Ingin Membeli Mobil Pertama? Simak 5 Tips Berikut Ini

By dudukpalingdepan - 5:00:00 PM

auto2000



Dulu waktu kemana-mana masih naik motor, suka dukanya saya alami. Seperti warna kulit tangan dan wajah yang belang, softlens kemasukan debu, rok kelilit, gamis menghitam kena knalpot, dan kalau hujan kena kecipratan air yang bercampur tanah dari kendaraan lain.

Waktu itu saya ngebatin "kapan ya bisa punya mobil?" rasanya kayak mimpi yang jauh banget. Tapi saya tetap berdo'a. Kalau lihat mobil bagus di jalan raya, saya langsung baca sholawat di dalam hati. 

Cerita Memiliki Mobil Pertama

Alhamdulillah, tahun 2015 terwujud juga impian saya punya mobil sendiri. Toyota Agya berwarna hitam. Saya senang banget karena ini sesuai dengan keinginan saya yang mana maunya mobil yang nggak terlalu besar. Padahal waktu itu saya belum bisa nyetir lho, cuma sudah ngebayangin akan menjelajah banyak tempat bersama mobil ini.

Lebih senang lagi karena saya bisa mencicil mobil ini dengan uang saya sendiri, cuma uang mukanya dibantu orang tua, hehehe. Rasanya ada kepuasan batin bisa beli kendaraan dengan uang sendiri. 

Sudah lima tahun saya bersama mobil ini dan masih setia menemani sampai sekarang. Alhamdulillah mesinnya masih awet asalkan rutin servis. Mobil ini sudah kayak sahabat karena menemani saya kerja, pulang malam, nyetir dengan bahagia, nyetir dengan sedih, ngantar ortu, hangout sama teman, sampai jalan-jalan sama suami dan anak.

Tips Membeli Mobil Pertama 

 

Saya yakin banyak juga teman-teman yang seperti saya, menginginkan mobil pertama. Bahkan mungkin bukan cuma sekedar keinginan tapi juga karena kebutuhan. Misal tempat kerja yang jauh, perempuan yang kerjanya sampai malam, atau keluarga yang sering bepergian.

Nah, berikut saya mau kasih tips membeli mobil pertama agar mobil tersebut bisa cocok dan awet bersama pemiliknya.

1. Ketahui Tujuan Membeli Mobil

Ini penting banget biar kita nggak asal-asal ikut-ikutan orang lain ketika memutuskan membeli mobil. Pastikan tahu betul apa tujuan kalian. Misal butuh mobil untuk kerja, lokasi kantornya dimana? Apakah perjalanan di dalam kota atau luar kota? Karena setiap mobil punya spesifikasi masing-masing yang menyesuaikan rute dan kebutuhan pengendara.

Kalau membutuhkan mobil untuk anggota keluarga lebih dari lima orang, tentu perlu membeli mobil yang berukuran cukup besar. Karena saya dulu single, makanya saya memilih mobil kecil. Sekarang pun saya masih keluarga kecil (saya, suami, anak) jadi mobil tersebut masih cukup.

Jika perlu, catat tujuan kalian dalam membeli mobil pertama ya. Hal tersebut juga bisa jadi motivasi lho dalam rangka mengumpulkan dana untuk segera mewujudkan memiliki mobil pertama.

2. Pertimbangkan Kemudahan Layanan Servis dan Suku Cadang


Kalau tips ini saya dapatkan dari ayah saya yang juga membantu memilihkan mobil untuk saya. Beliau bilang percuma mobil keren jika suku cadang susah didapatkan. Apa lagi kalau mobil digunakan untuk mobilitas sehari-sehari, tentu kita nggak bisa membiarkan mobil berada di bengkel terlalu lama hanya karena suku cadangnya sulit didapat.

3. Rajin Datang ke Pameran Otomotif atau Bertanya Pada Orang yang Berpengalaman


Biasanya ada banyak promo menarik saat ada pameran otomotif. Kita juga bisa mengumpulkan beberapa brosur dan bertanya pada salesnya untuk mendapatkan pertimbangan. Kalau punya kenalan orang yang berpengalaman dan mengerti mobil juga lebih baik, sehingga kita bisa mendapatkan tips dalam memilih mobil pertama yang sesuai dengan yang kita inginkan.

4. Beli Dari Dealer Resmi


Kasus penipuan jual beli mobil juga marak terjadi, untuk menghindarinya lebih baik beli langsung dari dealer resmi ya. Seperti Dealer Mobil Toyota yang cabangnya ada di banyak kota di seluruh Indonesia. Dengan datang langsung kita bisa melihat-lihat dan bertanya sepuasnya tentang mobil yang kita inginkan.

