Cara Mudah dan Efektif Mengusir Nyamuk

By dudukpalingdepan - 2:15:00 PM


usir nyamuk
source : Freepik

Pasti kesal  rasanya kalau lagi enak-enakan rebahan eh terdengar "ngiuuung-ngiuung" suara nyamuk-nyamuk yang beterbangan. Kalau kita lengah, mereka segera mencari celah untuk menggigit. Selain sakit, bekas gigitannya akan menimbulkan bentol kemerahan dan rasa gatal yang sangat nggak nyaman. Kalau sudah begitu, saatnya kita mencari cara untuk usir nyamuk nakal itu.

Meskipun telah melakukan pembasmian dengan rutin, nyamuk akan tetap muncul lagi. Apabila kita nggak membiasakan untuk hidup bersih. Tempat yang kotor dan lembab akan memicu nyamuk untuk berkembang biak dengan cepat. Terutama pada wadah-wadah dan saluran air di musim hujan.

Jenis Nyamuk yang Berbahaya bagi Manusia

Ada beberapa jenis nyamuk yang harus kita hindari. Karena apabila sampai terkena gigitannya, maka akan menimbulkan penyakit yang cukup berbahaya. Jenis-jenis nyamuk tersebut antara lain:

1. Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes Aegypti adalah jenis nyamuk berwarna hitam putih yang dapat menularkan penyakit demam berdarah. Dengan membawa virus yang bernama dengue. Apabila seseorang telah terkena penyakit demam berdarah akan mengalami demam tinggi hingga terjadi penurunan trombosit yang drastis.

Selain itu, penyakit lain yang dapat ditimbulkan oleh nyamuk ini adalah chikungunya dan demam kuning. Jenis nyamuk Aedes Aegypti mempunyai pergerakan yang aktif pada siang hari dan sangat menyukai tempat yang gelap.

2. Nyamuk Culex sp

Ciri-ciri yang dimiliki jenis nyamuk ini antara lain berwarna kusam, memiliki garis warna coklat pada bagian perut, bertelur pada air kotor, dan aktif pada malam hari. Penyakit yang ditimbulkan adalah kaki membengkak seperti kaki gajah. Jenis penyakit ini memang masih jarang terjadi. Akan tetapi, kita perlu waspada terhadap nyamuk jenis Culex sp ini.

3. Nyamuk Anopeles sp

Nyamuk jenis ini mempunyai ciri warna lebih pucat dan gelap pada bagian sayap. Nyamuk Anopeles sp lebih aktif pada waktu malam hari. Hampir sama dengan nyamuk Aedes Eegypti yang lebih suka bertelur pada air yang bersih. Penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk jenis ini adalah penyakit malaria.

Cara Mengusir Nyamuk secara Efektif dan Mudah

Beberapa cara yang dapat kita tempuh dalam mengusir nyamuk yang berada di lingkungan kita antara lain:

Membersihkan Lingkungan

Rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal kita adalah salah satu upaya dalam pemberantasan nyamuk. Jangan biarkan saluran pembuangan di sekitar rumah kita tidak mengalir dengan lancar. Bersihkan segala sampah yang terdapat di lingkungan rumah, terutama saluran air.

Mengusir Nyamuk dengan Metode 5M

Salah satu cara mengusir nyamuk yakni dengan metode 5M. Dimana M pertama adalah "menguras", kita wajib membersihkan segala tampungan air yang anda pergunakan dengan cara menguras serta mengganti air yang ada di dalamnya sehingga dapat menghindarkan jentik nyamuk untuk berkembangbiak.

Kemudian "menutup" segala tampungan air yang ada di rumah. Selanjutnya "mengganti" air secara berkala pada tampungan air, seperti penggunaan vas bunga atau akuarium. Jangan lupa untuk "mengubur" segala sampah, terutama sampah plastik agar nyamuk tidak mudah berkembang biak. Terakhir adalah dengan "menaburkan" bubuk abate pada setiap tampungan air di rumah.

Tanaman Pengusir Nyamuk


Kita dapat menggunakan beberapa jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk, diantaranya bunga lavender, tanaman serai, lemon balm, dan lain sebagainya. Tanaman-tanaman ini terbukti efektif dalam mengusir nyamuk. Bahkan jika diperhatikan, lotion anti nyamuk yang beredar di pasaran menggunakan kandungan dari tanaman tersebut.

Penggunaan Anti Nyamuk

Sekarang ada banyak macam jenis anti nyamuk yang mudah didapatkan di toko dan mini market terdekat. Ada yang berbentuk obat nyamuk bakar, semprot, dan listrik. Saya memilih untuk menggunakan obat nyamuk listrik karena aromanya nggak terlalu menyengat, dan nggak ada asap.

Nah, itu dia cara-cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk yang mengganggu. Namun hal yang terpenting dalam upaya usir nyamuk di lingkungan kita adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat bagi seluruh anggota keluarga.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Jadi pengen punya tanaman lavender dan serai di halaman depan rumah hehehe :) Bisa mnegusir nyamuk kan secara alami :) Jangan sampai ada air tergenang di tumpukan sampah, kaleng bekas dll ya mbak. Pokoknya kudu bersih dan kering deh.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.