Review Aplikasi Cinema21, Cara Praktis Beli Tiket Nonton Tanpa Antri

By dudukpalingdepan - January 07, 2022

Review aplikasi cinema21 beli tiket nonton bioskop tanpa antri



Saya suka banget nonton film di bioskop. Walau orang bilang sekarang enakan berlangganan layanan streaming film yang mana satu kali bayar dalam sebulan bisa nonton ribuan film dan series, tapi tetap aja sensasinya beda. 

Kenangan Tentang Bioskop


Saya ingat banget pertama kali ke bioskop itu waktu SMA kelas sepuluh. Karena sebelumnya saya tinggal di Kecamatan yang nggak ada bioskopnya. Pas SMA pindah ke Kota, pas pula salah satu mall di kota saya baru buka bioskop. 

Waktu itu kalau mau nonton, ngantri panjang banget, sampai rasanya pegal betis karena kelamaan berdiri. Belum lagi kalau filmnya memang ditunggu-tunggu banyak orang seperti film Harry Potter atau Ayat-Ayat cinta, Tusuk Jelangkung, Tali Pocong Perawan, Kuntilanak yang Nggak Perawan, ah macam-macam deh. Belum buka aja bioskopnya, antrian sudah mengular panjang. 

Saya biasanya nonton film itu sama teman-teman atau sama "ehem" gebetan. Karena saya suka baca novel teenlit dan nonton film romantis gitu, yang saya tahu ngedate itu ya nonton dan makan. Tapi pernah nih gara-gara kelamaan ngantri, pas depan saya sudah maju saya salah tarik orang. Kirain gebetan, tahunya pak security yang lagi ngawasin antrian. Haduh, maaf ya, Pak. 

Tapi saking sukanya nonton bioskop, saya nggak masalah kalau nggak ada teman. Sendirian pun jadi. Lagian kan nggak ada tulisan depan pintu bioskopnya "jomlo dilarang nonton". Lagian waktu itu saya sudah nyiapin jawaban kalau ketemu orang yang dikenal dan tanya kenapa saya nonton sendirian.

"Eh kamu nonton sama siapa?"

"Sendiri. Soalnya lagi LDR sama pacar di Korea, hehe".

Mau percaya syukur, nggak yaudah soalnya jawaban saya juga ngarang.




Lagian apa salahnya kan nonton sendiri? Yang penting beli tiketnya nggak ngutang, apalagi nyicil sampai 12 kali. 

Sampai setelah nikah saya juga pernah nonton sendiri. Gara-gara pengen banget nonton Spiderman : Homecoming. Tapi nggak ada yang bisa dititipin anak. Jadinya saya dan suami sepakat nontonnya gantian. Daripada maksain anak saya masuk bioskop terus dia nangis karena gelap dan berisik, kan nggak enak kalau jadi ganggu penonton lainnya.

Sensasi Menyenangkan Nonton di Bioskop





Masih ngomongin nonton di bioskop, sensasinya tuh beda dibanding dengan nonton di rumah lewat TV atau laptop. Karena kalau di bioskop suaranya yang menggelegar itu membantu memasuki emosi penonton. Misalnya adegan sedih bisa berasa banget sedihnya sampai mewek. Begitu juga dengan adegan lucu atau adegan yang bikin emosi. 

Lagian seru aja kalau pas adegan sedih, banyak yang nangis, itu suara "srooot..sroooot" dari sedotan ingusnya bersahut-sahutan, jadi banyak temen kan wkwkw. Kalau ada adegan lucu, itu pasti ada aja penonton yang ketawanya unik, jadi malah kita ngetawain dia yang ketawa. #ehgimana

Sensasi yang berbeda dan menyenangkan itu membuat saya tetap suka nonton bioskop sampai sekarang. 

Koleksi Tiket Nonton


Oh ya ada juga nggak yang punya kebiasaan seperti saya dulu yaitu suka ngoleksi potongan tiket nonton. Apa lagi kalau nontonnya sama orang spesial. Duh rasanya pengen disimpan, dibingkai, dipajang.

Tapi setelah makin dewasa saya tahu yang saya lakukan itu NGGAK GUNA! ngumpulin sampah doang. Mana yang spesialnya udah jadi hambar, wkwkwkw. Ujung-ujungnya dibuang. Kalau sekarang sih paling saya foto aja tiketnya kalau emang niat buat kenangan.

Nggak Bisa Sering-Sering Nonton



Meski hobi nonton sekarang saya cuma bisa nonton beberapa kali dalam setahun. Karena semenjak menikah saya ikut suami ke Kabupaten lain yang boro-boro ada bioskop, ada Alpa aja udah syukur. 

Sampai-sampai kalau berantem ini saya ungkit-ungkit "adek rela ya ikut mas ke daerah yang nggak ada mall, nggak ada bioskop, kalau ada film baru yang adek mau nonton terpaksa cuma bisa ngikutin review dan spoiler orang di medsos" begitulah kira-kira ngomelnya, wkwkwk. Tapi gimana lagi ya, istri kan memang sebaiknya ikut suami. 

Lagian masak iya kalau saya maksain LDM pas ditanya orang alasannya, karena saya lebih memilih tinggal di kota yang ada bioskopnya. Memangnya kalau saya kedinginan yang ngelonin mesin pop corn di XXI? Kan nggak.

Jadi pas ada kegiatan di Kota, biasanya saya dan suami usahakan menyisihkan waktu untuk nonton. Keluarga saya mengerti sih dan mau bantu jagain anak selama kami nonton. 

