Tuesday, June 26, 2018

5 Tips Rutin Ngeblog Meskipun Sibuk


Saya yakin ada banyak blogger yang punya profesi lain, bahkan bisa dibilang profesi yang utama. Misalnya bagi saya profesi utama adalah karyawati di Lapas, dan blogger adalah profesi sampingan. Keduanya saling melengkapi. Sebagai karyawati gajinya mencukupi kebutuhan saya dan keluarga. Namun menjadi blogger duitnya masih sedikit, menuangkan ide dan opini melalui tulisan adalah passion saya. Dibayar ataupun tidak, saya tetap senang melakukannya. 


Nah seringkali karena terhambat kesibukan pekerjaan utama, jadinya blog malah terabaikan. Untungnya sekarang saya sudah menemukan cara agar bisa tetap produktif menulis, sekalipun pekerjaan utama cukup menyita waktu. 

✏️Mengingat Tujuan. 

Coba ingat-ingat apa tujuan awal punya blog, hal itu akan membantu kita untuk tetap bela-belain meluangkan waktu menulis. Misalnya saya sendiri punya tujuan ngeblog itu untuk mengabadikan kenangan dan menebar manfaat. Sayang banget rasanya kalau ada kenangan berarti yang saya lewatkan begitu saja, karena pasti bakalan mudah lupa kalau nggak diabadikan. Selain itu dengan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan opini tentu akan ada manfaat yang bisa diambil pembaca. Saya anggap itu juga sebagian dari amal.

Dengan mengingat tujuan awal saya ngeblog, dengan begitu saya tetap berusaha menyisihkan waktu untuk menulis. Kalau nggak punya tujuan, biasanya akan ada aja excuse untuk malas menulis. 

✏️Mencatat Setiap Ide yang Muncul 

jangan lupa catat setiap ide yang muncul (source : pixabay)


Seringkali ide itu datangnya spontan disaat yang nggak kita duga. Bisa saja saat kita lagi di jalan, saat ngobrol sama teman atau pas lagi pup di toilet. Biasanya saya buru-buru catat ide itu di notes hp sebelum lupa. 

Dengan begitu ketika ada waktu untuk menulis saya nggak bingung lagi akan menulis apa, jadi lebih hemat waktu. 

✏️Meluangkan Waktu Khusus

Misalnya nih kayak saya yang kerjanya dari Senin-Sabtu, maka malam minggunya bisa saya gunakan untuk menulis, sampai begadang juga nggak apa karena besoknya libur. Kenapa nggak siang? karena biasanya Minggu siang saatnya jalan-jalan sama keluarga. 

✏️Menulis Beberapa Postingan Sekaligus (Postingan Berjadwal)

Kalau sudah menyisihkan waktu khusus, ada baiknya langsung menulis beberapa artikel sekaligus. Untuk postingnya bisa dijadwalkan bisa jeda dua hari atau seminggu. Jadi meskipun sibuk blog kita tetap bisa update. 

Jangan lupa juga untuk menentukan komitmen jumlah postingan perbulan. Saya pribadi menargetkan empat postingan sebulan atau seminggu satu kali post. Kalau minggu ini skip menulis, maka minggu depan harus dua postingan (bayar hutang). 


✏️Menulis Disela-sela Kesibukan

Kalau sulit meluangkan waktu khusus, kita bisa menulis disela-sela kesibukan lho. Misalnya saat lagi nunggu kendaraan, nunggu makanan datang di restauran, nunggu cucian kering, nunggu chat dibalas, nunggu mantan ngasih undangan, pokoknya waktu nunggu yang biasanya cuma dibawa bengong atau ngescroll instagram mending dipakai nulis.

Biasanya kalau saya menulis dulu di aplikasi Colornote di handphone. Kalau sudah jadi sebuah artikel, tinggal di copy paste ke blog lewat Chrome di handphone. Selanjutnya tinggal diedit lagi di komputer. 


Nah itu dia lima tips agar tetap bisa rutin ngeblog meskipun sibuk. Kalau memang cinta sama dunia blogging, harusnya selalu ada waktu dong untuk menulis? jadikan menulis sebagai terapi dari lelahnya rutinitas sehari-hari. Bayangkan manfaat yang orang-orang dapatkan dari tulisan yang kalian hasilkan.