Namun kalau memang belum ada waktu untuk datang langsung, bisa mengakses melalui situs Auto2000 digiroom. Auto2000.co.id merupakan situs untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. 

Berawal dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.
 

Selain lewat situsnya, ada juga aplikasi Auto2000 Mobile baru yang membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).

Apa lagi mengingat kondisi di tengah pandemi begini, kehadiran Auto2000 memudahkan kita untuk tetap bisa mencari dan membeli mobil impian. Kalau ada yang mau ditanyakan juga ada fitur chat langsung dengan customer servicenya. 

5. Tentukan dan Siapkan Budget

Selain harus sesuai kebutuhan, tentu membeli mobil pertama juga harus sesuai budget. Coba tentukan budget sesuai kemampuan. Nggak harus langsung banyak, karena kita bisa menabung sedikit demi sedikit. Asalkan kita niat dan berusaha, pasti bisa mewujudkan impian mobil pertama.

Tambahan lagi jika sudah menikah, pastikan untuk diskusi bersama pasangan ya tentang keinginan membeli mobil. Dengan begitu kalian tahu betul pos-pos pengeluaran yang ada dan berapa yang perlu dialokasikan untuk target membeli mobil pertama. 

Semoga tips di atas bermanfaat ya. Kalau teman-teman punya cerita atau impian tentang mobil pertama, silahkan tulis di kolom komentar.


Sumber foto/gambar : auto2000.co.id


  • Share:

You Might Also Like

36 komentar

  1. bener banget, aku dan keluarga kalau beli alat transportasi pasti kudu dari dealer resmi karena selain aman, pasti bisa dapet bonus official juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak yang penting terjamin keresmiannya, senang juga kalau dapat bonus atau potongan harga sih :D

      Delete
  2. Hallo Mbak Enny, lama ga mampir nih. Apa kabarnya mbak?

    Tipsny berguna banget nih, Kemarin ayahku beli mobil bekas gitu, dari jakarta. ke perorangan sih bukan dari dealer. Eh, biaya ganti nama dan lainnya uga ternyata lumayan. Kalo emang dari dealer ga resmi emang harus siap dengan resiko2 nggak enak yaaa, kecuali lagi bejo, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mbak Ghina, makasih udah mampir lagi kesini ya. Iya beli mobil second pun juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kelengkapan surat, kondisi mesin, dll.

      Delete
  3. Setuju mbak, kalau beli mobil baiknya ke dealer resmi aja.
    Dulu adik saya kerja di Auto 2000, layanannya juga profesional dan yang pasti kita sebagai konsumen merasa aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini ada testimoninya nih apa lagi saudara pernah kerja di sana ya kak

      Delete
  4. Selalu ada cerita dibalik membeli mobil pertama. Dan emang bener, beli mobil, boli rumah itu cocok-cocokkan, kek nyari jodoh 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Tapi lebih susah nyari jodoh sih daripada nyari mobil. wkwkwk

      Delete
  5. Saya belum bisa nyetir. Hihihi. Harusnya pas pandemi kayak gini, pas jalanan mulai sepi, waktu yg pas buat belajar nyetir ya. Apalagi buntut udah 3. Pastinya makin sulit kalo mereka udah pada sekolah. Gak mungkin bawa anak 3 pake motor.

    Ngomong-ngomong soal mobil mah emang paling aman beli ke dealer resmi ya mba. Kalo ada apa-apa komunikasinya mudah, ketimbang beli dari tangan kedua atau ketiga. Bisa juga ke dealer yg terafiliasi sama perusahaan resmi. Itu juga aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo belajar mbak, saya juga ada nulis tips menyetir untuk wanita. Awalnya emang kagok tapi kalau dibiasakan pasti bisa.

      Delete
  6. Senangnyaaa bisa punya mobil impian fresh dan gress mba. Aku malah dulu mobil pertama kami mobil second yang udah puluhan taun umurnya hihihi. Pas udah punya anak 2 baru bisa punya mobil baru. Dan emag diskusi bareng pasangan itu penting banget biar nggak salah jalan eh ngga salah beli trus nyesel deh. BTW mobil keluaran toyota tuh mobil idolaku loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mbak, kan memang harus disesuaikan dengan kemampuan. ^^ Ikut senang sama ceritanya.