"Woiiii ini kok jadi cerita nostalgia nonton bioskop, review aplikasinya manaaa?"

Oke-oke. Sabaaaaar. Nunggu pandemi yang nggak kelar-kelar aja kalian bisa sabar, kan? Masak nungguin intisari tulisan ini aja nggak sabar.

Beli Tiket Nonton Nggak Perlu Antri Lagi dengan Aplikasi Cinema21



Sebenarnya sudah lama ya ada aplikasi untuk beli tiket online. Cuma aplikasi lama itu pas saya mau nonton Spiderman : No Way Home, kok pilihan bioskopnya cuma satu untuk di kota saya? Sedangkan saya mau nonton di mall yang berbeda. Setelah saya cari tahu karena ternyata ada aplikasi langsung dari Cinema21nya.

Bagi yang sudah tahu lama ya, bagoooos. Ini buat yang belum tahu aja, begitu. *mengantisipasi komen netizen "aah gue udah tahu lama kaliiik"*.

Nah setelah download aplikasi Cinema21, kita perlu daftar untuk membuat akun, ini sama aja kayak bikin akun email atau medsos lainnya tinggal isi data dan verifikasi email.

Setelah berhasil login, pertama kali ubah dulu lokasi kotanya. Kan nggak lucu, misal saya tinggal di Jambi tapi malah kebeli tiket di bioskop Jakarta. Mau disusul kesana malah mahalan tiket pesawatnya. 

Oke lanjut, sebelum kita pilih bioskop dan filmnya, ada baiknya isi dulu saldo M-Tixnya. Cara isi saldonya bisa via virtual account bank yang tersedia, bisa via mini market, bisa juga via Tokopedia.

Saya pilih isi saldo lewat Tokopedia karena di Tokopedia bisa bayar pakai Gopay. Ribet ya emang, seandainya dari aplikasi Cinema21 bisa langsung pakai Gopay kan enak. Tapi yaudahlah ya, ikutin aja. 

Cara isi saldonya lihat di bagian produk digital yang kayak kita mau beli pulsa atau token listrik itu lho. Lalu pilih saldo yang kita mau, dan pilih bayar pakai Gopay. 

Cara Pesan Tiket Nonton di Aplikasi Cinema21



Setelah saldo terisi, balik lagi ke aplikasi Cinema21, lalu lakukan langkah-langkah ini:

  • pilih theater
  • pilih film
  • pilih kursi yang kita mau. Kalau favorit saya sih di barisan A/B di tengah-tengah. Kalau paling depan, setelah keluar studio bukannya senang malah mesti ke tukang urut karena sakit urat leher
  • selesaikan pembayaran dengan saldo m-tix yang tadi sudah diisi
  • pesanan selesai kita akan dapat barcode untuk discan dan dicetak saat di bioskopnya
Cara cetak tiketnya juga gampang, biasanya di dekat meja pembelian tiket ada meja komputer dan mesin scan plus printernya. Tinggal scan barcode yang sudah kita dapat tadi lalu tiket akan tercetak otomatis. 

Gampang, praktis, nggak perlu antri. Cuma, di aplikasi ada biaya adminnya. Waktu itu saya beli dua tiket yang harusnya 80ribu jadi 83ribu. Anggap saja biaya adminnya untuk membayar waktu kita yang nggak perlu antri. 

Selain beli tiket, di aplikasi ini bisa juga untuk pesan makanan. Caranya kurang lebih sama dengan cara beli tiket nontonnya ya. Nanti makanannya diambil di counternya. Bagi yang di rumah mau delivery makanan minuman di XXI jug abisa via aplikasi ini. Oh ya saya baru nyobain pop corn yang rasa cookies n cream, itu enak bangeeet. Lebih enak dari yang caramelnya. 

Nah segitu deh reviewnya. Untuk tampilan aplikasinya sendiri memudahkan banget meski untuk yang pertama kali pakai. Berharap kedepannya metode pembayarannya lebih beragam lagi. Terus coba deh tiru inovasi cucian motor/mobil, misalnya kalau sudah beli tiket 5 kali nanti gratis 1.

 *Cinema21 be like: Heh ini gue bisa bertahan setelah badai pandemi aja udah syukur, pakek minta tiket gratisan lagi*.

Sekian dulu reviewnya. Kalau teman-teman ada cerita seru apa nih tentang nonton bioskop atau beli tiketnya? Cerita di kolom komentar ya.



  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Hemm nonton bioskop mau sendiri atau sama suami bodoh amat, yang penting itu film yang ditonton, hehe. Pengin lihat spider man: No Way Home cuma ada beberapa hal yang jadi alasan tertundanya. Tapi yang paling sering, penghambat nonton bioskop adalah kehabisan tiket, masalahnya juga males banget antri belinya. Mending beli pakai aplikasi memang, lebih mudah.

    ReplyDelete
  2. Sebelum pandemi, aku dan suamiku seminggu sekali pasti nonton di bioskop mba 😄. Kami memang penggemar film sih. Tapi film wajib yg hrs ditonton di bioskop itu yg tipe action, horor. Biar makin berasa kaget dan serunya 😄. Kalo film mellow, kami ga doyan. Mending tunggu aja masuk di Netflix wkwkwkwkw

    Tapi Krn skr pandemj gini, diitung2 baru 2x nonton film, pas Spiderman Ama eternal 😁. Aku Ama suami kalo beli tiket nonton selalunya juga online. Ntah LGS dari aplikasi bioskopnya atau dari platform lain yg menjual tiket bioskop. Mana yg dapet hrg promo paling gede aja 🤣.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.