Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Lebaran Ke Kebun Binatang [Taman Rimbo Kota Jambi]



Lebaran kali ini bisa dibilang nggak terlalu semarak dengan acara kumpul keluarga. Beberapa bulan lalu nenek saya, satu-satunya orang tua yang tersisa dari sisi mama dan papa saya meninggal. Terakhir kali sembilan orang anak nenek berkumpul saat pengajian 40 hari. Selebihnya kembali ke kotanya masing-masing. Sehingga alasan kuat untuk pulang ke Jambi sudah nggak ada.


Memang kerasa bedanya, biasanya sehabis sholat ied kami makan sedikit lalu bergegas ke rumah nenek. Kali ini beda, setelah sholat dan makan ya kami di rumah saja. Mau ke rumah om dan tante yang lain, pada lagi pergi ke rumah mertuanya. Terlebih lagi kakak saya juga berlebaran ke rumah mertuanya yang beda Kabupaten. Jadi makin sepi, deh.

Ada yang sama kayak saya? lebarannya adem ayem aja. Beruntunglah kalian yang masih semarak kumpul keluarga besar saat hari raya. 

Daripada bengang-bengong di rumah, kasian Mukhlas juga sih sudah jauh-jauh ke kota Jambi tapi di rumah aja jadi nenek dan datuknya ngajakin ke kebun binatang, Taman Rimbo Jambi.




Taman Rimbo ini bisa dibilang wisata yang melegenda. Dulu ketika di Jambi belum ada mall, belum banyak destinasi wisata, kebun binatang ini ya jadi pilihan warga Jambi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Dari saya kecil sudah ada. 

Sayangnya dulu kebun binatang ini sempat nggak terawat. Hewan-hewannya sedikit, nggak ada wahana menarik, kotor dan kusam. Sangking sepinya dulu malah jadi tempat favorit anak-anak muda pacaran. Kebayang kan pegangan tangan dan ciuman ditontonin monyet, wkwkwk (Saya nggak gitu lho yaa *klarifikesyen*).




Alhamdulillah beberapa tahun terakhir pemerintah kayaknya sadar bahwa kalau dirawat kebun binatang ini bisa meningkatkan penghasilan daerah. Sekarang sudah lebih bersih dan rapi. Ada pusat informasinya, ada museumnya, hewan-hewan lebih banyak, bahkan pengunjung bisa mencoba sensasi menunggangi kuda dan gajah dengan membayar sepuluh ribu rupiah di luar tiket masuk.





Mukhlas yang tidur di perjalanan, sampai sana jadi "on" lagi. Senang banget dia, ini memang pertama kalinya dia ke kebun binatang. Melihat hewan-hewan secara langsung dan nyata, biasanya selama ini cuma lewat gambar yang ditempel di dinding rumah kami. Ada sih hewan-hewan di dekat rumah tapi hanya sebatas ayam, kucing, cicak, dan buaya darat. 

Nah di Taman Rimbo ini Mukhlas bisa lihat hewan-hewan yang jarang ditemui seperti Gajah, Kuda, Tapir, Ular, Kijang, Rusa, Harimau, Singa, Burung Merak, Burung Beo, banyak deh pokoknya kecuali Keong racun sih nggak ada.

ngadem dulu bro

Taken with Sony a 5000 




Mengajak anak ke Kebun Binatang semacam wisata edukasi lho. Apalagi seumuran Mukhlas (1 tahun 3 bulan) yang sedang belajar berbicara, saya bisa mengajarkan berbagai nama hewan dan langsung ada contoh nyatanya. Saya pernah nonton video dr.Tiwi di Youtube yang bilang bahwa mengajarkan anak berbicara akan lebih cepat tanggap kalau sambil ditunjukkan benda/makhluk nyatanya. 

Misal di rumah diajarkan nama-nama hewan dengan flash card, lalu ditambah dengan diajak langsung ke kebun binatang, anak pasti akan lebih cepat mengerti. 

Sebelumnya Mukhlas paling cuma bisa menyebut nama hewan "cicak" "meow" dan "nyamuk", habis dari kebun binatang nambah lagi "gajah" "kuda" "rusa". Lumayan sih, nanti bisa saya ajarkan lagi dengan gambar sehingga dia bisa ingat nama-nama hewan yang dia lihat di kebun binatang.

Singanya kelihatan lesu, mungkin lagi puasa syawal


Selain wisata edukasi, ke kebun binatang juga wisata murah meriah euy. Tiket masuk dewasa hanya 10rb/orang. Untuk anak-anak 5rb/orang. Nenek Mukhlas juga bawa snack  dan air mineral dari rumah jadi nggak perlu jajan. Meskipun di sekitar Taman Rimbo ini banyak yang jualan mulai dari makanan, minuman, sampai mainan. Mukhlas belum ngerti-ngerti banget sama mainan, makanya nggak ada drama merengek minta beli mainan *fiuuuh* *amankan THR*.



