5 Cara Menjaga Sistem Imun Anak Saat Cuaca Tak Menentu

By dudukpalingdepan - 9:29:00 PM

source : Freepik/colorfuelstudio
Sistem imun anak dapat menurun saat cuaca tak menentu. Di daerah tempat tinggal saya sedang musim kemarau disertai kabut, sehingga membuat udara terasa kotor dan nafas jadi sesak. Ketika hujan turun, saya kira itu pertanda musim kemarau berakhir, tetapi nyatanya masih berlanjut.  Bahkan anak saya tak terhindarkan dari flu, batuk, dan diare.


Sebagai orang tua kalau lihat anak sakit rasanya sedih banget. Biasanya dia ceria, karena sakit jadi lesu dan nggak mau makan. Saya sudah bawa ke dokter, dan beliau bilang memang sedang banyak anak-anak yang berobat karena memang udara sedang tidak bagus.

Apalagi anak saya ini tipe yang susah banget minum obat. Mau dibujuk seperti apapun pasti dia akan mingkem, tutup mulut pakai tangan, geleng-geleng kepala, puncaknya bisa teriak dan nangis. Mau nggak mau saya dan suami pegangin tangan dan kakinya kuat-kuat supaya mau minum obat. 


Selain konsultasi dengan dokter saya banyak baca-baca artikel juga, tentang bagaimana menjaga sistem imun anak disaat cuaca tak menentu seperti sekarang. Saya bagikan disini supaya ibu-ibu bisa mencegah anaknya terhindar dari sakit ya. 

1. Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun
langkah yang benar untuk mencuci tangan (source : Freepik.pch.vector)

Meski kelihatannya sepele, tapi cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara yang efektif memutus rantai kuman. Apalagi anak saya sudah masuk daycare, otomatis setiap hari berinteraksi dengan banyak orang, dan memegang mainan yang dipakai bersama disana. Jadi ketika pulang, langsung saya ajak untuk cuci tangan, cuci kaki, dan berganti pakaian. 

Meskipun namanya anak-anak terkadang susah dibilangin, main comot makanan padahal habis main di luar. Makanya anak saya sempat diare mungkin saya yang kecolongan. Memang harus mengedukasi berulang-ulang sambil mencontohkan cara cuci tangan yang benar.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi Seimbang 
source : Kemenkes

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, sehingga dapat memenuhi asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh. Sehingga anak jadi nggak gampang sakit dan tumbuh kembangnya baik. 

Sejujurnya menjaga asupan makanan anak dengan gizi seimbang merupakan tantangan bagi saya. Soalnya anak saya sudah kenal sama yang namanya coklat, es krim, dan permen. Kalau dikasih sekali mintanya berkali-kali. 


Untungnya pihak daycare juga mendukung anak-anak untuk makan gizi seimbang jadi saya juga bisa minta tolong guru-gurunya untuk membujuk anak makan. Saya juga bekali nasi, lauk pauk dan sayuran. Meskipun anak saya kalau sayur cuma mau wortel, buah-buahan juga hanya beberapa jenis saja yang dia suka.

3. Tidur yang Cukup
source : Pixabay/fujikama

Faktanya anak-anak harus tidur selama 8-10 jam agar kesehatannya tetap terjaga. Kalau kurang dari jam tidur ideal, anak bisa uring-uringan dan mudah rewel. Sistem imunnya juga akan menurun dan gampang sakit. 

Walaupun ada masanya anak susah tidur apalagi kalau sedang asik main. Tips dari saya biasanya mematikan semua lampu, baik lampu kamar dan lampu ruangan lainnya yang cahaya bisa masuk ke kamar. Anak dipeluk, dipuk-puk, diajak cerita sampai nanti tertidur sendiri. 

4. Memberikan Asi dan Vaksinasi

source : freepik/olian_rosa
ASI (Air Susu Ibu) memang sudah terbukti kandungan gizinya yang juga dapat menjadi sistem imun bagi anak. Selanjutnya dilengkapi pemberian vaksinasi dasar lengkap. Tujuannya tentu saja untuk mencegah anak sakit jika jadi terjadi wabah penyakit di lingkungan kita. Namun sekalipun anak juga ikut terkena, tidak akan terlalu parah dibanding anak yang tidak divaksin.

5. Hindari Polusi Udara 
source: Freepik/wckiw

Di tempat saya tinggal kabut asap karena kebakaran hutan dan lahan masih sering melanda. Jadi memang saya mengurangi intensitas anak main di luar. Kalau keluar rumah nggak pakai mobil saya usahakan membantu menutup mulut anak. Intinya selama cuaca masih belum stabil memang baiknya anak harus dijaga dari polusi udara.

Nah itu dia lima cara untuk menjaga sistem imun anak saat cuaca tak menentu. Memang kita tidak bisa melawan cuaca tapi setidaknya ada usaha untuk mencegah anak sakit atau mempercepat penyembuhannya. Semoga bermanfaat, ya.

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. org besar aja rentan apalagi anak2 yah.
    Saya juga sempat tinggal 3 tahun di kota yang langganan asap tiap tahun. Duh tersiksa banget. Anak2 jadi gak bisa main ke luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di Jambi juga sering banget kabut asap karena karhutla, huhuhu.

      Delete
  2. Kalau anak saya yang kecil biasanya di boost vitamin dan ASI, lagi musim batuk juga nih, kakaknya batuk lagi ketularan temennya di sekolah, dan saya jadi sedikit was-was adiknya tertular.
    Tapi bersyukur ya, meski kami tinggal di daerah yang polusinya lebih buruk ketimbang di sana, tapi Alhamdulillah nggak ada asap kayak di sana juga.

    Semoga masalah asapnya bisa segera teratasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mba, kalau polusi kendaraan nggak terlalu karena bukan kota besar tapi malah jadi langganan asap dan kabut karena karhutla :(

      Delete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.