Memaksimalkan Peluang di Dunia Digital Bersama 3 Indonesia

By dudukpalingdepan - 2:00:00 PM

peluang dunia digital 3 Indonesia


Ada satu hal berharga yang diwariskan orang tua saya dari sejak saya remaja yaitu "perempuan harus bisa mandiri finansial". Bahkan orang tua saya sangat mendukung soal pendidikan, katanya ilmu adalah  salah satu modal awal untuk dapat pekerjaan yang kita inginkan.

Awalnya saya sempat protes, kenapa sebagai perempuan harus sibuk mikirin cari uang kalau pada akhirnya nanti suami yang akan menafkahi? Mama saya jawab kalau jodoh itu nggak ada yang tahu, "kamu bisa dapat orang kaya tapi belum tentu sikapnya baik, atau kamu bisa juga dapat pria baik, tapi dia nggak kaya. Karena yang paling penting itu dinilai dari agama dan tanggung jawabnya".

Ternyata apa yang mama saya bilang itu 100% benar setelah saya sendiri merasakan kehidupan pernikahan. Pria yang saya pilih bukan dari keluarga yang berada, tapi dia dan keluarganya sangat baik. Pertimbangan saya adalah, yang penting dia bertanggung jawab dan gajinya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, sedangkan untuk yang sifatnya keinginan dan senang-senang, bisa dari penghasilan saya. 

Meskipun begitu kehidupan pernikahan pasti ada ujiannya, termasuk soal ekonomi. Saya sendiri adalah tipe perempuan yang nggak bisa tinggal diam dan menyerahkan kepada suami sepenuhnya saat kami kesulitan keuangan. Otak saya otomatis ikut berpikir bagaimana cara agar segera terlepas dari kesulitan keuangan tersebut.

Menulis dan Membuat Konten, Cara yang Menyenangkan Untuk Mendapatkan Tambahan Penghasilan

menjadi blogger

Setelah punya anak, kebutuhan keluarga tentu bertambah banyak. Gaji utama saya dan suami memang cukup untuk kebutuhan itu. Tapi untuk menabung terasa sulit, belum lagi keinginan manusiawi untuk bersenang-senang dengan shopping atau jalan-jalan.

Syukurlah ternyata hobi saya menulis dan membuat konten di Blog dan Instagram ternyata bisa menjadi jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tanpa saya perlu keluar rumah dan meninggalkan prioritas saya sebagai istri dan ibu. 

Suami pun juga mendukung penuh dengan menyediakan gadget, kuota internet, dan membantu menjaga anak saat saya sedang melakukan hobi ini. Bahkan, dia pilihkan provider terbaik yang sinyalnya kuat di rumah kami, yaitu dari 3 Indonesia.

3 Indonesia, Teman Setia dalam Memanfaatkan Peluang di Dunia Digital


3 Indonesia

Dulu saya nggak tahu kalau menulis di blog bisa menghasilkan uang. Namun semakin ditekuni saya jadi tahu kalau sekarang banyak pelaku usaha yang memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi. Maka dari itu kebutuhan akan pihak yang bersedia mempromosikannya menjadi semakin tinggi. 

Nggak heran kalau beberapa tahun belakangan menjamur influencer, buzzer, youtuber, selebgram, blogger, karena memang sangat membantu para pemilik usaha untuk mempromosikan bisnisnya. Saya sendiri merasa beruntung bisa ikut ambil bagian melalui media blog ini. 

Menjadi blogger/influencer tentu bukan tanpa modal atau hanya bermodal followers saja, namun perlunya ide-ide segar dan kreatif, kemampuan mengolah kata menjadi kalimat yang enak dibaca, dan kemampuan mempromosikan produk/jasa dalam foto/video yang menarik.

Saya sendiri memulai semuanya dengan otodidak. Belajar cara membuat blog, belajar menulis yang baik, itu semua saya cari tahu dari internet. Sampai dengan tutorial memotret yang bagus meski hanya pakai smartphone. 

Meski tinggal di daerah kecil (Tebo, Jambi) saya beruntung tetap bisa mengakses hal tersebut dengan mudah karena saya memakai provider 3 Indonesia, yang sinyalnya kuat dan harga kuotanya sangat terjangkau. Sehingga penghasilan saya setiap bulan dari menulis blog cukup untuk menutupi modal kuota dan masih ada lebihnya untuk checkout keranjang belanja di e-commerce.

Berikut beberapa layanan Dunia Tri dari 3 Indonesia, sebuah ekosistem dari Tri yang membantu saya selama ini sebagai seorang blogger:

1.Puas tanpa batas dengan AlwaysOn 

AlwaysOn adalah perdana dan kuota dengan masa aktif panjang mengikuti masa aktif kartu. Dengan masa aktif selamanya, sehingga tidak perlu takut kuota bakal hangus walau bulan sudah berganti.

2. Kuota Unlimited Internetan 24 jam mulai 1.000 

Melengkapi kebutuhan pelanggan akan kuota harian, 3 Indonesia hadirkan kemudahan isi ulang mulai 1.000 saja yang bisa digunakan untuk membeli kuota Unlimited. Chatting 24 jam hingga mengakses berbagai aplikasi seperti aplikasi streaming, media sosial dan gaming tanpa batas. Kuota Unlimited Internet 24 Jam ini memiliki berbagai pilihan paket yang disesuaikan kebutuhan digital pelanggan. 

Saya sendiri pakai paket home dengan harga 150ribu bisa dapat kuota 150gb. Ini super puas banget buat browsing, bikin konten, streaming video dan film untuk cari inspirasi, bahkan masing sering berlebih saking banyaknya.

3. Aplikasi bima+ untuk keseruan hidup digital 


Bima+ lebih dari sekedar digital assistant yang bisa membantu pelanggan mengecek kuota maupun pulsa, namun juga akses ke dalam keseruan hidup digital seperti film, musik, game, dan bahkan platform e-commerce bima market. Hingga September 2020, bima+ telah di download oleh lebih dari 40 juta pengguna.

4. KeepOn

KeepOn adalah paket isi ulang lengkap untuk memenuhi kebutuhan telepon, sms, hingga konten digital seperti musik, maupun video streaming, yang sudah menjadi kebiasaan anak muda sehari-hari. Meningkatnya data trafik pada aplikasi video streaming on demand seperti VIU, KlikFilm, Netflix, Amazon Prime Video, memunculkan kebutuhan akan bundling kuota streaming dan akses berlangganan aplikasi on demand, KeepOn hadir menjawab kebutuhan tersebut. 

5. Poin BonsTri 

Sebuah program reward bagi pelanggan 3 dalam melakukan isi ulang, pelanggan akan mendapatkan poin BonsTri yang bisa ditukar dengan berbagai voucher diskon serta produk 3. Pelanggan juga bisa dengan mudah menukar poin BonsTri melalui aplikasi bima+, dengan berbagai voucher diskon untuk aplikasi belajar, e-commerce, F&B, travel, dan masih banyak lagi.

Dan sebenarnya masih banyak lagi dari Dunia Tri, seperti ekosistem gaming H3RO dan juga buka peluang usaha dengan Bima Agent.

Kalau Saya Bisa, Maka Kamu pun Bisa

Dari cerita saya di atas, saya berharap bisa menginspirasi teman-teman untuk turut mengambil peluang di tengah akrabnya dunia digital dalam kehidupan kita sehari-hari. Saya yang tinggal di daerah kecil ini, sudah menjadi seorang ibu, tetap bisa berkarya dan berdaya. Apa lagi generasi muda Indonesia yang seharusnya bisa lebih banyak memanfaatkan peluang di dunia digital.

Terutama dengan 3 Indonesia (H3I) yang mendukung generasi muda dengan memberdayakan mereka melalui ekosistem produk Dunia Tri dengan jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat. Saya yakin jika dimanfaatkan dengan baik, makin banyak pemuda Indonesia yang bisa memaksimalkan potensinya sehingga bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Ayo mulai produktif dari sekarang, rebahan sih boleh aja tapi jangan sampai lupa untuk berkarya. Buang jauh-jauh rasa malas, dan kumpulkan semangatmu. Yuk tinggalkan dunia lama, saatnya lebih dengan Dunia Tri!

Penasaran? Yuk kunjungi ke sini untuk info selengkapnya terkait Dunia Tri. 

  • Share:

You Might Also Like

31 komentar

  1. Seandainya di tempat saya ada 3, saya mau nyoba juga. Tapi belum ada, hehe..

    Kata teman saya, 3 ini memang paling hemat dan sangat puas ketika dia pakai di Makassar. Pilihan yang cocok buat anak muda yang gaul dan kekinian. Sip!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang lokasinya dimana kak? Semoga nanti jaringan Tri cepat ada di sana yaaa

      Delete
  2. Saya awalnya juga tidak tahu jika ngeblog itu akan menghasilkan uang
    Terimakasih atas artikelnya

    ReplyDelete
  3. Wah seru ya Mba, dr hobi menulis di blog bisa jadi menghasilkan 😍😍
    Aku selama ini ga pake 3, pas baca mba pake paket yang 150ribu bisa dapat kuota 150gb, kok aku berasa murah bangeet yaaa 😍 Jadi penasaran juga jadinya dg 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ampe berlebih mau dipakek streaming drakor juga nggak abis-abis hehehe

      Delete
  4. Setuju. Kita tidak tahu nasib ke depan. Jadi kita sebagai perempuan juga harus bekerja. Kuasai ilmu digital jadi bekerja bisa dari rumah saja. Butuh jaringan yang kuat semacam dari 3 ini.

    ReplyDelete
  5. Kalo kartu 3 biasanya saya pake untuk maen game, karena memang paling lancar di daerah saya, sinyalnya kuat, kalo nonton video yutub dan neggame anti ngelag, lancar jaya pokoknya. Artikel di atas sudah saya baca. thanks ya kak :)

    ReplyDelete
  6. kalau saja jaringan tri merata mungkin provider ini menjadi favorit bagi saya, sayangnya kadang sinyalnya suka ilang sendiri. maklum saya tinggal di desa, jadi kadang jaringan tri ga dapet

    ReplyDelete
  7. Slogan 3 yang "Always ON" itu kayaknya terngiang-ngiang terus di telinga saya. Hahaha. Puas sih ngenet pakai 3 selama kita tinggal di kota besar, atau di spot yang memang kenceng 3-nya. Gak rugi, malah sangat direkomendasikan.

    ReplyDelete
  8. Tri emang sahabat dalam bekerja hehe
    Btw saya setuju sekali istri harus berpenghasilan. Meski suami mampu, tp baiknya tetap punya penghasilan, tak mesti besar tapi akan beda rasanya kl dapat uang hasil kreatifitas dan kerja. Yg penting ga lupa tugas utamanya ya kan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, saya aja nulis biasanya malem setelah anak dan suami tidur :D

      Delete
  9. Kalau soal jodoh bener banget yang penting prianya itu baik kaya atau enggak itu kriteria kesekian. karena sebagai wanita kita itu lebih mampu bertahan dalam ekonomi pas-pasan daripada hati tersakiti karena dapat jodoh yang tidak baik sama kita. #eyaaa

    Dan bener Mbak meskipun mencari nafkah itu nggak wajib bagi perempuan tapi kalau keluarga kita membutuhkan kita sebagai perempuan kita pun bisa membantu perekonomian keluarga..

    ReplyDelete
  10. kategori pelanggan saya kl ngecek di aplikasi Bima+ 3 itu platium. Bersahabat dengan Tri sejak April 2019. So far so good... Tri menemani ngajar daring, penelitian, dan ngeblog saya.

    ReplyDelete
  11. Jaringan internet yang stabil dan kuota yang dapat diandalkan adalah syarat untuk produktif jika kita sebagai kontent kreator di era digital ini ya mbak..semoga apa yang kita buat bermanfaat untuk orang banyak dan produktif tentunya

    ReplyDelete
  12. 10 tahun yang lalu saya tidak kepikiran bekerja di dunia digital. Tapi sekarang semua itu nyata, karena dunia digital lah yang paling mendukung aktivitas saya sebagai ibu yang sekaligus harus berpenghasilan. Nah, jaringan internet ini ibarat skincare buat saya. Harus jeli memilih karena kalau ngadat, rasanya kayak jerawat gak bisa pecah. Sebelll.

    ReplyDelete
  13. Peluang dunia menulis semakin terbuka lebar dengan majunya dunia digital. Untuk bisa eksis, perlu didukung ketersediaan internet yang memadai. Tri bisa jadi solusinya. mantap mbak..

    ReplyDelete
  14. wah di 3 daerahku sangat lancar jaya karena dengan tri pasti bisa memaksimalkan potensi berkarya menjadi blogger, influencer, dan youtuber

    ReplyDelete
  15. Saya juga pemakai provider 3. So far saya cukup puas dengan layanannya. Saya bisa dapat kuota besar dengan harga sangat terjangkau, sangat mencukupi kebutuhan internet saya sekeluarga.

    ReplyDelete
  16. 3 dari jaman dulu memang selalu punya nilai lebih yang ditonjolkan dari kompetitornya.
    Sebelum jaman data internet, 3 punya bonus sms dan telpon gratis sesama 3.

    Btw KeepOn itu bentuknya app kah? jadi bisa mengisi ulang disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KeepOn itu nama layanannya, Kak. Kalau aplikasinya namanya Bima Tri

      Delete
  17. Aku sampai detik ini pengguna setia 3 udah ga perlu diragukan buatku juara banget, sumpah deh di saat kompetitornya mahalnya minta ampun 3 ini bisa-bisanya murah pake bangeeett ampun bang jagooo aku udah ga perlu bahas lagi deh hehehheheh Mantappp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ih, jaman sekolah dulu juga juara bonus nelpon dan smsnya. Kalau sekarang juara kuotanya hehehe

      Delete
  18. Tri emang bisa selalu di andalkan ya kak, kenapa ? Ya karena selain harganya hemat dikantong jaringan nya tanpa gangguan atau lemot.
    Apalagikan sebagai seorang blogger kuoata sangat penting untuk menunjang aktifitasku seperti posting konten dan sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, Mbak. Apa lagi kalau job biasanya klien sudah dijadwalkan tanggal dan jam postingannya kan. Jadi harus sinyalnya kenceng dan prima.

      Delete
  19. Kak saya juga baru 3 bulanan ini pakai 3, sebelumnya jangan tanya berapa habisnya pakai yang lain. Itu baru saya belum suami. Sebulanan total 500 an lebih buat inet saja. Sekarang pakai 3 cuma 150k saja lho, senang banget jadinya

    ReplyDelete
  20. Seneng ya dari hobby menulis, bisa menghasilkan.
    Emang saat bekerja yang butuh jaringan internet, jadi sebel kalau internet lelet. Untung 3 Indonesia jaringannya bagus. Di tempat saya jaringan 3 juga bagus, koneksinya kenceng

    ReplyDelete
  21. paling enak kuotanya itu 24 jam ya mbak enny tanpa terbagi2 waktu dan khawatir habis. mantap

    ReplyDelete
  22. Aku termasuk yang pakai Tri juga kak. Dan emang sinyalnya paling bagus di daerahku yang kaki gunung Arjuna gini hahaha. Sinyal lain php apalagi kalau musim hujan, eh Tri lancar teruus

    ReplyDelete
  23. Hai mba aku Pake tri sejak kuliah sampai sekarang, berarti tujuh tahunan aku Pake tri. Kuotanya melimpah dan harganya bersahabat banget. Oiyah di sini sinyal tri juga yang paling stabil.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.