Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak Dengan Cara Penuh Cinta Bersama Morinaga Chil*Go!

By dudukpalingdepan - April 01, 2021




Saya yakin bukan cuma saya sendiri yang merasakan takut berlebihan ketika angka pasien penderita Covid-19 di Indonesia semakin banyak. Apa lagi ketika melihat grafik jumlah orang yang terkena virus tersebut semakin naik di daerah tempat tinggal saya. 

Sebagai ibu tentu saya nggak hanya memikirkan kesehatan sendiri, namun juga keluarga terutama buah hati tercinta. Sempat terpikir kalau saya atau anak yang kena, mungkin stresnya luar biasa karena pasti harus diisolasi dan kami terpisah. 

Saking stresnya saya pernah konsultasi dengan psikolog secara daring. Kemudian saran yang saya dapatkan adalah pentingnya juga untuk mengatur pola pikir agar jangan cemas berlebih. Karena bagaimana pun pikiran juga akan mempengaruhi kesehatan fisik kita.

Daripada fokus dengan ketakutan, lebih baik saya fokus dengan bagaimana pencegahan agar saya sekeluarga bisa tetap sehat di tengah pandemi. 

Terkhusus juga pada kesehatan buah hati semata wayang saya. Kebahagiaan saya adalah jika anak saya sehat dan ceria setiap harinya, terhindar dari berbagai penyakit termasuk gangguan pencernaan. 

Pentingnya Kesehatan Pencernaan Pada Anak



"Ma, sakiiiit"

Anak saya mengeluh ketika kesulitan buang air besar, tangannya mencengkram ujung bajunya, dahinya sampai berkeringat dan wajahnya memerah. 

Tentu sebagai orang tua saya kasihan banget melihat anak kesakitan karena sembelit seperti itu. saya langsung sadar ada yang perlu saya perbaiki dari asupan makanannya. 

Belum lagi kalau anak saya terlalu banyak makan makanan manis dan berminyak, tenggorokannya sakit dan kalau tenggorokan sakit juga menjalar ke penyakit lain seperti demam dan batuk.

Anak sakit salah satu ujian bagi orang tua karena kita jadi harus ekstra sabar menghadapi anak yang menjadi lebih rewel dan manja.

Sebagai orang tua juga saya nggak mau tinggal diam, selain memberikan obat penting banget bagi saya untuk terus mencari informasi dan menimba ilmu tentang kesehatan pencernaan anak.

Menambah Pengetahuan dengan Mengikuti Virtual Event dari Morinaga Chil*Go!



Beruntung banget di tengah masa pandemi dimana kita harus meminimalisir berkumpul di keramaian, saya masih bisa mendapatkan ilmu dari virtual event Press Conference dari KALBE Nutritional dengan diskusi kesehatan yang bertajuk "Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi" sekaligus peluncuran Morinaga Chil*Go! Original pada tanggal 25 Maret 2021 lalu.

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak dengan Makanan Bergizi


Dalam kesempatan ini ada narasumber dr. Daeng M Faqih, S.H., M.H., Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memaparkan bahwa, “Daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. Tentunya kesehatan keluarga ini juga tidak terlepas dari peran para dokter yang ada dalam memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan terhadap keluarga, termasuk untuk anak-anak."

Saya langsung mengangguk pertanda setuju karena bagaimanapun juga namanya anak-anak belum mengerti mana yang baik untuknya. Selagi menurutnya enak pasti dimakan tanpa paham akan kandungannya. 

Masih dari penjelasan dr. Daeng, di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini penting sekali kita menjaga daya tahan tubuh anak. Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuhnya adalah dengan menjaga pola makan seimbang yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral).

Selain itu perlu pula dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat (PHBS) seperti rajin cuci tangan, menghindari keramaian, memakai masker, tidur cukup, tetap beraktivitas fisik, serta stres rendah, paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit.




Tentu saja kita sebagai orang tuanya yang terlebih dahulu harus mencontohkan sebagai role model bagi buah hati tercinta.

Mengenal Manfaat Serat Pangan Inulin Untuk Kesehatan Anak



Serat pangan berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan anak, salah satunya untuk mencegah konstipasi. Salah satunya adalah serat pangan inulin, yang merupakan prebiotik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam organ pencernaan.

Masih dalam acara "Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi" oleh Morinaga Chil*Go!, narasumber berikutnya yaitu dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals mengatakan bahwa serat pangan inulin adalah salah satu jenis prebiotik yang tinggi serat dan rendah kalori serta dapat menjadi pilihan nutrisi yang bermanfaat bagi saluran pencernaan anak, apalagi saluran pencernaan sering disebut sebagai “otak kedua” manusia.

