Melatih Kecerdasan Bayi dengan Bimbingan Sejak Dini Dari Orang Tua

By dudukpalingdepan - August 07, 2021

 

melatih kecerdasan bayi

Tumbuh menjadi seseorang yang cerdas harus dididik mulai dini. Melatih kecerdasan bayi akan berpengaruh hingga mereka dewasa. Seribu jalan harus ibu lakukan untuk menstimulasi kecerdasan hingga otak anak bisa berkembang hingga 80% dari otak dewasa.

Masa kecil seorang bayi akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan kecerdasaan mereka secara optimal. Masa-masa tersebut membuat mereka harus mendapatkan nutrisi yang lengkap untuk modal masa depan. Stimulus juga memiliki kedudukan yang penting demi kecerdasannya.

Cara Melatih Kecerdasan Bayi

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan kecerdasan pada bayi sejak mereka lahir. Kebiasaan ini harus ditanamkan secara rutin sehingga indra kepekaan mereka bertambah. Bayi akan merespon sesuatu sesuai dengan apa yang mereka tangkap.


Menjalin Hubungan Emosional yang Kuat

Cara yang paling mudah untuk membantu menumbuhkan kecerdasan pada bayi adalah dengan melakukan berbagai kegiatan bersama orang tua. Kegiatan tersebut bernama bonding time. Hal ini mampu memperkuat ikatan emosional bayi dengan orang tua.

Selain itu sebagai orang tua harus bisa memberikan naluri rasa aman terhadap bayi. Usahakan untuk selalu mengupayakan skin to skin contact sejak mereka lahir. Caranya dengan memberi pijatan lembut pada tubuhnya.

Bahkan memakaikan pakaian kepada bayi akan memicu naluri rasa aman. Jangan sampai kita sebagai orang tua bertengkar karena bisa memberikan rasa cemas pada bayi.

Melatih kecerdasan bayi dengan memberikan ikatan emosional yang kuat bisa meningkatkan kemampuan sosial dan komunikasi anak. Dengan begitu memiliki IQ yang tinggi sekaligus dengan imunitas tubuhnya.


Rutin Mengajak Bayi untuk Bercakap Sejak Lahir

Kebanyakan orang tua selalu mengajak anaknya untuk berbicara sejak lahir. Pada dasarnya kebiasaan ini bisa meningkatkan kecerdasan pada mereka. Sehingga akan berpengaruh pada kemampuan berbahasa.

Jika mereka sudah mencapai usia 3 tahun maka tingkat komunikasinya cenderung lebih baik. Hal ini akan berbeda dengan anak yang jarang diajak berbicara saat mereka masih bayi. Sebagai orang tua seharusnya sudah memahami step atau langkah awal ketika bercakap-cakap dengan si kecil.

Untuk permulaan kita bisa mengajak si kecil bercakap mengenai lingkungan terdekat. Misalnya dengan mengenalkan orang tua, saudara, benda-benda sekitarnya, dan lain-lain. Secara perlahan kata-kata tersebut akan masuk ke otak mereka.

Cara melatih kecerdasan bayi memang tidak mudah. Perlu kesabaran dan komunikasi yang kuat. Termasuk mengajarkan berbagai nada yang bervariatif saat berbicara dengan bayi.


Memperkenalkan Lingkungan Sekitar

Sejak bayi, seseorang harus sudah familiar dengan lingkungan sekitar. Tak heran bila orang tua sering mengajak mereka berkeliling rumah, tetangga, komplek, berbelanja, dan lain sebagainya. Tentu tujuan utamanya adalah memperkenalkan lingkungan sekitar pada si kecil.

Adanya kegiatan tersebut akan mempermudah bayi untuk membedakan mana manusia, hewan, benda, suara, warna, dan lain sebagainya. Hal ini akan meningkatkan pola pikir mereka menjadi lebih baik.


Melatih Ekspresi Wajah

Melatih kecerdasan bayi bisa dengan menunjukkan berbagai ekspresi wajah. Ketika kita sedang berbincang ria bersama mereka tunjukkan berbagai ekspresi wajah yang bervariasi. Hal ini akan melatih komunikasi non verbal pada bayi.

Ketika mereka berusia 3-4 tahun pastinya akan mudah mengenali lingkungan sekitar. Artinya mereka bisa membedakan karakter serta sifat orang. Dengan begitu akan tercipta respon yang sesuai dari mereka kepada orang lain.


Menunjukkan Benda Di Sekitar Bayi

Ada satu hal yang juga sama pentingnya untuk kecerdasan bayi. Kita harus bisa memperkenalkan berbagai benda yang ada di sekitar mereka. Dalam hal ini mulai dari pakaian, mainan, bantal, dan lain sebagainya.

Tunjukkan secara perlahan dan ajak mereka berbincang dengan kalimat yang panjang. Hal ini akan melatih kecerdasan bayi untuk mengingat apa yang mereka dengar. Bahkan bisa membuat mereka cepat berbicara sesuai dengan kemampuannya.

Jika usia mereka sudah menginjak 9 bulan pasti akan mulai memahami benda-benda tersebut. Biasanya mereka mulai menunjuk benda yang diinginkan. Bahkan mulai berbicara sepatah dua patah kata kepada orang terdekat.

Hal tersebut menandakan bahwa si kecil mulai terbiasa dengan benda-benda sekitarnya. Sehingga mulai nyambung berkomunikasi dengan orang lain. Artinya kecerdasan mereka sudah mulai terbentuk.

Dengan memahami cara melatih kecerdasan bayi maka kita harus rutin mengajari mereka untuk tumbuh dan berkembang. Selalu memberi dukungan kepada mereka akan berpengaruh pada mentalitas diri. Sehingga akan terbentuk karakter yang pemberani dan selalu memiliki rasa ingin tahu.

 

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.