√ Cara Klaim Asuransi Garda Oto Karena Kecelakaan - Duduk Paling Depan

Cara Klaim Asuransi Garda Oto Karena Kecelakaan

 

image by: Freepik

Jika memiliki sebuah kendaraan, tentu kamu menginginkan kendaraan tetap terawat dan terlindungi dari kejadian yang tidak diinginkan. Salah satu cara untuk melindungi kendaraan agar terlindungi maka Kamu bisa menggunakan asuransi Garda Oto

Dengan memiliki asuransi tersebut, maka ketika berkendara kamu akan lebih merasa tenang dalam setiap perjalanan.

Untuk memanfaatkan segenap kenyamanan dan ketenangan dalam berkendara tentu harus dibayar dengan sejumlah premi yang sudah ditentukan oleh pihak asuransi. 

Dengan adanya pembelian asuransi maka sebagai pemilik asuransi akan terfasilitasi atas segala kebutuhannya ketika terjadi suatu masalah dalam berkendara.

Namun sebelum memanfaatkan segala fasilitas dari asuransi, hal yang paling mendasar yang harus diketahui oleh pemilik asuransi adalah cara klaim asuransi. 

Klaim asuransi merupakan salah satu cara yang harus dilakukan oleh pihak tertanggung (pemegang polis asuransi) untuk mendapatkan sejumlah dana ganti rugi dari perusahaan asuransi.

Klaim asuransi tersebut dapat dilakukan jika kendaraan yang mengalami kecelakaan atau pencurian, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh pihak penyedia asuransi. 

Untuk mengklaim asuransi tersebut, bisa dilakukan untuk segala jenis dalam asuransi misalnya asuransi mobil TLO maupun asuransi mobil All Risk.

Proses klaim dalam asuransi yang diterapkan pada sejumlah perusahaan asuransi tentu akan sangat berpengaruh pada angka produk penjualan yang akan didapatkan. 

Oleh karena itu untuk mengetahui cara klaim asuransi Garda Oto yang benar, simak ulasan berikut ini.

Cara Klaim Asuransi Kendaraan

Tahap Pelaporan

Tahap yang pertama adalah melakukan pelaporan langsung setelah kendaraan mengalami kehilangan atau kerusakan yang parah. 

Hal tersebut dikarenakan pada setiap perusahaan asuransi menerapkan batas waktu tertentu dan ketentuan lainnya yang harus dilengkapi, di antaranya sebagai berikut ini :

  • Sertakan bukti dengan jelas yaitu dengan menyertakan foto kendaraan pasca kehilangan maupun kecelakaan, sehingga perusahaan asuransi bisa mengetahui kondisi kendaraan.
  • Memberikan informasi yang jelas mengenai kronologi kehilangan atau kecelakaan kendaraan, mulai dari waktu dan tempat kejadiannya.


Lengkapi Dokumen Kecelakaan

Sebelum melakukan laporan kepada pihak asuransi, Kamu harus memastikan terlebih dahulu berkas atau dokumen pribadi yang dibutuhkan pihak asuransi yaitu :

  • Formulir klaim (Disediakan perusahaan)
  • Salinan polis asuransi
  • Surat keterangan kepolisian
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi STNK


Tahap Perbaikan Kendaraan

Setelah melakukan langkah – langkah di atas selanjutnya adalah dengan melakukan perbaikan terhadap kendaraan akibat kecelakaan. Namun, sebelum melakukan perbaikan, simak ulasan berikut ini.

  • Tunggu penanganan dari pihak asuransi atas pengajuan ganti rugi dari tertanggung. Namun selagi menunggu proses penanganan pastikan kendaraan akibat kecelakaan sudah dibawa pada bengkel rekaan perusahaan asuransi maupun kantor cabang asuransi.
  • Setelah penanganan selesai, maka akan mendapatkan SPK (Surat Perintah Kerja) yang akan diantar ke bengkel perbaikan kendaraan.
  • Gunakan bengkel yang memiliki stkamur kualitas, sehingga proses perbaikan bisa langsung dicairkan oleh pihak perusahaan asuransi.
  • Lakukan sesuai dengan aturan perusahaan asuransi, agar seluruh biaya tanggungan akan dibayarkan perusahaan asuransi. Hal ini menjadi penting, karena perusahaan hanya akan membayar sesuai dengan perjanjian saja, selebihnya akan dibayar oleh pihak tertanggung.


Ikutilah Prosedur yang Berlaku

Untuk mendapatkan mengklaim asuransi kendaraan berjalan dengan lancar pastikan Kamu sudah memenuhi semua aturan yang telah berlaku. 

Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan, ikuti semua prosedur yang ditetapkan perusahaan agar klaim dana asuransi yang diajukan bisa langsung disetujui oleh pihak perusahaan asuransi.

Klaim asuransi merupakan bagian dari hak Kamu, hak tersebut didapatkan karena adanya keikutsertaan dalam asuransi kendaraan. Dengan adanya asuransi ini, Kamu akan terhindar dari berbagai kerugian dan pengeluaran yang timbul akibat terjadinya kecelakaan atau kehilangan kendaraan. 

Melihat manfaat dari asuransi tersebut, maka bayarlah premi sesuai pada waktunya agar klaim bisa langsung dicairkan.

Demikian ulasan mengenai cara klaim dalam asuransi kendaraan karena kecelakaan. Cara mengklaim asuransi Garda Oto ini adalah hal yang paling mendasar yang harus diketahui dalam mencairkan dana asuransi. 

Jika Kamu menggunakan asuransi seperti Garda Oto, cara klaim asuransi bisa dilakukan dengan mudah yakni bisa melakukan pengajuan lewat online melalui link Gardaoto.com.

 

Get notifications from this blog

2 comments

  1. Itulah pentingnya asuransi kendaraan ya mba. Aku juga selalu pake asuransi mobil utk semua kendaraan ku. Walopun seumur2 baru 2x doang aku klaim, itupun di mobil yg pertama dulu. Mobil ke 2 dan
    yg skr Alhamdulillah ga pernah klaim. Jangan sampe sih. Banyak yg bilang rugi beli asuransi mobil gini, apalagi kalo ga kepake. Mending duitnya di sedekahin 😅. Bakal dilindungi oleh Allah. Aku diem aja sih dengernya. Susah kalo ngomong Ama yg mindsetnya begitu.

    Sedekah kok ngarep sesuatu 🤣. Ga ikhlas dong 😁. Buatku asuransi ya sebagai proteksi. Kalo kepake setidaknya ga kluar duit banyak, kalo pun ga kepake pikiran udh tenang Krn asset ada yg memprotect. Sedekah lain lagi ceritanya 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang belum paham kalau konsep asuransi bukan buat untung, tapi untuk proteksi dari kerugian yang lebih besar. Namanya musibah kan ga ada yang tahu.

      Delete