Cara Menurunkan Berat Badan

By dudukpalingdepan - 10:21:00 PM

Cara Menurunkan Berat Badan

Berat badan sepertinya menjadi salah satu hal dikhawatirkan banyak orang terutama kaum hawa seperti saya. Karena berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Masalah kesehatan yang disebabkan karena obesitas antara lain: serangan jantung, hipertensi, diabetes, hingga kanker. Nah, Untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan, ada beberapa cara menurunkan berat badan yang harus dilakukan. Cara – cara untuk menurunkan berat badan berlebih antara lain: 

1. Kurangi Junkfood


Junkfood memang enak, tapi mengkonsumsi junkfood atau ngemil yang berlebihan dapat menaikkan berat badan secara signifikan dan menimbulkan obesitas. 

Selain itu, junkfood biasanya juga mengandung perisa dan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan. Yang lebih penting lagi, hindari junkfood yang mengandung banyak gula. Sebagai gantinya, kita bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur. 

2. Rajin berolahraga


Salah satu cara yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan tentu saja dengan berolahraga, rutin berolahraga akan mempercepat proses metabolisme tubuh dan membakar lemak berlebih sehingga berat badan akan berkurang secara perlahan. 

Selain itu, berolahraga juga akan memperkuat otot jantung dan memperkecil resiko terkena penyakit jantung. Jenis olahraga yang cukup efektif dalam membakar kalori adalah jogging.

3. Konsumsi makanan pedas


Mengkonsumsi makanan pedas dalam takaran yang tepat akan meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat proses pembakaran lemak. Makanan pedas yang paling disarankan tentu saja cabe, cabe memiliki kandungan capsaicinoids yang dapat meningkatkan meabolisme tubuh dan berperan penting dalam menurunkan berat badan. Selain itu, capsaicin juga memiliki manfaa lain seperti meredakan nyeri, mengatasi gatal – gatal pada kulit, meredakan pilek, dan menyehatkan jantung. 

4. Minum air putih


Minum air putih yang cukup dapat membentu proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga proses pembakaran lemak akan menjadi lebih maksimal. Selain itu, minum air putih delapan gelas sehari juga akan mencegah tubuh dari dehidrasi. Dengan meningkatkan konsumsi air putih, diharapkan konsumsi minuman kemasan, terutama yang mengandung gula dapat berkurang.

5. Kurangi konsumsi gula 

Terlalu banyak mengkonsumsi gula juga akan membuat jumlah kalori dalam tubuh bertambah, itulah mengapa orang – orang yang gemar mengkonsumsi gula menjadi lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Untuk mengatasinya, tentu kita harus mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula seperti soda, kopi, sirup, serta makanan – makanan manis.

Selain rajin berolahraga dan mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi, cara menurunkan berat badan yang cukup ampuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin. Beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan antara lain:

1. Kacang almond


Kacang almond merupakan jenis bijian yang sangat cocok dijadikan menu diet. Kacang almond mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dapat membantu proses metabolisme tubuh dan mempercepat proses pembakaran lemak. Akan tetapi, tetap disarankan untuk tidak mengkonsumsi kacang almond secara berlebihan. Secara lebih terperinci, kandungan – kandungan gizi dari kacang almond adalah serat, vitamin E, vitamin B2, protein, mangan dan magnesium. 

2. Sayuran hijau

Cara Menurunkan Berat Badan

Sayuran hijau merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain itu, konsumsi sayuran dengan takaran yang pas juga akan mempercepat proses metabolisme sehingga lemak dalam tubuh akan lebih cepat terbakar. Sebelum mengolah dan mengkonsumsi sayuran – sayuran hijau tersebut, kita harus mencuci sayuran terlebih dahulu agar sisa – sisa pestisida yang mungkin tertinggal dapat dibersihkan. 


3. Bawang Putih


Sama seperti kebanyakan bahan makanan yang disebutkan dalam daftar, bawang putih merupakan menu diet yang bagus karena kandungan zat – zat alami di dalamnya mamapu mempercepat proses metabolisme tubuh dan pemabakaran lemak. Kandungan – kandugan dalam bawang putih sendiri di antaranya: mangan, vitamin C, selenium, kalsium, selenium, dan serat. 

