CP

Alasan Mengapa Akuntansi Dibutuhkan Dalam Sebuah Bisnis

By dudukpalingdepan - 8:50:00 AM

Alasan Mengapa Akuntansi Dibutuhkan Dalam Sebuah Bisnis
Freepik/Rawpixel

Manajemen bisnis memerlukan aplikasi akuntansi gratis yang akurat dan tepat waktu untuk keputusan keuangan yang lebih efektif. Informasi tersebut dapat tersedia dalam bentuk laporan akuntansi manajemen yang dapat dihasilkan oleh sistem akuntansi yang baik. 

Akuntansi yang baik dapat memudahkan pemiliknya untuk menjalankan kewajiban hukum bisnis seperti PPN dan pengembalian pajak, memudahkan presentasi laporan seperti yang diminta oleh para bankir, investor dan pemangku kepentingan lainnya. Wah, begitu pentingnya ya kehadiran akuntansi pada sebuah bisnis?

7 Alasan Akuntansi itu Penting

Memiliki sistem akuntansi yang baik akan menjadi dasar dari sistem pelaporan manajemen bisnis dan laporan keuangan wajib yang akan membantu meningkatkan citra bisnis. Dengan keuangan yang bagus, maka Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda. Berikut adalah alasan mengapa sebuah bisnis memerlukan akuntansi yang baik :

1. Bisa Mengelola Arus Kas Dengan Tepat

Manajemen arus kas berarti mengetahui apa yang Anda lakukan dengan uang tunai yang masuk ke bisnis Anda. Sistem akuntansi yang baik akan membantu Anda mengidentifikasi area yang membutuhkan uang tunai dan kapan akan dibutuhkan. 

Misalnya, uang tunai mungkin diperlukan untuk membayar tagihan perdagangan rutin, membiayai hutang Anda, atau membuat renovasi besar atau memesan saham baru.

2. Mengevaluasi Kinerja Bisnis Anda

Sistem akuntansi yang baik memberi Anda gambaran menyeluruh tentang kinerja keuangan bisnis Anda. Perbandingan hasil saat ini dengan kegiatan tahun sebelumnya, serta terhadap hasil yang dianggarkan, akan memberikan informasi yang berguna untuk membantu pengambilan keputusan.

3. Menetapkan Tujuan Bisnis

Sistem akuntansi yang baik akan membantu Anda ketika menetapkan tujuan bisnis baru untuk minggu, bulan atau tahun. Dengan melihat kinerja bisnis untuk tahun keuangan terakhir, maka itu akan membantu Anda memproyeksikan dan menetapkan tujuan untuk tahun berikutnya dan merencanakan masa depan untuk bisnis.

4. Citra Bisnis yang Lebih Baik dan Lebih Bergengsi


Mempersiapkan laporan keuangan dan disertai dengan laporan auditor (tanpa modifikasi / kualifikasi) merupakan faktor penting bagi bisnis yang sedang tumbuh untuk dapat menghadirkan citra bisnis yang lebih baik dan lebih bergengsi.

5. Mengindari Hukuman

Catatan akuntansi yang tepat membantu pemilik bisnis untuk menghindari bunga dan denda karena catatan membuat sebuah bisnis lebih mudah untuk membayar jumlah pajak yang tepat dan pada waktu yang tepat. Pada saat tenggat waktu datang, semuanya sudah dalam keadaan baik dan siap untuk mengajukan.

6. Mempersingkat Waktu  dan Biaya Audit

Sistem akuntansi yang baik dengan catatan terkini dan dokumentasi pendukung yang terorganisir dengan baik seperti faktur, kwitansi, kontrak, laporan bank, dll akan membantu auditor.

Auditor melakukan pekerjaan audit, memeriksa catatan yang disediakan, dan membuat keputusan tepat waktu mengenai keakuratan catatan tersebut. Jika akuntansinya baik, maka itu akan menghabiskan lebih rapi juga akan menghasilkan opini audit kualitas yang lebih baik.

7. Mudah Kerjasama Dengan Bank dan Membantu Mengamankan Pembiayaan

Dengan catatan yang tepat, pemilik bisnis dapat mengidentifikasi area untuk ekspansi atau peningkatan. Catatan yang tepat juga membantu pemilik bisnis untuk mendapatkan pembiayaan dari bank untuk ekspansi bisnis.

Aplikasi Akuntasi Gratis Buku Kas

Unduh  aplikasi akuntansi gratis bernama BukuKas untuk mengatur semua catatan keuangan bisnis Anda lebih rapi, efisien dan bagus. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar