Lactacyd Baby, Solusi Iritasi dan Alergi Pada Kulit Bayi.

Thursday, September 28, 2017

"Menjadi ibu adalah kebahagiaan yang nggak bisa digambarkan, meskipun repot dan lelah tapi ada perasaan senang yang membuncah melihat buah hati sehat dan gembira." 



Sebagai ibu baru banyak hal yang saya alami ketika merawat anak saya, Mukhlas Al Ghiffari. Senang rasanya bisa mengurus Mukhlas dengan tangan saya sendiri mulai dari menyusui, memandikan, memakaikan baju, mengajak bermain, membuatkan MPASI, dan masih banyak lagi. Kalau Mukhlas sehat dan ceria, emaknya ini pasti juga ikutan bahagia. Tapi kalau ada apa-apa sama Mukhlas, mulai deh saya panik dan heboh (maklum newbie mom) 😅.


Salah satu kepanikan saya adalah ketika kulit Mukhlas bruntusan ketika umur 1,5 bulan. Saya kaget karena sehari sebelumnya kulit Mukhlas baik-baik aja. Entah kenapa keesokan harinya saat waktu Mukhlas berjemur saya menyadari kalau banyak bintik-bintik bruntusan kemerahan di badannya, kaki, dan dahi.

Duh, mulai deh ada perasaan galau dan bingung. Ini kira-kira apa penyebabnya? terus gimana cara mengatasinya 😰?

Saya browsing-browsing dan menemukan banyak artikel terkait penyebab bruntusan, beberapa saya rangkum dibawah ini :



👉 Keringat yang berlebihan dan terperangkap di baju yang tebal


Saya akui kalau memakaikan Mukhlas baju di siang hari pun pasti memakai kaos dalam (singlet) sebelum pakai kaos biasa. Alasannya takut Mukhlas masuk angin atau kedinginan. Padahal cuaca kalau siang di daerah tempat saya tinggal ini puanassnya poll, berasa pengen berendam di kolam sambil minum es cendol 😄.

Nah, bisa jadi bruntusan di kulit Mukhlas karena saya sering pakaikan dia baju dua rangkap seperti itu.

👉 Alergi makanan


Kalau alergi makanan saya rasa bukan penyebabnya karena saya ingat hari dimana Mukhlas sebelum bruntusan dan saat bruntusan saya makan dengan menu yang sama. Kalau memang alergi kenapa nggak dari awal?


👉 Alergi Detergen


Kulit bayi yang sensitif bisa mengundang reaksi alergi kalau nggak cocok dengan detergen baju yang dipakai. Tapi untuk kasus Mukhlas, saya rasa bukan alergi detergen karena dari dia lahir sudah pakai suatu merk detergen dan aman-aman saja.


👉 Alergi Sabun


Selain karena keringat yang terperangkap, bisa jadi Mukhlas juga alergi sabun mandi karena saya waktu itu ngasal aja pakai sabun gonta-ganti dari kado teman-teman. Tapi mau ganti sabun apa yang tepat, saya bingung karena takutnya salah pilih lagi.

Akhirnya saya WhatsApp kakak saya yang sudah punya anak tiga, dia langsung merekomendasikan sabun Lactacyd Baby.



Setelah dikasih rekomendasi, segera saya minta suami belikan. Alhamdulillah ada di apotik dekat rumah. 

Waktu Mukhlas mandi, saya teteskan beberapa tetes sabun ke bak mandinya sesuai dengan petunjuk dikemasannya. Alhamdulillah, kurang lebih tiga hari bruntusan dan kemerahan di badan, kaki, bahkan dahi Mukhlas hilang semua. Senang rasanya melihat kulitnya mulus lagi 😘.

banyak timbul bintik kemerahan

Sesudah Pemakaian Rutin Lactacyd Baby, Bruntusan hilang dan kulit mulus



Saya jadi terkagum-kagum dan jatuh cinta dengan Lactacyd Baby ini. Pasalnya Bruntusan Mukhlas bisa hilang tanpa bantuan baby cream atau lotion apapun. Setelah saya cari tahu ternyata Lactacyd Baby merupakan brand internasional yang sudah terpercaya untuk menjaga kulit bayi dari iritasi ringan Selain karena izin Allah, tentunya Lactacyd Baby sekarang jadi teman setia saya dalam urusan perawatan kulit Mukhlas.

