Cara Memindahkan Tulisan Dari Microsoft Word Ke Blog Dengan Rapi

By dudukpalingdepan - 9:11:00 AM


Sudah lama saya nggak menulis tentang tips blogging. Padahal kendala ini sering saya alami, dan saya yakin banyak juga blogger mengalami hal yang sama. Terutama bagi teman-teman yang sering mendapakan job Content Placement (CP).

Sebelumnya bagi yang belum tahu job CP itu dimana kita mendapatkan job memposting artikel yang sudah disiapkan dari klien. Jadi mudahnya tinggal copy-paste saja artikel tersebut ke blog. Meskipun bagi saya sendiri perlu juga mengedit sedikit isi artikel tersebut agar sesuai dengan gaya menulis kita. 

Nah, ketika copy-paste inilah sering terjadi masalah. Tulisan yang sudah dipaste dari word biasanya akan jadi berantakan di postingan blog kita. Ukurannya berubah, atau bentuk font antara satu paragraf nggak sama. Pernah juga saya mengalami, warna fontnya nggak mau diubah.

Cara Memindahkan Tulisan Dari Microsoft Word Ke Blog Agar Tidak Berantakan

1. Pindahkan Ke Notepad


Cara ini saya dapatkan dari salah satu mastah blog di Grup Komunitas Blogger Jambi. Agar tulisan tidak ikut format yang ada di word, dan bisa dipindahkan dengan rapi ke postingan blog maka harus pindahkan dulu tulisan ke aplikasi Notepad.

Jadi kita butuh dua kali copas, yang pertama dari word ke notepad, lalu dari notepad ke dashboard blog. Sepengalaman saya cara ini kadang berhasil kadang gagal. Untuk itu kita coba cek cara selanjutnya.

2. Paste/Tempel Sebagai Teks Biasa



Kita pasti terbiasa melakukan copas dengan cara ctrl+c dan ctrl+v, nah agar tulisan yang ingin dicopas nggak berantakan coba cara paste dengan ctrl+shift+v atau dalam Bahasa Indonesia "tempel sebagai teks biasa". Kemudian tinggal rapikan lagi paragraf dan font sesuai kebutuhan kita.

3. Copas Ke Tempat URL/Link



Kalau cara ini sering juga saya lakukan tapi biasanya untuk satu atau dua paragraf saja. Tinggal copas ke tempat link di browser. Sehingga font berubah menjadi default lagi.

4. Block Tulisan, Ubah Paragraf Menjadi Normal



Cara ini nggak sengaja saya temukan ketika mengalami masalah copas tulisan dari word ke blogpost yang jadinya berantakan dan ketiga cara sebelumnya nggak berhasil. 

Namun karena saya pakainya blogger.com  jadi saya nggak tahu ya apakah ini bisa dilakukan juga bagi teman-teman yang menggunakan platform wordpress.
Langsung saja langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama copas tulisan dari blog ke kolom new entry seperti biasa. Kedua, block seluruh tulisan atau tekan ctrl+a, pada bagian atas ada beberapa tools, klik tool paragraf, ubah ke normal. Selanjutnya klik tool font dan klik font default, lalu ubah lagi ukuran tulisan menjadi normal.

Cara ini paling berhasil dan nggak ribet karena nggak perlu copas ke aplikasi atau platform lainnya. Ini pun karena nggak sengaja nemunya dan saya belum menemukan cara seperti ini ketika browsing.

Semoga cara di atas bisa membantu teman-teman untuk melakukan copas tulisan atau artikel dari microsoft word ke postingan blog ya. Tapi ingat jangan salah gunakan cara ini untuk copas tulisan orang lain tanpa izin. Bagaimana pun juga itu merupakan hal terlarang dan sangat melanggar etika sebagai blogger. 

Kalau pun ingin ada kutipan yang kita ambil dari sumber lain, pastikan untuk menuliskan kredit penulis atau sumbernya ya. 


  • Share:

You Might Also Like

12 komentar

  1. Kalau saya pakai word counter hehehe. Itu paling ampuh deh buat copas mencopas ke dashboard.
    meskipun juga bsia sih copas langsung, dan kemudian blok semuanya dan klik 'clear formating'

    Tapi saya lebih suka pakai word counter, soalnya saya bisa ngitung jumlah kata dalam setiap blogpost, jadi udah jadi kebiasaan, kalau saya buka dashboard buat nulis, saya juga pasti buka word counter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya saya juga kadang-kadang pakai itu mbak, tapi ya nggak selamanya berhasil. Mungkin tergantung format tulisan dari wordnya juga kali ya. Makasih mbak Rey udah berbagi pengalaman ^^

      Delete
  2. Aku pakai notepad kak.bukan hanya cp. Tulisan sendiri juga baiknya notepad dl biar gak kacau balau. Hi hi. Makasih sharing nya kak

    ReplyDelete
  3. Saya juga biasanya nulis di aplikasi semacam notepad gitu mbk, terus nanti tinggal di copy di blogger langsung. Nggak pernah pakai microsoft word karena ribet dan biasanya saya suka pegang hp daripada main laptop malah ngantuk😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga sering nulis di aplikasi note di HP :D

      Delete
  4. Tipsnya berguna bangetttt, mbak. Aku biasanya cuma langsung ku copy dari ms word, trus paste biasa gitu. Kalo agak berantakan, aku edit lagi secara manual. PR banget sihhhh. Untung nemu artikel mbak ini. Huhuuu, problem solved!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum tahu cara ini saya dulu juga gitu, makan waktu banget.

      Delete
  5. nah ini, walaupun kelihatan sepele namun sangat penting untuk di ketahui..terima kasih Mba...

    ReplyDelete
  6. Asikkk, dapat ilmu baru yang nggak terpikirkan sebelumnya 🀭
    Kalau aku biasanya, karena cuma ngerti copas biasa, jadi copas biasa aja dan hasilnya suka terlalu compang camping ya πŸ˜‚ ternyata ada triknya "tempel sebagai teks biasa" biar nggak terlalu compang camping hahaha. Terima kasih untuk tips&tricknya, Kak! 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau copas biasa mesti berantakan. Senang kalau bisa bermanfaat kak ^^

      Delete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.