4. Telur



Telur merupakan salah satu makanan diet yang kaya akan gizi, kandungan gizi dalam sebutir telur antara lain: vitamin A, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, vitamin D, vitamin E, vitamin K, fosfor, zinc, kalsium, dan selenium. Kandungan nutrisi – nutrisi tersebut dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga lemak juga akan cepat terbakar. Konsumsi satu butir telur rebus setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

5. Wortel


Wortel merupakan sayuran berwarna orange yang memiliki kandungan vitamin A dan serat yang cukup tinggi. Selain itu, ada beberapa nutrisi lain dari wortel seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, fosfor, magnesium, sodium, zat besi, dan kalium. Selain terkenal akan manfaatnya untuk mata, wortel dengan kandungan nutrisinya juga sangat cocok untuk diet karena kandungan seratnya.

6. Sarang Burung Walet


Sarang walet salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan yang cukup unik, Terkenal karena kandungan proteinnya yang tinggi namun tanpa lemak sehingga cocok untuk diet karena dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu kandungan glikoproteinnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh kita.

Dalam beberapa kasus kelebihan berat badan atau obesitas yang cukup parah, cara menurunkan berat badan seperti ini masih biasanya masih belum cukup. Untuk itu, diperlukan bantuan suplemen – suplemen tertentu agar pembakaran lemak bisa maksimal. Beberapa kasus obesitas lainnya bahkan memerlukan penganan khusus dari seorang dokter. Oleh karena itu, kita perlu menjaga berat badan dengan cara – cara tersebut untuk menghindari obesitas. 

Pics by Canva

  • Share:

You Might Also Like

18 komentar

  1. Wah, daku penyuka pedas nih Mbak. Klo udah makan pedas kadang porsi nasi jadi tambah he..he...nggak jadi diet nih ya? Daku paling susah nurunin BB, namun mencoba makan nasi dalam porsi kecil. Semoga istiqomah daku ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mbak. Pedas itu addicted banget rasanya.

      Delete
  2. aq seumur-umur gak pernah diet mba, karena yang terjadi selalu kekurangan berat badan, dulu waktu kuliah malah sempet cm 40 kg, duh kaya nomor sepatu bb aq. hahaha. tp sekarang sih udah jaga banget max 57 kg

    ReplyDelete
  3. Apa gara gara aku suka makanan penurun berat badan itu, jadinya badanku gak gendut gendut kak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, kalau rajin makan sayur pasti bb lebih terjaga kak

      Delete
  4. Maksih bgt loh mba infonya... Aq lg mau diet nih abis melahirkan blm balik lagi ke bb semula. Semoga berhasil yah cara dri mu mba.

    ReplyDelete
  5. aku pernah nyobain sarang burung walet enak banget waktu itu nggak tau kalau bisa membantu menurunkan berat badan.. pengen konsumsi lagi jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang banyak khasiatnya mbak. Nggak heran kalau harganya pun mahal.

      Delete
  6. nah, aku bukan yang termasuk gemuk tapi gak ideal berat badannya, mau nurunin 3-5 kg saja susah banget

    ReplyDelete
  7. aku doyan makanan pedas, jadi supposed to be bisa bantu nurunin berat badan dong ya, tapi selagi dirumah aja gini tuh mulai agak males part yang olahraganya nih hahaha

    ReplyDelete
  8. wah mba, kalau makan makanan pedas bukannya akan menambah nafsu makan ya?

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah makasih tipsnya. sekarang juga saya lagi proses menurunkan berat badan dengan mengurangi jajan di luar. rutin olahraga dan rajin minum jus wortel setiap hari hehehe

    ReplyDelete
  10. Kalau BB naik rasanya horor. Pengen diet tapi kebayang makanan-makanan kesukaan. Btw, baru kalau sarang burung walet bisa untuk menu diet.

    ReplyDelete
  11. aku udah mau give up deh sama berat badan rasanya :(

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.