Jurusan Rekomendasi Untuk Wanita, yang Cocok dan Sesuai Dengan Karakternya

By dudukpalingdepan - 10:35:00 AM

image soure : Pixabay


Dulu mungkin zaman nenek kita, terasa banget kalau pendidikan wanita belum mejadi prioritas. Bahkan dari cerita yang saya dengar, orang tua zaman dulu kalau punya dana untuk pendikan namun tidak cukup untuk semua anak, pasti yang didahulukan adalah anak laki-laki. 

Beruntung masa itu sudah berlalu, zaman sekarang sudah banyak orang tua yang melek pendidikan khususnya bagi wanita. Hal tersebut karena saat ini ada banyak profesi yang membutuhkan tenaga wanita. Bahkan nggak ada alasan terkendala biaya kuliah, karena hal tersebut bisa diakali dengan memanfaatkan beasiswa yang ada (syarat dan ketentuan berlaku).

Lalu bagaimana dengan jurusan? Tentunya ada banyak jurusan yang sangat cocok dengan sifat wanita lho, beberapa jurusan tersebut diantaranya:


Jurusan Kebidanan atau Keperawatan

Meski sedikit berbeda, namun dua jurusan ini saling terkait. Jurusan keperawatan dan kebidanan memang sangat identik dengan wanita, dua bidang profesi yang membutuhkan ketelatenan, kesabaran, serta keuletan ketika melaksanakannya. Dari segi prospek kerja, dua jurusan ini juga sangat menjanjikan. Alumni jurusan satu ini banyak dibutuhkan terutama di rumah sakit, profesinya tentu sebagai bidan dan perawat.

Jurusan Perbankan

Jurusan yang satu ini memang identik dengan wanita, salah satu jurusan yang berkutat masalah keuangan. Jurusan yang satu ini mempelajari tentang seluk beluk dunia perbankan, dengan prospek pekerjaan yang sangat luas. Kamu tentu sering berkunjung ke bank bukan? Nah kebanyakan staf terdepan untuk urusan perbankan ini memang wanita. Ada banyak profesi untuk alumni jurusan ini, baik sebagai teller, kredit analis, funding officer, admin pembiayaan mikro, marketing manager, dan lainnya.

Jika memiliki kendala dalam hal waktu untuk melanjutkan kuliah, bisa mengikuti kuliah kelas karyawan untuk jurusan ini. Saat ini cukup banyak universitas yang menawarkan jenis kuliah satu ini.

Jurusan fashion design

Fashion memang identik dengan kaum wanita, tidak heran karenanya jika jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang cocok untuk wanita. Setomboy apapun wanita, pasti menyukai fashion bukan? Terlebih bagi pecinta fashion, jurusan ini memang paling cocok untuk mereka. Dilihat dari segi prospek, tentunya alumni jurusan fashion design memiliki prospek yang luas. Ada banyak profesi untuk alumni jurusan ini, mulai dari desainer pakaian, fashion stylist, atau lainnya.

Jurusan Keguruan

Mau tidak mau, setiap wanita pasti menjadi guru. Guru yang dimaksud bukan hanya sebagai pekerjaan, namun guru untuk anak-anaknya kelak di masa depan. Meski banyak yang memandang sebelah mata, tidak bisa dipungkiri alumni jurusan ini banyak dibutuhkan saat ini. Terlebih seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, semakin banyak pula bermunculan lembaga pendidikan dewasa ini.

Jurusan keguruan masuk kategori jurusan dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau, karenanya peminat jurusan ini begitu membludak. Selain itu, prospeknya yang luas menjadikan jurusan ini populer di kalangan mahasiswa.

Jurusan akuntansi

Jurusan satu ini banyak tersedia versi onlinenya, tentunya dengan biaya kuliah online yang lebih terjangkau dibanding reguler. Mahasiswa jurusan ini akan banyak berkutat pada perhitungan uang fiktif, memang menjadi salah satu jurusan terbaik yang bisa dipilih oleh kaum wanita. Akuntansi merupakan jurusan yang kesehariannya berkutat dengan angka, meski fisiknya sendiri tidak ada. Dalam dunia kerja, seorang akuntan akan disibukkan menghitung uang yang nilainya ratusan atau bahkan milyaran (tanpa adanya bentuk fisik).

Selain populer dan sangat bermanfaat dalam dunia kerja, alumni jurusan akuntansi juga bisa menerapkan kemampuannya dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih jika anda sudah menjadi seorang ibu rumah tangga, tentunya berbagai pengeluaran harus bisa dicatat dengan baik dan digunakan dengan seefisien mungkin.

Jurusan sastra Inggris

Bukan hanya belajar grammar atau speaking saja, jurusan sastra Inggris juga mengajarkan berbagai ilmu yang mengkaji hal tekstual berdasarkan sastra Inggris. Prospek untuk jurusan ini juga tidak kalah menarik, bisa menjadi seorang pengajar, penerjemah, penulis, tour guide, reporter, atau lainnya. Bagi yang ingin memperdalam kemampuan bahasa inggris, bisa juga mengikuti kuliah kelas karyawan untuk jurusan satu ini.

