Jalani Ramadan Anti Bosan Bersama Shopee #THRBigRamadhanSale2020

By dudukpalingdepan - 10:10:00 AM


Senang rasanya bisa kembali bertemu dengan bulan suci Ramadan. Bulan dimana saatnya berlomba meraih pintu pengampunan, bulan dimana pahala dilipatgandakan, dan bulan yang menguji umat Islam agar dapat meraih kemenangan.

Namun Ramadan kali ini terasa berbeda. Tahun-tahun sebelumnya, bulan Ramadan adalah saat paling banyak kita bersilahturahmi dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, bahkan dengan teman yang sudah bertahun-tahun nggak ketemu.

Tahun ini oleh pemerintah, kita diminta untuk menjalankan Ramadan #dirumahaja, demi memutus rantai penularan Covid-19. Virus yang sampai saat tulisan ini diterbitkan sudah membuat lebih dari sebelas ribu orang di Indonesia terinfeksi virus tersebut, sehingga harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit.

Grup angkatan terasa sepi, nggak ada riuh dan ricuhnya obrolan hanya karena sibuk menentukan tanggal untuk buka bersama. Nggak ada rapat panitia acara buka bersama di kantor, atau merencanakan buka bersama di panti asuhan. Sedihnya lagi, saya nggak bisa berkunjung ke rumah orang tua untuk mencicipi kolak pisang dan gulai ayam buatan mama untuk berbuka puasa.

Tahun ini juga saya juga nggak perlu membawa kantong kresek untuk menyimpan sandal agar nggak hilang atau tertukar saat tarawih di masjid, atau buru-buru dan bersenggolan dengan ibu-ibu lain untuk mendapatkan saf di dekat tiang dan kipas angin (hayooo siapa yang kayak gini juga, wkwkw). 

Meski cukup sedih, tapi kita harus menjalaninya dengan berlapang hati. Apa yang kita lakukan, akan sangat membantu pemerintah, tenaga medis, dan semua pihak yang terkait untuk mencegah rantai penularan virus corona. Saya yakin Allah SWT akan tetap menuliskan pahala yang sama banyaknya, meski kita melakukan ibadah dari rumah saja.

Tips Anti Bosan Selama Bulan Ramadan #DiRumahAja 


Semua sekolah libur, sebagian kantor juga menerapkan kerja dari rumah. Apa lagi bulan Ramadan, kita berkegiatan di rumah sambil berpuasa. Kalau nggak diisi dengan berbagai kegiatan positif dan menyenangkan, pasti akan terasa bosan dan waktu seolah berjalan sangat lambat.

Nah, berikut beberapa kegiatan anti bosan yang bisa teman-teman lakukan selama bulan Ramadan di rumah.

Meningkatkan Target Ibadah

Mumpung banyak waktu di rumah, ayo bikin target ibadah yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan kali ini. Kalau dulu, mungkin kita sering melewatkan tarawih karena acara buka bersamanya berlanjut obrolan seru yang panjang bersama teman-teman, sekarang nggak ada alasan lagi dong?



Begitu juga dengan sholat fardhu, sholat sunnah lainnya, membaca Alqur'an, sedekah, kalau bisa harus lebih baik dari sebelumnya. Apa lagi pada bulan Ramadan, Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Rugi dong, kalau kesempatan itu disia-siakan? Biar semangat beribadahnya terus terjaga ajak seluruh anggota keluarga di rumah.

Melakukan Hobi dan Mengasah Bakat


Sering banget saya ketemu orang yang sebenarnya berbakat dalam suatu bidang, namun jarang terasah karena kesibukan sehari-hari. Misalnya ada teman saya yang jarang masak, sekalinya dia masak, itu enak-enak banget. Hanya saja karena hari-hari biasa dia sibuk dengan rutinitas di kantor, sehingga nggak punya waktu untuk melakukan hobinya. Nah disaat seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi dan bakat yang dimiliki. 
Kalau saya tentu saja menyalurkan hobi menulis blog, tapi saya juga lagi belajar menulis novel.

Mengikuti Kursus Online

Adanya wabah Covid-19 nggak menghalangi kita untuk mencari ilmu. Banyak banget kursus online yang bisa kita ikuti selama masih harus #dirumahaja. Kelas online tersebut banyak yang gratis, meskipun ada juga yang berbayar.



Saran saya cari kursus yang memang sesuai dengan minat teman-teman, alangkah lebih baik lagi kalau kursus tersebut juga mewadahi pesertanya dalam satu grup atau komunitas. Sehingga  bisa membuka peluang dan menambah networking. Jadi setelah belajar teorinya, kita bisa langsung praktik. Syukur-syukur bisa langsung menjadi sumber penghasilan saat pandemi seperti sekarang.

Nonton Film dan Baca Buku


Punya banyak daftar judul film yang ingin ditonton tapi nggak pernah sempat? Atau punya banyak buku yang sampulnya belum dibuka sama sekali dari sejak pertama kali dibeli? Ini saatnya untuk menikmati film dan buku kesukaan sepuasnya, mumpung banyak waktu di rumah.

Sebisa mungkin, pilih juga film atau buku yang bukan hanya menghibur tapi juga memotivasi dan bisa memberikan inspirasi. Jadi bulan Ramadannya tetap bisa berfaedah dan berkah.

