7 Tempat Wisata Menarik di kota Padang

By dudukpalingdepan - 10:23:00 AM





Kalau ditanya apa mau balik lagi ke Padang? Jawaban saya pasti mau. Menurut saya Padang merupakan kota yang lengkap untuk wisata bersama keluarga. Alasannya karena wisata di tengah kotanya banyak, kulinernya enak-enak, hotel dan transportasi mudah didapat.

Nah kalau ada teman-teman yang punya rencana liburan kedepannya, saya sarankan kota Padang untuk masuk dalam wishlist kalian. Coba deh mulai lihat-lihat tiket online, siapa tahu ada tiket murah. Apalagi maskapai Sriwijaya Air yang harganya masih terjangkau.

Kalau belum tahu ada apa aja di Padang, maka kalian wajib baca artikel ini sampai habis. Karena saya mau kasih daftar  tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi di kota Padang.

Tugu Merpati Perdamaian / Pantai Muaro Lasak


Ketika saya baru saja menginjakkan kaki di kota Padang dan ngobrol-ngobrol sama driver taksi online yang ngantarin ke hotel, Tugu Merpati Perdamaian jadi wisata yang direkomendasikan sama uda (panggilan abang lelaki untuk suku minang) drivernya. Menurut beliau selain tempatnya bagus untuk foto-foto kalau sore menjelang malam banyak warung tenda yang jualan kuliner berbahan seafood yang enak.



Sayangnya saya bisa kesananya saat pagi hari. Jadi nggak ada tempat makanan yang buka. Tapi tetap nggak mengurangi rasa senang saya bisa kesini. Tentu saja saya langsung minta difotokan suami di depan Tugu Merpati Perdamaian ini.

Tugu ini merupakan bagian dari latihan maritim berbagai negara yang digagas TNI Angkatan Laut yang lebih populer disebut Multilateral Naval Exercise Komodo 2016. Jadi sebagai simbol perdamaian Indonesia dengan negara-negara peserta lainnya.


Letaknya persis di tepian pantai Muaro Lasak, jadi kami sekaligus menikmati pemandangan laut dengan debur ombak. Indahnya ditambah dengan semburat matahari terbit di langit pagi. Sayang seribu sayang, di sekitar pantai ini kotor banget. Sampah dimana-mana. Semoga aja pihak pengelola setempat dan pengunjung bisa lebih sadar untuk nggak buang sampah sembarangan.

Sedihnya banyak sampah huhuhu

Oh ya, saya juga bikin video disini. Biar ala-ala prewed (prewed kok gendong anak :P). Ngerekamnya juga modal hp ditaruh dikursi terus disenderin pakai sendalnya anak. Tapi setelah diedit jadi lumayan bagus kan? Mohon maaf juga editannya masih amatir modal aplikasi Kinemaster di Android.





Pantai Air Manis (Pantai Malin Kundang)

Saya sampai dua kali kesini. Awalnya sore hari, sayangnya pas kami sampai disana sudah gerimis. Jadi cuma bisa foto bareng patung replika Malin Kundang. Kenapa saya bilang replika, karena menurut driver gocar yang orang asli Padang, patung itu memang buatan untuk memenuhi kebutuhan foto wisatawan. Aslinya patungnya ada di tengah laut. Namanya juga legenda ya, terlepas benar atau nggaknya bagi saya cerita Malin Kundang tetap bagus untuk diambil hikmahnya.


Azab menjadi bucin 
Keesokan paginya kami kesini lagi karena kemarin nggak puas rasanya. Karena masih pagi jadi pantainya nggak terlalu ramai. Saya dan suami makan Popmie disini karena memang nggak ada pilihan lain. Kapan lagi kan makan mie pagi-pagi dengan pemandangan indahnya pantai.

Enaknya lagi disini makanan dan air mineral yang dijual dengan harga standar, biasanya kan di tempat wisata suka dimahalin banget tuh makanan dan minumannya. Penjual dan orang-orang disana juga ramah-ramah.



Selesai makan kita sewa motor ATV dengan harga Rp100.000/jam. Seru banget boncengan bertiga menyusuri pantai dari ujung ke ujung. Menikmati pemandangan indah bareng orang tercinta tuh rasanya bahagia banget. Maunya sih tiap hari bisa kayak gini tapi apa daya kenyataanku abdi negara yang cutinya cuma 12 hari dalam setahun.

Taman Siti Nurbaya





Awalnya yang terkenal itu wisata jembatan Siti Nurbaya, tapi kemudian dibuat juga tamannya. Dari taman ini juga kelihatan kok jembatannya. Jangan bayangin taman ada aneka bunga gitu, yang ada malah kapal di daratan yang bisa dipakai wisatawan untuk foto-foto. Masih dari info penduduk disana kalau kapal ini kapal beneran yang diangkut ke daratan untuk kebutuhan wisata.

Masjid Raya Sumatera Barat


Masjid ini terkenal banget karena arsitekturnya yang unik. Biasanya masjid kubahnya berbentuk bulat tapi ini menyerupai rumah gadang, rumah adatnya suku minang. Tentu saja keunikan masjid ini jadi perhatian wisatawan termasuk saya.