Video animasi tentang serat pangan inulin dari Morinaga Chil*Go!

Kemudian dr. Muliaman juga menambahkan, selain memperhatikan serat pangan inulin maka perlu juga memperhatikan asupan gula bagi anak. Adapun berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO) tahun 2015, asupan harian gula tambahan untuk anak usia di bawah 12 tahun maksimal 200 kkal, yang setara dengan 50 gram gula atau 6 sendok makan/hari.

Nah dari penjelasan di atas, tentu saja mungkin teman-teman yang membaca tulisan ini jadi bertanya apakah yang perlu kita lakukan lagi sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan pencernaan anak di tengah masa pandemi ini?

Jawabannya adalah dengan melengkapi asupan yang bergizi bagi anak terutama yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaannya. Pilihan saya adalah susu cair anak dari Morinaga Chil*Go!.

Lengkapi Nutrisi Harian Anak dengan Morinaga Chil*Go! Original





Saya yakin para Bunda juga sudah nggak asing dengan susu cair anak Morinaga Chil*Go! dari KALBE Nutritional. Kini ada varian Morinaga Chil*Go! rasa Original yang mengandung serat pangan inulin, vitamin, mineral, dan juga lebih rendah gula. 

"Melengkapi varian rasa Morinaga Chil*Go! yang telah ada, kini kami memperkenalkan Morinaga Chil*Go! rasa Original yang lebih rendah gula untuk mendukung gaya hidup yang lebih sehat. Morinaga Chil*Go! terus mendampingi buah hati untuk menjaga daya tahan tubuhnya selama pandemi. Morinaga Chil*Go! hadir dalam bentuk kemasan susu cair steril yang enak bernutrisi dengan perpaduan Serat Pangan Inulin, 9 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dikemas dalam kemasan praktis yang bisa didaur ulang dan memiliki pilihan rasa yang pasti disukai anak-anak, seperti Cokelat, Vanila, Stroberi, dan Melon, serta terbaru yaitu rasa Original yang dapat menjadi alternatif nutrisi tambahan setiap hari," papar Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals.



Biasanya banyak yang takut memberi anak susu tambahan karena takut malah jadi konstipasi tapi susu cair Morinaga Chil*Go! justru membantu menjaga kesehatan pencernaan anak kita. Dengan begini saya jadi lebih tenang deh memberikan susu kepada anak saya. 

Soal rasa, meski lebih rendah gula tetap nggak mengurangi rasa enaknya. Soalnya anak saya tetap meminumnya dengan senang sampai habis. 





Membuat Kreasi Lezat nan Sehat dengan Morinaga Chil*Go!



Masih dalam rangkaian acara Press Conference dari KALBE Nutritional dengan diskusi kesehatan yang bertajuk "Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi" sekaligus peluncuran Morinaga Chil*Go! Original, ada Chef Devina Hermawan, Finalis MasterChef Season 5 yang menuturkan pengalamannya mengurus dua buah hatinya sepanjang era pandemi COVID-19 ini.

Sama seperti ibu lainnya, Chef Devina bilang sempat merasa khawatir dengan kesehatan pencernaan anaknya pada masa pandemi ini. Namun Chef Devina mengatasinya dengan memberikan nutrisi harian yang baik dan cukup untuk buah hatinya. Bukan hanya memperhatikan bahan-bahannya saja, namun juga cara mengolahnya. 

Agar anak-anaknya nggak bosan dengan menu makanan harian, Chef Devina pun menggunakan keahliannya untuk membuat kreasi berbahan dasar Morinaga Chil*Go! yang dia sebut sebagai resep immunobooster. 

Di dalam acara press conference tersebut, Chef Devina sempat menunjukkan 2 resep makanan bergizi kreasinya yang berbasis Morinaga Chil*Go! yaitu Less Sugar Panna Cotta dan Creamy Baked Broccoli Potato Cheese.

Terlihat sangat lezat dan menggiurkan. Tentunya sehat dan penuh cinta. Saya jadi terinspirasi untuk membuat resep sehat nan lezat untuk anak saya dengan susu cair Morinaga Chil*Go! juga. Kalau berhasil nanti akan saya share resepnya di sini ya.

Namun jika bunda ingin mencoba aneka kreasi resep lainnya ada banyak kok yang bisa dilihat di situs https://morinagaplatinum.com/ salah satunya seperti di bawah ini:



Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak Dengan Cara Penuh Cinta Bersama Morinaga Chil*Go!