      Delete
  7. Semoga kalau ada rezeki lebih bisa beli mobil idaman juga ya mba, biar bisa boyong keluarga besar jalan jalan.
    Dan tentu jangan asal tergiur dengan harga murah tapi kedepan nya malah ribet karena susah cari suku cadang nya seperti Dealer Mobil Toyota ya, yang cabangnya udah tersebar di seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Ibu saya penggemar produk totoya, terutama kijang. pertama beli si kijang merah tahun 70an, legend itu mah. biar usia tuir tapi mesin mantap, naik tanjakan kuat. alhamdulillah sekarang diupgrade jadi Kijang kapsul warna biru. semoga ya, saya bisa membelikan ibu saya kijang innova. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu orang punya kijang rasanya wow banget dan saya suka merhatiin mobil itu di jalan.
      Amiiin semoga terwujud ya mbak ^^

      Delete
  9. Keren banget bisa beli mobil dengan jerih payah sendiri. Jadi inget Ibuk saya, pas beli mobil pertama dulu, langsung di Daihatsu dan rajiin banget servis hehe. Sayang mobilnya udah nggak ada, nanti saya kalau ada rezeki beli mobil, pasti ikutin tipsnya.

    ReplyDelete
  10. Mobil Toyota Agya ini emang enak banget dikendarai ya Mbak, baik yg transmisi manual maupun yg transimisi matic. Bicara soal mobil pertama, mobil kami jenis MPV karena dulu mikirnya emang mau punya anak banyak, haha.. jd biar muat kl jenisnya MPV, tp teteup pingin sih jadiin Agya mobil kedua, pingin yg warna orange hehe

    ReplyDelete
  11. Wah makasih tipsnya mba, impian mobil pertamaku nanti sepertinya mau langsung datang ke dealer resmi aja biar bisa milih-milih dan test drive juga :D *ngimpi aja dulu mana tahu kejadian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba semuanya pasti berasal dari mimpi dan harapan. Saya dulu juga suka ngelihatin mobil orang di jalan 😁

      Delete
  12. ah, Semoga aku bisa kecipratan beli mobil pertama. Noted kak tipsnya semoga saja bisa beli. Sekarang masih bisa nyicipi naik mobil sendiri meski mobil dari kantor suami. Tetep pengen punya sendiri.

    ReplyDelete
  13. Setuju mom :) yang paling penting dari segi irit bahan bakar mom, biar bayar bulanannya tidak membengkak, hehe :) semoga tahun depan bisa beli mobil pertama,amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bener. Agya yg saya pakai irit banget. Sebulan bensin 300-400ribu aja

      Delete
  14. Aku pun ingin memiliki mobil kak. Aku pengennya warna merah mobil keci. Niatnya bisa nganterin emmak dan babe baik berbelanja maupun periksa, biar gak kepanasan maupun kehujanan saat bepergian jauh. Aku selalu baca sholawat saat lihat mobil merah di depan mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna merah cakep juga. Amiiiin. InsyaAllah nanti ada rezekinya yaaa

      Delete
  15. Bener2 penting jg ini irit bahan bakar jadi ga sekedar harganya miring doang tp buat isi bahan bakarnya jg penting ya

    ReplyDelete
  16. Terimakasih banyak tips nya kak enny. Bermanfaat sekali nih bagi kami yang sedang berencana membeli mobil pertama buat keluarga

    ReplyDelete
  17. Yang paling penting juga, harus afa budgetnya buat beli hehehehe

    ReplyDelete
  18. Senang sekali bisa mampir ke mari dan dapat tips begini. Saya pun sedang mengkhayalkan punya mobil pertama nih Mba. Pengennya ya buat ajak ortu dan anak jalan jalan.

    ReplyDelete
  19. Saya juga sudah mengancang-ancang untuk membeli mobil pertama, tapi perencanaannya belum matang, dan tips yang Mbak tulis ini sangat berguna sekali untuk membantu saya merencanakan mobil pertama ini

    ReplyDelete
  20. Keluargaku paling suka mobil Toyota. Kesannya bandel gitu, dan mudah service serta suku cadangnya. Mobil pertama kami overcredit punya ibu.Jadi kami tidak bisa memilih dari awal. Alhamdulillah masih sangat bagus.

    ReplyDelete
  21. Kami sekeluarga dari dulu suka mobil Toyota. Bahkan salah satu pamanku masih menggunakan mobil Kijang Toyota tahun 70an, dan masih awet sampai sekarang.

    ReplyDelete
  22. Saya mbak. tapi masih jauh kayaknya buat beli mobil. hiks... tapi impian ke sana pastinya ada dong ya. tinggal menunggu kebutuhan yang pas. karena saat ini memang belum butuh. tipsnya noted banget mbak. bakalan dicatat biar gak bingung waktu milih mobil pertama nanti.

    ReplyDelete
  23. Mantab banget mba motivasi punya mobilnya. Ternyata banyak juga ya pertimbangan untuk beli mobil, makasii lho mba informasinya. Bermanfaat banget bagi saya yang masih awam

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.