang suka,

    ReplyDelete
  3. Saya pernah mau beli teh hijau ini, tapi akhirnya balik ke teh yang biasa. Karena keinget ama rasanya yang menurut lidah saya kurang. Gatau ya kalo merk ini.

    btw, sariwangi kalo nggak salah pernah dikabarkan tutup dan gak produksi lagi, ini udh kembali lagi ya?

    ReplyDelete
  4. Abs minum teh abs itu di templokin di muka

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka ngeteh tapi belum sempat dimaskerin sih mba hihi tfs ya

    ReplyDelete
  6. aku juga suka pakai masker teh hijau ini, adem.. khasiatnya lumayan work di aku.. baru tahu kl bisa buat ngilangin ketombe, bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu nih, jika teh hijau bisa menghilangkan kantung mata. jadi ingin mencobanya ah.

    ReplyDelete
  8. Jadi lebih adem, dan kulitnya jadi terawat yahh :D

    ReplyDelete
  9. asli kaget liat foto kedua, kesannya kayak diusilin orang heheehe

    ReplyDelete
  10. Yg ngilangin mata psnda sy diajarin ibuk saya mb enny
    Tp sayangnya sy ga telaten, jd masi ada aja ni kantung mata huhh

    ReplyDelete
  11. buat diet pernah pernah, buat masker pernah, tapi nggak pernah berhasil karena baru 2 hari udah berhenti. he...he... padahal kalau mau konsisten itu ngaruh banget lho

    ReplyDelete
  12. Hah? Baru tau kalau teh hijau bisa membantu menghilangkan ketombe juga. AKu taunya buat melangsingkan badan aja hehehe.... Ternyata masih banyak manfaat lainnya. TFS :)

    ReplyDelete
  13. wah ternyata bisa mengatasi bau kaki juga toh

    ReplyDelete
  14. Saya juga suka pakai teh hijau alami ketimbang kosmetik yang mengandung ekstrak teh hijau.. Thanks tipsnya mba :)

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.