Dari acara press conference Morinaga Chil*Go! yang saya ikuti berikut kesimpulan dan ringkasannya:

  • Pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak di tengah masa pandemi dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta menerapkan protokol kesehatan. 
  • Perhatikan asupan nutrisi harian yang dikonsumsi anak, yaitu makanan yang mengandung nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral). 
  • Pastikan anak mendapatkan nutrisi tambahan lengkap seperti serat pangan insulin, vitamin, dan mineral yang dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan anak. 
  • Berikan Morinaga Chil*Go! kesukaan anak sebagai cara bunda membantu menjaga kesehatan pencernaan buah hati tercinta. 

Selain kandungan dan manfaatnya, saya sendiri memilih Morinaga Chil*Go! untuk putra saya satu-satunya karena memang rasanya disukai anak, harganya terjangkau, mudah didapatkan di mini market terdekat, dan gampang dibawa kemana saja. Sehingga lebih praktis. 



Jadi jangan lupa bagi para bunda untuk senantiasa menyediakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! di rumah sebagai nutrisi tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh anak terutama di masa pandemi ini. 

Ada yang anaknya suka minum Morinaga Chil*Go! juga? Atau ada cerita tentang masalah gangguan pencernaan pada anak? Ceritakan di kolom komentar, ya.




  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. menjaga pencernaan si kecil emmang penting abnget ya mba. kasian kalo liat si kecil sakit perut atau diare, jadi ga semangat beraktivitas mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sedih banget kalau lihat anak udah lemes kesakitan gitu

      Delete
  2. Memang sih, anak lebih rentan dengan kesehatan pencernaan ketika sekolah normal. Di rumah, anak lebih terjaga asupan makanannya. Itu bagi saya sih... Namun, menjaga kesehatan anak pastinya penting lewat nutrisi lengkap seperti yang bisa kita peroleh dari susu Chil*Go

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, kalau disekolah itu mereka sering tukaran jajan

      Delete
  3. Bener nih, urusan pencernaan anak biasanya lebih sensitif daripada orang dewasa
    Makanya harus pintar-pintar memilih semua makanan dan minuman yang dikonsumsi
    termasuk pilihan susunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mbak, syukurnya Chil*Go! cocok di anak saya ^^

      Delete
  4. Anak saya dulu ketiganya anak Morinaga. Benar banget, pencernaannya lancar car car. Ada rasa original sekarang yaaaa. Dulu kadang saya suka icip punya anak saya.Dia paling suka yg rasa pisang dan melon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak , rasa original ini baru dilaunching. ^_^

      Delete
  5. Masa pandemi ini memang kerap menimbulkan kecemaasan berlebih. Apalgi kalau sudah menyangkut urusan anak. Makanya penting banget buat emak-emak untuk selalu upgrade pengetahuan salah satunya dengan mengikuti webinar keren sprti ini. Pasti senang banget ya bun bisa ikut webinar "Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi". Apalagi dirangkaikan dengan peluncuran produk Morinaga yang bsia jadi pilihan untuk meningkatkan gizi anak. :)
    Btw, Resep Choco Cheese Milk nya bisa jadi inspirasi nih unutk membuat minuman sehat + enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak senang kalau bisa membantu meneruskan informasi bermanfaat ini ^^

      Delete
  6. Morinaga Chil*Go! ini disuka banget sama ankku. Apalagi ada varian original rendah gula lebih sehat jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rasanya yang enak memang disukai anak-anak ya bun ^^

      Delete
  7. Morinaga Chil Go ini bisa diminum anak usia berapa ya bun? Kesehatan pencernaan anak memang penting untuk diperhatikan, karena mereka rentan terkena penyakit. Jadi perlu pendukung agar anak sehat selalu.

    ReplyDelete
  8. Mbak,aafau nanya. Untuk swrat pangan insulin yang berupa probiotik.ini. Berarti serat oangan insulin ini dari bakteri baik apa, ya mb?
    Makasih 🙏

    ReplyDelete
  9. Baru denger ini tentang serat pangan Inulin. Jadi nambah wawasan baruu.👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
  10. ASik ini moringa chilgo rasanya ingin ku kasih ke keponakan tapi masih bayi masih susu ASI

    ReplyDelete
  11. Wah ada resep choco cheess milk dengan morinaga chil go. Bisa nih bust dipraktekin bareng anak di rumah

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.