Main Games Seru di Aplikasi Shopee

Siapa sih yang nggak suka main games, apa lagi kalau  berhadiah. Nah, di Shopee, aplikasi belanja online kesayangan kita semua, banyak banget games seru yang bisa dimainkan untuk mengisi kegiatan selama bulan Ramadan. Jadi bikin waktu puasa nggak berasa. 



Caranya tinggal buka aplikasi Shopee, pada halaman depan pilih fitur Shopee Games. Ada apa aja sih permainannya? Nih saya jelaskan satu-persatu, dan tips agar bisa menang dan mendapatkan banyak poin/koin. 

1. Shopee Tanam


Ini permainan yang menurut saya paling asik. Aturannya kita akan menanam bibit pohon, yang perlu dirawat dengan cara disiram secara berkala.  Agar tanaman kita cepat berbuah dan bisa panen, kita bisa minta bantuan sobat Shopee untuk membantu menyiram tanaman kita. 

Seru banget rasanya bisa saling bantu untuk menyiram tanaman agar cepat panen. Padahal saya dan sobat Shopee lainnya nggak saling kenal di dunia nyata. Main Shopee tanam bisa sekalian menumbuhkan semangat gotong royong ala orang Indonesia.

Total koin yang bisa kita dapatkan dari Shopee tanam adalah 10 Milyar lho. Baik banget ya Shopee. Nah, Biar banyak dapat koin setelah panen, tipsnya coba untuk panen pada jam 9 pagi, 12 siang, 3 dan 6 sore. Jam-jam tersebut lebih banyak koin yang bisa dipanen. Tapi nggak cuma koin kok, teman-teman juga bisa panen voucher diskonm cashback,  jus jambu, bahkan beras.



Selain itu, main Shopee tanam juga bisa dapat iPhone 11. Caranya screenshot hasil panen kita, dan unggah di media sosial dengan tag/mention akun media sosial Shopee Indonesia, serta pakai hashtag #ShopeeTanamTHR10M

2. ShopeePoly

Cara mainnya mirip permainan monopoli dengan cara melempar dadu. Nanti di setiap kotak ada tulisannya bisa dapat poin, atau justru poin terpotong. Kalau kita bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya, dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik, salah satunya adalah Macbook Pro. Seru banget ya. Zaman dulu saya main monopoli, paling dapat uang mainan. 

3. Shopee Capit

Persis seperti permainan mesin capit yang ada di Mall. Kalau ini mainnya di aplikasi Shopee. Senangnya kalau berhasil mencapit kotak kado, tas Shopee, atau pun telur-telurnya, bisa dapat koin. Koinnya bisa dipakai belanja deh.

4. Shopee Ingat-Ingat

Permainannya seperti permainan komputer dulu itu lho, dimana kita harus mencocokkan dua gambar yang disembunyikan. Lumayan melatih konsentrasi saat berpuasa.

5. Shopee Joget


Kalau yang ini lucu sekaligus seru. Jadi ada ikon ayam (atau burung ya?) yang jogetnya harus sesuai dengan tanda panah yang diberikan. Tapi tanda gerakannya hanya dilihatkan beberapa detik. Jadi kita harus mengingatnya dengan baik. 


6. Shopee Lempar

Permainan melempar pisau kecil pada papan yang berputar. Butuh konsentrasi dan kehati-hatian. Semakin naik level, semakin banyak poin yang didapat dan dibisa ditukar voucher cashback.

7. Shopee Tangkap Jari

Caranya kita harus menangkap benda-benda yang jatuh ke dalam keranjang. Semakin banyak, maka poin yang didapat juga semakin besar. Tapi harus hati-hati ada bom. Kalau bom yang ditangkap poinnya bisa berkurang.

8. Shopee Potong

Permainan ini mengharuskan kita memotong buah, sayur, dan susu sebanyak-banyaknya. Tapi harus hati-hati, jangan sampai malah memotong bom yang bisa mengurangi poin. Main ini lumayan bisa bikin deg-deg-an kayak ketemu sama mantan di jalan.

9. Shopee Serba 10Ribu

Ada banyak produk yang bisa kita beli dengan harga 10ribu saja.Walau harus saingan dengan jutaan sobat Shopee lainnya. Kalau memang belum beruntung, tenang saja karena uangnya pasi akan kembali 100%.

10. #SalamLebaranShopee

Ada kontes foto dengan tema #SalamLebaranShopee yang berhadiah uang total 25Juta Rupiah. Caranya tinggal foto sesuai tema dan pakai template bingkai foto yang sudah disediakan, lalu upload ke media sosial teman-teman, dan jangan lupa tag/mention akun Shopee Indonesia.

11. Transfer dan Isi Saldo ShopeePay

Semakin banyak kita isi dan transfer saldo Shopeepay kepada keluarga dan kerabat, kita bisa dapat lucky draw yang berhadiah utama 1 juta Rupiah atau voucher gratis ongkir, diskon, dan cashback

Nah, kalau sudah main Shopee games dan mengumpulkan banyak koin/voucher, bisa dipakai belanja sepuasnya di aplikasi Shopee.

Nah, itulah ragam kegiatan anti bosan yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadan. Teman-teman biasanya melakukan yang mana nih selama di rumah? Ceritakan di kolom komentar, ya.
***

Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee.

  • Share:

You Might Also Like

121 komentar