Kalau teman-teman ada tips lain, kasih tahu di kolom komentar, ya. 😄




40 comments:

  1. Di antara semua itu, mengingat tujuan itu yang paling penting. Tapi tujuan bisa berubah, lho.

    Dulu saya menulis blog supaya saya nggak minder karena teman-teman saya posting pergi ke mana-mana, orang tua saya bisa liburan jauh, dan adik saya dapat beasiswa ke luar negeri. Jadi tujuan blog itu adalah mengingatkan diri saya bahwa saya juga bisa jalan-jalan sendiri. Seiring perjalanan waktu, ternyata orang datang ke blog saya karena cari jalur busway. Habis itu saya mengubah tujuan blog saya jadi untuk memberi informasi jalan-jalan, terutama untuk orang yang pakai transportasi umum. Ternyata tujuan yang nggak egois (untuk membantu orang lain) lebih memberikan semangat saya untuk ngeblog dibandingkan tujuan yang hanya untuk diri sendiri. Kalau tahu postingan kita berguna untuk orang lain, rasanya senang gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mba. Malah bisa jadi amal jariyah kan (: tetap semangat menulis ya.

      Delete
  2. Hampir sama sih kak. Klo gue sih mengingat tujuan, mencatat ide2 dulu di hp dan buat jadwal postingan. Ya walaupun gak bisa tiap hari ada postingan. Minimal seminggu sekali. Hehe

    Semangat menulis kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan kamu seru-seru kok saya aja follow blognya, kapan-kapan collab yok :D

      Delete
  3. Makasih pencerahannya mbak, aq lg males-malesan nulis krn sibuk ma kerjaan...

    ReplyDelete
  4. Menulis di sela-sela waktu menganggur juga susah sih, soalnya sulitnya membagi waktu antara rasa malas yang muncul dan keinginan update blog... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini bang doel anak betawi asli bukan? yang kerjaannya sembahyang mengaji? wkwkw. Iya sih rasa malas itu harus dilawaaaan! :D

      Delete
  5. kurang lebih sama yang aku lakukan, sekarang paling praktis memang catat di memo hape yang sudah terhubung dengan akun jadi waktu buka di laptop tinggal di copas aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget ko, walau habis ngetik panjang jempol jadi keriting rasanya.

      Delete
  6. Lagi males-malesnya ngeblog, baca ini jadi semangat lageee!! Thanks kak

    ReplyDelete
  7. kena banget tulisannya ein... jadi semangat lagi nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiii ada Indah, ayok ngeblog juga ndah :D

      Delete
  8. Tujuan sih yang utama, selama ini tujuan aku ngeblog ya cuma hobi aja dan nulis apa yang memang ingin saya tulis. Jadinya posting ya sesuka hati aja 😅 Mungkin bakal beda lagi kalau tujuan ngeblog saya itu untuk dapetin penghasilan, misalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, biasanya apapun yang berhubungan dengan uang bikin semangat wkwkw

      Delete
  9. Makasih postnya mbaaak, jadi pengingat banget, ada sering ide2 saya tulis di notes tapi yaa rata2 susah di draft nya, tapi gapapaa, semangat terus nulis di blog dengan harapan dan doa semoga bisa jadi informasi buat orang lain hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, kalau berhenti nulis berhenti pula manfaat kita untuk orang lain melalui tulisan. Jadi semangat terus ya.

      Delete
  10. Selalu jika menulis, tips-tips ini sudah terngiang. Tapi belum jadi sistem yang membuat kita lancar mengingat dan mengaplikasiannya. Terimakasih, bermanfaat sekali!

    ReplyDelete
  11. wah tipsnya perlu di catet inihhh.. emang benar loh susah cari waktu buat nulis. padahal IRT aja haha

    ReplyDelete
  12. nulis mah, sambil poop malah sering keluar inspirasinya.. hehe
    tapi blogwalking ini yang problem.. kadang - kadang waktunya terbatas..

