Tips Memilih Hosting Murah dan Bagus untuk Blog/Website

By dudukpalingdepan - 10:07:00 PM

Source : Medium

Jika teman-teman ingin membuat website atau blog, maka akan dibutuhkan dua komponen penting. Komponen tersebut adalah hosting dan domain. Kedua elemen tersebut sulit untuk dipisahkan karena saling berkaitan dan merupakan syarat utama pembuatan website.

Pengertian dan Fungsi Hosting

Hosting adalah suatu layanan yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan semua data website. Sehingga website tersebut dapat diakses via internet. Data dapat berupa dokumen, gambar, video, aplikasi, email dan lainnya.

Arti lain dari hosting adalah tempat menyimpan segala kebutuhan sebuah website supaya bisa online dan diakses lewat internet. Dengan kata lain, website dapat diakses atau online jika telah menyimpan data di lokasi khusus, yakni hosting.

Penyedia hosting akan menawarkan paket hosting yang berbeda sesuai keperluan website penyewa. Spesifikasi hosting yang dibutuhkan semakin tinggi apabila data dan trafik website semakin besar.

Fungsi utama hosting adalah untuk menyimpan database website. Dengan demikian, website dapat diakses lewat internet. Pemilik website dapat menyediakan banyak data untuk para pengunjung website jika telah tersedia tempat penyimpanan data.

Hosting dapat dihubungkan dengan domain supaya server penyedia domain bisa mengakses hosting, dimana tempat database tersebut tersimpan. Situs pun dengan mudah dapat diakses. Di sini peran hosting sebagai redireksi akses situs yang berasal dari domain name server.

Website yang sering diakses memerlukan hosting untuk layanan bisnis dan umum. Hosting harus disertai dengan garansi uptime yang optimal dari penyedia jasa. Hal ini dilakukan agar website selalu online.

Pada umumnya, layanan hosting dapat dibeli dengan paket sewa bulanan atau tahunan. Hal ini juga berlaku pada domain. Namun, ada juga layanan penyedia hosting yang secara gratis memberikan jasa hosting atau domain pada konsumen, tergantung pada paket promo penawaran yang disediakan. 

Kelebihan dan Kekurangan Hosting

Hosting mempunyai banyak kelebihan. Khususnya pada hosting lokal siantaranya adalah harganya yang terjangkau, komunikasi lebih mudah dan juga tersedia artikel referensi (jika kesulitan menata hosting untuk web), serta tingkat kecepatan server yang cukup baik. 

Namun diisamping itu, hosting lokal juga mempunyai beberapa kekurangan. Hosting kurang cocok apabila dipakai untuk website dengan target pengunjung yang berasal dari luar negeri. Memang harus lebih teliti dalam memilih penyedia jasa hosting. 

Tips Memilih Paket Hosting Murah dan Berkualitas Untuk Website

1. Ketahui Kapasitas dan Resource yang Diperlukan

Saat memilih paket hosting yang murah dan bagus untuk blog/web, sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai perkiraan sumber daya yang dibutuhkan. Kebutuhan resource sesuai dengan tujuan website yang akan dibangun.

2. Tentukan Lokasi Server

Apabila blog teman-teman menggunakan bahasa Indonesia, maka target pembaca hanya pengunjung lokal saja. Untuk itu, pilihlah lokasi layanan server Indonesia. Dengan demikian, kecepatan akses anda akan semakin cepat. Selain itu, anda juga akan menemukan kemudahan jika ingin mengajukan komplain.

3. Pilih Provider dengan Pelayanan Ekstra

Pilihlah provider yang memberikan pelayanan ekstra seperti garansi, responsifitas customer hingga 24 jam dan pembayaran yang fleksibel.  

4. Kredibilitas Provider

Jangan mudah tergiur oleh penawaran murah dari provide abal-abal. Pilihlah provider yang mempunyai popularitas dan telah beroperasi lama.

5. Kemudahan Pembayaran

Pilihlah paket hosting murah sesuai dengan budget yang tersedia. Jika sudah menemukan web hosting murah, pilihlah metode pembayaran yang mudah dan fleksibel.

Memilih hosting murah untuk website harus disertai dengan kualitas yang bagus dan dapat memberikan solusi yang optimal. Semoga bermanfaat untuk teman-teman blogger yang berencana membeli hosting. 

  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. Benar banegt tuh Mbak kalau mau menggunakan hosting harus memperhatikan dulu kualitasnya

    ReplyDelete
  2. Ternyata memperhatikan kapasitas yang kita perlukan itu juga sangat penting nih ya

    ReplyDelete
  3. Wah bermanfaat banget nih Mbak tipsnya tentang memilih hosting yang murah ini

    ReplyDelete
  4. Kalau semuanya sudah, kita juga harus melihat juga sistem pembayarannya ya Mbak

    ReplyDelete
  5. Buat saya menentukan server ini sangat penting nih Mbak dalam menggunakan hosting ini

    ReplyDelete
  6. pengen deh beli hosting juga, tapi masih belum. mungkin bakal jadi resolusi tahun 2020 nanti, dan juga kalau blognya udah lebih baik, lebih terurus gitu.

    ReplyDelete
  7. tips nya sangat membantu yang masih awam soal per-blog-an kaya saya nih. Makasih mbakkk

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.