CP

Cara Menggunakan Minyak Goreng Biar Tetap Sehat dan Layak Dikonsumsi

By dudukpalingdepan - 10:45:00 AM

harga minyak goreng

Sebagai ibu rumah tangga, memasak sudah jadi kegiatan sehari-hari saya. Walaupun awal menikah saya nggak bisa masak, tapi makin kesini makin bisa karena terbiasa dan ingin memberikan asupan dari tangan sendiri untuk keluarga.

Saat memasak, tentu kita harus memastikan bahan-bahan yang digunakan sehat dan layak untuk dikonsumsi, termasuk minyak goreng. Ada beragam merek minyak goreng yang tersedia dipasaran, salah satu yang direkomendasikan adalah Tropical. 

Produk Tropical termasuk salah satu merek minyak goreng populer di Indonesia. Alasannya, Tropical memiliki kandungan yang rendah lemak karena melalui dua kali proses penjaringan. 

Hasil penjaringan tersebut membuat minyak ini lebih jernih daripada minyak lainnya. Ditambah lagi, minyak goreng Tropical juga mengandung lemak tak jenuh atau omega 9, kaya vitamin E, dan Pro Vitamin A.

Sebenarnya, baik buruknya minyak goreng dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah cara penggunaannya. Minyak goreng bagus pun akan menjadi buruk jika digunakan secara sembarangan. 

Berikut ini adalah cara penggunaan minyak goreng yang benar biar tetap sehat dan layak untuk dikonsumsi.

  • Gunakanlah minyak goreng secukupnya, supaya tidak meninggalkan sisa minyak jelantah.
  • Panaskan minyak goreng pada suhu yang sedang, jangan terlalu tinggi.
  • Sebelum memasukkan makanan, sebaiknya pastikan jika minyak telah panas terlebih dulu.
  • Gunakan kertas atau tisu sebagai alas makanan usai digoreng supaya kandungan minyak lebih cepat terserap kedalam kertas atau tisu.
  • Jangan gunakan minyak goreng berulang kali. Batas maksimal penggunaan minyak goreng sebanyak tiga kali. Jika lebih dari itu, sebaiknya gunakan minyak goreng yang baru, meskipun minyak tersebut masih terlihat cukup jernih dan telah disaring.

Dampak Penggunaan Minyak Goreng yang Berulang Kali terhadap Kesehatan

Alasan mengapa minyak goreng tidak boleh digunakan lebih dari tiga kali karena berbahaya bagi kesehatan. Minyak goreng akan mengalami proses degradasi dan oksidasi, sehingga warnanya akan berubah jadi lebih gelap ketika digunakan berulang-ulang kali. 

Selain itu, minyak goreng akan mengalami proses dehidrasi, dimana kadar air didalamnya akan berangsur menghilang. Jika hal itu terjadi, maka berdampak pada tingkat konsistensi lebih kental, kemudian membentuk radikal bebas yang membahayakan kesehatan. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan minyak goreng secara benar supaya makanan tetap sehat dan nikmat.

Harga minyak goreng Tropical ini beragam tergantung dari bentuk kemasan dan ukurannya. Harga minyak Tropical kemasan botol berukuran 2l mulai dari Rp26.500, sementara kemasan dirijen berukuran 5l harga minyak Tropical sekitar Rp72.000 yang tersedia di JD.ID.

Selain merek Tropical, ada lagi merek minyak goreng murah dan sehat lainnya yang bisa kita gunakan, seperti:


Sunco, Minyak Goreng Jernih yang Bisa Diminum


Jika teman-teman gemar menonton TV, pasti pernah melihat iklan minyak goreng Sunco ini yang memperkenalkan produknya sebagai minyak jernih yang bisa diminum. Kejernihannya ini diperoleh karena minyak Sunco melalui 5 proses pengolahan, 2 kali penyaringan, dan 3 kali pemurnian. Jadi, jangan ragu soal kejernihan dan kesegaran minyak ini karena Sunco adalah juaranya. Harga minyak goreng Sunco kemasan 2 liter ini Rp26.500 tersedia di JD.ID.

Sania, Minyak Goreng Kelas Premium


Sesuai jargonnya, Sania merupakan minyak goreng kelas premium yang diproses menggunakan teknologi termutakhir. Minyak goreng ini dibuat menggunakan bahan dasar kelapa sawit sehingga berkualitas tinggi. Minyak goreng Sania juga mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan, seperti omega 6, omega 9, dan vitamin E. Harga minyak goreng Sania kemasan pouch ukuran 2 liter ini Rp23.500 tersedia di JD.ID.

Yuk, cek produk minyak goreng selengkapnya di situs JD.ID dan chekout sekarang juga!

Sumber foto : Jd.id

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.