Berikut saya jabarkan alasan kenapa saya jadi kecintaan banget sama Lactacyd Baby dalam merawat kulit anak agar tetap sehat :



happy baby, happy mommy


Bye-bye bruntusan, ruam popok, bahkan gigitan nyamuk. Yap, selain pengalaman saya saat Mukhlas bruntusan saya juga mengalami bahwa Lactacyd Baby bisa membantu menghilangkan bentol-bentol merah karena gigitan nyamuk.  Saya lumayan kecolongan sehingga bentol-bentol Mukhlas cukup banyak di kaki, di tangan,  di pipi, dan di jidat. Karena saat itu baby cream Mukhlas entah kemana, sepertinya nyelip diantara rumah yang berantakan ini. 

Alhamdulillah, rutin mandi pakai Lactacyd Baby  dua-tiga hari kemudian bentol-bentol memudar dan hilang. #BabySkinExpert  #LactacydBaby


Mandi adalah kegiatan yang menyenangkan bagi Mukhlas dan saya.


Pengalaman tersebut membuat saya menjadikan Lactacyd Baby salah satu perawatan kulit Mukhlas, karena Lactacyd Baby telah teruji secara dermatologi dan dapat digunakan setiap hari. #BabySkinExpert #LactacydBaby

Selain itu Lactacyd Baby juga memiliki Kandungan alami dari ekstrak Susu serta formulasi dengan pH 3-4 yang sesuai dengan kebutuhan kulit bayi.


Kalau sabun-sabun bayi kebanyakan cenderung wangi dan banyak busanya. Bagi saya pribadi sabun itu yang paling penting untuk membersihkan, bebas kuman. Nggak perlu terlalu wangi karena anak bayi itu sudah punya wangi alami tersendiri. 

Sabun cair Lactacyd Baby sama sekali nggak berbau menyengat. Busanyapun sedikit cenderung nggak ada. 





Meski Lactacyd Baby nggak dijual di mini market (ini daerah saya ya, nggak tahu kalau kota lain) tapi di semua apotik ada, di online shop pun banyak. Jadi saya nggak ribet nyari-nyari kalau kehabisan. 



Dibandingkan dengan sabun bayi lainnya mungkin lactacyd baby terdengar lebih mahal, cuma karena memang lactacyd baby mampu mengatasi masalah iritasi kulit pada bayi saya rasa ini jauh lebih terjangkau daripada harus mahal-mahal ke praktek dokter. 

Harga di daerah tempat tinggal saya untuk 60ml adalah Rp25.000, 150ml Rp60.000, dan 230ml Rp95.000.





Pengalaman sebelumnya pernah pergi ke tempat neneknya Mukhlas karena saya pikir sekalian mandi sore disana saya bawa dong semua perlengkapan Mukhlas termasuk sabun mandi. Ealaaah, pas mau mandi buka tas sabunnya beleber kemana-mana. 

Kalau Lactacyd Baby tutup botolnya berbentuk flip flop, selain anti tumpah gampang dibuka walau cuma dengan satu tangan. Tahu kan gimana mandiin anak satu tangan pegangin dia, satu tangan lagi buka sabun dan gosokin badannya. 

