Thursday, August 2, 2018

Review Aplikasi Berfaedah : Inspigo dan Ruangkerja


Halooo, baru bisa update blog lagi nih. Inipun nulisnya sebagian di notes handphone. Habis ini jempol keriting dah. Ide nulis sih banyak, tapi waktu eksekusinya nggak ada. Maklum, saya kan bagian dari pengacara (perkumpulan emak-emak banyak acara). Apalagi kemarin sempat kena Mastistis, huhu. 

Meski begitu yang namanya passion, nggak bisa didiemin. Gatel pengen nulis. Disempet-sempetin deh. Ini mumpung anak tidur nih, kalau dia bangun berarti tulisannya disambung minggu depan yak. 



Baeklah, kali ini saya mau review aplikasi yang berfaedah untuk semua kalangan. Ini bukan endorse, bukan lomba juga. Murni karena saya sebagai pengguna merasakan manfaatnya. Aplikasi ini masih tergolong baru, jadi saya ingin lebih banyak orang tahu dan juga bisa merasakan manfaat yang sama. 


Pertama kita bahas aplikasi Inspigo. Jadi aplikasi ini berisi kumpulan audio hasil wawancara dengan narasumber yang ahli di bidangnya dengan berbagai topik menarik. Mulai dari topik kesehatan, keuangan, gaya hidup, karir, kepemimpinan, keluarga, seni, bisnis, teknologi, dan masih banyak lagi. 

Apalagi wawancaranya dikemas dengan bahasa yang santai dan ringan. Persis kayak orang yang lagi ngobrol sambil ngopi-ngopi, tapi apa yang diobrolin itu berisi dan berfaedah bagi kita para pendengarnya. 



Beruntungnya lagi semua materi audio di aplikasi Inspigo itu GRATIS.  Padahal biasanya untuk mendapatkan ilmu-ilmu seperti itu kita harus datang ke seminar atau talkshow dengan bayaran yang cukup mahal. 

Terimakasih ya Allah atas izinMu tercipta teknologi seperti ini. 

Apalagi karena sifatnya mobile, kita bisa dengarin kapan saja, dimana saja asal tersambung dengan internet. Saya sendiri lebih sering mendengarkan Inspigo di dapur sambil masak. Lumayan daripada dengar bunyi penggorengan doang, mending sambil nyari ilmu. Sering juga di kantor sambil nulis laporan, jadi semacam sambil menyelam minum thai tea. Kerjaan selesai, ilmu baru didapat. 

Topik favorit saya ada kesehatan, keuangan, dan self improvement. Banyak hal-hal yang dibagikan narasumber itu membuka pikiran saya bahwa memang kesehatan,keuangan, dan kepribadian yang baik memang harus diusahakan tapi kalau niat nggak sesusah yang dibayangkan kok. 


Dari Inspigo juga saya juga bisa belajar dari para pemimpin hebat di Indonesia. Salah satu yang menarik, waktu saya mendengarkan wawancara Inspigo dengan Wishnutama, CEO Net Tv. Saya baru tahu kalau semua karyawan di Net Tv itu harus ikut pelatihan militer untuk melatih kedisiplinan. Sekalipun Net Tv sendiri adalah industri kreatif yang dikenal fleksibel, tapi beliau ingin karyawannya juga punya rasa disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. 

Ternyata bukan petugas lapas kayak saya aja yang wajib ikut latihan militer, mereka juga. 

Untuk orang yang tinggal di daerah kecil kayak saya,  Inspigo bagaikan tambang ilmu. Dimana saya bisa belajar banyak hal dari orang-orang yang memang sudah terbukti kredibilitasnya. Meski saya cuma pegawai biasa di lembaga pemerintahan, juga seorang ibu rumah tangga, wajib bagi saya untuk terus menimba ilmu apalagi zaman terus bergerak maju dengan cepat. Anggap saja ini bekal untuk saya kelak mendidik Mukhlas. 

Sayangnya ada beberapa kekurangan aplikasi ini. Pertama, nggak bisa didengarkan secara offline. Jadi kalau memang daerah kamu susah sinyal, ya kudu manjat-manjat pohon dulu lah ya. Kedua, meskipun gratis tapi untuk mendengarkan versi fullnya berbatas waktu. 

Maksudnya, setiap topik di Inspigo itu dibagi dalam beberapa part audio. Misal ada sepuluh part kalau masa berlaku akun premiumnya habis kita hanya bisa dengarin 5 part aja. Nanggung banget kan, apalagi kalau topik yang dibahas kita suka banget.


Tapi ada caranya kok supaya bisa jadi akun premium dan mendengarkan seluruh part audionya. Masukkan kode di bawah ini ketika pertama kali membuat akun di aplikasi Inspigo.

F6LFZ

Saya berharap kedepannya makin banyak topik menarik, terutama tentang dunia parenting dan relationship. Kedepannya nggak apa-apa banget kalau akun ini harus berbayar untuk mendapatkan akses full sebulan atau setahun karena memang isinya ilmu-ilmu keren yang kalau harus datang ke seminar atau talkshownya langsung pasti akan lebih mahal dan nggak semua orang bisa. 