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Terima kasih mba tips-tipsnya. Meski sebenernya banyak waktu, tapi kadang ada aja alesan IRT buat nggak nulis postingan baru 😅

    ReplyDelete
  14. Hai mba. Aku belum sanggup buat menulis beberapa postingan sekaligus. Soalnya nggak sempat. Yang penting nulis di update terus dan juga jangan lama bolong jeda postingannya

    ReplyDelete
  15. wuii, kulakuin semuanya nih, hahaha

    kadang tuh sediiiih banget kalo gak bisa nulis karena repot banget. bahkan ngerasa bersalah sama teman2 bloger yang berkunjung ke blogku: mampir ke blogku, tapi postingan belum baru, ah elah, cari bloger yang lain aja daah

    aku khawatir gituuu

    ngerasa bersalah kalau gak posting. padahal jugaaa, yang nungguin tulisan saya siaapa ya, hahaha

    ReplyDelete
  16. Menulis di sela kesibukan itu aku banget mba hahaha Lagi antri loket, buka Notes ngetik draft. Lagi nunggu iklan TV, buka lagi ngetik bbrp paragraf mayan 😂

    Apalagi kl stok draft udah menipis atau sebelum topiknya basi, kejar setoran dah 😆

    Aku juga pake scheduled dulu tuh, tapi sekarang cuma aku pasang di post2 yg aku ga bisa publish manual. Misalnya pas ditinggal keluar kota, atau pas lagi repot banget takut ga kepegang akhirnya discheduled deh.

    Kl bisa manual, lebih tenang hati hayati 😛

    ReplyDelete
  17. Nah iya nih Mba, setelah lebaran ini azzamnya merutinkan lagi ngeblog, alhamdulillaah udah mulai... Hehe. Gak tega bikin blog berdebu kelamaan. Haha. Untungnya pas ada ide lewat langsung catet di hp, jadi ada stok tulisan yg tinggal dikembangin. Makasi tipsnya Mba, semangat nulis!

    ReplyDelete
  18. siap tipsnya sangat bermanfaat, makasih mbak...

    ReplyDelete
  19. Kalo versu aku dengan melist daftar lomba nulis yg memungkinkan diikuti. Inu trik dari jaman mahasiswa supaya tetap aktif berkarya lewat tulisan hehe.

    ReplyDelete
  20. Jadi keingetan ide ide yang saya tulis di post note warna warni yang menempel dimana-mana, dari monitor sampai kulkas ada tertempel 😁😁😁😁

    ReplyDelete
  21. Saya jg punya target sebulan 4 artikel mbak. Tapi sering ga closingnya haha
    Apalagi kalau sudah malas mendera.. Duuhh cobaan berat 😂

    ReplyDelete
  22. sip, semuga sukses tujuannya

    ReplyDelete
  23. Haiiii mbak, ada beberapa tips yg memang saya lakoni macam nulis berjadwal krena lagi pingin nentuin hati buat ngepost per tema misal tema education, traveling dll gitu. Tapi sya moody bangetttt!!! Jadi walopun nyiapin waktu khusus kalo lagi ga moody mau buka laptop kayak mau lari antar kota. Berattt huhu

    ReplyDelete
  24. Kurang lebih sama denganku, Teh. Terlebih mencatat ide-ide yang muncul, dimanapun pasti langsung aku catet, entah dalam buku ataupun gadget. Semoga sesibuk apapun tetap bisa berbagi dalam tulisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ..dan semuga tulisannya bisa berguna bagi siapapun yg baca.

      Delete
  25. Kalau sudah asyik ikut kuis di sosial media, kadang 'passion' ngeblog ikut redup.
    Nah pas BW begini, pijarnya mulai berkedip lagi deh.

    Sebaiknya memang pas ada gelora, kudu stok tulisan ya, terus dijadwal, jadi bisa tetap update.



    ReplyDelete
  26. Meluangkan waktukhusus walaupun hanya 1 jam sehari buat update artikel minimal 1 artikel ya kak.. Mantap kakak kece 1 ini, rutin ngeblog. Sayang soalnya kalau berhenti, pasti pageview langsung menurun drastis ya kak

    ReplyDelete
  27. Jadi inget aku punya temen yang selalu bilang pengen banget nge-blog. Tapi dengan entengnya bilang "I don't have time to write". hahaha...

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.