Saya pribadi membeli ukuran yang paling kecil yaitu 60ml karena gampang dibawa kemana-mana, dimasukkin ke kantong samping tas mukhlas yang kecil aja muat. nggak berat-beratin tas juga. 
Ready to go




Saya sudah pernah cerita di postingan sebelumnya kalau semenjak hamil tri semester akhir dan 3 bulan pertama menyusui Mukhlas saya terkena alergi di kulit tangan, perut, leher dan punggung 😭. 

Karena gatal-gatal dan bentolnya tak tertahankan, saya berobat ke dokter kulit dan dokter umum. Setelah dikasih obat, dokternya nyaranin ganti sabun mandi dengan Lactacyd Baby. Bahkan dokternya cerita kalau ada pasien dengan keluhan jerawat dia nyaranin pakai sabun Lactacyd Baby sebagai sabun muka. Sudah banyak juga sih beauty blogger yang mencoba dan berhasil untuk menghilangkan jerawatnya. Tapi saya pribadi memakainya kalau alergi saya kambuh. Alhamdulillah Kulit kembali mulus walau masih item, hahaha. 



Gimana saya nggak cinta dan setia sama Lactacyd dengan keunggulan sebanyak itu, nggak cuma mengatasi iritasi kulit anak saya, tapi juga saya sendiri. 




Semenjak kenal Lactacyd Baby setiap ada teman yang punya masalah iritasi kulit pada bayinya saya nyaranin pakai Lactacyd Baby. Dengan catatan jika dalam waktu 4-7 hari nggak membaik segera dibawa ke dokter spesialis anak atau dokter spesialis kulit untuk tahu apa penyebabnya. 


Alhamdulillah sekarang Mukhlas umurnya 6 bulan 2 minggu, masalah kulit bruntusan hanya terjadi satu kali seperti cerita saya diatas. Jadi kalau siang hari Mukhlas dipakaikan baju tipis saja, nggak pakai produk lotion atau pewangi yang berbahan kimia, serta mandinya pakai Lactacyd Baby. Semoga kalau ada ibu-ibu yang baca ini dan anaknya lagi bruntusan bisa dicoba ya tipsnya. 

Cerita lainnya minggu lalu kami sekeluarga berenang ke kolam renang umum di dekat rumah. Saya deg-deg-an karena ini pertama kalinya Mukhlas berenang di kolam umum. Biasanya di kolam khusus baby spa. Kekhawatiran saya takut kulitnya iritasi karena kan kolam renang umum pasti ada kaporitnya, dan macam-macam orang yang berenang disana. 


ekspresi kelilipan air



Alih-alih khawatir saya tetap bawa Lactacyd Baby untuk mencegah iritasi kulit Mukhlas. Alhamdulillah sampai tulisan ini dibuat Mukhlas kulitnya baik-baik aja. Saya senang, kalau begitu Mukhlas bisa sering-sering ke kolam renang umum. Karena berenang bagi bayi itu banyak banget manfaatnya salah satunya melatih kekebalan tubuh, dan melatih motoriknya. 


Itulah pengalaman saya memakai Lactacyd Baby untuk perawatan kulit anak sehari-hari, dan bahkan kulit saya sendiri saat terkena alergi atau iritasi ringan. Kalau Mommies sendiri punya pengalaman yang sama, share juga ya di kolom komentar.

Pada hakikatnya seorang Ibu pasti akan melakukan apapun yang terbaik bagi anaknya. Termasuk dalam perawatan kulit anak agar tetap sehat. Ibu hebat, pasti cermat memilih produk agar kulit bayi selalu sehat 😊.




*Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan opini penulis. Artikel ini diikut sertakan dalam Lomba Blog Lactacyd Baby*











24 comments:

  1. dulu anakku juga cocok pake lactacyd mukanya merah2 di pipi setelah pake lactacyd langsung hilang alhamdulilah sampe sekarang ga kambuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bunda namira, makin banyak yang cocok pakai lactacyd yaak ^^

      Delete
  2. Wowowow catet ahhhh btw itu tangan mba pas 7bulan ya ampunnn semogaa sehat selalu ya kitaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba pengaruh hormon hamil juga kata dokter, alhamdulillah sekarang sudah sembuh. makasih yaaa

      Delete
  3. Jaman dulu pengetahuan ibu2 belum sebaik & semudah mendapatkannya di blog spt sekarang. Kalau bruntusan vonis dokter selalu alergi susu sapi trus disuruh ganti susu kedelai. Merk susunya yg disarankan dokternya. Sampai hapal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gitu ya mba, saya paling check sabun atau detergen cuci baju kalau kulit bayi kenapa-napa karena memang ASI. But thanks for sharing mba Lusi :)

      Delete
  4. Wah dedenya lucu sekali, ndut lagi bun. Wah usianya masih 6 bulan 2 minggu ya. Berarti baru mulai MPASI. Semoga dedenya sehat selalu ya, mba. Kalo keringetan berlebih ga usah takut lagi ya krna udah nemu solusi yg cocok ma dd nya 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun sudah mulai MPASI, alhamdulillah iya nih bunda erysha makasih sudah baca ya :)

      Delete
  5. ketiga anakku memang cocok banget pakai lactacyd. aman dan nyaman kulitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi mantep deh mba udah dibuktikan di tiga anak :D

      Delete
  6. Lactacyd baby itu salah satu produk kesehatan buat kulit bayi yang emang udah terbukti kualitasnya hehe. Pokoknya gak salah lah klo beli produk ini. dan lagi bunda jadi gak perlu takut gak cocok dikulit si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget mba, nggak ada lombanya pun memang saya pakai ini untuk anak ^^

      Delete
  7. Lho bisa buat mamaknya.
    Saya mau coba ah... bisa nggak ya, saya tipe gampang alergi sih sedihnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mba, jangan lupa konsul dokter. Kalau saya itu dookternya yang ngasih saran waktu saya berobat karena alergi.

      Delete
  8. Wah ini mah kayak anak saya yang keringatnya berlebih kalo gerah, kadang merah-merah. Lactacyd memang cespleng ya mba. Saya pikir buat bocah doang ya, ternyata buat orang gede juga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas dengan catatan konsul ke dokter juga. Sip deh, bapak siaga :D

      Delete
  9. Anakku juga umur 8 tahun masih pakai Lactacld mba. Dan aku juga pakai karena pas buat kulit sensitif

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, bakalan setia deh karena andalan banget untuk mengatasi iritasi ringan kulit anak :D

      Delete
  10. Sampai sekarang iioo juga suka pake Lactacyd baby mbak, saya aja suka karena wanginya juga lembut yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar mom, komposisinya emang bagus untuk mengatasi iritasi kulit bukan cuma pada bayi tapi juga pada orang dewasa :D

      Delete
  11. Komen diatas, para ibu-ibu dan bapak yang sudah punya anak..hehe
    Aku nyimak dan baca dari atas, tapi ini jadi pengetahuan baru, kalau udah nikah dan punya anak, bisa buat persiapan aja, dan terlihat dari yang di ceritakan, terlihat perbedaannya banget ya, Teh, rekomen nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah baca ya, kan bagus nambah ilmu sebelum punya anak :D

      Delete
  12. wah ternyata bukan cuma buat bayi aja ya ternyata buat orang dewasa juga bagus, kulit bayi mah memang sangat sentif jadi sebagai seorang ibu kita harus cermat memilih sabun untuk bayi kita. seperti menggunkaan Lactacyd Baby yang sangat aman digunakan bayi dan juga bisa menghilangkan bekas alergi pada bayi

    ReplyDelete
  13. Aku mau ah pakai Lactacyd. Kulitku kan sensitif, bisa kan ya? oh ya, keponakanku usia 2 tahunan kulitnya suka ruam dan kemerahan tuh. Nanti aku kasih tau tentang Lactacyd baby deh, tks infonya :)

    ReplyDelete

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS