Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

4 Hal yang Harus Dimanfaatkan Saat Belanja Online


Belanja pasti identik dengan mengeluarkan uang *yaiyalah, masak belanja bayarnya pakai daun 😝*. Jumlahnya banyak atau sedikit itu relatif. Namanya belanja pasti ada barang dibutuhkan atau diinginkan. Kalau beli barang-barang sesuai kebutuhan sih pasti sudah ada budgetnya kan, apalagi kalau bersifat rutin. Gawat itu pas belanja barang-barang yang kita inginkan, salah-salah malah budgetnya bisa lebih besar daripada pengeluaran kebutuhan, hadeeeh.

Kalau sudah begitu terpaksa kebutuhan hidup harus dirit-irit sampai ada pemasukan lagi di bulan depan. Gara-gara kalap belanja tas, sepatu, baju, eh pertengahan bulan sudah harus makan soto, rendang, dan kari ayam dalam bentuk mie instan😂.

Hayooo siapa yang begitu? Suka kebablasan belanja? *nunjuk kaca*

Apalagi jaman now sudah canggih, mau belanja nggak perlu ke luar rumah. Asalkan ada gadget dan internet, plus duit di ATM, sudah bisa beli apa aja. Emang paling asyik belanja online, nggak perlu bedakan dan lipstickan. Cukup pakai daster sambil leyeh-leyeh di kasur, makan coklat, plus scroll-scroll layar hp, ngelihat barang-barang lucu bin ngegemesin di aplikasi e-commerce.

Sayangnya kebiasaan begitu bisa bikin pengeluaran jebol. Awalnya sih nggak butuh, tapi dilihat-lihat sling bag motif bunga-bunga di salah satu toko di e-commerce itu kok unyu banget? Kayaknya belum punya deh slig bag motif yang itu? Kayaknya bisa jadi tempat bawa dompet dan handphone, jadi lebih praktis kalau pergi-pergi. Kayakya bagus deh untuk foto #OOTD di Instagram.

Adaaaaa aja seribu satu bisikan halus entah darimana yang bikin saya seolah-olah merasa butuh dengan produk itu. Padahal sebenarnya nggak butuh-butuh banget, karena sudah punya beberapa tas dan masih bagus-bagus😓.

Untungnya belajar dari pengalaman yang sudah-sudah saya nggak mau gegabah. Produk yang saya inginkan memang saya masukkan di keranjang belanja, tapi nggak langsung dicheckout.  Karena saya punya tips agar bisa beli barang yang saya inginkan tapi nggak menggangu cashflow yang sudah ditentukan.

Manfaatkan Promo

Nah cara yang pertama ini bisa banget jadi andalan untuk dapatin barang impian dengan harga yang lebih miring. Misalnya nih di aplikasi Blibli, di halaman utamanya ada aneka ragam promo yang bisa dimanfaatkan. Kalian bisa  klik “lihat semua promo” di bagian kanan, lalu pilih filter kategori promo sesuai kategori produk yang lagi kita incar. Kemudian ada banyak promo menarik yang ditawarkan. Tinggal pilih deh yang mana paling besar diskonnya.

Dengan memanfaatkan promo, tentu kita bisa lebih menghemat budget belanja. Bisa dialihkan untuk beli barang lain deh. Awalnya Cuma bisa dapat satu, kalau pintar nyari promo yang pas siapa tahu bisa dapat dua atau tiga. *Wanita kudu perhitungan, shay!*


Manfaatkan Penawaran Gratis/Subsidi Ongkir

Kalau belanja dengan sistem online, otomatis ada ongkos kirim yang harus kita tanggung sebagai pembeli. Coba deh jeli memanfaatkan penawaran gratis/subsidi ongkir dari e-commerce, baca syarat dan ketentuannya. Lumayan kalau bisa gratis ongkir, kan. Uang ongkirnya bisa disedekahin deh *Boleh belanja, jangan lupa beramal juga yaaaa*.

Manfaatkan Kuis/Game Berhadiah

Asyiknya nih, ada e-commerce yang nggak cuma menjual berbagai produk tapi juga ada games seru yang bisa kita mainkan. Hadiahnya berupa poin yang bisa dipakai lagi untuk belanja. Asyiik kan?  Saya baru aja main tiga game dari event 12.12 Karnaval Histeria di aplikasi BliBli. Seru banget, apalagi game tebak logo. Kalian harus cobain juga ya.


Manfaatkan Harbolnas

Tahu kan kalau tanggal 12-12 nanti merupakan Hari Belanja Online Nasional? Biasanya banyak online shop yang menawarkan promo gila-gilaan hanya dalam waktu satu hari saja. Jangan lewatkan momen ini untuk beli barang yang kamu impikan. Jadi kalau ada barang yang kamu pengen tapi belum butuh-butuh banget, belanjanya itu pas momen kayak harbolnas begini aja. Karena harganya bisa beda jauh dibanding hari-hari biasa.