Banyak banget yang kesini untuk sholat dan foto-foto sekalian. Saya sempat mengelilingi masjid ini dan berdecak kagum. Desainnya indah dan terlihat kokoh. Suasananya sejuk meski tanpa pendingin udara. Pokoknya ini wisata religi yang wajib didatangi umat Islam jika berkunjung ke Padang.

Sate Manang Kabau



Padang terkenal dengan kuliner khasnya yaitu sate padang, sate dengan kuah kuning kental dengan rasa yang gurih, asin, pedas. Biasanya kalau di tempat saya, saya makan sate dari mamang-mamang gerobak gitu. Disini Sate Manang Kabau adalah restoran yang menyajikan menu andalannya yaitu sate padang.

Rasanya? Beeeuh nikmat dan bikin kalap. Tiga hari disana ini rekomendasi kuliner paling enak yang saya cicipi. Tempatnya juga asik dan instagramable. Review lengkapnya sudah pernah saya tulis juga disini.

Mungkin bagi yang tinggal di kota besar, sudah sering ke mall. Tapi bagi saya yang tinggal di daerah kecil jadi mall juga menjadi destinasi wajib, hahaha. Soalnya mau cari barag apa aja ada. Mau hiburan nonton bioskop dan wahana mainan anak juga ada. Lokasinya juga di tengah kota jadi sangat mudah diakses.

Toko oleh-oleh Ummi Aufa Hakim


Namanya liburan pasti teringat orang-orang terdekat untuk dibawakan buah tangan. Waktu itu saya kesini atas rekomendasi driver lagi. Awalnya sih saya Cuma tahu toko oleh-oleh Christine Hakim, eh ternyata ada “hakim” yang lain. Nggak apa-apa juga sih, saya pikir pasti kurang lebih produknya sama saja.

Sampai disana juga pramuniaganya ramah-ramah dan cepat tanggap melayani pembeli. Ada banyak testernya pula, jadi nggak asal beli tanpa tahu rasanya. Harganya juga standar keripiki/snack gitulah. Jadi saya merekomendasikan tempat ini untuk beli oleh-oleh di Padang.

Nah itu dia  tempat menarik yang bisa dikunjungi jika berlibur di kota Padang. Dua-tiga hari saja cukup kok. Untuk hotel banyak banget pilihan hotel terjangkau dan bagus di sekitaran kota disini. Untuk transportasi juga banyak taksi dan ojek online.

Baca : Review Hotel Lovetel Padang, Nyaman dan Terjangkau.

Sebenarnya wisata yang bagus di Sumatera Barat masih banyak, tidak terbatas di kota Padang saja. Lain kali jika ada waktu, rezeki, dan kesempatan saya ingin mengeksplor lebih banyak wisata di Sumatera Barat. 

Ada yang sudah pernah kesini? Ceritakan keseruannya di kolom komentar, ya.

  • Share:

You Might Also Like

18 komentar

  1. Waaoooo banyak banget :D
    Dari semua tempat yang paling menarik kayaknya pantai deh, apalagi sore-sore gitu ya.
    Atau juga pagi-pagi, kereeennnn banget, melihat matahari terbit atau tenggelam.
    Rasanya nggak pengen waktu berlalu.

    Kan jadi kangen pantai, tapi pantai yang nggak terlalu rame.
    Dan nggak kotor ya.

    Semoga banyak masyarakat yang semakin sadar sampah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu iya mbak, sedih banget alam sebagus itu harus dikotori banyak sampah :(

      Delete
  2. Saya jadi pingin nih Mbak main ke Padang hihi. Soalnya banyak banget wisatanya

    ReplyDelete
  3. Waktu pak Boss dulu bawain oleh-oleh dari PAdang dan itu semua enakkkkk aku berjanji someday mesti ke Padang mba wkwkwk

    Karena di Cimahi aja masakan padang itu juara apalagi kalau ke Padangnya pasti deh enak banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mbak.Tapi pas saya ke padang itu banyak rumah makan dengan nama "RM Ampera" padahal ampera bukannya palembang ya? apapun itu kulinernya enak-enak 😁

      Delete
  4. belum pernah liat patung malin kundang secara langsung. paling enak sih wisata kuliner disana dan aku jadi pengen nasi padang jadinya.

    ReplyDelete
  5. Mbak itu satenya bikin gagal fokus, aku suka banget sama sate padang, aduh pengen deh kapan2 makan langsung di tempat asalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbak, itu juga nulisnya sambil ngiler lagi.

      Delete
  6. Aku pengen ke batu malin kundang, jam gadang, rumah gadang bisa terwakili sama Masjid Sumbar ya sekarang. Pengen coba kuliner otentik nya juga hahhaha secara di rumah juga ada warung Padang lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam gadang itu di bukit tinggi mbak. Kemaren saya sempatnya ke kota Padang aja. Memang kalau ada waktunya enaknya eksplor sumbar lebih banyak lagi.

      Delete
  7. Next time kalo mau main lagi ke Padang jangan bosan kabarin aku yak, sapa tau kita berjodoh bersua lagi nanti hihihi

    ReplyDelete
  8. Kalau saya ingin ke pantai malin kundang saja deh
    Kayaknya lebih menarik dengan cerita legendanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi kalau sama keluarga. Bisa ngajarin hikmah cerita malin kundang kepada anak/ponakan 😁

      Delete
  9. Jd penasaran mau ke pantai Malin Kundang..
    Main kak ke gubuk kami topikbuku, blogspot.com

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.