Resep Ayam Kecap Spesial yang Nikmat dan Menggugah Selera

By dudukpalingdepan - 6:32:00 AM

source :Merdeka. com

Sajian kuliner olahan ayam sangat pas dengan lidah orang Indonesia. Selain ayam bakar, ayam goreng, dan opor ayam, ayam kecap juga tak kalah eksis di Indonesia. Sesuai dengan namanya, ayam kecap ini berupa potongan ayam yang diselimuti dengan kecap manis. De

Dengan cita rasa yang menggugah selera, resep ayam kecap  selalu banyak dicari sebagai menu andalan keluarga. Seluruh anggota keluarga saya juga menyukai masakan ini.


Resep Ayam Kecap

Dengan menggunakan kecap, cita rasa ayam ini tentu saja manis di lidah. Selain itu, hidangan ini juga diolah dengan bumbu rempah-rempah yang membuatnya terasa gurih. Jika teman-teman tertarik juga untuk membuatnya, yuk simak resep di bawah ini. 

Bahan yang Dibutuhkan

· 1 kg daging aya.
· 200 ml kecap manis
· 8 butir bawang merah
· 5 siung bawang putih
· 1/2 sdt lada butiran
· 1,5 cm jahe
· 2 sdt garam
· 3 sdm saus tiram
· 1 batang daun bawang
· 3 sdm minyak sayur
· 500 ml air

Cara Membuat Ayam Kecap

Setelah semua bahan disiapkan, anda bisa lanjut mengolah ayam kecap. Berikut langkah-langkahnya.

Siapkan Bahan Utama

Bahan utama yang dimaksud yaitu 1 kg ayam. Mengenai jenisnya,  pilih saja ayam negeri. Hal ini dikarenakan ayam kampung memiliki daging yang lebih liat sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya.

Kemudian potongan ayam ini dicuci sampai bersih dan tiriskan. Selain menggunakan daging ayam, bisa juga menambahkan hati dan ampela ayam apabila suka.

Persiapan Bumbu

Jika bahan utamanya sudah siap, kini saatnya kita membuat bumbu. Caranya,  haluskan saja 8 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 1/2 sdt lada butiran, dan 2 sdt garam. Setelah itu, iris kasar 1 batang daun bawang.

Penumisan

Langkah selanjutnya, langsung menumis bumbu dan potongan ayamnya. Dalam hal ini, mulailah dengan memanaskan 3 sdm minyak sayur. Setelah itu, masukkan bumbu halus yang sudah dibuat tadi. Tumis sampai harum.

Jangan lupa juga untuk menambahkan 1,5 cm jahe yang sudah dimemarkan agar aromanya semakin menggiurkan. Kemudian ikuti dengan memasukkan potongan ayam. Pastikan teman-teman mengaduk-aduknya agar potongan ayam tercampur rata dengan bumbu halus. Lakukan pengadukan ini sampai ayamnya berubah warna menjadi putih.

Pengolahan

Ketika warnanya sudah berubah, kita tinggal menambahkan 200 ml kecap manis dan 3 sdm saus tiram. Aduk-aduk lagi sampai rata. Lalu tuangkan 500 ml air ke dalamnya. Agar masakan matang secara sempurna,  gunakan saja api sedang.

Aduk sekali dan diamkan sampai airnya mendidih. Jangan langsung mengaduknya, tunggu hingga kuahnya menyusut dan agak kental. Cicipi rasanya. Jika dirasa masih kurang, bisa menambahkan bumbu seperti garam dan kecap manis. Namun jika sudah pas, masukkan irisan kasar daun bawang. Aduk sebentar. Ayam kecap siap disajikan.

Penyajian

Ayam kecap bisa disajikan sebagai menu pendamping nasi. Dalam menyajikannya, tambahkan irisan mentimun dan tomat sesuai selera. Jika suka bisa juga menghidangkannya bersama sambal.

Penyimpanan

Apabila ayam kecap masih tersisa dan temn-teman ingin menyimpannya, tempatkan di wadah tertutup dan masukkan ke lemari pendingin. Ayam kecap ini bisa tahan sampai 3 hari. Ketika ingin menikmatinya, hangatkan ayam kecap dengan cara dikukus atau dioseng-oseng di wajan sebentar. 

Resep ayam kecap memang mudah dibuat. Bahkan pemula bisa mencobanya sendiri di rumah. Dengan proses sederhana dan cita rasa nikmat, ayam kecap bisa dijadikan menu favorit keluarga.

Semoga bermanfaat ya, kalau teman-teman ingin tahu resep masakan lainnya bisa kunjungi website Selerasa

Baca juga : 

Resep Pie Susu Teflon dan Choco Cheesecake 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar