PrimaKu, Aplikasi Andalan Orangtua Untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak

By dudukpalingdepan - December 19, 2021



Menjadi ibu adalah anugerah terindah dalam hidup saya. Apalagi setelah melalui suka duka hamil sembilan bulan lebih. Sakitnya melahirkan dan perihnya jahitan pasca operasi caesar bisa terobati ketika melihat wajah anak yang bersinar dan meneduhkan hati. 

Namun harus diakui juga banyak kebingungan dan keresahan saya sebagai ibu baru waktu itu. Takut apakah saya bisa merawat dengan baik, bingung apakah tumbuh kembang anak saya sudah sesuai dengan umurnya, dan rasa khawatir ketika melihat anak teman yang seumuran sudah bisa ini itu tapi anak saya belum bisa. 

Saya selalu berusaha menepis kekhawatiran dan kecemasan itu dengan berbagi cerita beraama suami dan keluarga terdekat. Saya juga selalu siap mengosongkan gelas untuk belajar ilmu-ilmu tentang pengasuhan, karena saya yakin jika anak harus banyak belajar sebagai ibu saya pun juga harus begitu. 

Pentingnya memantau tumbuh kembang anak 

Anak yang sehat adalah harapan semua orang tua. Tapi terlihat sehat saja ternyata nggak cukup ya. Ada banyak hal lain yang perlu kita perhatikan. 

Misalnya untuk berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak harus diukur setiap bulannya. Dari angka tersebut kita bisa tahu apakah anak mengalami pertumbuhan normal sesuai usianya atau nggak. Kalau angkanya di bawah rata-rata, tentu kita perlu memperhatikan asupan nutrisinya. 

Begitu pula dengan perkembangannya. Kapan waktu yang sesuai anak bisa berjalan, berbicara, dan sebagainya harus kita cermati, stimulasi, dan dampingi selalu. 

Mudahnya Memonitor Tumbuh Kembang Anak dengan Aplikasi PrimaKu

Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 16 Desember 2021 saya mengikuti webminar dari PrimaKu yang bertemakan “Monitor Tumbuh Kembang di PrimaKu Demi Anak yang Sehat dan Kuat”. Dalam kegiatan tersebut narasumber utamanya adalah dokter Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes. 



Dokter Miza menjelaskan bahwa anak yang sehat adalah anak yang bertumbuh dan berkembang. Indikator pertumbuhan yaitu penambahan volume tubuh seperti tinggi badan dan berat badan. 

Sedangkan perkembangan ditandai dengan adanya penambahan kemampuan anak seperti dari berbicara satu kata menjadi beberapa kata kemudian menjadi kalimat hingga lancar berbicara, dan seterusnya. 

Dokter Miza juga menceritakan pengalamannya dalam menangani pasien anak sehari-hari. Jika orang tua memiliki catatan rekam medis yang lengkap akan memudahkan dokter untuk memberikan solusi atau pengobatan terbaik saat anak diperiksakan ke dokter. 

Dokter juga akan terbantu jika tumbuh kembang anak tercatat dengan lengkap sehingga kurvanya dapat dilihat  apakah sudah sesuai dengan standar kesehatan yang ada. 

Untuk itu setiap orang tua harus punya catatan riwayat tumbuh kembang anak. Ibu-ibu yang ke bidan atau posyandu pasti nggak asing dengan buku KIA (Kesehatan Ibu Anak) atau disebut juga dengan buku pink. Tapi resikonya buku catatan seperti itu rawan tertinggal atau hilang. 



Untungnya sekarang sudah ada aplikasi PrimaKu. Pada acara yang sama, Muhammad Aditriya Indraputra, CFA dan Chief Executive Officer (CEO) dari PrimaKu menjelaskan, aplikasi one stop solutions, PrimaKu akan terus meningkatkan fitur, memperluas informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai kemudahan akses layanan terkait tumbuh kembang anak.

Jadi PrimaKu ini adalah aplikasi yang mirip dengan buku pink yang sebelumnya dimiliki oleh ibu-ibu, dimana kita bisa mencatat riwayat tumbuh kembang anak. Namun aplikasi ini hadir dengan fitur yang lebih lengkap dan unggul. 


Fitur dan Keunggulan Aplikasi PrimaKu

PrimaKu memiliki 5 fitur unggulan yang memudahkan orang tua baru dalam memantau tumbuh kembang anak. Kelima fitur tersebut antara lain:

1. Grafik pertumbuhan dan perkembangan anak



Dalam fitur pertumbuhan dan perkembangan, orang tua memasukkan data tentang berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sehingga mereka mengetahui apakah ketiganya sesuai atau tidak dengan usia serta jenis kelaminnya. 

Data pertumbuhan tersebut akan terangkum menjadi satu grafik yang sangat mudah dipahami orang tua. Terkait perkembangan, orangtua dapat memonitor perkembangan anak dari segi motoric dan sensoric yang dilengkapi dengan kuesioner dan informasi singkat terkait rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak.

2. Imunisasi



Pada fitur ini orang tua bisa mengetahui kebutuhan imunisasi anak sesuai jadwal imunisasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) 2020. Orang tua bisa menandai imunisasi yang sudah diberikan pada anak. Selain itu ada fitur pengingat sehingga kita nggak akan kelewatan jadwal imunisasi anak selanjutnya. 

3. Konsultasi

Pada fitur konsultasi, orang tua dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dengan mudah yang tergabung dalam IDAI, secara online melalui telepon, video call hingga chat.

4. Komunitas

Untuk fitur komunitas, orang tua dapat berbagi pengalaman dengan sesama mengenai pertumbuhan anak mereka. 

5. Rekam medis



Ini adalah salah satu fitur favorit saya setelah grafik tumbuh kembang anak. Saya bisa mencatat riwayat sakit anak. Sehingga bisa jelas terlihat berapa kali anak saya sakit dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini juga berguna saat dibawa ke dokter sehingga saya bisa menjelaskan keadaan anak secara lebih detail. 

Selain kelima fitur unggulan di atas, di aplikasi PrimaKu juga banyak artikel kesehatan yang pastinya valid dan jauh dari hoaks karena langsung dipantau oleh tim dari IDAI. Soalnya zaman sekarang bukan hoaks politik saja yang beredar, berita hoaks kesehatan juga banyak jadi harus hati-hati ya, Moms.

Jadikan PrimaKu Aplikasi Andalan Bagi Para Orangtua 

Dengan segala fitur unggulannya tentu saja yang paling penting adalah aplikasi ini lengkap, praktis, dan efisien. Karena nggak perlu repot-repot lagi bawa buku catatan. 

Kalau mau berbagi tumbuh kembang anak bersama keluarga juga tinggal screenshot lalu bagikan. Untuk diskusi bersama suami juga lebih mudah karena ayah pun dapat mengunduh aplikasi ini dan ikut memantau perkembangan buah hati bersama-sama. 

Jadi penting banget nih untuk semua mom & dads memiliki aplikasi PrimaKu di smartphone masing-masing. Download sekarang di App Store atau Play Store ya. 



Ada yang sudah download juga? Share yuk manfaat yang dirasakan dengan aplikasi PrimaKu. Ceritakan di kolom komentar, ya.

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Wah ada aplikasi yang memudahkan dalam mengurus kesehatan anak, mudah banget lewat smartphone. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  2. Mba, jaman abis lahiran beneran aku udah download Primaku buat pantau BB anakku niatnya, aku tau aplikasi ini dari DSA, lah tp entah kenapa aplikasinya ga pernah aku buka, cuma download doang coba ahhaha, payah emang.

    Setelah baca ini nanti aku buka2 deh aplikasinya hihihi

    ReplyDelete
  3. aku jg udah pake mba, bagus banget apsnya, dan sangat sesuai kebutuhan para orang tua

    ReplyDelete
  4. aku baru tau ada aplikasi yang berfungsi untuk memantau tumbuh kembang anak, ini kayak buku posyandu zaman aku kecil dulu ya
    bedanya, sekarang semua serba digital, bagus juga ini

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.