Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Pengalaman Anak Mimisan [Review Aplikasi YesDok]


"Astagfirullah, nak. Hidungnya kenapa? Mas, sini mas. Mukhlas hidungnya berdarah"
Saya ingat banget malam itu saya lagi nemenin Mukhlas main di kamar. Namanya anak-anak ada aja yang dia mainin, bolak-balikin buku, mindahin botol-botol, bongkar bantal dan selimut. Intinya sepengawasan saya dia nggak ada main mainan yang berbahaya atau sampai kepleset atau kejedot. 

Makanya saya kaget banget pas ngelihat darah ngalir dari hidung kanannya. Saya teriak manggil suami yang lagi di depan TV. Sampai mertua juga nyusul karena dengar teriakan saya. Ternyata Mukhlas mimisan. Ibu mertua bilang jangan panik, nanti juga berhenti sendiri. Saya cepat ambil tisu untuk lap darahnya. Nggak banyak sih darahnya, dan anaknya juga nggak nangis atau kelihatan ekspresi kesakitan. 

Seumur-umur saya nggak pernah mimisan, saya sering main sama ponakan juga nggak pernah ngelihat dia mimisan. Jadi pas lihat anak sendiri di depan mata keluar darah dari hidungnya ya saya panik dong. 

Saya pegang dahinya tapi nggak panas, saya tanya ibu mertua apa selama saya kerja tadi dia ada terbentur tapi ternyata nggak ada. Aktivitas dan makanan Mukhlas hari itu normal-normal saja. Suami sudah menenangkan sih, tapi tetap saja namanya emak-emak ye kan ada rasa cemas apalagi saya nggak pengalaman dengan mimisan ini. 

Mau ke dokter, tapi kok anaknya baik-baik aja nggak kelihatan sakit. 

Ah, saya baru ingat beberapa hari sebelumnya saya dapat voucher aplikasi YesDok senilai Rp200.000 dari Shopee. Jadi YesDok itu aplikasi dimana kita bisa telpon atau video call langsung sama dokter kapanpun, dimanapun, 24 jam dalam sehari. Memang berbayar, untuk telpon tarifnya lima puluh ribu per sepuluh menit. 

Saya coba telpon dan tersambung dengan dr.Janto Gumulia saya ceritain tentang Mukhlas yang tiba-tiba mimisan. Saya lega banget saat dokternya bilang bahwa penyebab mimisan tidak jelas sebabnya, biasanya bukan merupakan suatu penyakit yang berbahaya. Ini terjadi karena mukosa hidung yang tipis saja. Selengkapnya saya lampirkan screenshoot penjelasan dari dokternya ya. 

Enaknya setelah konsultasi via telpon, hasil konsultasinya dikirimkan ulang dalam bentuk tulisan. 





Wah lega banget rasanya karena nggak perlu ada hal yang dikhawatirkan. Saya sih ngerasanya Mukhlas kebanyakan di ruang berAC makanya jadi mimisan. Ini kejadiannya kurang lebih dua bulan yang lalu, semenjak itu nggak pernah lagi Mukhlas mimisan. 

Bersyukur banget kenal aplikasi YesDok, ini bukan sponsored post/endorsement/lomba ya tapi murni testimoni saya sebagai pengguna. Saya ini tinggal di daerah kecil, RS aja cuma ada satu. Kalau hari libur susah cari klinik yang dokternya standby. Makanya saya merasa sangat terbantu ada aplikasi ini. 

Memang berbayar, tapi yakin deh kalau ke dokter juga lebih dari itu biayanya. Jatah sepuluh menit yang diberikan sudah cukup untuk tanya ini itu. Asalkan kita juga kasih tahu keadaan pasien sejelas-jelasnya. Oh ya ada fitur Video Call juga kalau memang mau menunjukkan kondisi fisik sama dokternya, tapi saya selama ini cuma pakai fitur telpon. 

Selain Mukhlas mimisan, saya juga pernah konsultasi karena Mukhla lagi tidur terus tiba-tiba muntah-muntah. Setelah muntah, dia ceria lagi. Tapi tetap saja hati nggak tenang, saya telpon dokter di aplikasi YesDok, saya ceritakan kejadiannya dan mengingat-ingat apa yang saya makan sebelumnya. Saya ingat saya makan durian kebanyakan, padahal masih meyusui (khilaf, hiks). Jadi saran dokter untuk menetralisir saya harus banyak minum susu, air putih, dan makan nasi supaya cepat menetralisir gas dari durian.

Saya ikutin saran dokternya, tengah malam minum susu Bear Brand dua kaleng, air putih 1.5 liter, nasi telor sepiring, bye bye langsing mempesona. Tapi setelah itu saya susui Mukhlas dan dia tertidur sampai pagi nggak ada drama muntah-muntah lagi. Fiuuh lega. 

Pokoknya saya merasa terbantu banget sama aplikasi ini. Untuk hal-hal yang sekiranya nggak terlalu gawat, tapi saya penasaran apa penyebabnya dan gimana cara supaya jadi lebih baikan maka telpon dokter di aplikasi YesDok solusinya. 

Problem saya di daerah kecil sih susah cari dokter ya, kalau di kota besar problemnya pasti antrian dokter yang panjang. Nah aplikasi ini membantu banget kan, nggak perlu antri langsung dilayani. 

Tapi perlu diingat ya, hanya untuk penyakit ringan. Kalau sekiranya anggota keluarga kita sudah menunjukkan rasa benar-benar sakit ya cepat-cepat bawa ke UGD. 

Oh ya, saldo pertama saya dari menang undian Shopee itu hanya berlaku dua minggu. Namun ada caranya supaya masa berlakunya diperpanjang sampai setahun. Gampang banget, cukup top up saldo lagi minimal seratus ribu. Maka saldo sebelumnya juga jadi  berlaku sampai setahun. Apalagi ada promo di Tokopedia waktu itu top up seratus ribu cuma bayar tujuh puluh delapan ribu. 

Semoga cerita saya ini bermanfaat ya, apalagi untuk buibuk baru yang mudah cemas kayak saya. 

Ada pengalaman dengan anak mimisan? atau ada yang pernah pakai aplikasi YesDok juga? Komen di kolom komentar ya. 


https://www.yesdok.com/
Aplikasi YesDok bisa didownload di App Store dan Google Play

Baca Juga : 




19 comments on "Pengalaman Anak Mimisan [Review Aplikasi YesDok]"
  1. Seneng ya mba..klo bsa dapat jawaban dari yang berkompeten gitu secara cepat, jadi nggak panik.

    Anakku pernah mimisan juga..tapi karena kena tangan (kesamplek) tangan temannya pas main..aku sumbat pake daun sirih itu mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba alhamdulillah jadi mama di zaman teknologi udah canggih :D

      Delete
  2. Enak memang kalau ada aplikasi seperti ini karena kadang keluhan ringan males kalau ke dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, serba nanggung mau ke dokter tapi kayaknya baik-baik aja. Tapi penasaran sebenarnya kenapa haha

      Delete
  3. wah menarik nih bun.. kalau konsultasi non penyakit kira2 bs gak ya bun? misalnya konsultasi gizi karena susah naikin berat badan wkwkwkwk..

    mampir juga ke page aku yaa bun ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya bisa mba, tapi ini rata-rata dokter umum sih bukan dokter spesialis. oke mba, makasih sudah mampir ya.

      Delete
  4. Anak saya juga pernah mimisan Mbak, terutama setelah makan semangka,pernah dikonsultasikan bidan katanya nggak pa-pa. Punya juga ni voucher yesdok dari sophee tapi belum coba

    ReplyDelete
  5. Keren mba tulisannya, informatif banget. Mmg zaman now semua serba gampang yah. :)

    ReplyDelete
  6. Dokter aja canggih sekarang yak..

    ReplyDelete
  7. ngakak part bye bye langsing mempesona :D yah namanya ibu ya mba demi anak pasti dilakuin meski malam2 makan :D semoga ga mimisan lagi Muklas :)

    ReplyDelete
  8. Aq baru tahu loh ini aplikasi yes dok, tfs mbak... Semoga muklas gak mimisan lagi yah..

    ReplyDelete
  9. Ijin untuk instal aplikasinya, terimakasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  10. Keren banget aplikasinya. Apalagi kalau jauh dari dokter, ya. Bakalan membantu banget :)

    ReplyDelete
  11. Wah, baru tahu ada aplikasi ini. Boleh juga untuk konsultasi awal kalau ada apa-apa. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  12. Makasih infonya. Sangat bermanfaat banget. Apalagi kalau pas aku cuma berduaan sama anak. Jadi kalau masih dalam batas penyakit biasa, kita jadi enggak terlalu khawatir ya mbak. :)

    ReplyDelete
  13. Di era digital gini, aplikasi di hp yang berhubungan dengan kesehatan dan on 24 jam penting banget! Baru tau loh aku Mba.. Thanks infonya yaa..

    ReplyDelete
  14. Baru tau ada YesDok ini, bisa jadi solusi pertolongan pertama ya buat ibu2 yg gampang panik­čść Thanks bgt infonya mbak lgs saya kulik2 dan cari info lebih lanjut hehehe

    ReplyDelete
  15. Aku baru tahu ada aplikasi ini. Buat kita yang nyari dokter di hari libur itu susah. Kalau mau ya ke RS. Ini tinggal pakai app Yesdok dan bisa konsul. Makasih infonya, mba.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9