Jurusan Tata rias

Tidak bisa dipungkiri jika jurusan satu ini memang 'wanita banget', khususnya bagi mereka yang menyukai make up atau dandan. Meski terlihat seperti jurusan, namun prospek kedepannya untuk jurusan ini terbilang sangat luas. Ada banyak jenis profesi yang nantinya bisa digeluti alumni jurusan Tata rias, salah satunya menjadi make up artist.

Jurusan Tata boga

Bagi yang menyukai dunia kuliner, jurusan Tata boga merupakan jurusan terbaik yang bisa dipilih. Kegiatan yang memerlukan kesabaran dan ketelatenan ini memang cocok untuk wanita. Selain bisa mempelajari jenis masakan nusantara, di jurusan ini mahasiswa bisa mempelajari beragam masakan yang ada di dunia. Meski Bukan hanya wanita saja yang menyukai dunia tata boga, saat ini banyak kaum pria yang juga menyenangi dunia satu ini.

Selain berbagai jurusan di atas, masih ada banyak jenis jurusan lain yang cocok dimasuki kaum wanita seperti Jurusan Psikologi, Jurusan Kedokteran, Jurusan Matematika, dan lainnya. Memasuki jenjang pendidikan perguruan tinggi memang memiliki banyak kendala, bukan hanya masalah kendala ujian masuk yang saingannya banyak (terutama untuk universitas favorit), namun juga masalah biaya kuliah yang belakangan ini semakin mahal saja.

Meski begitu, untuk mendapatkan biaya kuliah termurah saat ini bisa diakali dengan mencari pilihan universitas denga biaya yang terjangkau atu memanfaatkan berbagai beasiswa yang tersedia (baik beasiswa pemerintah maupun swasta).

Wanita harus berpendidikan, karena wanita akan melahirkan generasi masa depan.

  • Share:

You Might Also Like

25 komentar

  1. Menurut saya, jurusan yang cocok untuk perempuan: Sistem Informatika dan Manajemen Informasi (penjelasannya ada di film Hidden Figure), Arsitektur (gabungan detil dan seni), Teknologi Pangan (jelas, kan), Teknik Industri dan Teknik Sipil (perlu detil dan kehati-hatian). Terus, masih ada Psikologi, Kedokteran Gigi, dan Sastra Perancis yang selama ini memang dikuasai oleh perempuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah nambahin mbak. Iya nih harusnya jurusan anti mainstream harus lebih banyak dikuasai perempuan yaa ^^

      Delete
  2. setuju banget keperawatan itu justru dicari-cari apalagi ditambah dengan kemampuan bahasa kesempatan berkarir di luar negeri itu gampang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, di kampus saya dulu perawat cowok malah jadi minoritas.

      Delete
  3. Memang sih susah2 gampang memilih jurusan dunia kerja atau usaha untuk wanita. Tapi kalau dari tulisan mbak nih kayaknya seru kalau kita pilih jurusan tata boga hahaha :) Atau bisa juga guru. Kan bisa sambil urus anak nih kalau jadi wirausaha ga full ala kantoran. Urusan makanan terjaga dan pendidikan pun bolehnya lega :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga jurusan impian saya mbaak, tapi dulu nggak ada di daerah saya huhuhu.

      Delete
  4. banyak yang bilang guru tuh paling cocok buat perempuan

    ReplyDelete
  5. Wahhh jurusan sastra ingrris boleh juga tuh :D, jadi mau cari partner ah ;D

    ReplyDelete
  6. jurusan keguruan biasanya kebanyakan cewek-cewek isinya..
    etapi aku jurusan kimia juga isi nya 90% cewek di kelas.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama mbak, di kampusku dulu jga gitu. Kalau hukum baru deh banyakan cowoknya

      Delete
  7. Jurusan Ilmu murni juga biasanya didominasi para wanita hiihi

    ReplyDelete
  8. Ane jurusan hukum juga banyak ceweknya hehe, btw MBK Enny CPNS besok ada info gak kususnya buat kemenkumham hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering-sering aja cek web kemenkumham dan BKN yaaa ^^^

      Delete
  9. Jurusan psikoloooog jangan lupa doooong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beneer, kebanyakan psikolog yang saya lihat itu perempuan

      Delete
  10. saya jadi tau yang cocok untuk istri saya hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah keren nih suami yang mendukung pendidikan istri ^^

      Delete
  11. aduh, apa aku salah masuk jurusan ya? hehehe.. di jurusanku kuliah dulu, sistem komputer itu cuma ada 1 perempuan. alhasil perempuan itu menjadi paling cantik dan kesayangan teman-temannya. namun begitu, kemampuannya bisa dibilang setara dengan cowok-cowok yang mengambil jurusan yg sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kece, berasa punya banyak body guard ya ada yang jagain. Atau malah sebaliknya, ada yang ngegodain? hehe.

      Delete
  12. Mbak kl jurusan ke hatinya ada nggak yaa. Ekkekeke
    Tp emg bener sih, juruan pendidikan (guru) biayanya terjangkaaauuu bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok mbak, tapi memang nggak selalu ada tiap saat, hihihi.

      Delete
  13. setuju sekali, wanita harus berpendidikan. harus sekolah tinggi apapun jurusannya. soalnya wanita kelak menjadi ibu dan ibu adalah madrasah pertama untuk anaknya, untuk melahirkan generasi terbaik di masa depan.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.