√ Keseruan Nonton Konser Kpop di KV Fest 2022 - Duduk Paling Depan

Keseruan Nonton Konser Kpop di KV Fest 2022



Bulan Juli-Agustus lalu, Alhamdulillah ada rezekinya jalan-jalan ke luar kota. Tentu saja sebagai budak konten semuanya harus dijadikan tulisan di blog atau mini vlog di Instagram, wwkwkw ๐Ÿ˜‚.


Cuma bingung mau mulai darimana, setelah berpikir lama dan berkonsultasi dengan Badarawuhi, saya putuskan untuk cerita keseruan pengalaman pertama nonton konser K-Pop yaitu Event KV Fest 2022. 


Baca juga : Pengalaman Nonton Show Cerita Cintaku Raditya Dika


Suka K-Pop Sejak SMP


Zaman dulu masih susah akses MV K-pop, tapi saya sudah terinfluence musik dari Korea Selatan ini gara-gara nonton drama Korea. Nonton drakornya pun yang ditayangin di Indosari. Terus biasanya juga dapat rekomendasi dari teman-teman sekolah.


Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Layanan Streaming Film/Series Legal


Nah pas SMA kan sering ke warnet, dengan alasan mau cari materi buat tugas sekolah, padahal nyari materi cuma 15 menit, dan 1 jam 45 menitnya buat browsing MV Kpop, jadi saya makin banyak refrensi Girl/Boy Group yang hits pada masanya kayak SNSD, 2ne1, Big Bang, Suju, Shinee, T-ara, Wonder Girls, Boyfriend, dll. Hayoo yang tahu juga berarti kita seangkatan, bestie.


Dari situ kepengen banget suatu hari bisa nonton konser Kpop secara langsung. Tapi mana ada uangnya waktu itu. Minta sama ortu juga nggak berani, karena mikir biaya sekolah dan kuliah itu nggak murah juga, kan. 


Cerita Nge-Fangirl Secret Number 


Member Secret Number


Naik turun ngikutin Kpop karena seiring waktu kesibukan bertambah, mulai dari kerjaan, rumah tangga, ngurusin anak, serta urusan duniawi lainnya. Tapi pas 2020 lalu, saya jadi ngikutin Secret Number karena ada orang Indonesia yang debut di grup itu.


Wah, udah lama emang ngebatin kenapa belum ada orang Indonesia yang debut jadi idol Kpop? Kalau dari Thailand kan ada Lisa Blackpink, dari Jepang ada Momo Twice, dari Cina juga kayaknya udah ada. 


Finally akhirnya ada juga dari Indonesia, namanya Dita Karang asal Jogjakarta๐Ÿ‘. Sempat heboh diliput media dimana-mana. Dari situ juga tahu kalau ternyata nggak mudah ya masuk industri hiburan Korsel. 

Dita Karang
Sumber foto: Lockey Indonesia

Sumber : Weverse Secret Number


Ini aja Dita berhasil masuk lewat agency kecil (Vine Entertainment), karena kalau agency besar kayak SM, YG, JYP, lebih sulit lagi ditembus. 


Sejak itu jadi ngikutin banget sih grup yang beranggotakan 5 orang, terus 1 orang keluar, masuk 2 orang member baru, sampai sekarang anggotanya ada 6 orang. 


Apa Enaknya Nge-fangirl?


2021 rasanya banyak banget cobaan, termasuk Covid yang menyerang saya sekeluarga. Wiih pikiran udah parno aja waktu itu ๐Ÿ˜–. Belum lagi ujian kehidupan lainnya (lebih berat dari ujian Matematika ini sih). 


Nyemplung di dunia fangirl Kpop, sedikit membantu mental saya jadi lebih baik. Ada kesenangan tersendiri dan itu membuat saya ngerasa walau hidup ini berat, masih banyak kok hal-hal yang menyenangkan untuk dinikmati. 


Saya yakin banyak juga Kpopers yang ngerasa gini. Makanya nggak heran kalau ada fans loyal yang ngeluarin uang nggak sedikit jumlahnya untuk idol mereka. Karena secara nggak langsung mereka juga ngerasa happy dengan karya yang disuguhkan idolanya. 


Yah walaupun ada juga  non-kpopers yang nggak ngerti akan hal ini dan malah ngejudge kita alay, atau bego karena mau ngeluarin uang buat beli album, merchandise atau nonton konser. 


Begitulah biasanya yang ngeledek nggak mau saya temenin lagi, wkwkw. Untungnya mas pacar a.k.a my husband ngedukung aja tuh. 


Kesenangan orang itu beda-beda. Cukup saling menghargai aja ygy๐Ÿ‘. 


Kesempatan Nonton Secret Number di Event KV Fest 2022



Sudah lama ada rumor mereka mau ke Indonesia, saya juga sudah nyisihin dana buat ini. Jadi begitu ada info kalau ada promotor yang menggandeng mereka untuk konser di Indonesia, saya langsung gas beli tiketnya dihari pertama. Atas izin my husband tentunya ya. 


Belinya juga yang paling murah kok, alias yang tribune. Kepengen sih beli festival, tapi selain mahal mikirin bakal pegel kayaknya berdiri berjam-jam. Belum lagi mikirin kemungkinan kedorong-dorong, keinjek kakinya, atau kehalang penonton lain yang lebih tinggi. Jadi tribune adalah pilihan terbaik๐Ÿ‘Œ.


Selain beli tiket, karena saya tinggal di daerah harus beli tiket pesawat dan pesan hotel juga. Ini nih yang berat. Total akomodasinya kalau dijumlahin bisa beli 3-4 tiket konsernya sendiri. Tapi yaudahlah ya, untung sudah ada budgetnya juga. 


Drama-drama Sebelum Konser


Senang sudah pasti karena akhirnya bisa nonton langsung penampilan grup favorit saya. Tapi dramanya juga ada, dan ini datang dari promotornya. 


Ceritanya dihari pertama kalau Secret Number masuk lineup, itu saya dan fans Secret Number lainnya buru-buru beli tiket karena takut kehabisan kan. 


Paling murah aja waktu itu untuk Tribune 4 harganya 1,4 juga. Tribun 3, Tribun 2, Festival A dan Festival B lebih mahal lagi harganya bisa di atas 2,5 juta. 


Nah dramanya itu ketika kurang lebih 10 harian lagi sebelum hari-H, mereka ngadain diskon 50% untuk semua tiket selama tiga hari. 


Like, what? ๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค! Kita yang udah beli dari awal kayak ngerasa di-troll gitu. Enak banget yang lain bisa beli dengan harga yang jauh lebih murah. Bahkan untuk festival bisa dapat diharga nggak sampe satu juta. 


Terus rame-rame dong kita tanyain promotornya, apa keistimewaan yang udah beli tiket dari awal? Masak nggak dapat apa-apa? Minimal dapat merchandise kek, dapat fasilitas soundcheck, atau bisa foto bareng sama artisnya kan.


Ternyata yang kita dapat lebih membagongkan, alias setelah diprotes rame-rame, promotornya malah ngasih satu tiket gratis untuk yang beli dengan harga normal. Jadi istilahnya buy 1 get 1



Hari-H konser makin dekat, ini tiket free mau diapain? Jadi rame-rame kita pada jual murah daripada tiketnya hangus sama sekali. Secara nggak langsung nih promotor nge-up harganya dari awal, terus kita malah disuruh bantu jualin tiketnya dengan cara itu.


Untung aja saya berhasil nemuin pembeli dari Twitter, jadi nggak rugi-rugi amat. Saya berasa jadi calo, soalnya pas hari-H saya nungguin untuk ketemuan sama pembelinya terus transaksi COD disana. 


Lebih nyesek lagi, mereka jual fasilitas untuk bisa lihat soundcheck, foto bareng, dan poster bertanda tangan dengan harga yang mahal dan baru dikasih tahu beberapa hari menjelang hari-H.


Harusnya fasilitas begitu dijual dari awal, dan dikasih bundling promo. Huhuhu yaudahlah, katanya promotor ini memang baru pertama kali handle artis Kpop.


Drama-drama di atas berusaha saya maklumi dan fokus buat nonton Secret Number aja.


Kalau drama lainnya pas perjalanan saya otw dari hotel ke tempat konsernya di Tennis Indoor Senayan. Saya pakai ojol karena niatnya biar sat set, dan nggak kejebak macet.


Eh tahunya malah hujan deras di tengah jalan. Saya nepi di pinggir jalan sama mang ojolnya. Sempat dipinjami jas hujan juga sama abangnya kan. Mana nunggunya di bawah pohon, untungnya nggak ada petir besar.

Tetap pakai jas hujan dalam mobil soalnya mesti lanjut jalan kaki ke venue dan masih hujan


Karena lama banget nungguin hujan reda, saya pesan taksi online lagi. Eh di taksi malah topi saya ketinggalan. Padahal itu topi merchandise Secret Number yang sengaja dibeli buat konser ini, huhuhu๐Ÿ˜ญ. 



Kaos dan Topi unoff merchandise Secret Number beli di >>> https://shope.ee/20JKGMomGI

Supirnya ngechat sih ngasih tahu kalau topi saya ketinggalan dan silahkan hubungi nomornya kalau mau diambil. Tapi saya nggak keburu buat ambil, jadi yaudahlah say goodbye buat topinya. 


Rasanya Noton Konser Kpop



Deg-degan banget rasanya kayak mau ketemu ayang yang udah lama LDR-an. Bayangin hampir tiap hari nonton konten mereka lewat Youtube atau media sosial, ini mau lihat langsung lho๐Ÿ˜. 


Oh ya, line-up KV Fest ini bukan cuma ada Secret Number tapi juga ada Afgan, Ramengvrl, Hanbin B.I), dan Jessie. Lumayankan bisa nonton artis lainnya juga dengan tiket yang sama.


Ini pengalaman saya nonton konser Kpop. Untungnya sih acaranya terselenggara dengan baik, crew-nya sigap ngebantu kalau kita mau tanya soal venue, tempat makan, toilet, mushola, dll. Jadi saya juga nggak ngerasa canggung walaupun ini kali pertama. 



Sekitar jam 4 sore, acara sudah dimulai dengan pembukaan lagu Indonesia Raya. Terus lanjut dengan penampilan pertama dari Ramengvrl. 



Saya tahu dia dari kakak saya sih, katanya ini rapper Indonesia yang sudah go internasional juga. Ada beberapa lagunya yang saya tahu tapi banyakan nggak tahunya. But she was so attractive on the stage.


Lanjut ada penampilan Afgan. Siapa siiih yang nggak tahu do'i ya kan. Pas saya SMP dia hits banget dengan lagu Sadis yang juga dinyanyiin di event ini. Saya jadi mendadak ikut galau pas nyanyi ๐Ÿ˜ข.


Vibes konser itu serunya disitu kita bisa menikmati lagu lebih menghayati dibandingkan pas dengar dari hp. Apalagi nyanyi bareng rame-rame gitu kan, berasa dunia milik kita aja tuh, wkwk. 


Afgan bawain banyak lagu, dan yang saya tahu cuma lagu-lagu lama. Kalau lagu barunya banyak yang belum tahu. Maaf ya Afgan, tapi kamu ganteng banget, manis bangeeeet, wkwkwk *teteup ya naluri wanita*.


Nah habis Afgan, lanjut yang ditunggu-tunggu yaitu Secret Number. Pas mereka keluar, satu venue langsung menggema teriakin mereka. Termasuk saya. AAAAAAAAAAAK๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Finally bisa lihat mereka langsung, dan tentu aja yang spesial, my bias is Dita Karang, she's look so amazing and pretty you know.


Secret Number bawain 8 lagu dari 4 album single mereka, alias semua lagu dibawain. Wah ini diluar ekspetasi sih. Kirain mereka cuma bawa 4-5 lagu. Ternyata semuanya. Ditambah dengan ada sesi wawancara di atas panggung.



Makasih banget deh buat promotor yang sudah ngundang Secret Number Ke Indonesia dan ngasih durasi penampilan yang bikin Lockey (fandom Secret Number) puas banget. 


Rasanya drama-drama yang saya ceritakan di atas, termaafkan dengan durasi yang dikasih ke Secret Number buat perform.


Saya benar-bener nikmatin momen event ini. Jadi ngerekam dikit-dikit aja, terus enjoy the moment dengan ikutan nyanyi dan sesekali loncat (untung nggak encok ya). 

Sumber foto : Lockey Indonesia


Sampai tenggorokan kering banget rasanya banyak nyanyi dan teriakin nama member. Untungnya sempat dikasih minuman walau cuma segelas sama crewnya. Soalnya emang nggak boleh bawa minuman sendiri ke dalam venuenya. 


Setelah satu jam lebih penampilan Secret Number, lanjut dengan penampilan Hanbin (B.I). Saya baru tahu deh kalau ternyata dia ini solois yang awalnya dari grup iKon. Tapi karena ada masalah, dia keluar dan akhirnya solo karir. 


Nggak banyak lagunya yang saya tahu, tapi ada yang viral lagunya BTBT, nah cuma itu yang saya tahu. Walau nggak tahu lagu-lagunya saya tetap menikmati performancenya. Fans Hanbin di event ini juga banyak banget, nggak kalah sama lockey. 


Setelah Hanbin, penampilan penutup dari Jessie. Mungkin non Kpopers asing sama namanya tapi pasti tahu lagunya yang zoom in- zoom out, karena itu sempat viral banget kan di media sosial. 


Kalau Jessie banyak lagunya yang saya tahu karena emang seenak itu dan banyak dijadiin backsong konten-konten di Tiktok/Instagram.


Meski cuma sendiri, tanpa penari latar atau backing vocal, penampilan Jessie powerful banget. Dia nguasain panggung banget dan nyapa fans terus. Meski nonfans, senang banget bisa nonton penampilannya secara langsung. 



Rangkaian konser ini ditutup dengan lagu Nunu Nanna dari Jessie. Akhirnya event selesai, dan saya keluar venue dengan hati yang senaaaaaaaang banget. Ini kayak salah satu pengalaman hidup yang nggak akan dilupakan. 


Karena ini juga jadi pengen lagi deh nonton konser, wkwkw. Mana sudah ada info kalau Blackpink konser di Jakarta tahun depan. 


Tapi sadar diri kok nggak boleh impulsif karena harus atur keuangan juga buat prioritas lainnya. Apalagi sekarang BBM naik, tiket transportasi pasti ikutan naik.


Yah mana tahu aja bisa nonton lagi karena menang giveaway tiket konser gratis kan *jiwa GA hunterku bergejolak*. 


Begitulah cerita keseruan pengalaman pertama saya nonton konser Kpop. Sudah lewat dua minggu tapi tetap rasa senangnya masih tertinggal sampai sekarang๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“.


Untuk cuplikan video dan mini vlognya bisa dilihat di Instagram @dudukpalingdepan ya. Kalau mau mutualan, follow dan sapa aja, nanti saya folback.


Alhamdulillah pandemi sudah berlalu ya, banyak banget sekarang konser yang digelar baik artis lokal maupun internasional. Semoga ini juga jadi bagian bangkitnya perekonomian khususnya untuk teman-teman yang memang kerjanya di bidang event begini. 


Ada yang nonton KV Fest 2022 juga nggak? Atau punya pengalaman seru nonton konser apa? Cerita juga di kolom komentar, ya๐Ÿ˜‰.


Get notifications from this blog

10 comments

  1. Kalau soal Korea memang virusnya cepet banget nyebar, secret number ini salah satu membernya putri Yogya. Dita Karang, terinspirasi banget sama kisahnya yang sampai jadi idol Korea. Cantiknya beda banget Dita, eh terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. wah senengnya akhirnya kesampean juga nonton konser kpop di Indonesia ya mbak, aku kpop yg tau lagu2nya cuma blackpink doang, sama BTS beberapa hahahaha, kalau ngomongin konser gini aku pengennya nonton konser Westlife sih, ngefans sejak kecil hihi, cuma belum kesampean nonton konsernya, padahal mreka sering tour ke Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya kak, asyik deh bisa nonton konser kpop, berasa happy-nya loh ngeliat foto2nya

    ReplyDelete
  4. Saya suka Kdrama, makanan dan style-nya tapi entah kenapa ga bisa suka KPop, ya dengerin lagu -lagunya juga sih terutama yg jadi OST drama.
    Jadinya selalu salut sama teman-teman yg bela-belain datang ke konser K-Pop.
    Yg paling utama, Senangnya kalau suami dukung me time kita ya mbak

    ReplyDelete
  5. Pengalamannya seru banget nih mba, sengaja datang ke Jakarta buat nonton artis kpop idola. Vibesnya berasa banget, seru !. btw setelah baca tulisan ini saya baru ngeh lho kalo ramengurl itu asal Indonesia, saya pikir dari luar negeri. Semoga bisa kesampean nonton artis kpop idola mba lainnya ya.

    ReplyDelete
  6. Huaaaa serunya ya bisa ngeliat beginiaaan. Gak kebayang bisa liat grup-grup dan idol favorit. Vibesnya itu lhooo.

    Omong-omong dulu pernah ada kejadian morip begini nih. Tapi waktu itu promotornya gak pinter handlenya. Jadinya acara telat, flow rada kacau, antrian penonton kacau. Berapa tahun lalu gitu. Temenku yang nonton sampe ngamuk-ngamuk. Eh ternyata banyak penonton dan pembeli tiket yang protes. Harga tiket pertama dijual mahal katanya udah promo. Eh la kok mendekati hari H harga tiket dibanting harga giuuu.

    ReplyDelete
  7. Hahahaa budak konten ya kita ini. Apa-apa dijadiin konten, kwkwkw..
    Btw, bangga juga sih ada Dita Karang yg bisa menembus pasar artis K-Pop. Indonesia jadi makin terkenal di mata artis Korea.

    ReplyDelete
  8. wahh serun banget yaa pastinya. Saya aja yang cuman baca tulisan ini plus lihat foto-fotonya ikut merasakan keseruannya

    ReplyDelete
  9. Oh jadi ternyata Dita Karang itu debut KPOP asal Indonesia. Dari kemarin agak bertanya-tanya siapa dia. Btw kudu ada look Korea gitu ya untuk jadi KPOPers.

    ReplyDelete
  10. Kereen e, Mbak. Bisa seru-seru nonton konser KPOp gitu. Walau hujan, jalan becek, semangat pantang mundur demi melihat sang idola tampil.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.