Gimana? daripada waktu luang dipakai stalking akun gosip unfaedah, lebih baik dipakai dengarin materi dari Inspigo. Jangan lupa pakai kode di atas pas daftar ya biar bisa dengarin materinya secara full

***

Selanjutnya saya mau kasih tahu aplikasi yang juga bermanfaat dan masih ada hubungannya dengan Inspigo. Nama aplikasinya Ruangkerja. Namanya mirip dengan aplikasi bimbingan belajar online yang brand ambassadornya Iqbaal Ramadhan itu, kan? yap, karena memang ruangkerja ini masih satu perusahaan dengan ruangguru. 

penyegaran mata. Source : IG  @ryanogilvy


Saya tahu aplikasi ini awalnya karena memang saya ngefollow founder ruangguru yaitu Iman Usman dan Belva Devara. Salut banget sama mereka berdua. Anak muda yang giat belajar, sampai kuliah di luar negeri. Setelah selesai kuliah mereka mengaplikasikan ilmunya untuk berbuat sesuatu yang dampak positifnya sangat besar di bidang pendidikan. 

Begitu ngekepoin kiprahnya mereka, langsung berdoa semoga Mukhlas bisa jadi kayak mereka. Pintar bukan hanya untuk dirinya sendiri, tapi sebisa mungkin mengaplikasikan ilmunya agar bermanfaat bagi masyarakat luas. 

Karena aplikasi ruangguru terbatas hanya untuk pelajar SD-SMP-SMA, akhirnya mereka juga meluncurkan aplikasi ruangkerja yang bisa dipakai semua kalangan termasuk mamak-mamak kayak saya, kayak kita. 



Ruangkerja berisi materi-materi yang menunjang kemampuan diri. Intinya semacam pelatihan skill online yang bersertifikat. Berbeda dengan Inspigo yang full audio, kalau disini materinya berbentuk video. Namun beberapa materi saya lihat juga ada yang bekerja sama dengan Inspigo. 

Lagi-lagi aplikasi ini jawaban bagi kita yang haus akan ilmu tapi terbatas waktu, lokasi, dan biaya. Kapan lagi kita bisa dapat materi-materi untuk meningkatkan kemampuan diri secara cuma-cuma alias GRATIS. Modal kuota sih, tapi nggak sebandinglah kalau harus jauh-jauh ke lembaga kursus. 

Apalagi nih ya buat mamak-mamak kayak saya. Kerja di kantor dan ngurus anak saja sudah cukup menyita waktu. Tapi kalau rutinitas itu terus dilakukan tanpa mengupgrade kemampuan rasanya sayang banget. Kalau kita masih bisa produktif di sela-sela kewajiban, kenapa nggak? 


Di aplikasi ini kelasnya terbagi dua. Ada kelas perusahaan dan kelas umum. Kelas perusahaan hanya bisa diakses bagi karyawan yang memang perusahaannya sudah bekerja sama dengan ruangkerja. Sedangkan kelas umum bisa diakses siapa saja. 

Materi-materi yang disediakan di ruangkerja beragam banget. Kita bisa pilih kelas yang sesuai minat dan bidang. Contohnya ada kelas Microsoft Excel basic 101, cara untuk lebih produktif, cara sukses mendapatkan beasiswa, pelatihan public speaking, dan lain sebagainya. 

Uniknya di aplikasi ini kita harus menyimak materi secara berurutan. Jadi kita nggak bisa tuh ngeskip video pertama dan langsung ke video kedua. Karena video berikutnya terkunci sampai kita menyelesaikan video pertama. Terus saya coba dicepatin gitu nggak bisa. Mungkin tujuannya memang supaya kita menyimak materi dengan serius.


Nggak cuma itu, bahkan ada semacam kuisnya lho. Untuk menguji sejauh mana pemahaman kita akan materi yang sudah diberikan. Jadi kalau Inspigo bisa saya dengarkan sambil goreng ikan, kalau ruang kerja harus disimak ketika anak tidur agar bisa lebih berkonsentrasi. Setelah materi dan kuis selesai, kita bisa dapat sertifikat online (hanya untuk materi terpilih). 

Selain video-video pembelajaran, ada artikel-artikel menarik seputar tips-tips sukses juga. 

Kesimpulannya, dua aplikasi di atas wajib ada di handphone kamu. Disela-sela menunggu, ketika bosan, alih-alih hanya scroll feeds Instagram, kenapa nggak dimanfaatkan untuk menambah wawasan? dipastikan di kedua aplikasi ini nggak ada ujaran kebencian apalagi politik hitam, mhuehehe.

Ada yang bilang, internet itu semacam dua mata pisau. Ujung satunya bisa membantu mempermudah kehidupan kita, ujung satunya bisa menyulitkan bahkan melukai diri sendiri. Saya setuju banget. Kita bisa menggunakan internet untuk hal-hal negatif, tapi kita juga bisa menggunakannya untuk hal-hal positif termasuk menambah ilmu. Pilihan ada di tangan kita

Adakah teman-teman yang sudah menggunakan aplikasi ini? atau baru tahu dari tulisan saya? sharing di kolom komentar, ya. Kita doakan makin banyak aplikasi berfaedah karya anak bangsa. 








24 comments:

  1. wuahhh postingannya sungguh penuh faedah mbak enny dan mata ku tersegarkan sore ini dengan pemandangan dedek iqbal yang unyu2, hahahha
    thanks for sharing mbak, langsung download...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah hebatnya jika seorang blogger yang doyang menulis, Kalau saya disuruh menulis sepanjang itu, nyerah deh. Kasihan tangan, takut keriting.

      Delete
  2. waktu aku ikutan training ada salah satu peserta seniorku yang cerita juga kalau di kantornya untuk bisa mendisiplinkan karyawannya mereka latihan militer bahkan sampe nginep berbulan2 tak hanya disiplin tapi kekompakan juga dan its work mba makanya bang wisnu ((abang sok dekat guah ahhaah) pake militer juga :p

    makasi info aplikasinya mba pengen cobain ah apalagi GRATIS

    ReplyDelete
  3. Aku langsung kepoin aplikasi Ruang Kerja.

    ReplyDelete
  4. Wah iya, bagus tuh kalo Inspigo kayak Youtube yang bisa diunduh dulu lalu disetel pas posisi offline, 'kan lumayan kalo ada wifi gratis bisa banyak2in donlod :D

    ReplyDelete
  5. Baru tau banget dr blog ini kalo ada dua aplikasi keren itu.

    Aku mau nambahin, ada iJak sama iPusnas hehe buat yang suka baca buku :D mayanlah bisa pinjam banyak buku secara gratis. Walaupun ebook, cukup bisa dimanfaatkan ketika krisis beli buku datang haha

    ReplyDelete
  6. Karyawan tv harus ikut wajib militer? aduh kalau itu saya pastinya sudah kabur duluan. Tidak kuat dan tidak kukut.
    Soal video yang tidak bisa ditonton secar offline atau diskip alias dipercepat, pastinya membuat hati sedikit dongkol. Semoga bisa diperbaiki.

    ReplyDelete
  7. Wow sangat bermanfaat ya jadi lebih produktif nih😍

    ReplyDelete
  8. Baru tau dari postingan ini mba ada aplikasi begini ciamiknya :D
    Jatuhnya ini sejenis soundcloud/podcast/radio yang dirangkum dalam satu aplikasi gitu ya? Menarik banget, krn temanya banyak. Ada tema beauty ga yah ehehe

    ReplyDelete
  9. Sippp, harus install inspigo!

    Btw kalau udah masukin kodenya tetep bayar atau jadi gratis mba?

    ReplyDelete
  10. aku pengen download inspigo nih mba, lhaa memori hape dah penuh :D bentar lagi tak bersihin trus download ah

    ReplyDelete
  11. aku pernah dengerin yg sesinya founder Jouska, seruu banget emang dengerin di sini. dapet ilmu banyak tanpa dirasa menggurui. mantap lah

    ReplyDelete
  12. Tertarik banget yg ruangkerja, mba

    ReplyDelete
  13. Inspigo setelah aku cek termyata inspiratif banget..
    Banyak ilmu yang bisa didapat dan gak perlu susah susah hadir di seminar gitu. Keren

    ReplyDelete
  14. Bermanfaat sekali,, selama ini nyari2 sendiri di youtube,, ini ada semacam komunitasnya juga ga mba?

    ReplyDelete
  15. wah sepertinya perlu mencoba aplikasi ini

    ReplyDelete
  16. Wah, sudah banyak ilmunya, gratis pula. Bagus buat yang suka pusing kalau baca di hp mungil kayak aku. Tinggal didengerin aja.

    ReplyDelete
  17. xixix namanya ruangkerja,, ampir mirip2 dengan ruang guru yaa.. beuh ada foto iqbal bikin kelepek2.. pengen nonton dilan lagi hahha.. Btw mau coba ah kunjungi ruangkerja siapa tau bisa dapat rezeki pekerjaan darisana ya kak

    ReplyDelete
  18. Siap install deh. Pengen nambah ilmu. Gratis eh modal kuota.

    ReplyDelete
  19. Jadi penasaran sama aplikasinya. Mayan juga yaa

    ReplyDelete
  20. sekarang semua udah serba mudah ya mbak.. mau dapet ilmu tinggal buka smartphone, apalagi ini gratis.. luar biasa

    ReplyDelete
  21. wuah jadi pengen nyobain aplikasinya..

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen instal inspigo... matur suwun reviewnya... Selama menggunakan inspigo bidang kesehatan dan keuangan, Mbak Enny akan rekomendasiin siapa aja untuk diikuti?

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.