Itu dia tipsnya biar bisa hemat dan barang impianpun di dapat. Jangan lupa manfaatkan empat hal di atas ketika berbelanja secara online, ya. 

Beberapa hari lagi menuju Harbolnas nih. Kalian ada barang impian apa yang ingin dibeli? Atau ada tips tambahan? Boleh sharing di kolom komentar, ya.

19 comments on "4 Hal yang Harus Dimanfaatkan Saat Belanja Online"
  1. Kesimpulannya manfaatkan waktu sebaik-baiknya apabila ada promo, penawaran gratis/ subsidi ongkir, harbolnas ataupun kuis/ game berhadiah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuu, biasanya sih emak-emak teliti banget soal ini. Wong selisih 500 perak aja berharga hehehe

      Delete
  2. Intinya sih, harus rajin-rajin lihat promo.

    ReplyDelete
  3. Pernah juga nih kejadian blanja blanja teus langsung checkout ..pas udah kelar..iseng2 ulik2 applikasi itu lagi...OMG ternyata ada diskon besar dan juga freong yg harusnya bisa dimanfaatkan tadi...nyeselllll sampai susah tidur..kepikiran hahahbahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah, Mbak. Caranya kalau belum dikirim penjual, batalin aja pesanannya lalu checkout ulang dengan memasukkan kode promo. Hehe

      Delete
  4. Masih musim ini market place bikin promo-promo macam kuis dan ngumpul-ngumpulin poin buat event harbolnas. Poin dari Blibli, udah bisa buat belanja apa mbak? Hehe

    ReplyDelete
  5. kabanyakan diskon, promo dan sebagainya juga bahaya mbak.. yg niatnya ga beli karena iat promo jadi kebeli. eh padhal belum buttuh2 bener, hahaa. akhirnya skrg saya males buka buka onlen shop... males kepengen2 dan kepikiran. hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk memang butuh latihan untuk tahan iman dan godaan promo menarik

      Delete
  6. sekarang emang sudah banyak ecommerce yang menggunakan game atau promo menarik ya mbak, nanti bisa dikonversi menjadi poin, lumayan lah bisa buat nambal biaya. iya kan ? #jejakbiru

    ReplyDelete
  7. Eh besok ya ternyata harbolnasnya, ku baru engeh ya Alloh ahhahaha
    Banyak bgt yang pingin aku beli sebenernya tapi males ke offline store, tapi kadang di online shop juga ga sabar nunggu paket

    Paling kepincut klo ada promo gede gedean buat barang urgent kayak popok

    ReplyDelete
  8. iklan - iklan di tivi tentang harbolna, sepertinya 11 12 dech dengan artikel ini, intinya yach itu tadi merogoh kocek dalem2, mumpung murah, heheheh..... betul begitu dindo ? :)

    ReplyDelete
  9. Harbolnas tinggal besok ya mbak..udh ada beberapa barang di chart belanja.tinggal eksekusi dan nunggu diskonan 😂🤣

    ReplyDelete
  10. Aku pun suka free ongkir karena mayan hemat. Sering belanja dapetnya penjual di jakarta. Praktis ongkirnya di atas 20 rb. hehe. Kalo salam sebulan beli 4 paket aja bisa hemat banyak tuh. Apalagi pas hari2 diskon kek harbolnas gini. Wah, hematnya kebangetan. :D

    ReplyDelete
  11. Aku korban harbolnas nih. Emang sih belanja barang yang diperlukan bisa dapet harga miring, tapi karena banyak barang-barang lucu lainnya dengan harga miring juga, malah bangkrut. #2019janganimpulsif

    ReplyDelete
  12. Alhamdulilah semenjak sering baca hal-hal yang berkaitan dengan minimalist, saja jadi banyak ngerem 😁 , terutama soal numpuk barang. Dan berpengaruh pada berkurangnya jajan sembarangan. Hahhaa..

    ReplyDelete
  13. Tapi kok banyak yah online marketplace yang pake taktik yang sama, promo gede-gedean, sistem reward, game/kuis berhadiah, program free ongkir. Saya sih jadi pembeli enak2 aja, bisa dapet harga murah, barang dianter sampe depan rumah :)

    ReplyDelete
  14. saya kalau belanja online selalu nunggu momen kupon... apalagi sekarang kalau mau bayar tagihan... pakai kode promo biar dapat cashback yang banyakkk XD

    untung banget jadi konsumen

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9