Biaya parkirpun masih wajar, ada area dan petugas parkir resmi. Waktu itu kami naik mobil dan biayanya hanya 5rb/mobil. Beberapa hari lalu sempat heboh di akun Instagram berita Jambi ada preman yang malakin pengunjung di area Taman Rimbo. Masak untuk parkir dimintain 50ribu. Makanya penting banget bagi pengunjung untuk parkir di area resmi. Ada gerbang/plangnya kok. Bahkan waktu saya kesana ada Polisi juga yang berjaga. Jangan sampai nggak mau ribet parkir di area resmi tapi malah kena palak.

ini area parkiran resmi

Oh ya, kebun binatang ini lokasinya di dekat Bandara kota Jambi lho. Jadi semisal teman-teman transit di Bandara Sultan Thaha dan masih banyak waktu, bisa mampir kesini sembari menunggu. 

Setelah puas keliling lihat-lihat hewan-hewan, kami pun pulang. Senang rasanya bisa ajak Mukhlas kesini. Nanti kalau badannya sudah agak besar lagi baru saya mau ajak dia naik Kuda dan Gajah. 

Kalau teman-teman liburan lebarannya kemana, nih? 


Alamat Taman Rimbo Jambi : 
Jln.Kibajuri Rt.02 No.94 Kel.Talang Bakung.
Kec.Jambi Selatan, Kota Jambi, Prov.Jambi.
12 comments on "Lebaran Ke Kebun Binatang [Taman Rimbo Kota Jambi]"
  1. Kalau aku dan keluarga liburan ke Anaya Gedong Songo, kak ☺

    Koleksi satwa bonbinnya lengkap juga ya ... ada singa juga disana.
    Bonbin memang lokasi liburan yang tepat buat ngenalin fisik dan nama-nama hewan.

    ReplyDelete
  2. beberapa kali mampir ke jambi baru tahu kalau ada kebun binatang dekat bandaranya.. perlu di coba datang nih kapan-kapan ke jambi lagi...

    ReplyDelete
  3. Wah, ada tapir! Saya belum pernah lihat tapir lho, Mbak. *Tutup muka karena malu.*

    ReplyDelete
  4. wih keren nih kebun binatangnya, banyak sekali binatang binatang yang sudah mulai langka semoga dengan adanya taman rimbo zoo ini hewan hewan tersebut diharapkan masih tetap ada dan dilestarikan.
    oh iya semoga tukang palaknya udah ngga ada lagi ya, karena itu tuh yang buat pengunjung jadi ngga mau dateng lagi

    ReplyDelete
  5. Asyikkkk jalan2..... :)

    ngomong2 Pas liat foto buaya diatas, saya baru yakin ternyata memang ada yang namanya " buaya darat " :)

    kirain omong kosong doang, hahahah... :)

    ReplyDelete
  6. asyik banget ya liburan bersama sekeluarga, nyenengin anak jalan jalan ke kebun binatang. saya mah boro boro jalan-jalan, udah masuk kerja hihihi ngenes. salam kenal ya mba

    ReplyDelete
  7. Asyiiik yaa... dari foto-fotonya keliatannya kebun binatang tsb cukup bersih.
    selamat berkumpul bersama keluarga yaa, Mbak.

    Semoga menyenangkan.

    ReplyDelete
  8. Mba, saya juga pengen ajak anak ke Bonbin, tapi nanti pas udah jalan biar seru bisa lari-lari hihi

    ReplyDelete
  9. Murah ya mba, tiket masuknya. Masalah satwa yang kurang maksimal terurus..kayaknya masalah klasik ya. Di jogjapun dl juga pernah ngalami.. tp semenjak dipegang swasta, sekarang lebih bagus, meski harga tiketnya naik..

    ReplyDelete
  10. Wah kalau lebaranku alhamdulillah masih semarak.. Rameee banget keluarga besar..

    Waktu kecil aku suka banget ke kebun binatang, terutama ngeliat hewan karnivora semacam singa.. Tapi itu singanya iya ya lesu gitu.. Entah lagi puasa atau lagi galau ya? haha.

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  11. Kebun binatang udah kalah sama mall yah kak??, hahaha.. Asik juga liburan ke kebun binatang,, tpi ngeri ih nungganggin kitu,, ntr doi ngamuk gag yah?

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah lebaranku masih ramai kak, tapi kadang kebayang juga sih kalo misalnya Abah / Nenek aku udah ngga ada, gimana deh nantinya :(

    Btw kebun binatangnya seru banget.. Gambar-gambar jepretannya juga bagus. Kakak jago motret ya.. hehe

    Revisit : Fajarwalker.com

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9